pijarbelajar

Sejarah

Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Rangkuman Sejarah Indonesia  Kelas 11 image

Rangkuman sejarah Indonesia kelas 11 semester 1 dan 2 mulai dari sejarah masa Kerajaan Hindu-Buddha di nusantara, kemudian berkembang ke masa Islam hingga era kolonialisme di nusantara. Selain itu juga dibahas paham serta revolusi besar yang menentukan wajah dunia hari ini.


Sobat Pijar akan lebih mudah belajar dengan membaca rangkuman sejarah Indonesia kelas 11 di bawah ini. Yuk, kita simak sama-sama!


Baca juga: Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 10


Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 1


1. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 1

Rangkuman sejarah Indonesia kelas 11 mengenai kerajaan masa Hindu-Buddha di nusantara.


a) Kerajaan Kutai 

Kerajaan Kutai berada di Pulau Kalimantan, yaitu tepi Sungai Mahakam di daerah Muara Kaman. Kerajaan ini didirikan oleh Maharaja Kudungga dengan raja yang terbesar Raja Mulawarman. Warisan Kerajaan Kutai berupa monumen batu atau prasasti yupa sebanyak 7 buah. 


Yupa berisi cerita kesejahteraan masyarakat Kutai di masa pemerintahan Raja Mulawarman. Tujuh Yupa berangka tahun 475 M merupakan prasasti paling tua di Indonesia. Peninggalan lain berupa kitab klasik yang ditemukan di tahun 1849 berisi silsilah raja-raja Kutai Kartanegara.


b) Kerajaan Kediri 

Kerajaan Kediri di Jawa Timur memiliki peninggalan Prasasti Pamwatan yang mengisahkan awal mula terbentuknya kerajaan Kediri yaitu Raja Airlangga yang membagi kekuasaan untuk dua anaknya, yakni Sri Samarawijaya dan Mapanji Garasakan. Peninggalan lain yang terkenal berupa seni sastra yaitu:

  1. Kitab Smaradhana 
  2. Kitab Baratayuda 
  3. Kitab Krenayana
  4. Kitab Lubdaka


c) Kerajaan Singasari 

Kerajaan Singasari bercorak Hindu yang ada di Jawa Timur, dengan ibukota Tumapel. Kerajaan Singasari makmur di bawah kekuasaan Raja Kertanegara. Peninggalan Kerajaan Singasari adalah prasasti Godang di areal sawah Mojokerto serta kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca. 


d) Kerajaan Tarumanegara 

Kerajaan Tarumanegara meninggalkan sumber sejarah penting berupa prasasti Ciaruteun berhuruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta. Prasasti ini mengisahkan tentang Raja Purnawarman yang luar biasa.


Yuk, simak bersama-sama penjelasan lengkap tentang materi kerajaan masa Hindu-Buddha di nusantara lewat artikel Pijar Belajar. 


2. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 2

Kesultanan-kesultanan maritim Islam:

  1. Kesultanan Perlak Aceh 840 - 1292
  2. Kesultanan Samudera Pasai 
  3. Kesultanan Aceh 1514
  4. Kesultanan Demak 1478
  5. Kesultanan Banten 1526-1813
  6. Kesultanan Mataram Islam 1586-1755
  7. Kesultanan Cirebon 
  8. Kesultanan Gowa Tallo Makasar


Warisannya budaya Islam di masa kini: 

  1. Masjid Menara Kudus
  2. Masjid Agung Demak
  3. Keraton Kasultanan 
  4. Kaligrafi


Yuk, simak bersama-sama penjelasan lengkap tentang materi kerajaan Islam nusantara lewat artikel Pijar Belajar. 


3. Rangkuman Sejarah Bab 3 Kelas 11

Rangkuman sejarah Indonesia kelas 11 bab 3 mengenai sejarah revolusi besar dunia yang mempengaruhi kehidupan hari ini, yaitu renaissance, merkantilisme, reformasi gereja, aufklarung dan revolusi industri.

  1. Renaissance bermakna terlahir kembali yang terjadi di Eropa setelah mengalami masa kegelapan selama hampir 1000 tahun. Renaissance terjadi sekitar abad 14 Masehi hingga abad 16 dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, karya seni dan lainnya.
  2. Merkantilisme adalah teori ekonomi yang meyakini bahwa kesejahteraan negara ditentukan oleh kepemilikan aset negara. Merkantilisme mendorong kerajaan-kerajaan Eropa menjelajah dan melakukan penjajahan ke berbagai belahan dunia demi memperoleh sumber daya lebih besar.
  3. Reformasi Gereja terjadi di Eropa pada abad renaissance karena ingin terbebas dari kepemimpinan Paus terhadap kerajaan-kerajaan Eropa. Reformasi juga terjadi karena Marthin Luther tidak setuju dengan praktik jual beli surat pengampunan dosa di Jerman.
  4. Aufklarung adalah abad pencerahan Eropa yang terjadi di abad 17 Masehi sampai abad 18 Masehi. Era ini ditandai dengan penggunaan rasio manusia yang maksimal untuk memperoleh kemajuan. Aufklarung mendorong perkembangan ilmu pengetahuan dan ideologi liberalisme nasionalisme 
  5. Revolusi Industri terjadi sejak akhir abad 18 Masehi yang ditandai dengan penemuan mesin uap oleh James Watt. Revolusi industri menggeser penggunaan tenaga manusia pada industri menjadi tenaga mesin.


4. Rangkuman Bab 4 Sejarah Indonesia Kelas 11

Rangkuman sejarah Indonesia kelas 11 bab 4 berisi sejarah revolusi besar yang terjadi di berbagai belahan dunia mulai dari Amerika, Jepang hingga Indonesia.

  1. Revolusi Amerika terjadi di tahun 1775-1783 antara masyarakat Amerika melawan pasukan Inggris disebabkan kolonialisme yang dilakukan Kerajaan Inggris. Kronologi revolusi Amerika dimulai sejak Perang Tujuan Tahun, Declaration of Independence, Articles Of Confederation, perdamaian Paris dan pembentukan UU.
  2. Revolusi Perancis terjadi pada era Louis XVI disebabkan buruknya sistem absolute monarki yang menguntungkan kaum agamawan dan bangsawan. Revolusi Prancis dimulai dengan penyerbuan penjara Bastille 14 Juli 1789, penghapusan sistem monarki dan pembentukan pemerintahan baru.
  3. Revolusi Rusia terjadi pada tahun 1917 disebabkan oleh masyarakat yang muak terhadap tindakan semena-mena Tsar Nicholas II. Revolusi dibagi dua fase yakni revolusi pertama bulan Februari 1917 dan revolusi kedua bulan Oktober 1917.
  4. Revolusi Tiongkok disebabkan oleh penderitaan yang dirasakan masyarakat Cina akibat Dinasti Mansyu yang lemah terhadap kekuasaan bangsa asing. Tokoh revolusi Tiongkok yang terkenal adalah Dr Sun Yat Sen.
  5. Revolusi Indonesia merupakan konflik bersenjata serta diplomasi antara Belanda dengan Indonesia yang terjadi sejak tahun proklamasi dan diakhiri dengan Konferensi Meja Bundar bulan Desember 1949
  6. Restorasi Meiji terjadi sejak tahun 1866 sampai tahun 1868 yang mengembalikan kekuasaan Shogun ke tangan kaisar Jepang. Restorasi Meiji dipelopori oleh Kaisar Jepang Matsuhito.


Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 

Materi sejarah kelas 11 semester 2 kurikulum 2013 meliputi bab 5 sampai bab 11.  


1. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 5

Rangkuman sejarah Indonesia kelas 11 membahas mengenai paham besar dunia yakni liberal, sosialisasi, demokrasi, pan-Islamisme, nasionalisme dan nasionalisme di Asia Afrika.

  1. Liberalisme: Paham yang meyakini kebebasan individu sebagai kebebasan tertinggi warga negara yang harus dijamin.
  2. Sosialisasi: Paham yang meyakini masyarakat disusun secara kolektif sehingga seluruh alat produksi penting harus dikuasai negara
  3. Demokrasi adalah pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat. Paham ini meyakini rakyat memegang kedaulatan dan kekuasaan dalam negara
  4. Pan-Islamisme adalah paham yang meyakini pentingnya kesatuan dan persatuan umat muslim seluruh dunia
  5. Nasionalisme: paham yang menempatkan kesetiaan terhadap negara dan bangsa sebagai kesetiaan paling tinggi
  6. Nasionalisme Asia Afrika muncul dikarenakan imperialisme dan penjajahan oleh bangsa barat terhadap negara-negara Asia dan Afrika


2. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 6


a) Perang Dunia I

Sebab umum Perang Dunia I:

  1. Persaingan militer, politik dan ekonomi negara-negara Eropa 
  2. Perebutan wilayah 
  3. Kekhawatiran serangan antara front negara Eropa


Sebab khusus karena terbunuhnya Franz Ferdinand yang merupakan putra mahkota Kerajaan Austria-Hongaria. Pihak terlibat PD I yaitu Blok Sentral terdiri dari Austria-Hongaria, Jerman, Bulgaria, Turki dan Blok Sekutu terdiri dari Inggris, Prancis, Rusia, Yunani, dan negara Eropa lainnya.


Perang Dunia I diakhiri dengan perjanjian berikut:

  1. Perjanjian Versailles tahun 1919 antara pihak Sekutu dan Jerman 
  2. Perjanjian St. German 10 September 1919 antara Austria dan Sekutu 
  3. Perjanjian Neuilly 27 November 1919 antara Sekutu dan Bulgaria


b) Perang Dunia II 

PD II dikarenakan faktor berikut:

  1. Bangkitnya paham fasisme Italia 
  2. Depresi ekonomi dunia tahun 1929 sampai 1939
  3. Bangkitnya militerisme Jepang dan serangannya ke negara lain


Pihak terlibat PD II yaitu antara Blok Poros dan Sekutu. Blok Poros terdiri dari negara Jerman, Italia dan Jepang. Blok Sekutu terdiri dari Amerika Serikat, Uni Soviet, Inggris dan Tiongkok. Perjanjian yang mengakhiri PD II:

  1. Perjanjian San Fransisco antara sekutu dan Jepang
  2. Perjanjian Postdam antara US, Rusia dan Inggris yang menentukan nasib Jerman
  3. Perjanjian Paris 1947 antara sekutu dan Italia


Pastikan kamu menyimak rangkuman materi Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2 di Pijar Belajar, ya!


3. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 7

Rangkuman sejarah Indonesia kelas 11 bab 7 membahas mengenai dampak kolonialisme dan Imperialisme serta perlawanan bangsa Indonesia.

  1. Dampak Bidang Politik: Diterapkannya sistem pemerintahan modern
  2. Dampak Bidang Sosial Budaya: Penjajahan menyebabkan masyarakat dikotak-kotak ke dalam beberapa kasta dengan kaum pribumi sebagai kasta terendah
  3. Dampak Bidang Ekonomi: Mendorong pembangunan infrastruktur seperti rel kereta api, waduk, jalan raya


4. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 8

Rangkuman sejarah Indonesia kelas 11 bab 8 berupa akar nasionalisme dan demokrasi di Indonesia dikarenakan dua faktor, yakni faktor dari dalam dan faktor luar. Faktor dari dalam meliputi:

  1. Kesamaan nasib disebabkan oleh penjajahan bangsa Eropa 
  2. Munculnya kaum terpelajar yang meyakini kemerdekaan
  3. Adanya keinginan mewujudkan kejayaan masa lalu 
  4. Berkembangnya gerakan bidang politik


Faktor dari luar karena terinspirasi oleh perjuangan kemerdekaan di India, Filipina, dan sebagainya.


5. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 9

Latar belakang kedatangan Jepang ke Indonesia karena Jepang ingin mendirikan Persemakmuran Asia Timur Raya dan menguasai sumber daya alam penting di nusantara. Akhir pendudukan Jepang di Indonesia setelah diproklamasikannya kemerdekaan 17 Agustus 1945.


Dampak pendudukan Jepang di Indonesia:

  1. Bahasa Jepang diwajibkan. Rakyat harus membungkukkan badan 90 derajat ke arah Tokyo 
  2. Pembentukan angkatan darat dan laut
  3. Pelaksanaan Romusha atau kerja paksa 
  4. Rakyat kelaparan


Perlawanan bangsa Indonesia terhadap pendudukan Jepang:

  1. Perlawanan Aceh pimpinan Abdul Jalil
  2. Perlawanan rakyat Singaparna pimpinan Kiai Zainal Mustafa
  3. Perlawanan rakyat Indramayu 
  4. Perlawanan rakyat Kalimantan pimpinan Pang Suma 
  5. Perlawanan Rakyat Irian Barat yang disebut Gerakan Koreri oleh L. Rumkorem


Cari tahu lebih jauh mengenai pendudukan Jepang di nusantara termasuk dampaknya. Selanjutnya kamu juga bisa mempelajari apa saja perlawanan masyarakat kepada Jepang dan organisasi pergerakan rakyat lewat Pijar Belajar, ya!


6. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 10

Sutan Syahrir seorang tokoh pemuda mendesak Mohammad Hatta dan Soekarno agar segera mengumumkan kemerdekaan setelah berita kekalahan Jepang 15 Agustus 1945. Selanjutnya tanggal 16 Agustus jam 4 pagi tokoh proklamasi dibawa ke Kawedanan Rengasdengklok. 


Perumusan teks proklamasi dilakukan di rumah Laksamana Maeda. Selanjutnya proklamasi kemerdekaan dilakukan di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 pukul 10 pagi. Tokoh yang berperan dalam proklamasi:

  1. Ir Soekarno
  2. Moh. Hatta 
  3. Sutan Syahrir
  4. Sayuti Melik
  5. Achmad Soebardjo 
  6. Latief Hendraningrat


Sistem pemerintahan Indonesia pada masa awal kemerdekaan adalah Negara Kesatuan. Pembentukan pemerintahan pertama RI dilakukan tanggal 18 Agustus 1945 untuk mengesahkan UUD 1945, memilih Presiden dan Wakil Presiden.


Peristiwa Rengasdengklok merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang harus kamu pahami. Yuk cari tahu lebih lanjut tokoh proklamasi dan kondisi Indonesia di Pijar Belajar!


7. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 Bab 11

Rangkuman sejarah Indonesia kelas 11 bab 11 tentang perlawanan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan.

  1. Pertempuran Surabaya 27 Oktober - 20 November 1945 pimpinan Bung Tomo
  2. Pertempuran Palagan Ambarawa 29 November-15 Desember 1945 melawan Inggris
  3. Bandung Lautan Api 23 Maret-24 Maret 1946 dilakukan agar pasukan NICA tidak bisa memanfaatkan Bandung sebagai markas strategis militer
  4. Serangan Umum 1 Maret 1949 pimpinan Letkol Soeharto untuk menunjukkan ke dunia internasional bahwa pasukan tentara Indonesia masih ada


Perjuangan dengan diplomasi (perjanjian):

  1. Perjanjian Linggarjati 13 November 1946
  2. Perjanjian Renville 1948
  3. Konferensi Meja Bundar 1949


_______________________________________________________________


Baca juga: Asal Usul Nenek Moyang - Teori dan Kebudayaannya


Materi diplomasi kemerdekaan yang dilakukan Indonesia bisa kamu simak lebih lengkap di Sobat Pijar, ya!

Rangkuman sejarah Indonesia kelas 11 dari bab 1 sampai bab 11 terdiri dari sejarah Kerajaan Hindu Budha, Kerajaan Islam, revolusi besar dunia dan paham yang berkembang di berbagai belahan dunia.


Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 11 terlengkap bisa Sobat Pijar simak lewat Aplikasi Pijar Belajar, lho. Selain itu, Sobat Pijar juga bisa mengakses berbagai latihan soalnya juga. Lengkap banget, kan?


Ayo download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved