Sejarah Perang Dunia 1 – Kronologi, Sebab Khusus, dan Dampaknya - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Sejarah Perang Dunia 1 – Kronologi, Sebab Khusus, dan Dampaknya

| 0 minute read
Sejarah Perang Dunia 1 – Kronologi, Sebab Khusus, dan Dampaknya image

Sobat Pijar, kamu tahu nggak tentang sejarah Perang Dunia 1 yang terjadi pada beberapa tahun silam? Mungkin sudah pernah mendengar pada mata pelajaran sekolah sebelumnya, bukan? Apakah masih ingat? Karena sejarah ini cukup menarik untuk dibahas maka bisa membaca pada artikel ini. 


Sebelum itu, kamu harus paham bahwa terdapat dua penyebab Perang Dunia 1, yaitu penyebab umum dan penyebab khususnya. Ingin mengetahui kronologinya dengan tepat? Yuk, lanjut ke pembahasan materinya. 


Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Pertempuran Ambarawa


Latar Belakang Perang Dunia 1

Perang ini terjadi karena adanya pertikaian antara negara-negara yang ada di Eropa yaitu dua aliansi. Untuk 2 aliansi itu disebut juga Triple Alliance dan Triple Entente. Anggota dari Triple Alliance ini adalah Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia yang keluar sehingga digantikan dengan Turki Usmani. 


Sedangkan, untuk Triple Entente beranggotakan Perancis, Rusia, dan Inggris. Namun, pada tahun 1917, Amerika Serikat membantu pihak ini dan agar perang bisa segera diakhiri. Terjadinya Perang Dunia 1 ini tidak terlepas dari adanya penyebab-penyebab umum dan khususnya sejarah Perang Dunia 1


Kapan Perang Dunia 1

Perang ini terjadi selama 4 tahun dimulai pada tahun 1914, tepatnya pada tanggal 28 Juli 1914. Perang global yang berlangsung di Eropa ini bisa dikatakan sebagai perang yang sangat besar dengan berbuntut panjang yang masih menyisakan ruang untuk Perang Dunia 2 selanjutnya. 


Di tahun 1914 ini, sejarah Perang Dunia 1 dimulai karena adanya invasi Serbia yang dilakukan Austria-Hongana. Selanjutnya, Rusia menyerang Jerman karena menginvasi Luksemburg, Belgia, serta Prancis. 


Kemudian, berakhirnya ini perang ini terjadi pada tahun 1918. Namun, secara nyata terjadi pada tanggal 28 Juni 1919 yang ditandai oleh Jerman bersama dengan Inggris, Perancis, dan Rusia yang menandatangani Perjanjian Versailles.


Karena perang ini maka banyak tentara yang meninggal dunia akibat peperangan yang dilakukan. Terhitung sebanyak 850.000 orang tentara sudah menjadi korban karena adanya luka dan penyakit hasil dari Perang Dunia 1. 

Penyebab Perang Dunia 1 

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa peperangan yang terjadi ini tidak terlepas dari adanya faktor-faktor penyebab terjadinya. Nah, disini kamu bisa melihat apa saja penyebab dari Perang Dunia 1 yang sudah terjadi pada beberapa tahun silam ini:


  1. Persaingan Industri dan Kekuatan Militer

Hal pertama yang terjadi adalah adanya persaingan industri serta kekuatan militer di antara Negara Inggris dan Jerman. Dari pihak negara Jerman ingin melakukan perluasan agar negaranya semakin kuat. Kekaisaran besar melakukan hal tersebut karena sudah berhasil menyatukan bagian Jerman lainnya. 


Akan tetapi, bukan hanya Jerman yang melakukan perluasan karena negara eropa lainnya seperti Inggris juga melakukan hal yang sama. Terlebih, Inggris pada saat itu telah mendominasi hampir seperempat dunia dalam penjajahan sehingga di bidang kelautan Inggris semakin kuat. 


Jerman merasa bahwa terancam dengan kekuatan militer dari negara lainnya sehingga semakin memperkuat produksi untuk alat-alat militernya seperti persenjataan. Untuk anggaran yang diberikan sampai dengan 73% sehingga kegigihan Jerman ini membuat Inggris juga merasa terancam. 


Ternyata bukan hanya Inggris, namun juga negara-negara di Eropa lainnya sehingga banyak yang melakukan perkuatan angkatan bersenjatanya. Dan dalam peperangan nantinya disebut sebagai Blok Sentral (Jerman, Aus-Hong, dan Turki) dan Blok Sekutu ( UK, Fr, Rus, dan AS). 


  1. Politik Aliansi Beberapa Negara di Eropa

Aliansi yang dimaksud adalah kumpulan negara-negara dengan ketakutan dan rasa terancam yang sama. Hal ini tidak terlepas dari ancaman seperti penyebab sejarah Perang Dunia 1 di atas. Jadi, merasa bahwa terancam oleh suatu aliansi lainnya. 


Untuk aliansi yang ada di Perang Dunia 1 adalah Triple Alliance dan Triple Entente yang membuat suasana dari perang ini semakin memanas. Dari masing-masing aliansi ini merasa lebih kuat dibandingkan dengan lawannya. 


Karena banyaknya rasa terancam dan tidak aman ini maka membuat terjadinya Perang Dunia 1 ini. Hal yang menarik adalah negara Italia yang awalnya bergabung dengan aliansi Triple Alliance namun pada saat perang malah berpindah ke dalam aliansi Triple Entente. 


Hal tersebut dikarenakan iming-iming dari negara Inggris dan Perancis yaitu Italia dijanjikan wilayah Dalmatia yang akan menjadi wilayah Italia.  


  1. Etnosentrisme Berlebihan

Yang dimaksud dengan etnosentrisme adalah kebanggaan yang dimiliki pada suku atau etnisnya. Paham yang muncul pada saat Jerman tengah melakukan penyatuan wilayahnya yang sudah diinginkan sejak lama menjadi seluruh wilayah yang menggunakan bahasa Jerman dalam satu kekaisaran. 


Bahkan hal ini dilakukan oleh Jerman meskipun bagian wilayah tersebut sudah menjadi bagian dari negara lainnya. Dan juga, selain muncul paham ini pada Jerman ternyata orang Slav atau etnis Slav yang tengah menduduki wilayah Rusia, Ukraina, sampai ke semenanjung Baikan juga menganut paham ini. 


Karena sudah dianut oleh beberapa negara, maka paham ini menjadi penyebab terjadinya Perang Dunia 1. Bahkan yang semakin menjadi api penyulut adalah tertembaknya Putra Mahkota Austria-Hongaria yang tepatnya ada di Sarajevo, Bosnia. 


Sebab Khusus Perang Dunia 1

Ada juga penyebab khusus terjadinya sejarah Perang Dunia 1 ini pastinya dilakukan oleh para negara yang memiliki kemampuan senjata dan militer yang mumpuni. Bahkan bisa dikatakan bahwa konflik ini paling mematikan yang berada di urutan keenam pada sejarah dunia, dan sebab khususnya adalah:

  • Terbunuhnya Putra Mahkota dari Franz Joseph kekaisaran Austria dengan cara penembakan sehingga membuat kaisar Franz Joseph marah besar. 
  • Jerman sebagai sekutu dari Austria-Hongaria.
  • Rusia bersekutu dengan Perancis dan Inggris yang terseret dalam peperangan. 
  • Perancis sudah siap untuk menerima serangan yang diberikan oleh Jerman. 
  • Jerman menyerbu Belgia untuk menyerang Perancis dan Inggris sehingga Inggris menyatakan peperangan kepada Jerman. 


Karena berbagai penyebab khusus itu maka Perang Dunia 1 pecah dan membuat berbagai kekacauan di Eropa. 


Kronologi Perang Dunia 1

Kronologi dari sejarah Perang Dunia 1 memang tidak begitu panjang karena hanya butuh waktu 4 tahun saja. Meskipun begitu, perlu untuk diketahui proses terjadinya yang membuat kekacauan besar di belahan dunia Eropa ini, yaitu:


  • Terbunuhnya Pangeran Austria

Berawal dari latihan perang di Bosnia dari bangsa Austria dan Serbia menilai bahwa yang dilakukan ini adalah tantangan Austria. Dampaknya adalah latihan ini dijadikan sebuah tempat oleh gerakan radikal Serbia Raya untuk membunuh Pangeran Austria yaitu Franz Ferdinand beserta istrinya. 


Pembunuhan yang terjadi pada tanggal 28 Juni 1914 sebagai awal terjadinya Perang Dunia 1. Kejadian ini terjadi pada saat pangeran sedang berkunjung ke Sarajevo untuk latihan perang. Akan tetapi, malah membuat pihak kerajaan Austria marah besar sehingga mengeluarkan 10 ultimatum. 


Dan karena hal ini juga pada tanggal 25 Juli 1914 Serbia hanya menerima 8 tuntutan yang diajukan. Oleh Austria Sikap dari Serbia langsung ditolak oleh Austria dan membuat hubungan keduanya menjadi terputus. 


  • Ultimatum Perang Austria ke Serbia

Selang 3 hari dari kejadian tanggal 25 Juli 1914, maka pada tanggal 28 Juli 1914 dengan jelas Austria mengeluarkan pernyataan perang kepada Serbia dan membuat kekuatan negara Eropa ingin ditunjukkan. Dan kekuatan perang Serbia membalas serangan dari Austria. 


  • Perang Jerman pada Rusia dan Perancis

Pada saat situasi semakin memanas maka pada tanggal 1 Agustus 1914, Jerman menyatakan perang kepada Rusia. Dan di tanggal 3 Agustus 1914, Jerman menyatakan perang kembali pada negara Perancis. Tidak perlu menunggu lama, tanggal 4 Agustus, Jerman berhasil menduduki Belgia. 


Selain itu, di sisi lain Austria menyatakan perang kepada Rusia bersamaan dengan pernyataan Serbia yang perang melawan Jerman. Kondisi kian memanas dan Benua Eropa saat itu sedang sangat kacau. Bahkan banyak yang kehilangan nyawa, kelaparan, penderitaan warga sipil, serta harta benda habis. 


  • Keterlibatan Amerika Serikat

Yang pada awalnya, Amerika Serikat hanya bersikap netral terhadap peperangan yang terjadi namun akhirnya ikut masuk ke dalam peperangan. Hal tersebut dikarenakan Amerika Serikat terusik pada saat Cruser Law yang dilanggar oleh Jerman dengan cara menenggelamkan kapal RMS Lusitania.

 

Bahkan di tanggal 1 Februari 1917, Jerman mulai menyatakan peperangan area laut yang tidak ada batasnya. Dan Jerman menggunakan kapal selam untuk peperangan tersebut sehingga membuat kemacetan pada perdagangan yang terjadi di kawasan negara Eropa.


Oleh karena hal itu, AS geram dan menyatakan peperangan pada tanggal 6 April 1917. Karena adanya keterlibatan AS maka alur peperangan mulai berubah. Jerman terdesak dari berbagai sisi dan mengalami kekalahan yang terjadi di blok timur. Dilanjutkan pada kekalahan yang terjadi di blok barat. 


Dan akhirnya adalah pada tanggal 11 November 1918 yang ditandai dengan perjanjian gencatan senjata yang harus ditandatangani. Dengan begitu maka Perang Dunia 1 yang kelam dan kelabu ini berakhir. 


Dampak Perang Dunia 1

Karena terjadi peperangan yang sangat besar dan disebut sebagai perang yang mematikan pastilah ada dampak yang terjadi. Fakta sejarah ini tidak akan terlepas dari sejarah kelam untuk perjalanan bangsa Eropa. Dan beberapa dampak yang bisa dirasakan di berbagai bidang, seperti:


Bidang Politik

Pada bidang politik ini dampak dari sejarah Perang Dunia 1 bisa dirasakan di berbagai negara, seperti:

  • 4 Kekaisaran terbesar yang ada di Eropa tenggelam yaitu Jerman, Turki, Rusia, serta Austria-Hongaria. 
  • Penyempitan wilayah negara bagi negara yang kalah perang dan sebaliknya negara yang menang mendapatkan perluasan negara. 
  • Lahir Liga Bangsa-Bangsa atau LBB. 
  • Banyak negara baru yang muncul. 
  • Adanya aliran baru seperti Nazi di Jerman, Komunis di Rusia, dan Fasisme di Italia. 
  • Austria-Hongaria terpecah menjadi beberapa negara. 


 

Bidang Sosial-Ekonomi

Selain itu, Perang Dunia 1 ini berakibat pada beberapa krisis di dunia seperti kelaparan hebat, rusaknya pertanian, krisis ekonomi dunia, pengangguran massal, hutang negara, bahkan hancurnya pusat industri di daerah Eropa. 


Dan juga kematian tidak bisa terhindarkan karena tercatat lebih dari 21 juta orang luka-luka dan 13 juta penduduk meninggal. Kehilangan banyak penduduk bahkan mencapai seperempat populasi serta terjadinya Genosida yaitu pemusnahan etnis tertentu. 


Dampak dari sejarah Perang Dunia 1 tidak bisa terelakkan sehingga hanya bisa dijadikan pengetahuan untuk di masa teknologi saat ini.


Baca juga: Sejarah Perang Dunia 2 - Kronologis, Sebab, hingga Dampaknya

______________________________________


Wah, sangat mencengangkan ya, Sobat Pijar! Jika kamu ingin belajar materi Sejarang mengenai perang dunia lebih dalam, Pijar Belajar bisa membantumu, lho! Kamu bisa mengakses ratusan video materi, latihan soal, dan video pembahasan sesuai dengan jenjang pendidikanmu! Wah, keren ya!


Yuk, unduh aplikasi Pijar Belajar di sini!

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image