Pijar Belajar - Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

Selamat datang di Pijar Belajar (pijarbelajar.id)

Pijar Belajar (selanjutnya disebut “Pijar Belajar” atau “Layanan” atau “Kami”) merupakan platform layanan over the top (OTT) edukasi digital yang dikelola oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (selanjutnya disebut “TELKOM”). Dalam layanan ini juga tersedia beberapa fitur yang dapat dinikmati oleh Pengguna, yaitu buku sekolah elektronik, soal latihan belajar, soal latihan ujian dan video pembahasan.


Saat menggunakan Layanan Pijar Belajar, Pengguna Pengguna (selanjutnya disebut “Anda” atau “Pengguna Pengguna”) tunduk pada pedoman, aturan, atau ketentuan yang berlaku, yang dapat diperbarui dari waktu ke waktu. Semua pedoman, aturan, atau ketentuan (termasuk dan tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Pijar Belajar). Pijar Belajar juga dapat menawarkan Layanan lain yang diatur oleh ketentuan layanan ini atau yang berbeda.


Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.pijarbelajar.id, maka Anda dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua isi Ketentuan Penggunaan ini. Jika Anda tidak menerima dan menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Ketentuan Penggunaan ini, maka Anda tidak dapat menggunakan Layanan.


Syarat dan Ketentuan ini mencakup beberapa hal berikut ini :


  • Definisi
  • Penggunaan Akun dan Perilaku
  • Fungsionalitas Layanan
  • Hak Kekayaan Intelektual
  • Metode Pembayaran
  • Larangan dan Batasan Tanggung jawab
  • Service Level Guarantee
  • Jaminan TELKOM dan Pembatasan Tanggung Jawab TELKOM secara Umum
  • Kritik dan Saran
  • Force Majeure
  • Penyelesaian Perselisihan
  • Hukum yang Berlaku
  • Ketentuan Penutup


1. Definisi

Istilah yang dimuat dalam Ketentuan ini merujuk kepada definisi sebagai berikut:

  • Akun adalah akun yang telah didaftarkan oleh Pengguna dan/atau Pengguna pada situs Pijar Belajar.
  • Data Pribadi adalah setiap informasi tentang seseorang baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi yang dengan karenanya seseorang yang dapat diidentifikasi tersebut menjadi teridentifikasi, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik berdasarkan salah satu maupun gabungan darinya, baik melalui sistem elektronik maupun non elektronik. Informasi yang dimaksud termasuk namun tidak terbatas pada nama seseorang, nomor identitas, nomor handphone, lokasi, identitas dalam jaringan sistem elektronik, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan orang tersebut.
  • Data Profil adalah data yang terdapat pada halaman profil bagi Pengguna.
  • Pengguna adalah individu yang secara resmi telah terdaftar dan memiliki akses untuk menggunakan Layanan melalui situs www.pijarbelajar.id.
  • Layanan adalah Pijar Belajar, yaitu platform layanan over the top (OTT) edukasi digital.
  • Platform adalah sebuah wadah atau aplikasi yang Kami ciptakan untuk memudahkan pembelajaran secara daring. Platform ini Kami namakan Pijar Belajar.


2. Penggunaan Akun dan Perilaku

  • Hanya Pengguna yang memiliki akun Pijar Belajar dan/atau MyIndiHome yang dapat menggunakan layanan Pijar Belajar.
  • Untuk membuat Akun Pijar Belajar, Anda dapat diminta untuk memberikan beberapa informasi dan data pribadi Anda. Sehubungan dengan pembuatan Akun Pijar Belajar dan penggunaan layanan Pijar Belajar, Anda setuju untuk memberikan informasi dan data pribadi Anda secara benar, jelas, akurat, dan lengkap kepada Pijar Belajar ketika diminta, sekurang-kurangnya berupa:
    • Nama Lengkap;
    • Nama Panggilan;
    • Sekolah;
    • No. Handphone;
    • Email;
    • Tanggal Lahir;
    • Jenis Kelamin; dan
    • Jenjang Pendidikan
  • Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan Akun dan password Anda.
  • Layanan Pijar Belajar pada dasarnya menjadi tanggung jawab dari individu Pengguna dan/atau orangtua/wali dari Pengguna.
  • Apabila Anda memberikan pernyataan dan jaminan, informasi atau Data Pribadi yang tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak lengkap, maka Pijar Belajar berhak menolak permohonan pembuatan Akun Pijar Belajar dan menangguhkan atau memberhentikan sebagian atau seluruh Layanan Pijar Belajar yang diberikan kepada Anda.
  • Pijar Belajar berhak menganggap dan memperlakukan seluruh aktivitas yang dilakukan melalui Akun Pijar Belajar sebagai aktivitas yang telah dilakukan oleh pemegang Akun Pijar Belajar.
  • Pengguna bertanggung jawab atas segala kerugian dan akibat hukum yang timbul dari kesalahan atau kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan password Akun Pijar Belajar Anda.
  • Pengguna menyetujui untuk segera memberitahukan Pijar Belajar mengenai setiap dugaan atau aktivitas penggunaan Akun Pijar Belajar atau password secara tidak berwenang atau pelanggaran keamanan lainnya yang berkaitan dengan akun Anda secepat mungkin.
  • Apabila terdeteksi bahwa Anda tidak melakukan aktivitas apapun pada situs maupun aplikasi Pijar Belajar dalam jangka waktu 1 (satu) tahun, Pijar Belajar berhak untuk menonaktifkan akun Anda.


3. Fungsionalitas Layanan

  • Pijar Belajar dapat digunakan bagi Pengguna yang memiliki akun dan akses terhadap layanan di dalam platform Pijar Belajar.
  • Semua hal yang terjadi dalam Platform adalah bentuk kegiatan, interaksi, dan/atau tindakan yang dilakukan oleh Pengguna pada Platform Pijar Belajar.
  • Segala bentuk hal-hal yang terjadi dalam cakupan penggunaan layanan yang menyebabkan kerugian bagi Pengguna (seperti kesalahan, ketidaktepatan, keterlambatan, dan/atau kelalaian dalam pemberian informasi, data, dan lain-lain) akan menjadi tanggung jawab masing-masing individu Pengguna dan Pengguna setuju untuk melepaskan Pijar Belajar dari segala tuntutan atas kerugian yang terjadi.
  • Apabila kerugian terjadi dikarenakan oleh kendala teknis yang disebabkan oleh Pijar Belajar, maka Kami akan berkomitmen untuk menyelesaikan kendala yang terjadi sesuai dengan Service Level Guarantee sebagaimana yang sudah dijelaskan pada poin 7.


4. Hak Kekayaan Intelektual

Hak Atas Kekayaan Intelektual terkait dengan Layanan Pijar Belajar ini adalah milik TELKOM yang diperoleh dengan cara yang sah dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Tidak ada hak atau izin yang diberikan baik secara langsung atau tidak langsung kepada Pengguna atau pihak mana pun yang mengakses situs untuk menggunakan atau memperbanyak Kekayaan Intelektual, dan tidak ada pihak yang dapat mengklaim hak atas, kepemilikan atau kepentingan apapun di dalamnya. Anda tidak diperbolehkan untuk mengubah salinan dalam bentuk kertas maupun digital dari materi apapun. Apabila Anda menemukan terdapat pelanggaran hak kekayaan intelektual, dapat melaporkan ke Pijar Belajar dengan menghubungi kontak yang tersedia.



5. Metode Pembayaran

  • Dengan menggunakan layanan Pijar Belajar, maka Anda diwajibkan untuk membayar segala jenis materi dan informasi berbayar yang ditetapkan oleh Pijar Belajar.
  • Pengguna setuju bahwa Pijar Belajar melakukan transaksi dengan menggunakan beberapa portal pembayaran yang tersedia.
  • Perlu diperhatikan bahwa Pijar Belajar telah bekerja sama dengan pihak ketiga terkait penyediaan metode pembayaran ini untuk menawarkan metode pembayaran yang paling nyaman dan aman.
  • Apabila terdapat kendala atau kerugian yang dialami oleh Pengguna dikarenakan melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan metode pembayaran yang sudah ditetapkan, maka hal tersebut sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab Pengguna.
  • Pijar Belajar tidak menjamin pengembalian pembayaran apabila terjadi pelanggaran terhadap Ketentuan Penggunaan ini.

6. Larangan dan Batasan Tanggung jawab

Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan melakukan upaya dan/atau yang dapat dianggap upaya untuk mengumpulkan, mengolah dan/atau mengungkapkan Data yang terkandung dalam sistem elektronik Pijar Belajar untuk tujuan yang melanggar peraturan perundang-undangan.

Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan menggunakan situs Pijar Belajar untuk melanggar keamanan atau integritas jaringan, komputer atau sistem komunikasi apa pun, aplikasi perangkat lunak, atau jaringan atau perangkat komputasi (masing-masing, "Sistem").


Kegiatan yang dilarang termasuk mengakses atau menggunakan Sistem apa pun tanpa izin, termasuk mencoba menyelidiki, memindai, atau menguji kerentanan Sistem atau untuk melanggar segala tindakan keamanan atau otentikasi yang digunakan oleh suatu Sistem.

Pijar Belajar dan TELKOM tidak bertanggung jawab atas pengumpulan, pengolahan dan/atau pengungkapan yang dilakukan di luar sistem elektronik Pijar Belajar.



7. Service Level Guarantee

  • Pijar Belajar dalam memastikan bahwa Layanan yang disediakan memiliki Service Level Guarantee yang harus selalu diberikan kepada Pengguna, yang dapat dilihat disini.
  • TELKOM akan memberikan kompensasi kepada Pengguna apabila Pijar Belajar tidak dapat memenuhi Service Level Guarantee yang sudah ditetapkan.
  • Kompensasi tidak berlaku atas ketidakmampuan pemenuhan Service Level Guarantee yang disebabkan oleh Force Majeure sebagaimana dimaksud dalam poin 10.
  • Kompensasi akan dihitung dan diberikan dalam tagihan periode bulan selanjutnya atau dalam bentuk Voucher.


8. Jaminan TELKOM dan Pembatasan Tanggung Jawab TELKOM secara Umum

  • Pengguna setuju bahwa Pengguna memanfaatkan Pijar Belajar atas keinginan sendiri dan Layanan Pijar Belajar diberikan kepada Pengguna pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".
  • Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, TELKOM (termasuk TELKOM Group, direktur, dan karyawan) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut TELKOM bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

    • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan
    • Harga Layanan Pijar Belajar yang tertera di dalam Platform;
    • Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan Pijar Belajar;
    • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna;
    • Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual;
    • Perselisihan antar Pengguna;
    • Pencemaran nama baik pihak lain;
    • Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain dengan cara apa pun mengatas-namakan TELKOM ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank;
    • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Layanan Pijar Belajar;
    • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan Pijar Belajar;
    • Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap Layanan
    • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna dan/Pengguna;
    • Force Majeure.


9. Kritik dan Saran

  • Dalam hal terdapat pertanyaan, keluhan dan/atau pengaduan sehubungan dengan penggunaan Pijar Belajar, maka Pengguna dapat mengajukan pertanyaan, keluhan dan/atau pengaduan dengan melampirkan identitas Pengguna ke:
    • Secara tertulis melalui: email support@pijarbelajar.id atau WhatsApp ke +62 812-8899-9576 (chat only)
    • Langsung ke alamat lengkap: Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Barat, Kec. Tebet Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 12810
  • Dalam hal adanya penambahan, pengurangan dan/atau perubahan channel pengaduan akan diinformasikan kemudian melalui website www.pijarbelajar.id
  • Pijar Belajar akan melakukan verifikasi data Pengguna dengan berpedoman pada data Pengguna yang tersimpan pada sistem Pijar Belajar. Pijar Belajar berhak melakukan penolakan dalam memproses pertanyaan, keluhan dan/atau pengaduan yang diajukan Pengguna dalam hal data Pengguna yang diverifikasi tidak sesuai dengan data Pengguna yang tersimpan pada sistem Pijar Belajar.
  • Pijar Belajar akan melakukan pemeriksaan dan/atau investigasi atas pengaduan Pengguna Pijar Belajar serta memberikan jawaban kepada Pengguna sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di Pijar Belajar setelah Pijar Belajar menerima keluhan/pengaduan secara lengkap dalam kurun waktu 2 (dua) minggu.


10. Force Majeure

  • Pijar Belajar dan TELKOM tidak dapat diminta pertanggungjawaban untuk keterlambatan dan/atau kegagalan dalam memenuhi kewajiban yang disebabkan oleh kejadian-kejadian di luar kemampuan TELKOM (selanjutnya disebut Force Majeure). Kejadian-kejadian yang dapat dikategorikan Force Majeure adalah termasuk segala keadaan atau peristiwa yang terjadi di luar kekuasaan Para Pihak, termasuk akan tetapi tidak terbatas pada huru-hara, epidemi, kebakaran, banjir, gempa bumi, pemogokan umum, perang, sabotase, dan berlaku efektifnya suatu ketentuan Perundang-undangan Republik Indonesia yang membatasi maupun mengakibatkan masing-masing pihak tidak dapat melaksanakan kewajibannya menurut Syarat dan Ketentuan ini.
  • Dalam hal terjadinya salah satu atau beberapa kejadian dan/atau peristiwa sebagaimana dimaksud, Pijar Belajar dan TELKOM berkewajiban untuk memberitahukan secara tertulis melalui email, website, dan/atau aplikasi kepada Pengguna selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak terjadinya peristiwa tersebut.


11. Penyelesaian Perselisihan

  • Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dalam pelaksanaan Kontrak Berlangganan ini secara musyawarah dan mufakat.
  • Apabila musyawarah dan mufakat tidak tercapai dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender atau suatu jangka waktu lainnya sebagaimana disepakati Para Pihak terhitung sejak timbulnya Perselisihan, maka Para Pihak sepakat bahwa penyelesaian Perselisihan tersebut akan diteruskan ke BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) yang bertempat di Jakarta dan menyetujui keputusan BANI tersebut bersifat final, sehingga tidak dapat dimintakan putusan pada tingkat yang lebih tinggi dan mengikat Para Pihak.


12. Hukum yang Berlaku

Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada Hukum Negara Republik Indonesia, hal-hal yang tidak atau belum diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku bagi Perjanjian, termasuk namun tidak hanya terbatas pada Hukum Perjanjian yang termuat dalam Buku III, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata).



13. Ketentuan Penutup

Ketentuan ini mulai berlaku pada saat ditetapkan oleh Pihak Pijar Belajar pada tanggal 31 Maret 2022.


Butuh bantuan tambahan ?

Hubungi kami melalui kontak

berikut:

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576(chat only)





btn footer navigation