Sejarah Perang Dunia 2, Kronologis, Sebab, hingga Dampaknya - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Sejarah Perang Dunia 2, Kronologis, Sebab, hingga Dampaknya

| 0 minute read
Sejarah Perang Dunia 2, Kronologis, Sebab, hingga Dampaknya image

Peristiwa besar yang ada di dunia memang tidak bisa dihindarkan dari konflik-konflik antar negara, contohnya seperti sejarah Perang Dunia 2. Sama seperti Perang Dunia 1, Perang Dunia 2 sendiri masih tetap berkutat pada negara-negara di wilayah Eropa. Akan tetapi, Perang Dunia 2 memiliki alur cerita yang berbeda, nih, dari Perang Dunia 1 sebelumnya. 


Dikatakan juga bahwa Perang Dunia 2 merupakan perang besar karena merenggut banyak nyawa manusia, lho, bahkan sampai jutaan! Perang Dunia 2  juga tercatat sebagai konflik terbesar serta paling destruktif yang tercatat dengan berbagai negara besar yang terlibat. Wah, mengerikan sekali, ya. Lantas, bagaimana Perang Dunia 2 bisa berlangsung? Berikut cerita sejarah untuk Sobat Pijar. 


Baca juga: Sejarah Perang Dunia 1 – Kronologi, Sebab Khusus, dan Dampaknya


Latar Belakang Perang Dunia 2

Kalian penasaran, nggak sih, kira-kira apa yang menyebabkan atau melatarbelakangi Perang Dunia 2 ini? Pastinya latar belakang Perang Dunia 2 tidak jauh-jauh dari balas dendam perang sebelumnya, yaitu Perang Dunia 1. Tapi, ternyata nggak cuma itu saja. Terdapat penyebab yang lebih kompleks dibandingkan dengan balas dendam saja loh. 


Latar Belakang Perang Dunia 2 ternyata berhubungan dengan Perjanjian Versailles yang sudah ada sejak tahun 1920 setelah PD1 (Perang Dunia 1). lho. Hal ini disebabkan karena Perjanjian Versailles berperan besar dalam Perang Dunia 1.


Jadi, pihak negara Jerman merasa dirugikan oleh Perjanjian Versailles.  Dalam perjanjian tersebut,  tertulis bahwa Jerman harus merelakan salah satu wilayahnya, melakukan perbatasan kemiliteran, serta membayar utang yang terjadi karena perang. Nah, hal ini membuat Jerman merasa diberatkan. 


Selain itu, Perang Dunia 2 juga dilatarbelakangi oleh perluasan wilayah yang sedang gencar dilakukan oleh Jerman, Italia, dan Jepang. Perluasan wilayah tersebut membuat mereka ingin menguasai banyak negara di Afrika dan Asia. 


Kenapa, ya, keinginan perluasan wilayah itu muncul? Well, ternyata berakhirnya Perang Dunia 1 mengakibatkan munculnya ideologi baru, seperti fasisme dan komunisme, yang beranggapan bahwa negara Jerman, Italia, dan Jepang memiliki kedudukan tertinggi. Dengan begitu, hal-hal ini memicu terjadinya sejarah Perang Dunia 2 yang dimulai tahun 1939. 


Kapan Perang Dunia 2

Perang Dunia 2 tentunya terjadi setelah Perang Dunia 1 , ya. Tapi, tepatnya kapan Perang Dunia 2 terjadi? 

Sejarah Perang Dunia 2 sendiri diawali dengan tahun 1939 tepatnya adalah 1 September 1939 dan akhirnya sendiri pada tanggal 2 September 1945. yang berarti peperangan dilangsungkan selama 6 tahun. 


Penyebab Perang Dunia 2 

Jika melihat penyebab utama dari perang ini memang tidak terlepas dari rasa kekecewaan dan balas dendam dari gagalnya menang di PD 1. Akan tetapi, masih ada penyebab utama lainnya yang bahkan bisa kamu ketahui, yaitu:


1. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB)

Pertama adalah kegagalan yang terjadi untuk menciptakan sebuah perdamaian dunia yang diidamkan oleh Liga Bangsa-Bangsa (LBB). Selain itu, kegunaan dari LBB juga sudah tidak sejalan dengan dibentuknya karena lebih menjadi sebuah alat politik untuk negara besar dalam mencari keuntungan. 


Hal tersebut dikarenakan, bangsa yang ikut di dalamnya tidak bisa berkutik pada saat negara besar sudah bertindak semaunya. Contohnya saja di tahun 1935 Ethiopia diserang oleh Italia serta di tahun 1937 Manchuria diserang oleh Jepang.


2. Negara Maju Membuat Senjata dan Memperkuat Militer

Untuk pertahanan negara, senjata dan militer memang sangat penting sehingga para negara maju berlomba-lomba untuk memperkuat militernya serta senjata. Pertahanan negara ini dibuat karena banyaknya aliran-aliran yang muncul dan membuat para negara menjadi waspada. 


Contohnya saja di Dunia Barat, Jerman dan Italia tidak menyukai adanya komunisme Uni Soviet, dan sebaliknya. Uni Soviet sendiri tidak suka pada paham yang dianut negara lain seperti nasionalis-sosialis Jerman, fasisme Italia, kapitalisme Amerika Serikat, dan Imperialisme Britania Raya.

 

3. Muncul Politik Aliansi

Selanjutnya, muncul sebuah politik aliansi yaitu mencari kawan persekutuan karena khawatir adanya perang besar yang akan terjadi. Dan dengan politik aliansi ini maka muncul dua blok besar yang bisa Sobat Pijar ketahui, yaitu:

  • Blok Fasis: terdiri dari negara Jerman, Italia, serta Jepang yang melakukan sekutu dengan negara lainnya seperti Hongaria, Bulgaria, Kroasia, Slowakia, serta Rumania.
  • Blok Sekutu: terdiri dari blok demokrasi yang terdiri dari Inggris, Perancis, Amerika Serikat, serta Republik Tiongkok yang bersekutu dengan banyak negara serta blok komunis yang terdiri dari Uni Soviet dan Mongolia saja. 


4. Sebab Umum Lainnya

Selain hal-hal di atas, Perang Dunia 2 juga disebabkan oleh beberapa sebab umum. Contohnya seperti pertentangan yang terjadi pada paham fasisme, demokrasi, serta komunisme. Serta adanya politik balas dendam Revanche Idea Jerman yang dikarenakan perasaan dihina oleh Perancis dengan adanya Perjanjian Versailles.


Berbagai macam ekspansi dilakukan namun pertentangan juga terjadi, seperti:

  • Pertentangan pada Jerman Raya yaitu Lebensraum yaitu Eropa Tengah. 
  • Italia yang ingin memperluas wilayah dengan Italia Irredenta yaitu Abyssinia dan Laut Tengah, serta
  • Jepang dengan pengumumannya mengenai Kemakmuran Bersama di Asia Timur Raya untuk seluruh negara-negara yang ada di Asia Timur. 


Sebab Khusus Perang Dunia 2

Selain sebab umum yang diberikan pada informasi di atas, pastinya ada sebab khusus yang terjadi untuk Perang Dunia 2 ini, yaitu:


1. Penyebab Khusus di Eropa Barat dan Timur

Pertama, serangan pada Polandia yang terjadi di awal peperangan karena adanya tuntutan dari Jerman yaitu masuk ke dalam Pakta-Anti Komintern sebagai negara satelit. Polandia menolak karena khawatir akan kehilangan kemerdekaannya. 


Polandia menakut-nakuti Hitler dari jerman yang pengumuman invasi terhadap Polandia adalah perang dan tetap meyakinkan Uni Soviet untuk bersama. Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939 dan menolak adanya tuntutan untuk munder. 


Keuda negara yaitu Britania dan Perancis juga ikut menyerang Jerman dengan pernyataan perang pada tanggal 3 September 1939. 


Kedua adalah serangan pada Uni Soviet yang dilakukan oleh Jerman di bulan Juni 1941. Uni Soviet diserang oleh Hitler karena dirasa tidak ada persiapan perang sehingga diharapkan bisa diserang dengan serangan kilat. 


2. Penyebab Khusus di Asia Pasifik

Terjadinya perang di Asia Pasifik ini dikarenakan adanya serangan yang dilakukan Jepang terhadap pangkalan Armada milik Angkatan Laut Amerika. Selain itu, serangan Jepang juga ditujukan pada Persemakmuran Filipina yang sedang dikuasai oleh Amerika Serikat. 


Karena serangan tersebut maka Amerika Serikat dan Britania mengumumkan adanya perang yang akan dilakukan kepada Jepang. Dan AS terbawa pada perang Eropa sehingga Jerman dan Italia menyatakan perang pada AS. 


Hitler mengumumkan adanya en Tripartite Pact yang mana Jerman harus mengikuti seluruh pernyataan dari perang Jepang meskipun kapal selam sudah melakukan perang sebelumnya. Dengan begitu maka AS hanya membalas secara resmi dengan cara masuk ke dalam perang Eropa. 


Kronologi Perang Dunia 2

Wah, ternyata ada cukup banyak, ya, latar belakang dan sebab terjadinya Perang Dunia 2 ini. Selanjutnya kita akan memahami Perang Dunia 2 melalui kronologinya, nih. Sobat Pijar, jika ingin mengetahui sejarah Perang Dunia 2 bisa melihat kronologinya berikut ini:


Blok Fasis Perang Dunia 2

Pada blok Fasis terdapat kronologi yang terjadi pada beberapa negara seperti Jerman, yaitu:

  • Kronologi pertama kali terjadi di tanggal 1 September 1939 dengan adanya serangan dari Jerman ke Polandia melalui penghancuran kontrol udara, rel kereta api, jalur komunikasi, hingga meluncurkan amunisi. 
  • Jerman menenggelamkan kapal milik Inggris dan berhasil menyerang Polandia. Aksinya dilanjutkan dengan melakukan serangan pada negara Denmark dan Norwegia. 
  • Belanda dikuasai Jerman pada tahun 1940 sehingga ratu Belanda harus berpindah-pindah tempat. 
  • Jerman melanjutkan serangan ke front Barat yang mana pada saat itu ingin menyasar Inggris. Yang sebenarnya dari peristiwa ini Jerman ingin berdamai dengan Inggris karena adanya peristiwa Dunkirk.
  • Di tanggal 7 September 1940, Jerman ke London mengirimkan juga bom atom dengan jumlah yang cukup banyak dan diluncurkan pada malam hari sehingga London panik pada saat itu. 
  • Tanggal 27 September 1940 pakta pertahanan militer oleh Jerman, Italia, dan Jepang ditandatangan untuk saling membantu jika salah satu negara di serang negara lainnya. 
  • Uni Soviet berhasil dikuasai oleh Jerman pada 22 Juni 1942 dan di wilayah lainnya Jepang menghancurkan Hawaii dengan bom. 
  • November 1943, Uni Soviet melakukan serangan ke Stalingrad. 
  • Jerman mengalami kemunduran dan terancam kalah sehingga Hitler bunuh diri bersama dengan istrinya pada tanggal 30 April 1945. 


Blok Sekutu Perang Dunia 2

Sedangkan di pihak sekutu juga akan dikenalkan bagaimana kronologi yang terjadi yaitu pada negara Inggris, Perancis, dan negara blok sekutu lainnya, yaitu:

  • Di hari kedua Perang Dunia 2 ini, negara Perancis dan Inggris menyatakan perang kepada Jerman yang sedang dipimpin oleh Hitler. Inggris mengirimkan sebuah ultimatum pada Jerman sehingga menarik pasukan perang juga dari Polandia. 
  • Pasukan sekutu mengungsi ke tanah Inggris akibat serangan blunder pertama Hitler. 
  • Pada tanggal 11 Mei 1940, Belgia jatuh sehingga membuat peperangan pada Perancis dijatuhkan pada tanggal 10 Juni 1940 oleh Italia. Karena peperangan ini maka Jerman berhasil menguasai Perancis.
  • Warga Inggris menolak ajakan damai yang disampaikan oleh Hitler karena tidak berminat untuk berdamai.
  • Di tanggal 25 Agustus 1940, dari Inggris yaitu angkatan udaranya meluncurkan serangan ke Berlin, Jerman dengan ribuan pesawat yang menjatuhkan bom atom sehingga warga Jerman merasakan peperangan ini.  
  • Perdana Menteri Inggris meminta bantuan kepada presiden Amerika Serikat agar ikut turun tangan dalam peperangan Eropa ini.
  • Tanggal 8 Mei 1945, Jerman mengaku kalah dan berserah diri kepada pasukan Sekutu. 
  • Amerika Serikat meluncurkan bom atom di bulan Agustus 1945 tepatnya di Hiroshima dan Nagasaki Jepang dan membuat Jepang menyerah. Dengan begitu, maka akhir resmi dari sejarah Perang Dunia 2 sudah selesai.  


Dampak Perang Dunia 2

Meskipun  Perang Dunia 2 sudah berakhir ternyata juga memberikan dampak yang cukup besar bagi dunia. Bahkan juga terdapat dampak pada beberapa bidang seperti ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Untuk beberapa dampak yang diberikan bisa Sobat Pijar ketahui di bawah ini:

  • Adanya perang dingin sehingga beberapa negara terpecah seperti Korea, Jerman, serta Vietnam.
  • Kemerdekaan negara-negara yang ada di Asia-Afrika memperoleh kemerdekaan semakin tinggi. 
  • Lahirnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
  • Berkembang dengan pesat untuk ilmu pengetahuan karena teknologi sudah semakin maju. 


Meskipun bukan sepenuhnya dampak buruk, ternyata Perang Dunia 2 juga memberikan dampak positif yang dapat ditemui pada zaman saat ini. 


Baca juga: Peradaban Awal Dunia: Mesopotamia, Mesir Kuno, dan Yunani Kuno

_________________________________________________


Dengan Sobat Pijar mengetahui sejarah Perang Dunia 2 ini maka akan lebih menghargai jasa-jasa pahlawan di Indonesia. Dengan kegigihan dan banyak perjuangan yang dilakukan sehingga Indonesia bisa mendapatkan banyak kesempatan kehidupan yang lebih baik seperti sekarang ini.


Belajar lebih banyak seputar sejarah Perang Dunia 2 dan sejarah internasional lainnya di Pijar Belajar, yuk! Bersama Pijar Belajar, kamu bisa banget mengasah pemahamanmu melalui berbagai latihan soal yang tentunya seru banget untuk dikerjakan.


Tak lupa juga Pijar Belajar sudah menyiapkan video pembahasannya untuk kamu. Jadi, nggak ada alasan lagi, deh, belajar itu susah.


Download Pijar Belajar sekarang dan rasakan langsung keseruannya!



Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image