pijarbelajar

Sejarah

Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 12

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Rangkuman Materi Sejarah Indonesia  Kelas 12 image

Sobat Pijar bagaimana sekolahnya? Sudah mau ujian tapi masih sulit memahami materi sejarah yang sudah dipelajari? Untuk membantu kamu memahami pelajaran, kamu bisa banget loh baca-baca rangkuman materi sejarah Indonesia kelas 12 dari bab 1 sampai 10 pada artikel ini.


Artikel ini sudah merangkum beberapa poin-poin penting yang ada pada materi pelajaran Sejarah Indonesia kelas 12 dan juga Sejarah Internasional. Di dalamnya terangkum sejarah kemerdekaan Indonesia, era Perang Dunia, sistem pemerintahan pasca kemerdekaan dan lainnya.


Baca juga: Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 10


Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 12 Semester 1

Materi Sejarah Indonesia kelas 12 terbagi menjadi dua, yaitu materi untuk semester 1 dan semester 2. Nah, di tiap semesternya, materi Sejarah Indonesia kelas 12 terbagi lagi ke dalam 5 bab. Kira-kira apa saja, ya, materi Sejarah Indonesia kelas 12 semester 1 kurikulum 2013? Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 


1. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 1

Rangkuman materi sejarah Indonesia kelas 12 bab 1 membahas mengenai respon internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dalam proses pengakuan kemerdekaan Indonesia, terdapat dua faktor yang menentukan, yaitu pengakuan secara de jure dan de facto. 


Berikut beberapa poin penting seputar respon internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia. 

  1. Negara pendukung kemerdekaan Indonesia adalah Mesir, Palestina, Liga Arab, India, Australia, Vatikan.
  2. Negara-negara barat seperti Belanda menolak proklamasi kemerdekaan Indonesia. Belanda melancarkan Agresi Militer I dan II. 
  3. Konferensi Meja Bundar dilaksanakan untuk menyelesaikan konflik Indonesia dan Belanda. Hasil KMB membagi wilayah Indonesia menjadi Republik Indonesia Serikat


Penjelasan lengkap seputar rangkuman Sejarah Indonesia materi pengakuan kemerdekaan Indonesia ini bisa kamu simak dalam artikel Pijar Belajar. 


2. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 2

Rangkuman materi sejarah Indonesia kelas 12 bab 2 membahas mengenai globalisasi. Globalisasi merupakan proses sosial yang menghubungkan masyarakat di berbagai belahan dunia tanpa batasan geografis. Dampak positif globalisasi dalam perkembangan IPTEK sebagai berikut:

  1. Teknologi luar angkasa yang berkembang pesat di era Perang Dingin 
  2. Perkembangan jenis persenjataan di dunia
  3. Akses informasi yang lebih luas dan cepat ke berbagai belahan dunia
  4. Perkembangan ilmu pengetahuan berkembang pesat


Materi faktor penyebab globalisasi dan dampaknya bisa Sobat Pijar simak dalam artikel Pijar Belajar, ya. 


3. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 3 

Selanjutnya, kamu juga akan mempelajari tentang era Perang Dingin dalam Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 3. Pada bab ini, kamu akan memahami tentang Perang Dingin I dan II antara Blok Barat pimpinan Amerika dengan Blok Timur pimpinan Uni Soviet. Selain itu, kamu juga akan memahami dampak perang dingin bagi dunia, terutama pada ketidakstabilan politik dan ekonomi global.


Dalam era Perang Dingin ini, terdapat peran aktif bangsa Indonesia berupa pengadaan Konferensi Asia Afrika dan menjadi pelopor Gerakan Non Blok. Indonesia juga mengirimkan kontingen Garuda dalam misi kemanusiaan serta menjalankan ketertiban dunia.


Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 tentang Perang Dingin 1 dan Perang Dingin 2 bisa kamu simak dalam artikel Pijar Belajar. 


4. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 4

Dalam Sejarah indonesia Kelas 12 Bab 4, kamu akan mempelajari berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang terjadi sejak tahun 1948-1965. Ada tiga bentuk pergolakan yang terjadi, yaitu:

  1. Pergolakan terkait ideologi yakni pemberontakan PKI Madiun, pemberontakan DI/TII dan peristiwa G30S/PKI. Pergolakan ini diakhiri dengan mengirimkan pasukan bersenjata dan juga melalui diplomasi
  2. Pergolakan terkait kepentingan (vested interest) yakni pemberontakan RMS, APRA dan Andi Aziz. Pemberontakan ini didorong oleh kepentingan yang terganggu akibat kebijakan penguasa
  3. Pergolakan terkait sistem pemerintahan yaitu pemberontakan PRRI dan Permesta, BFO dan permasalahan negara federal akibat perjanjian Linggajati


Yuk, simak penjelasan lengkap rangkuman Sejarah indonesia Kelas 12 tentang ancaman disintegrasi bangsa dalam artikel Pijar Belajar! 


5. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 5

Rangkuman materi sejarah Indonesia kelas 12 bab 5 membahas tentang Indonesia pada masa awal kemerdekaan, yakni sejak penerapan demokrasi liberal hingga memasuki masa demokrasi terpimpin. 


Demokrasi liberal diterapkan sejak tahun 1950 sampai 1959 untuk memperbaiki kondisi negara setelah terbebas dari pengaruh Belanda. Kebijakan politik dan ekonomi demokrasi liberal meliputi:

  1. Gunting Syafruddin adalah kebijakan pemotongan nilai mata uang nominal Rp2,50 ke atas
  2. Menasionalisasi De Javasche Bank milik Belanda menjadi Bank Indonesia
  3. Rencana Pembangunan 5 Tahun oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional


Setelah demokrasi liberal, Indonesia menerapkan demokrasi terpimpin yang berlangsung sejak dikeluarkannya Dekrit Presiden tahun 1959. Latar belakang demokrasi terpimpin adalah karena demokrasi liberal menyebabkan kondisi politik tidak stabil, seperti pergantian kabinet yang terus menerus hingga UUD baru yang tidak berhasil disusun.


Adapun, kebijakan politik pada masa demokrasi terpimpin meliputi:

  1. Pembebasan Irian Barat melalui yakni konfrontasi politik, konfrontasi ekonomi, konfrontasi diplomasi dan militer
  2. Konfrontasi dengan Malaysia 
  3. Menjalankan politik Mercusuar


Lalu, untuk kebijakan ekonomi demokrasi terpimpin meliputi:

  1. Pembentukan Dewan Perancang Nasional 
  2. Kebijakan sanering mata uang 
  3. Menekan Inflasi
  4. Deklarasi Ekonomi atau Dekon 1963 
  5. Kebijakan Dana Revolusi


Perbedaan pelaksanaan demokrasi liberal dan terpimpin:

  1. Partisipasi partai politik masa demokrasi terpimpin lebih dibatasi sementara era demokrasi liberal sangat bebas 
  2. Pengambilan keputusan era demokrasi liberal sangat lambat sementara era demokrasi terpimpin lebih cepat karena diputuskan oleh presiden
  3. Partisipasi politik masyarakat di era demokrasi liberal sangat besar


Materi lengkap seputar demokrasi liberal sudah tersedia dalam aplikasi Pijar Belajar, lho. Yuk disimak ya! 


Rangkuman Materi Sejarah Indonesia Kelas 12 Semester 2

Materi Sejarah Indonesia semester 2 dimulai dari bab 6 tentang organisasi regional dan global hingga bab 10 mengenai perkembangan IPTEK masa kemerdekaan. Berikut materi sejarah peminatan kelas 12 semester 2: 


1. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 6

Rangkuman materi sejarah Indonesia kelas 12 bab 6 membahas mengenai organisasi-organisasi regional dan global. Berikut beberapa organisasi militer regional dan organisasi ekonomi global yang perlu kamu tahu. 


Organisasi militer regional:

  1. SEATO (Southeast Asia Treaty Organization) didirikan tanggal 8 September 1954 untuk mencegah menyebarnya pengaruh komunis yang ada di Vietnam ke negara Asia Tenggara lainnya. Negara Asia Tenggara yang tergabung di SEATO hanya Filipina, Thailand, sisanya US, Pakistan, Prancis, Inggris, Selandia Baru, Bangladesh
  2. CENTO (Central East Treaty Organization) di Timur Tengah terdiri dari Paistan, Irak, Iran, Turki dan Inggris tahun 1955. Tujuannya untuk menghambat komunisme di Timur Tengah


Organisasi ekonomi global:

  1. WTO (World Trade Organization) berdiri 1 Januari 1995 untuk mengembangkan sistem perdagangan multilateral
  2. OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries) berdiri tahun 1960 oleh 5 negara eksportir minyak Iran, Kuwait, Irak, Saudi Arabia dan Venezuela


Kamu bisa menyimak materi organisasi regional dan organisasi ekonomi dalam materi Pijar Belajar berikut ini, ya.


2. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 7

Rangkuman materi sejarah Indonesia kelas 12 bab 7 membahas mengenai sejarah kontemporer dunia sebagai berikut:

  1. Berakhirnya apartheid di Afrika Selatan yakni politik yang memisahkan penduduk berdasarkan ras yakni ras kulit putih (Eropa), ras Asia (India dan Pakistan), ras suku bangsa bantu (suku asli Afrika) dan ras kulit warna atau campuran sejak tahun 1948 sampai 1993
  2. Runtuhnya Vietnam Selatan setelah sebelumnya perang sejak 1955 sampai 1975 akibat Perang Dingin antara Vietnam Utara yang komunis dan Vietnam Selatan yang liberal.
  3. Perpecahan Uni Soviet yang runtuh tahun 1991 akibat kemunduran ekonomi, sistem komunisme yang gagal, dan dukungan rakyat terhadap kapitalisme
  4. Runtuhnya Jerman Timur dan ide untuk menyatukan kembali Jerman Barat dan Jerman Timur yang ditandai dengan runtuhnya tembok Berlin tahun 9 November 1989
  5. Perpecahan Yugoslavia dan Cekoslovakia menyebabkan perang saudara sejak 31 Maret 1991 sampai 12 November 2001. Penyebabnya krisis ekonomi dan konflik SARA
  6. Gerakan rakyat Filipina tahun 1986 menuntut berakhirnya rezim otoriter Presiden Ferdinand Marcos melalui demonstrasi besar tanpa kekerasan


Materi runtuhnya Vietnam Selatan, politik apartheid, perpecahan Uni Soviet, keruntuhan Jerman Timur, hingga perpecahan Yugoslavia dan Cekoslovakia sudah tersedia lengkap di Pijar Belajar. Yuk, disimak ya!


3. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 8

Rangkuman materi sejarah Indonesia kelas 12 bab 8 tentang konflik-konflik di berbagai belahan dunia. Berikut beberapa konflik dunia yang akan kamu pelajari pada Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 8. 


Materi rangkuman Sejarah Indonesia kelas 12 Bab 8 yang membahas tentang konflik-konflik di berbagai belahan dunia umumnya akan kamu temukan pada Sejarah Internasional atau Sejarah Peminatan. Salah satu konflik dunia yang akan kamu pelajari adalah Konflik Indocina, Konflik Ukraina Rusia, hingga konflik-konflik dunia lainnya. 


Rangkuman materi Sejarah Indonesia Kelas 12 tentang konflik di berbagai belahan dunia bisa kamu simak dalam rangkuman Sejarah Peminatan Pijar Belajar, ya.

 

4. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 9

Rangkuman materi sejarah Indonesia kelas 12 bab 9 membahas mengenai Indonesia masa orde baru dan era reformasi. Latar belakang runtuhnya Orde Baru disebabkan oleh:

  1. Ketidakpuasan masyarakat terhadap kepemimpinan rezim Soeharto selama 32 tahun yang tidak konsisten dalam melaksanakan Pancasila dan UUD 1945. 
  2. Kuatnya praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) di kalangan rezim dan pejabat negara.
  3. Pelaksanaan hukum yang tajam ke atas dan tumpul ke bawah.
  4. Kondisi perekonomian negara semakin merosot dengan hutang luar negeri yang meningkat.


Kronologi runtuhnya orde baru dan lahirnya reformasi:

  1. Pada awal bulan Mei 1998 mahasiswa dan lapisan masyarakat melakukan aksi demonstrasi di berbagai daerah menuntut penurunan harga sembako, menghapus KKN, dan menurunkan Presiden Soeharto.
  2. Tanggal 12 Mei 1998 unjuk rasa mahasiswa Universitas Trisakti menyebabkan tertembaknya 4 mahasiswa ketika bentrok dengan aparat.
  3. Tanggal 13–14 Mei 1998 terjadi kerusuhan dan penjarahan massal di Jakarta.
  4. Tanggal 19 Mei 1998 gedung DPR/MPR berhasil diduduki puluhan ribu mahasiswa.
  5. Tanggal 21 Mei 1998 Presiden Soeharto resmi mengundurkan diri di istana negara. Wapres B.J. Habibie pun resmi naik menjadi Presiden dan dilantik di depan Mahkamah Agung. Mundurnya Presiden Soeharto menandai berakhirnya era orde baru.


Kebijakan ekonomi masa reformasi:

  1. Pemerintah menerapkan program Jaring Pengaman Sosial (JPS) di bidang kesehatan dan pendidikan untuk rakyat miskin. 
  2. Menurunkan nilai tukar Rupiah hingga sebesar Rp6.700 setelah bulan sebelumnya Rp15.000.
  3. Distribusi kebutuhan pokok ke masyarakat. 
  4. Menguatkan basis sektor riil ekonomi.
  5. Restrukturisasi dan menguatkan sektor perbankan dan keuangan.
  6. Penyelesaian masalah Timor Timur dengan cara melaksanakan referendum. Hasilnya Timor Timur pisah dari RI secara terhormat, baik dan damai.


Kebijakan politik masa reformasi:

  1. Diberlakukannya otonomi daerah secara luas, pencabutan kebijakan pembatasan jumlah partai politik.
  2. Mencabut kebijakan Surat Izin Terbit (SIT) bagi media massa cetak yang membatasi jurnalisme.
  3. Dibuat kebijakan pembatasan masa jabatan presiden sebanyak 2 periode.


Profil presiden Republik Indonesia pasca reformasi hingga 2019:

  1. Presiden B.J. Habibie (21 Mei 1998 - 20 Oktober 1999).
  2. Presiden Abdurrahman Wahid (20 Oktober 1999- 23 Juli 2001).
  3. Presiden Megawati Soekarnoputri (23 Juli 2001 – 20 Oktober 2004).
  4. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (20 Oktober 2004 – 20 Oktober 2014).
  5. Presiden Joko Widodo (20 Oktober 2014 - 2024)


Nah, materi lengkap seputar Orde Baru sudah pernah Pijar Belajar bahas, lho. Coba simak dalam artikel kebijakan ekonomi masa orde baru berikut ini, ya! 


5. Rangkuman Sejarah Indonesia Kelas 12 Bab 10

Perkembangan IPTEK di nusantara lebih masif semenjak menyingkirnya para penjajah. Berikut adalah rangkuman materi sejarah Indonesia kelas 12 bab 10 mengenai kemajuan IPTEK bangsa Indonesia pada era kemerdekaan:

  1. Revolusi Hijau di Indonesia dimulai sejak tahun 1970-1980 oleh pemerintahan Orde Baru. Beberapa perubahan yang muncul meliputi modernisasi pertanian, penggunaan bibit unggul, pembangunan sistem irigasi, pemberantasan hama pertanian secara intensif, dan penggunaan pupuk modern dengan teratur.
  2. Teknologi Transportasi: Transportasi darat, laut dan udara berkembang pesat sejak era kemerdekaan. Perkembangan transportasi udara dipelopori oleh Wiweko Supomo dan Nurtanio Pringgoadisuryo
  3. Teknologi Kedirgantaraan: Tentara Republik Indonesia Angkatan Udara (TRI AU) membuat pesawat layang jenis Glider bernama NWG-1 di tahun 1946. Tahun 1948 Indonesia kembali membuat mesin pesawat pertama RI-X
  4. Teknologi Informasi dan Komunikasi: Televisi diperkenalkan di tahun 1962 dengan dibentuknya stasiun televisi pertama Televisi Republik Indonesia (TVRI), berkembangnya teknologi internet dan komputer terutama sejak era 1990-an, berkembangnya telepon seluler
  5. Teknologi Arsitektur dan Konstruksi Tahun 1962 Prof. Sedyatmo mengembangkan pondasi "Cakar Ayam" untuk proyek 7 menara listrik tegangan tinggi untuk perhelatan Asian Games, teknologi Sosrobahu oleh Tjokorda uga dikembangkan untuk membangun proyek jalan tol


Materi perkembangan IPTEK di nusantara sudah pernah dibahas melalui artikel Pijar Belajar. Yuk disimak ya!


____________________________________________________________


Baca juga: Konflik Yugoslavia | Materi Sejarah Kelas XII


Rangkuman materi sejarah Indonesia kelas 12 dari bab 1 sampai bab 10 merangkum berbagai materi penting mulai dari respons dunia terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia, era Perang Dingin, hingga perkembangan IPTEK Indonesia setelah era kemerdekaan.


Pelajari lebih lengkap tentang materi Sejarah Indonesia Kelas 12 terlengkap lewat Aplikasi Pijar Belajar, yuk! Aplikasi Pijar Belajar memiliki banyak rangkuman materi dan latihan soal yang bisa kamu gunakan kapan aja dan dimana aja. Jadi, aktivitas belajar kamu jadi lebih mudah, deh.


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved