pijarbelajar

Ekonomi

Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 1 Sampai 9, Intip Yuk!

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 1 Sampai 9, Intip Yuk! image

Bagaimana kabarmu Sobat Pijar? Sudah siap untuk kembali belajar ilmu ekonomi kelas 11 sekarang? Sama seperti mata pelajaran ekonomi kelas 10 sebelumnya, Pijar Belajar telah membuat rangkuman ekonomi kelas 11 untuk membantumu belajar. 


Wah, apa saja, ya, materi ekonomi kelas 11 yang akan kita pelajari? Tanpa berlama-lama lagi, kita simak rangkuman lengkapnya di bawah ini, yuk! 


Baca juga: Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Terlengkap!


Rangkuman Materi Ekonomi Kelas 11 Semester 1

Mata pelajaran ekonomi kelas 11 semester 1 terdiri dari 5 bab yang membahas mengenai pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi hingga pengenalan terhadap kebijakan moneter dan fiskal. Berikut rangkuman ekonomi kelas 11 semester 1. 


1. Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 1

Sobat Pijar akan mempelajari materi Pendapatan Nasional dan Kesenjangan Ekonomi pada rangkuman ekonomi kelas 11 bab 1. Pendapatan nasional merupakan total pendapatan masyarakat yang dihitung pada periode tertentu, umumnya satu tahun, di suatu negeri. 


Konsep pendapatan nasional terbagi menjadi enam, yaitu:

  1. Produk Domestik Bruto (PDB): 
  2. Produk Nasional Bruto (PNB)
  3. Produk Nasional Neto (NNP)
  4. Pendapatan Nasional Bersih (NNI)
  5. Pendapatan Perorangan
  6. Disposable Income (DI) atau Pendapatan Bebas


Nah, dalam bab ini, kamu juga akan kenalan dengan istilah pendapatan per kapita, yaitu pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara yang dihitung selama periode waktu tertentu, biasanya per tahun 


Ingin tahu bagaimana rumus menghitung pendapatan per kapita dan materi pendapatan nasional lainnya? Simak penjelasan lebih lengkap tentang Pendapatan Nasional dan Kesenjangan Ekonomi di Pijar Belajar, ya!


2. Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 2

Rangkuman ekonomi kelas 11 bab 2 mengangkat materi mengenai pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi merupakan perubahan keadaan perekonomian negara secara berkesinambungan selama periode waktu tertentu menjadi lebih baik. 


Kemudian, pembangunan ekonomi bisa diartikan sebagai proses bertambahnya pendapatan total serta pendapatan perkapita suatu negara dengan memperhitungkan bertambahnya jumlah penduduk, pemerataan pendapatan dan perubahan mendasar struktur ekonomi negara.


Perbedaan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yaitu indikator keberhasilan pertumbuhan ekonomi bersifat kuantitatif seperti standar pendapatan dan output produksi. Sementara indikator keberhasilan pembangunan ekonomi bersifat kualitatif.


Informasi lengkap seputar pertumbuhan dan pembangunan ekonomi bisa kamu simak di Pijar Belajar, ya!


3. Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 3

Rangkuman ketenagakerjaan ekonomi kelas 11 membahas mengenai konsep tenaga kerja, yaitu semua orang yang dapat melakukan pekerjaan untuk memproduksi barang dan jasa demi memenuhi kebutuhan sendiri ataupun kebutuhan masyarakat.


Tenaga kerja sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu tenaga kerja berdasarkan sifatnya, berdasarkan kualitasnya, berdasarkan fungsi pokoknya dalam perusahaan, dan berdasarkan hubungannya dengan produk. 


Nah, tenaga kerja ini biasanya diisi oleh angkatan kerja, yaitu penduduk yang sedang dalam usia kerja, 15 tahun ke atas sampai usia 64 tahun, baik yang berstatus sedang bekerja ataupun tidak bekerja.


Akan tetapi, tenaga kerja juga menghadapi berbagai masalah, salah satunya adalah terbatasnya lapangan kerja sehingga memunculkan pengangguran. Kesempatan kerja adalah kondisi untuk menunjukkan ketersediaan lapangan kerja yang dapat diisi oleh para pencari kerja.


Yuk, pelajari lebih lengkap tentang jenis-jenis tenaga kerja, jenis-jenis pengangguran, dan berbagai permasalahan serta upaya mengatasinya melalui Pijar Belajar! 


4. Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 4

Rangkuman ketenagakerjaan ekonomi kelas 11 bab 4 membahas mengenai teori uang, indeks harga, dan inflasi. Dalam materi teori uang, kamu akan mempelajari tentang permintaan dan penawaran uang. 


Permintaan uang merupakan jumlah uang yang diperlukan masyarakat dalam menjalankan transaksi perdagangan dan sebagainya. Sedangkan, penawaran uang merupakan jumlah uang yang disediakan pemerintah atau melalui bank sentral untuk dimiliki masyarakat.


Lalu, terdapat Indeks harga, yaitu angka untuk menunjukkan perubahan harga-harga barang, baik harga satu jenis barang maupun berbagai jenis barang di waktu dan tempat tertentu.


Dalam arus pergerakan uang dan ekonomi dunia, terdapat kondisi inflasi, yaitu kondisi saat tingkat harga secara umum di pasaran cenderung mengalami kenaikan.


Coba simak informasi lengkap tentang permintaan dan penawaran uang, rumus indeks harga, sampai cara mengatasi inflasi lewat artikel Pijar Belajar, ya! 


5. Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 5

Rangkuman ketenagakerjaan ekonomi kelas 11 bab 5 membahas mengenai kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. 


Kebijakan moneter yaitu kebijakan pemerintah mengendalikan jumlah uang beredar di masyarakat melalui Bank Sentral yang memegang otoritas moneter agar tercipta kestabilan ekonomi. Berbeda dengan itu, kebijakan fiskal merupakan kebijakan ekonomi dalam pengelolaan keuangan negara meliputi sumber penerimaan dan alokasi pengeluaran negara yang dijalankan pemerintah.


Pembahasan mengenai instrumen, tujuan, fungsi, dan perbedaan kebijakan fiskal dan kebijakan moneter bisa kamu simak dalam artikel Pijar Belajar. 


Rangkuman Materi Ekonomi Kelas 11 Semester 2

Nah, pada semester 2 ini, terdapat 4 bab Ekonomi yang akan dipelajari, yaitu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, perpajakan, perdagangan dan kerjasama internasional. Tenang, nggak perlu panik karena Pijar Belajar sudah membuat rangkuman materi ekonomi kelas 11 semester 2 untuk kamu. Simak, ya.


1. Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 6

Pada awal semester 2, Sobat Pijar akan mempelajari materi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) seperti yang tertera dalam rangkuman ekonomi kelas 11 bab 6 ini. 


APBN merupakan daftar yang berisi rincian sistematis yang berlaku per satu periode mengenai Sumber Penerimaan serta Belanja Negara. Sumber APBN ini berasal dari pendapatan dalam negeri, seperti pajak dan non pajak, dan penerimaan hibah. 


Berbeda dengan itu, APBD merupakan rencana keuangan pemerintah daerah yang dibahas serta disetujui oleh pemerintah daerah bersama DPRD secara tahunan dan ditetapkan melalui peraturan daerah. Kemudian, sumber APBD juga berasal dari pendapatan asli daerah, dana perimbangan, da pendapatan hibah. 


Simak lebih lengkap informasi tentang APBN dan APBD lewat Aplikasi Pijar Belajar! 


2. Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 7

Rangkuman ekonomi kelas 11 bab 7 berikutnya membahas mengenai pajak, yaitu kontribusi wajib yang dibayarkan oleh masyarakat secara pribadi atau badan yang bersifat memaksa kepada negara dan ditetapkan melalui UU untuk dipakai dalam pembiayaan kebutuhan negara.


Pajak sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis sesuai dengan sifat, sistem pungutan, dan golongannya. Yuk, pelajari lebih lengkap materi jenis-jenis pajak dan sistem pemungutan pajak bareng Pijar Belajar! 


3. Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 8

Rangkuman ekonomi kelas 11 bab 8 membahas mengenai perdagangan internasional, yaitu kegiatan transaksi jual beli barang atau jasa yang terjalin oleh masyarakat antar negara atas dasar kesepakatan bersama. Dalam perdagangan internasional ini, terdapat berbagai kebijakan yang melandasinya. Kebijakan perdagangan internasional meliputi kebijakan perdagangan bebas dan kebijakan perdagangan proteksi.  


Nah, dalam transaksi internasional ini, alat pembayaran yang digunakan adalah devisa berupa valuta asing, surat berharga, dan emas. 


Seluruh transaksi dalam perdagangan internasional ini tercatat dalam neraca pembayaran. Dari neraca pembayaran inilah akan terlihat transaksi surplus dan defisit yang dialami suatu negara. 


Pelajari lebih lengkap tentang teori perdagangan internasional dan neraca pembayaran lewat artikel Pijar Belajar, yuk! 


4. Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 9

Rangkuman ekonomi kelas 11 bab 9 membahas mengenai kerjasama ekonomi internasional, yaitu kerjasama di bidang ekonomi yang terjalin di antara negara-negara di dunia agar tercipta pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan ekonomi, peningkatan kegiatan ekonomi nasional. 


Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional:

  1. Meningkatkan perdagangan barang dan jasa 
  2. Memudahkan investasi 
  3. Menguatkan kerjasama perdagangan dan ekonomi antar negara
  4. Terciptanya integrasi ekonomi yang efektif 
  5. Mencari bidang kerjasama baru


Bentuk kerjasama internasional pun juga beragam, lho, terdapat kerjasama bilateral antar (dua negara), multilateral (banyak negara), regional (kawasan yang sama), hingga antar regional. Beberapa contoh lembaga kerjasama ekonomi internasional adalah International Monetary Fund (IMF), Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), Organisasi Negara Pengekspor Minyak atau OPEC, dan World Trade Organization (WTO). 


Informasi lengkap seputar kebijakan kerjasama ekonomi internasional dan lembaga kerjasama ekonomi internasional bisa kamu simak dalam Aplikasi Pijar Belajar. 


__________________________________________________________________________


Baca juga: Sistem Informasi Akuntansi - Sejarah. Pengguna, dan Kualitasnya


Setelah Sobat Pijar membaca seluruh rangkuman ekonomi kelas 11 di atas diharapkan kalian dapat memahami apa saja poin-poin penting dari setiap materi ilmu ekonomi SMA. Rangkuman di atas merangkum semua poin penting dari 9 bab mata pelajaran ekonomi.


Supaya aktivitas belajarmu jadi lebih nyaman, Pijar Belajar punya rangkuman materi dan latihan soal yang pastinya mudah banget untuk kamu pahami. Apalagi, semua itu bisa kamu akses kapan aja dan dimana aja, lho. Seru banget, kan?


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved