pijarbelajar

Ekonomi

Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Terlengkap!

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Terlengkap! image

Pada saat kamu duduk di bangku SMP, kamu mungkin menemukan materi Ekonomi dalam mata pelajaran IPS, ya. Akan tetapi, di bangku SMA, materi Ekonomi ini terpisah menjadi mata pelajaran tersendiri, nih. Nah, untuk membantu Sobat Pijar mengenal materi ekonomi, Pijar Belajar sudah membuat rangkuman Ekonomi kelas 10 terlengkap, lho


Mata pelajaran ekonomi kelas 10 membahas mengenai ilmu ekonomi, dasar-dasarnya serta bagaimana manusia memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan sumber daya alam yang ada. Yuk, simak rangkuman materinya berikut ini. 


Baca juga: Pengelolaan Keuangan Negara oleh Bank Indonesia | Ekonomi Kelas X


Rangkuman Materi Ekonomi Kelas 10 Semester 1

Mata pelajaran ekonomi kelas 10 semester 1 terdiri dari 7 bab dengan materi yang sangat beragam. Untuk memudahkanmu dalam belajar, kamu bisa menyimak rangkuman ekonomi kelas 10 di bawah. 


1. Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 1

Rangkuman ekonomi kelas 10 bab 1 akan mengenalkan Sobat Pijar dengan konsep dasar ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang membahas mengenai usaha yang dilakukan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup tidak terbatas dengan jumlah alat pemuasnya terbatas.


Kebutuhan sendiri terbagi menjadi empat, yaitu kebutuhan berdasarkan intensitas, berdasarkan waktu, berdasarkan subjek, dan berdasarkan sifat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu bisa menggunakan berbagai jenis alat pemenuhan kebutuhan, seperti benda substitusi dan benda komplementer. 


Nah, dalam materi ini, kamu juga akan berkenalan dengan biaya peluang. Biaya peluang merupakan nilai barang yang diabaikan karena memilih barang lainnya. Untuk lebih paham materi biaya peluang dan cara menghitungnya kunjungi website Pijar Belajar, ya. 


Selain itu, ada juga materi motif ekonomi, yaitu hal yang membuat manusia terdorong melakukan kegiatan ekonomi. Kamu bisa pahami lebih lanjut tentang motif ekonomi di Pijar Belajar ya.


Pastikan kamu juga menyimak pembahasan tentang ilmu ekonomi, sistem ekonomi dan masalah ekonomi klasik, lebih lengkap melalui Pijar Belajar supaya kamu semakin paham. 


2. Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 2

Rangkuman ekonomi kelas 10 bab 2 membahas mengenai sistem ekonomi serta masalah pokok ekonomi. 


Sistem ekonomi adalah cara yang digunakan untuk mengorganisir dan mengatur semua aktivitas perekonomian dari mulai skala rumah tangga masyarakat atau swasta hingga rumah tangga negara berdasarkan prinsip tertentu agar tercapai kesejahteraan.


Sistem ekonomi terbagi menjadi beberapa macam. Macam-Macam Sistem Ekonomi adalah sistem ekonomi tradisional, komando, liberal atau pasar, dan campuran. Penjelasan lebih lengkap tentang sistem ekonomi bisa kamu simak di Pijar Belajar, ya!


3. Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 3

Rangkuman ekonomi kelas 10 bab 3 membahas mengenai peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi. Pelaku ekonomi merupakan pihak, baik perorangan maupun badan, yang menyelenggarakan kegiatan ekonomi meliputi produksi, distribusi dan konsumsi.


Terdapat empat sektor besar pelaku ekonomi, yaitu Rumah Tangga Konsumsi (RTK), Rumah Tangga Produksi (RTP), Rumah Tangga Pemerintah atau Negara (RTN), dan Rumah Tangga atau Masyarakat Luar Negeri (MLN). 


Keempat sektor ini saling berhubungan yang digambarkan dalam diagram arus melingkar. Diagram arus melingkar (Circular Flow Diagram) adalah diagram yang menunjukkan interaksi atau hubungan di antara pelaku kegiatan ekonomi.


Simak penjelasan lengkap peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi dalam rangkuman materi Pijar Belajar, ya! 


4. Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 4

Selanjutnya, kamu akan belajar mengenai mekanisme pasar dan elastisitas 1 dalam rangkuman ekonomi kelas 10 bab 4. Dalam bab ini, kamu juga akan mengenal istilah permintaan. Permintaan merupakan total barang dan jasa yang bisa diminta pada berbagai tempat, tingkat harga dan waktu tertentu. Kurva permintaan mempunyai kemiringan dari kiri atas menuju kanan bawah (kemiringan negatif). 


Bunyi hukum permintaan yaitu apabila harga produk semakin mahal maka jumlah barang yang diminta akan menurun. 


Kemudian, ada juga istilah penawaran, yaitu kuantitas produk yang mampu dijual oleh produsen. Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah kemudian naik ke kanan atas (gradien positif). Bunyi hukum penawaran yaitu jika harga produk naik, maka kuantitas produk yang ditawarkan semakin meningkat.


Harga keseimbangan akan dihasilkan dari titik pertemuan antara kurva penawaran dan kurva permintaan. Coba simak penjelasan lengkap tentang Mekanisme Pasar dan Elastisitas 1 di Pijar Belajar, yuk! 


5. Rangkuman Ekonomi Bab 5 Kelas 10

Dalam rangkuman ekonomi kelas 10 bab 5, kamu akan belajar materi elastisitas permintaan dan penawaran. Elastisitas permintaan merupakan pengaruh perubahan harga barang terhadap intensitas jumlah produk yang diminta. Sedangkan itu, elastisitas penawaran merupakan pengaruh perubahan harga barang terhadap intensitas jumlah produk yang ditawarkan.


Pelajari lebih lengkap tentang elastisitas permintaan dan penawaran bareng Pijar Belajar, yuk! 


6. Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 6

Materi rangkuman ekonomi kelas 10 bab 6 membahas tentang peran pasar dalam perekonomian. Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan calon pembeli potensial, baik secara nyata maupun virtual, untuk bertransaksi jual beli produk berupa barang maupun jasa,


Jenis-Jenis Pasar:

  1. Pasar monopoli: Struktur pasar yang hanya terdapat satu perusahaan pengendali semua pasar
  2. Pasar oligopoli: Struktur pasar yang didominasi oleh beberapa perusahaan saja sehingga tercipta persaingan terbatas 
  3. Pasar monopolistik: Struktur pasar yang terdiri dari banyak perusahaan kecil yang saling berkompetisi satu sama lainnya menjual produk serupa namun terdapat sedikit perbedaan. 
  4. Pasar persaingan sempurna: Struktur pasar dengan banyak perusahaan kecil yang saling berkompetisi namun tidak terdapat perusahaan yang bisa mempengaruhi harga pasar


Nah, sekarang kamu bisa simak materi lengkap tentang elastisitas permintaan dan penawaran bareng Pijar Belajar! 


7. Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 7

Melalui rangkuman ekonomi kelas 10 bab 7, kamu akan mengenai bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran. Bank sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia (BI). Tujuan tunggal Bank Indonesia adalah untuk menciptakan kestabilan nilai Rupiah terhadap mata uang negara lain dan terhadap barang/jasa. 


Cari tahu penjelasan tentang Bank Sentral, Sistem Pembayaran, dan Alat Pembayaran lewat Aplikasi Pijar Belajar, yuk! 


Rangkuman Materi Ekonomi Kelas 10 Semester 2

Rangkuman ekonomi kelas 10 semester 2 terdiri dari 5 bab, yaitu bab 8 sampai bab 11. Berikut rangkuman dari setiap materinya:


1. Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 8

Nah, dalam rangkuman ekonomi kelas 10 bab 8 ini, terdapat materi mengenai OJK dan Lembaga Keuangan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan lembaga independen yang memiliki tugas, fungsi dan wewenang dalam mengatur, mengawasi, memeriksa dan menyidik semua kegiatan sektor jasa keuangan meliputi perbankan, pasar modal dan jasa keuangan non bank.


Simak penjelasan lengkap tentang lembaga keuangan di Indonesia lewat artikel Pijar Belajar sebelumnya, ya! 


2. Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 9

Setelah membahas tentang lembaga keuangan dan OJK, selanjutnya kamu akan belajar tentang lembaga keuangan non perbankan dalam rangkuman Ekonomi kelas 10 bab 9. 


lembaga keuangan non-bank merupakan badan usaha yang menyelenggarakan kegiatan usaha bidang keuangan yang mengumpulkan dana masyarakat kemudian disalurkan kembali ke masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.


Jenis produk lembaga keuangan non bank meliputi pegadaian, perusahaan anjak piutang, modal ventura, sewa guna usaha, asuransi, dan dana pensiun. 


3. Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 10

Rangkuman ekonomi kelas 10 bab 10 akan mengenalkan Sobat Pijar dengan materi manajemen, yaitu proses pengorganisasian, perencanaan hingga pengarahan sumber daya manusia dan sebagainya agar tercapai tujuan yang diinginkan.


Fungsi Manajemen:

  1. Melakukan perencanaan
  2. Menjalankan pengorganisasian 
  3. Fungsi penggerakan 
  4. Fungsi pengawasan


Pelajari tentang pengertian manajemen, unsur, fungsi, dan bidang-bidangnya lewat artikel Pijar Belajar sebelumnya, yuk! 


4. Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 11

Kemudian, kamu akan belajar tentang Badan Usaha Milik Negara dan Daerah (BUMN dan BUMD) dalam Rangkuman ekonomi kelas 10 bab 11. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan badan usaha yang sebagian besar atau seluruh modalnya dimiliki negara dengan penyertaan langsung yang diambil dari kekayaan negara. 


Ciri-Ciri BUMN:

  1. Pemerintah menguasai BUMN seluruhnya termasuk dalam hal pengawasan dan penetapan kebijakan
  2. BUMN menjadi salah satu sumber penghasilan negara yang mengisi kas negara 
  3. Melayani kepentingan umum masyarakat yang menguasai hajat hidup banyak orang
  4. Seluruh modal berasal dari negara dari kekayaan negara 
  5. Modal juga bisa berasal dari pinjaman (obligasi) pemerintah dan modal asing


Sedangkan itu, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah badan usaha yang semua atau sebagian besar modal dimiliki oleh pemerintah daerah. Contoh BUMD adalah PDAM, Bank daerah, PD Pasar Jaya. 


Ciri-Ciri BUMD:

  1. Didirikan oleh pemerintah daerah
  2. Sebagian besar modal atau semuanya diambil dari kekayaan daerah 
  3. Tidak termasuk organisasi perangkat daerah
  4. Pengelolaan mengikuti kelaziman dunia usaha


5. Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 11

Selain BUMN dan BUMD, ada juga, lho, badan usaha swasta yang dikenal dengan nama BUMS. Kamu akan mempelajari tentang BUMS ini pada rangkuman ekonomi kelas 10 bab 11. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) merupakan badan usaha yang modalnya dimiliki oleh pihak swasta semuanya, secara persekutuan ataupun perseorangan.


Ciri-Ciri BUMS:

  1. Seluruh modal dimiliki oleh pihak swasta
  2. Kepemilikan badan usaha adalah perseorangan maupun persekutuan dua orang maupun lebih 
  3. Kegiatan bisnis yang dijalankan ditujukan untuk memperoleh keuntungan bersama 
  4. Laba dibagi sebagian ke pemegang saham, dan sebagian laba ditahan


Bentuk-Bentuk BUMS: 

  1. Badan Usaha Perseorangan
  2. Firma
  3. Persekutuan Komanditer (CV)
  4. Perseroan Terbatas (PT)
  5. Koperasi


6. Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Bab 12

Rangkuman ekonomi kelas 10 bab 12 membahas mengenai koperasi, yaitu badan usaha yang beranggotakan beberapa orang dengan menjalankan kegiatan ekonomi rakyat berbasis asas kekeluargaan. Koperasi sendiri berlandaskan asas kekeluargaan dalam pengelolaannya.


Tujuan Koperasi yaitu untuk memajukan kesejahteraan setiap anggotanya serta masyarakat pada umumnya sehingga tercipta masyarakat adil, maju dan makmur. 


Fungsi dan Peran Koperasi di Indonesia:

  1. Berusaha mewujudkan perekonomian nasional yang berasas kekeluargaan
  2. Memperkuat perekonomian rakyat yang menjadi dasar perekonomian nasional 
  3. Berperan aktif memperbaiki kualitas hidup masyarakat 
  4. Mengembangkan potensi anggota dan masyarakat


Gimana? Masih pengen tahu lebih jauh tentang Koperasi? Yuk kunjungi platform Pijar Belajar, yuk! 


__________________________________________________________________________________


Baca juga: Contoh Prinsip Ekonomi dan Motif Ekonomi │Materi Ekonomi Kelas X


Materi rangkuman ekonomi kelas 10 terdiri dari 12 bab, sehingga cukup banyak yang harus Sobat Pijar pelajari. Dengan membaca rangkuman lengkap, maka kamu sudah bisa memahami semua materinya tanpa harus membaca buku tebal. Kalau kamu kesulitan memahami materi di atas, tenang, Pijar Belajar sudah menyiapkan rangkuman materi dan latihan soal terlengkap untuk membantumu!


Lewat Aplikasi Pijar Belajar, kamu bisa mengakses ribuan konten belajar terlengkap kapan aja dan dimana aja. Jadi, nggak ada lagi, deh, drama keribetan untuk mulai belajar.


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved