pijarbelajar

Ekonomi

Masalah Ekonomi Klasik dan Modern │Ekonomi Kelas X

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Masalah Ekonomi Klasik dan Modern │Ekonomi Kelas X image

Sobat Pijar tahu tidak kalau sebuah masalah itu bisa muncul karena adanya perbedaan antara harapan dan kenyataan? Nah, hal serupa juga terjadi dalam masalah ekonomi. Masalah ekonomi muncul karena adanya kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sementara sumber daya yang tersedia sangat terbatas.


Dengan kata lain, masalah ekonomi terjadi karena kebutuhan manusia yang tidak terbatas menimbulkan kelangkaan akibat terbatasnya sumber daya. Nah, pada materi kali ini kita akan membahas secara tuntas permasalahan ekonomi, jenis dan contohnya. Disimak baik-baik ya!


Baca juga : Pengertian dan Pembagian Ilmu Ekonomi, Cabang, Hingga Manfaatnya


Apa itu Masalah Ekonomi

Masalah ekonomi adalah masalah yang muncul akibat adanya kesenjangan antara kebutuhan manusia dengan ketersediaan sumber daya. Oleh karena itu manusia harus membuat prioritas dalam memenuhi kebutuhan.


Masalah yang paling mendasar dalam ilmu ekonomi adalah kelangkaan atau scarcity, sering juga disebut dengan kekurangan (paucity). Kelangkaan ini muncul akibat sumber daya berupa barang dan jasa yang terbatas, sementara kebutuhan dan keinginan manusia bersifat tidak terbatas.


Contoh masalah ekonomi dalam kehidupan sehari-hari adalah kenaikan harga BBM, minyak goreng yang langka, naiknya harga sembako dan lain sebagainya.


Masalah Pokok Ekonomi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hal pokok yang menjadi masalah dalam ilmu ekonomi adalah kelangkaan. Keadaan ini mengharuskan manusia untuk menunda dalam memenuhi kebutuhannya. Selain itu, manusia juga perlu membuat skala prioritas agar kebutuhan yang penting bisa terpenuhi.


Dalam hal ini, masalah ekonomi bukan hanya terjadi pada individu saja tetapi bisa dalam skala yang lebih luas seperti yang terjadi di Indonesia. Adapun penjelasan mengenai masalah ekonomi di Indonesia dan solusinya adalah seperti berikut:


1. Pertumbuhan Ekonomi yang Terganggu

Salah satu permasalahan ekonomi di Indonesia yang memberikan dampak besar dalam kehidupan masyarakat adalah pertumbuhan ekonomi yang terganggu. Seperti yang terjadi ketika masa pandemi. Hampir semua jenis usaha mengalami penurunan pendapatan.


Solusi dari masalah ekonomi tersebut adalah membangkitkan kegiatan ekonomi UMKM dengan memberikan bantuan modal usaha. Selain itu, pemerintah juga mendorong kegiatan ekspor dengan memberikan kemudahan dalam perizinan.


2. Tingginya Angka Kemiskinan dan Pengangguran

Banyaknya perusahaan yang mengalami bangkrut sangat berpengaruh pada angka pengangguran yang semakin meningkat. Hal ini juga berimbas pada tingkat kemiskinan yang semakin tinggi. 


Sebagai solusinya, pemerintah mendorong masyarakat yang menjadi korban PHK untuk mengembangkan usaha secara mandiri di sektor UMKM dengan memberikan pendampingan dan bantuan modal. Selain itu, disediakan juga program bantuan bagi masyarakat miskin.


3. Turunnya Nilai Tukar Mata Uang Rupiah

Salah satu masalah ekonomi yang terjadi di Indonesia adalah menurunnya nilai mata uang rupiah terhadap mata uang asing. Kondisi ini memberikan dampak yang cukup besar pada utang luar negeri yang semakin membengkak.


Untuk meningkatkan nilai tukar mata uang Rupiah, solusi yang bisa dilakukan antara lain adalah membeli produk dalam negeri dan membatasi impor, tidak menimbun dollar, dan meningkatkan ekspor.


4. Inflasi

Permasalahan lainnya adalah terjadi inflasi yang menyebabkan beban perusahaan swasta maupun perusahaan BUMN meningkat, harga kebutuhan naik tajam dan daya beli masyarakat menurun. Salah satu solusinya adalah menaikkan tarif pajak dan menghemat pengeluaran.


5. Daya Saing Rendah

Permasalahan yang terjadi di Indonesia selanjutnya adalah daya saing yang rendah terhadap perusahaan besar. Akibatnya, pasar nasional menjadi lesu. Kondisi ini semakin parah dengan adanya kebiasaan masyarakat yang lebih suka membeli produk dari luar negeri.


Sebagai solusinya, masyarakat diajak untuk bersama-sama membeli produk dalam negeri yang diproduksi UMKM demi menyeimbangkan perekonomian dan meningkatkan daya saing.


Masalah Ekonomi Klasik

Jika dilihat dari segi teori, permasalahan ekonomi bisa dibedakan menjadi dua, yaitu permasalahan ekonomi klasik dan modern. Pada permasalahan ekonomi klasik, sudut pandang yang digunakan untuk melihat permasalahan tersebut sangat sederhana, yaitu bertujuan mencapai kemakmuran.


Kemakmuran sendiri akan tercapai jika berbagai macam sumber daya, baik yang berupa barang maupun jasa tersedia untuk memenuhi kebutuhan. Masalah ekonomi klasik ini bisa dibedakan menjadi masalah produksi, konsumsi dan distribusi.


1. Masalah Produksi

Untuk mengatasi masalah produksi, maka perlu dilakukan upaya agar bisa memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh banyak orang dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Salah satu contoh masalah produksi adalah kelangkaan masker ketika pandemi.


Akibatnya harga masker jadi meningkat tajam karena permintaan masker yang tinggi, sedangkan produsen tidak mampu memproduksi dalam jumlah yang memadai untuk mencukupi kebutuhan.


2. Masalah Konsumsi

Masalah konsumsi muncul karena pengaruh dari beberapa faktor, yaitu faktor internal yang meliputi sikap, kepribadian, selera, motivasi, karakter dan pendapatan, dan faktor eksternal yang meliputi adat istiadat, lingkungan, kebudayaan, keluarga, status sosial, dan pemerintah.


3. Masalah Distribusi

Masalah bisa muncul karena disebabkan beberapa faktor seperti proses penyaluran barang dan jasa dari pihak produsen ke konsumen, serta jenis saluran distribusi yang digunakan. Dalam hal ini, distribusi barang bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu:


  • Distribusi langsung 

Caranya adalah dengan menyalurkan hasil produksi secara langsung kepada konsumen tanpa melalui perantara. Seperti penjual kue yang membuat kue sendiri dan langsung menjualnya kepada konsumen.


  • Distribusi tidak langsung

Caranya adalah dengan menyalurkan hasil produksi melalui perantara, seperti agen, retailer, grosir, makelar dan lain sebagainya.


Masalah Ekonomi Modern

Selain permasalahan ekonomi klasik, ada juga permasalahan ekonomi modern yang mengikuti perkembangan zaman, ilmu pengetahuan maupun teknologi. Untuk memahaminya, Sobat Pijar bisa simak penjelasan di bawah ini.


1. What

Masalah pertama adalah apa (what) yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya? Produsen harus mampu berpikir kreatif agar bisa memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen secara efektif dan efisien. Termasuk pertimbangan sumber daya yang digunakan.


Contoh masalah ekonomi modern what adalah ketika produsen kue memproduksi 5 jenis kue dengan harga berbeda. Setelah 4 bulan baru diketahui bahwa hanya 3 jenis kue yang disukai konsumen sementara 2 jenis lainnya kurang diminati.


Dengan kondisi tersebut maka produsen pun memutuskan untuk fokus memproduksi 3 jenis kue yang diminati konsumen agar lebih menghemat biaya produksi dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.


2. How

Salah satu masalah ekonomi adalah how, maksudnya adalah bagaimana cara yang dilakukan untuk memproduksi barang dan jasa. Metode produksi yang digunakan harus efektif dan efisien agar jumlahnya tepat sesuai kebutuhan. Termasuk pemanfaatan sumber daya yang tersedia.


Contoh dari permasalahan ekonomi how adalah pelaku usaha kerajinan tangan yang membuka lowongan kerja di kota padat penduduk karena membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah banyak. Dalam hal ini, pekerja akan dibayar sesuai jumlah produk yang dihasilkan,


3. For Whom

For whom atau untuk siapa produk barang dan jasa tersebut dibuat. Hal ini erat kaitannya dengan target pasar yang dituju, mulai dari minat konsumen, demografi, usia dan jenis kelamin serta penghasilan. Selanjutnya akan dipilih saluran distribusi yang efektif agar tepat sasaran.


Contohnya adalah pabrik perhiasan dan aksesoris yang menggunakan bahan stainless steel dengan target pasar masyarakat menengah ke bawah.


Belajar lebih banyak tentang masalah ekonomi klasik bareng Pijar Belajar, yuk! Klik banner di bawah ini untuk mulai mengakses ribuan latihan soal lengkap dengan rangkuman dan pembahasannya.


_________________________________________________________________________


Baca Juga: Peran Pelaku Ekonomi dan Kegiatan Ekonomi yang Perlu Kamu Tahu


Jadi dapat disimpulkan bahwa masalah ekonomi merupakan masalah yang muncul akibat terbatasnya sumber daya sedangkan kebutuhan manusia tidak terbatas. Untuk mengatasinya, manusia perlu menggunakan skala prioritas dengan mengutamakan kebutuhan yang paling penting.


Nah, setelah membaca artikel di atas, kamu jadi tahu kan masalah-masalah ekonomi? Tentunya kamu juga bisa nambah ilmu kamu bareng Pijar Belajar lho! Yuk, akses Pijar Belajar dengan mengunduh Aplikasi Pijar Belajar di handphone mu!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved