Pengertian dan Pembagian Ilmu Ekonomi, Cabang, Hingga Manfaatnya - Pijar Article
pijarbelajar

Ekonomi

Pengertian dan Pembagian Ilmu Ekonomi, Cabang, Hingga Manfaatnya

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Pengertian dan Pembagian Ilmu Ekonomi, Cabang, Hingga Manfaatnya image

Apa itu ilmu ekonomi? Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya tanpa sadar kita sudah menerapkan ilmu ekonomi. Contohnya ketika ingin memenuhi kebutuhan tertentu dan kemudian membelinya dengan uang. Nah, untuk memahaminya secara lebih lanjut, kita harus mengenal yang namanya pembagian ilmu ekonomi, nih


Ilmu ekonomi sendiri sangat berguna, lho, bagi kehidupan masyarakat. Dengan menerapkan ilmu ekonomi, manusia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan baik. Nah, untuk lebih memahami tentang apa itu ilmu ekonomi dan pembagian ilmu ekonomi, kamu bisa simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini. 


Baca juga: Fungsi Produksi: Pengertian, Proses dan Fungsinya


Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Dari segi etimologis, ekonomi berasal dari Bahasa Yunani, oikonomia yang terdiri dari oikos (rumah tangga) dan nomos (peraturan). Jadi, secara sederhana ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara manusia memenuhi segala kebutuhannya dengan sumber daya yang ada.


Selain itu, ilmu ekonomi juga bisa diartikan sebagai usaha untuk memuaskan segala kebutuhan manusia yang tak terbatas dengan membuat barang atau jasa. Untuk lebih memahami tentang konsep ilmu ekonomi, berikut ini adalah beberapa pendapat para ahli yang perlu diketahui:


Adam Smith

Adam Smith berpendapat bahwa yang dimaksud dengan ilmu ekonomi adalah suatu penyelidikan tentang kondisi dan penyebab adanya kekayaan negara. 


Richard G. Lipsey

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana pemanfaatan dari sumber daya yang langka dalam memenuhi kebutuhan manusia yang sifatnya tak terbatas.


Paul A. Samuelson

Ilmu ekonomi merupakan sebuah studi mengenai cara orang dan masyarakat dalam membuat pilihan, dengan uang atau tidak dalam memanfaatkan sumber daya produksi yang terbatas untuk konsumsi saat ini dan masa yang akan datang.


N. Gregory Mankiw

Menurut N. Gregory Mankiw, ilmu ekonomi merupakan sebuah studi mengenai cara masyarakat dalam mengelola sumber daya yang terbatas.


Robert B. Ekelund Jr.

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana cara individu dan masyarakat dengan keinginan yang tak terbatas memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan mereka.


Alfred Marshall

Menurut Alfred Marshall, ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari usaha individu dalam kaitannya dengan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Bagaimana ia mendapatkan pemasukan dan cara menggunakannya.


J. S. Mill

Ilmu ekonomi menurut J. S. Mill adalah sains praktikal yang mempelajari pengeluaran maupun penagihan.


Manfaat Ilmu Ekonomi

Sampai di sini apakah kamu sudah semakin paham dengan pengertian ilmu ekonomi? Nah, dengan adanya ilmu ekonomi ini, terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan, yaitu:

  • Membantu menentukan cara terbaik dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan manusia yang tak terbatas.
  • Mengelola sumber daya yang terbatas agar bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dari tingkatan yang paling penting.


Pembagian Ilmu Ekonomi

Setelah mengetahui pendapat para ahli dan manfaat dari ilmu ekonomi, selanjutnya kita akan bahas secara lengkap bagaimana pembagian ilmu ekonomi. Menurut pendapat Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague, ilmu ekonomi dapat dibagi menjadi 3, yaitu:


Ekonomi Deskriptif

Yang dimaksud dengan ekonomi deskriptif adalah suatu analisis ekonomi yang menunjukkan kondisi ekonomi yang sesungguhnya sesuai fakta yang terjadi. Contoh ilmu ekonomi deskriptif dapat dilihat dari gambaran kondisi Indonesia tahun 1998 yang mengalami krisis moneter.


Teori Ilmu Ekonomi

Berbeda dari ilmu ekonomi deskriptif, teori ekonomi adalah sebuah analisis ekonomi yang berusaha untuk menjelaskan, mencari pengertian dan hubungan sebab akibat, serta cara kerja dari sistem ekonomi. Ekonomi Teori ini dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Teori ekonomi mikro yang mempelajari bagaimana perilaku individu maupun rumah tangga produksi dalam mengambil keputusan terkait dengan pengelolaan sumber daya yang terbatas.
  • Teori ekonomi makro yang mempelajari mekanisme perekonomian dalam ruang lingkup yang luas secara keseluruhan. Misalnya inflasi, tingkat pertumbuhan ekonomi dan pendapatan nasional, tingkat pengangguran, hingga harga.


Kira-kira apa ya contoh ilmu ekonomi teori? Salah satunya adalah kenaikan harga BBM yang menyebabkan pendapatan perusahaan menurun dan harga barang ikut naik.


Ilmu Ekonomi Terapan

Ilmu ekonomi terapan merupakan penerapan dari ilmu ekonomi secara praktis dalam pengambilan keputusan, kebijakan maupun standar tertentu untuk mengatasi masalah ekonomi. 


Contoh ekonomi terapan antara lain adalah ekonomi perusahaan, ekonomi moneter, ekonomi perbankan, ekonomi syariah dan lain sebagainya. 


Cabang Ilmu Ekonomi

Setelah mengetahui apa saja pembagian ilmu ekonomi di atas, sampai di sini apakah kamu sudah semakin paham? Sebelumnya kita sudah mengenal ilmu ekonomi terapan. Nah, ekonomi terapan ini terbagi lagi menjadi beberapa cabang ilmu. Dalam hal ini cabang ilmu ekonomi terdiri dari beberapa jenis, yaitu:


Ekonomi Moneter

Dalam pembagian ilmu ekonomi terapan ada yang dikenal dengan istilah ekonomi moneter. Cabang dari ilmu ekonomi ini secara khusus mempelajari sifat, fungsi serta pengaruh uang terhadap kegiatan perekonomian.


Kebijakan moneter dapat menjaga stabilitas ekonomi dengan cara mengatur jumlah uang yang beredar di masyarakat, tingkat suku bunga dan pengendalian inflasi. Sementara itu, salah satu indikator moneter pembangunan ekonomi diantaranya adalah pendapatan per kapita.


Ekonomi Publik

Ekonomi publik adalah salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang melakukan analisis terhadap peran pemerintah dalam kegiatan perekonomian. Termasuk bagaimana dampak dari kebijakan pemerintah di bidang keuangan yang mempengaruhi perekonomian masyarakat.


Ruang lingkup ekonomi publik antara lain adalah:

  • Teori pengeluaran negara yang akan mengupayakan perekonomian dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
  • Teori penerimaan negara yang akan menganalisis pemasukan berdasarkan sumber penerimaan negara.
  • Teori administrasi keuangan yang berhubungan dengan pelaksanaan anggaran belanja serta pengawasannya.
  • Teori stabilitas dan pertumbuhan yang berkaitan dengan kebijakan ekonomi dan kebijakan fiskal dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat.


Ilmu Ekonomi Industri 

Salah satu cabang dalam pembagian ilmu ekonomi adalah ilmu ekonomi industri yang secara khusus mempelajari tentang perusahaan dan industri. Termasuk di dalamnya adalah hubungan dan interaksi antara perusahaan, industri maupun masyarakat.


Ekonomi Internasional

Cabang ilmu ekonomi selanjutnya adalah ekonomi internasional yang mempelajari kegiatan perekonomian antar negara. Diantaranya meliputi perdagangan internasional, neraca pembayaran internasional hingga neraca perdagangan internasional.


Ekonomi Regional

Yang dimaksud dengan ekonomi regional adalah ilmu ekonomi yang mempelajari interaksi ekonomi antar daerah serta proses pengembangannya. Khususnya dalam upaya untuk meningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah tertentu.


Ekonomi Sumber Daya Alam

Cabang ilmu ekonomi sumber daya alam membahas tentang masalah serta pengalokasian SDA yang dari segi ekonomi dilakukan secara optimal.


Ekonomi Syariah

Ekonomi syariah mempelajari perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya berdasarkan pada syariat dan nilai-nilai agama yang bersumber dari Al Quran serta sunnah. Salah satu prinsipnya adalah melarang praktik riba.


Coba pelajari lebih banyak tentang Ilmu Ekonomi bareng Pijar Belajar, yuk! Klik banner di bawah ini.



__________________________________________________________________________


Baca juga: Peran Pelaku Ekonomi dan Kegiatan Ekonomi yang Perlu Kamu Tahu


Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pembagian ilmu ekonomi ada tiga, yaitu ilmu ekonomi deskriptif, ilmu ekonomi teori yang terdiri dari ekonomi mikro dan makro serta ilmu ekonomi terapan yang secara praktis menerapkan ilmu ekonomi dalam berbagai bidang.


Yuk pelajari lebih banya seputar Ilmu Ekonomi dan materi Ekonomi lainnya di Pijar Belajar! Aplikasi Pijar Belajar merupakan bimbel online terbaik yang menyediakan berbagai konten pembelajaran untuk siswa SD, SMP, hingga SMA. Nggak cuma itu, Pijar Belajar juga punya berbagai fitur yang bisa membantumu mengenali potensi diri dan mengembangkannya.


Download Pijar Belajar sekarang, yuk!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2023 Pijar Belajar. All Right Reserved