pijarbelajar

Ekonomi

Fungsi Bank Sentral dan Tugasnya│Ekonomi Kelas X

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Fungsi Bank Sentral dan Tugasnya│Ekonomi Kelas X image

Siapa nih diantara Sobat Pijar yang pernah berkunjung ke Bank Indonesia? Mungkin ada yang pernah menukarkan uang yang rusak atau cacat. Tahu tidak kalau Bank Indonesia merupakan bank sentral yang ada di Indonesia. Sebenarnya apa saja sih fungsi bank sentral itu?


Apakah hanya sebagai tempat untuk menukarkan uang yang rusak atau cacat? Tentunya ada banyak fungsi penting dari bank sentral. Untuk tahu lebih jauh tentang materi tersebut, kali ini kita akan membahas secara lengkap terkait bank sentral, mulai dari pengertian, fungsi, tugas dan wewenangnya.


Baca juga: Jenis-Jenis Lembaga Jasa Keuangan di Indonesia dan Manfaatnya


Pengertian Bank Sentral

Apa itu bank sentral? Perlu Sobat Pijar ketahui, secara umum bank sentral bisa diartikan sebagai sebuah lembaga atau instansi yang memiliki tanggung jawab besar dalam menentukan kebijakan moneter pada suatu negara. Dalam hal ini bank sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia.


Bank sentral berperan penting dalam menjaga stabilitas harga serta nilai mata uang yang berlaku. Bank sentral juga harus mampu mengendalikan inflasi dalam tingkat yang paling rendah. Dalam hal ini bank sentral bisa menggunakan hak otoritasnya jika jumlah uang yang beredar di pasar terlalu banyak.


Fungsi Bank Sentral

Mungkin ada diantara Sobat Pintar yang masih bingung, apa bedanya bank sentral dengan bank umum ya? Perlu diketahui bahwa fungsi bank umum adalah sebagai tempat bagi masyarakat untuk menyimpan uang serta menyalurkannya dalam bentuk pinjaman kepada yang membutuhkan.


Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan bank sentral yang berfungsi membina serta melakukan pengawasan terhadap kegiatan bank-bank umum. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan mengenai fungsi Bank Indonesia sebagai bank sentral.


Pada dasarnya fungsi utama bank sentral dalam struktur moneter suatu negara adalah mengendalikan peredaran uang. Jika dijabarkan secara lengkap, fungsi tersebut meliputi tiga hal seperti berikut:


1. Bank Sirkulasi

Salah satu fungsi bank sentral adalah menjaga stabilitas nilai mata uang. Dalam hal ini bank sentral merupakan pemegang hak oktroi atau hak tunggal dalam peredaran uang kertas maupun uang logam yang digunakan sebagai alat pembayaran sah.


2. Banker’s Bank

Fungsi selanjutnya adalah banker’s bank yang artinya adalah bank sentral yang fungsinya dijalankan Bank Indonesia merupakan bankir dari bank-bank umum yang ada di Indonesia. Fungsi bank sentral juga sebagai salah satu sumber dana bagi bank yang lain.


3. Lender of Last Resort

Pada tingkatan yang terakhir, bank sentral berfungsi sebagai pemberi pinjaman. Dalam artian bank sentral akan memberikan pinjaman kepada bank yang lain dalam bentuk fasilitas kredit likuiditas yang sifatnya darurat.


Selain dari tiga fungsi yang telah dijelaskan di atas, Sobat Pijar juga perlu mengetahui 4 fungsi Bank Indonesia, diantaranya adalah seperti di bawah ini:


  1. Bank Indonesia berfungsi menjaga stabilitas moneter, salah satunya bisa dilakukan melalui penetapan suku bunga.
  2. Bank Indonesia berfungsi dalam menciptakan kinerja serta iklim keuangan dan perbankan yang sehat, salah satunya bisa dilakukan melalui mekanisme regulasi maupun pengawasan.
  3. Bank Indonesia berfungsi dalam mengatur kelancaran dalam sistem pembayaran, yaitu dengan Real Time Gross Settlement yang memungkinkan pembayaran terjadi secara real time.
  4. Bank Indonesia berfungsi dalam riset maupun pemantauan. Salah satu caranya adalah dengan mengakses informasi yang dianggap bisa mengancam stabilitas keuangan dan ekonomi negara.


Nah, sampai di sini apakah ada yang bisa menjelaskan apa sebenarnya tujuan dari bank sentral? Perlu diketahui bahwa tujuan bank sentral bisa dibedakan menjadi 2, yaitu:


1. Tujuan Tunggal

Tujuan tunggal dari bank sentral adalah mencapai dan menjaga kestabilan nilai mata uang rupiah. Yaitu nilai mata uang rupiah terhadap produk barang dan jasa serta nilai mata uang rupiah terhadap mata uang asing.


2. Tiga Pilar Utama

Dalam rangka mencapai tujuan tunggal, maka bank sentral didukung oleh tiga pilar utama yang menjadi bidang tugasnya. Yaitu menetapkan serta menjalankan kebijakan moneter, mengatur dan memelihara kelancaran sistem pembayaran serta stabilitas dalam sistem keuangan.


Tugas Bank Sentral

Setelah mengetahui apa saja fungsi bank sentral, kira-kira apa saja ya tugas dari bank sentral? Kalau dilihat dari fungsi dan tujuan yang sudah dijelaskan di atas, dapat diketahui bahwa tugas bank sentral adalah seperti berikut:


1. Sebagai Bank Pemerintah

Salah satu tugas bank sentral yaitu sebagai bank atau badan keuangan yang menyimpan uang pemerintah. Dalam hal ini pemerintah akan menggunakan jasa bank sentral untuk pengiriman dan pembayaran kepada departemen pemerintah dan pemerintah daerah.


2. Sebagai Bank Umum

Tugas berikutnya adalah sebagai bank umum bagi bank-bank yang lainnya. Dengan kata lain bank sentral akan menjadi sumber dana terakhir bagi bank-bank yang tidak mendapatkan pinjaman dari sumber yang lain.


3. Mengawasi Kegiatan Bank Umum dan Lembaga Keuangan Lainnya

Bank sentral bertugas mengawasi kegiatan yang dilakukan bank umum maupun lembaga keuangan lainnya. Tujuannya untuk memberikan petunjuk atas kebijakan yang perlu diterapkan bank umum dalam melakukan kegiatan perbankan agar tidak merugikan masyarakat.


4. Mengawasi Kegiatan Perdagangan Internasional

Salah satu upaya untuk menjaga kestabilan ekonomi adalah dengan menjaga kestabilan nilai tukar mata uang asing. Terkait dengan hal itu maka harus ada keseimbangan antara ekspor dan impor. 


Salah satu kebijakan yang diambil bank sentral untuk menurunkan kurs valuta asing adalah dengan menaikkan suku bunga.


5. Mencetak Uang dan Memastikan Ketersediaan Uang Cukup

Salah satu tugas bank sentral adalah mencetak dan mengedarkan mata uang sehingga kegiatan ekonomi bisa berjalan lancar. Dalam hal ini bank sentral bisa menentukan jumlah uang yang dicetak maupun menambah jumlah uang yang dicetak pada waktu tertentu.


Wewenang Bank Sentral

Fungsi bank sentral dan tugas yang diemban oleh bank sentral tentunya tidak terlepas dari wewenang yang dimiliki. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa wewenang bank sentral yang perlu diketahui:


1. Membuat dan Menetapkan Kebijakan Moneter

Bank sentral memiliki kewenangan dalam membuat serta menetapkan kebijakan moneter. Sebagai pembuat kebijakan moneter, bank sentral juga akan mengendalikan moneter tanpa dibatasi oleh kegiatan di pasar uang.


2. Mengatur Sistem Pembayaran

Ada tiga cara yang dilakukan bank sentral dalam menggunakan wewenangnya mengatur sistem pembayaran, yaitu:


  • Menetapkan penggunaan alat pembayaran yang sah.
  • Membuat persetujuan dan izin atas penyelenggaraan sistem pembayaran.
  • Melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan sistem pembayaran.


3. Mengatur dan Mengawasi Kegiatan Perbankan

Dalam melaksanakan wewenangnya mengatur dan mengawasi kegiatan perbankan, bank sentral akan melakukan beberapa hal seperti berikut:


  • Membuat dan menetapkan kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan perbankan. Bank sentral akan menetapkan batas maksimum pemberian kredit jika jumlah uang yang beredar di masyarakat melebihi kemampuan ekonomi.  
  • Memberikan sanksi kepada lembaga keuangan dan perbankan yang melanggar kebijakan.
  • Memberikan izin dan mencabut izin kelembagaan maupun kegiatan perbankan.
  • Melakukan pengawasan terhadap kegiatan perbankan konvensional.


Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi bank sentral secara umum ada tiga. Yaitu sebagai bank sirkulasi, banker’s bank serta lender of last resort. Jadi bank sentral bukan hanya menjaga stabilitas harga dan nilai rupiah saja tetap juga mengawasi kegiatan perbankan.


Nah, itu dia Sobat Pijar berbagai materi terkait fungsi bank sentral yang perlu kamu pahami. Supaya pemahamanmu semakin matang, coba kerjakan latihan soalnya di Pijar Belajar, yuk! Klik banner di bawah ini untuk mulai mengakses berbagai latihan soal Pijar Belajar lengkap dengan pembahasannya.


___________________________________________________________________________


Baca juga: Apa itu Perusahaan Dagang: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Akun-akunnya


Gimana? sudah pahamkan fungsi, tugas, serta wewenang bank sentral secara umum? Selain artikel ini, kamu bisa mencari informasi lain terkait Ekonomi di Pijar Belajar lho! Tertarik? Yuk! segera unduh aplikasi Pijar Belajar di Handphone mu sekarang juga atau kunjungi website kami ya!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved