pijarbelajar

Ekonomi

Lembaga Kerjasama Ekonomi Internasional dan Anggotanya

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Lembaga Kerjasama Ekonomi Internasional dan Anggotanya image

Kamu pasti sudah tahu kan kalau masing-masing negara memiliki kekayaan sumber daya alam yang berbeda? Oleh karena itu, setiap negara membutuhkan negara lain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Nah, untuk memudahkan kerjasama tersebut maka diperlukan lembaga kerjasama ekonomi internsional.


Terbayang nggak sih, bagaimana jika suatu negara tidak bisa menghasilkan minyak bumi? Wah, bisa-bisa negara tersebut tidak mengenal bensin, ya. Tapi, untungnya dengan kerjasama ekonomi internasional ini, negara jadi bisa saling membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. Keren banget, ya!  


Penasaran seperti apa kerjasama ekonomi internasional itu? Simak penjelasan berikut, yuk!


Baca juga: Kerjasama Ekonomi Internasional, Regional dan Bilateral


Pengertian Kerjasama Ekonomi Internasional

Kerjasama ekonomi internasional bisa diartikan sebagai sebuah bentuk kerjasama atau hubungan antar negara di bidang ekonomi berdasarkan kepentingan tertentu. Dengan adanya kerjasama ini, negara bisa meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi maupun kegiatan ekonomi nasional.


Tujuan kerjasama ekonomi internasional adalah untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri, memperluas pasar, meningkatkan produktivitas dan devisa negara, memperluas lapangan kerja, meningkatkan kualitas hidup, mengurangi kesenjangan antar negara dan mempercepat pembangunan ekonomi global.


Lembaga Kerjasama Ekonomi Internasional

Di awal tadi sudah disebutkan bahwa untuk memudahkan kerjasama ekonomi antar negara dibutuhkan lembaga tertentu sesuai bidang kerjasama yang diselenggarakan. Biar semakin paham, berikut ini beberapa lembaga kerjasama ekonomi yang perlu diketahui.


ASEAN

Apa itu ASEAN? ASEAN (Association of South East Asian Nations) merupakan perhimpunan negara-negara yang berada di wilayah Asia Tenggara. Jadi, ASEAN adalah lembaga kerjasama dari negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. 


Bukan hanya untuk kepentingan ekonomi saja, kerjasama juga dilakukan untuk menjaga kestabilan di bidang politik, sosial dan budaya.


ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Thailand, tepatnya kota Bangkok. Pembentukan ASEAN didasarkan pada Deklarasi Perbara. Hingga saat ini ASEAN sudah memiliki 11 anggota termasuk Timor Leste.


Indonesia sendiri menjadi salah satu negara pendiri ASEAN bersama Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand. Baru kemudian disusul dengan Brunei Darussalam (1984), Vietnam (1995), Laos (1997), Myanmar (1997), Kamboja (1999).


Untuk apa ASEAN dibentuk? Pembentukan ASEAN tentu memiliki tujuan tertentu, adapun tujuan ASEAN adalah:

  • Mempercepat tingkat pertumbuhan di bidang ekonomi, sosial dan kebudayaan di Asia Tenggara dan khususnya bagi anggota yang tergabung dalam ASEAN.
  • Mewujudkan perdamaian dan stabilitas wilayah di kawasan Asia Tenggara.
  • Meningkatkan kerjasama secara aktif dengan saling membantu mengatasi permasalahan yang muncul di bidang ekonomi, sosial, iptek dan administrasi.


IMF

Lembaga kerjasama ekonomi internasional lainnya adalah IMF. Apa itu IMF? IMF singkatan dari International Monetary Fund. International Monetary Fund (IMF) adalah sebuah lembaga keuangan internasional yang resmi didirikan pada 27 Desember 1945 di Amerika Serikat. 


Salah satu tujuan didirikannya International Monetary Fund (IMF) adalah melancarkan moneter internasional. Diantaranya dengan menetapkan kurs devisa, membantu negara anggota yang kesulitan menghadapi neraca pembayaran, hingga pemeliharan kurs devisa.


Selain itu, tujuan IMF adalah untuk mempererat kerjasama moneter secara global dan meningkatkan perdagangan internasional. Hingga saat ini, anggota IMF berjumlah 190 negara, termasuk Indonesia.


IBRD

Bagi kamu yang belum familiar dengan IBRD pasti bertanya-tanya apa itu IBRD? IBRD adalah Bank Dunia atau World Bank yang didirikan pada 27 Desember 1945. Adapun, Kepanjangan dari IBRD adalah International Bank for Reconstruction and Development.


Tujuan IBRD adalah untuk membantu dalam hal pembiayaan usaha serta pembangunan yang sedang dilaksanakan negara-negara anggota IBRD yang saat ini mencapai 181 negara melalui penanaman modal. IBRD juga akan membantu menangani investasi internasional.


WTO

WTO adalah singkatan dari World Trade Organization yang merupakan bentuk penyempurnaan dari organisasi sebelumnya, yaitu ITO (International Trade Organization). Organisasi perdagangan ini awalnya beranggotakan 154 negara.


Sejak didirikan pada tahun 1995, hingga saat ini jumlah anggota WTO sudah mencapai 164 negara. Adapun, tujuan WTO adalah membantu meningkatkan volume perdagangan internasional sehingga pertukaran barang dan jasa berjalan dengan lancar. 


IFC

IFC adalah badan keuangan internasional yang didirikan pada 24 Juli 1956. Adapun, kepanjangan dari IFC adalah International Finance Corporation. Kira-kira apa ya tujuan lembaga IFC ini didirikan? tujuan IFC adalah memberikan pinjaman jangka panjang kepada pengusaha swasta.


Selain itu, IFC juga bertujuan untuk mengalihkan investasi dari luar negeri ke negara berkembang, sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara-negara tersebut. Saat ini jumlah anggota IFC ada 172 negara.


IDA

Kepanjangan IDA adalah International Development Association atau dalam Bahasa Indonesia adalah Perhimpunan Pembangunan Internasional. IDA organisasi didirikan pada tahun 1960 di Washington DC, AS.


Tujuan IDA adalah mendorong pertumbuhan dan kemajuan ekonomi di negara-negara berkembang melalui pemberian pinjaman dengan syarat yang ringan. Saat ini anggota IDA berjumlah 160 negara.


UNCTAD

Apa itu UNCTAD? UNCTAD merupakan singkatan dari United Nations Conference on Trade and Development atau disebut juga Konferensi PBB yang menangani Perdagangan serta Pembangunan. Lembaga internasional ini didirikan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1964. 


Hingga saat ini, UNCTAD sudah beranggotakan 191 negara. Tujuan UNCTAD adalah membantu memajukan perdagangan internasional, mengatur komoditi dan hasil industri, perkapalan, pengalihan teknologi, membantu perundingan ekspor, impor dan lain-lain.


ILO

Pengertian ILO atau International Labour Organization adalah sebuah organisasi perburuhan internasional di bawah naungan PBB yang berupaya untuk mendorong terciptanya peluang kerja yang sama sehingga laki-laki dan perempuan bisa mendapatkan pekerjaan yang layak.


Tujuan ILO adalah membantu menciptakan perdamaian dunia melalui stabilitas sosial ekonomi, perbaikan nasib buruh, serta menyusun peraturan dan hukum yang berkaitan dengan perburuhan. Jumlah anggota ILO saat ini ada 56 negara.


UNDP

Apa itu UNDP? UNDP merupakan singkatan dari United Nations Development Program. Lembaga kerjasama ekonomi bertaraf internasional ini berada di bawah naungan PBB dan sudah berdiri sejak tahun 1965 di Amerika Serikat.


Tujuan UNDP adalah membantu negara berkembang dalam mengentaskan kemiskinan, membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta pengalihan teknologi. Saat ini anggota UNDP secara keseluruhan ada 166 negara.


UNIDO

Perlu diketahui bahwa UNIDO merupakan singkatan dari United Nations Industrial Development Organization. Jadi, apa itu UNIDO? sesuai singkatannya, UNIDO adalah organisasi pengembangan industri dari PBB ini didirikan pada 17 November 1966 dan berkantor pusat di Wina, Austria.


Tujuan UNIDO yang paling utama adalah membantu mempercepat pertumbuhan dan pembangunan industri di negara-negara berkembang. Yaitu melalui perbaikan sistem industri, membuka lapangan baru di bidang industri dan lain-lain. Anggotanya saat ini ada 172 negara.


APO

APO merupakan singkatan dari Asian Productivity Organization yang telah berdiri sejak tahun 1961. Adapun tujuan APO adalah membantu meningkatkan produktivitas serta pengembangan ekonomi di bidang industri maupun pertanian. Anggota APO ada 20 negara.


Nah, sampai sini Sobat Pijar seharusnya sudah paham mengenai apa itu APO, kan?


OPEC

Organization of the Petroleum Exporting Countries atau OPEC merupakan sebuah organisasi yang beranggotakan negara-negara penghasil dan pengekspor minyak bumi. Lembaga kerjasama ekonomi internasional ini didirikan pada tahun 1961 di Baghdad, Irak.


Negara pendiri OPEC antara lain adalah Iran, Irak, Arab Saudi, Kuwait dan Venezuela. Adapun tujuan awal pendirian OPEC adalah untuk mempertahankan harga minyak dan berupaya menolak penurunan harga secara sepihak dari perusahaan minyak raksasa The Seven Sisters.


Sementara tujuan lainnya adalah menghimpun negara-negara yang merupakan penghasil minyak, menjaga harga minyak agar tetap stabil, menghindari persaingan antar negara penghasil minyak, serta memenuhi kebutuhan minyak dunia.


Saat ini anggota OPEC berjumlah 13 negara yang berasal dari berbagai wilayah di dunia. Apakah Indonesia termasuk anggota OPEC? Indonesia masuk sebagai anggota OPEC pada tahun 1962, namun keluar di tahun 2008.


APEC

Salah satu forum kerjasama ekonomi di kawasan Asia Pasifik adalah APEC atau Asia Pacific Economic Cooperation. Lembaga kerjasama internasional ini didirikan pada tahun 1989 dan menjadi perhimpunan dari negara-negara berkembang yang berada di wilayah Asia Pasifik/Selatan.


Tujuan utamanya adalah meningkatkan kondisi ekonomi negara-negara anggotanya. Yaitu melalui program liberisasi perdagangan, program perdagangan dan investasi serta program kerjasama pembangunan.


AFTA

Asean Free Trade Area atau AFTA adalah organisasi yang bertujuan untuk mempersiapkan dan mengantisipasi perdagangan bebas dunia. Yaitu dengan meningkatkan daya saing ekonomi di kawasan ASEAN dan menjadikannya basis produksi dunia.


Organisasi perdagangan bebas di kawasan ASEAN ini didirikan pada tahun 1992 di Singapura. AFTA berdiri atas prakarsa 6 anggota ASEAN, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand dan Singapura. Saat ini anggotanya ada 10 negara.


NAFTA

NAFTA atau North American Free Trade Agreement merupakan sebuah organisasi kerjasama ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan perdagangan bebas di wilayah Amerika Utara. Yaitu dengan menghilangkan dan mengurangi hambatan perdagangan berupa tarif/non tarif.


Organisasi perdagangan ini berdiri sejak tahun 1990 sebagai pengganti CUSFTA yang dibentuk oleh Kanada dan Amerika. Anggota NAFTA hanya tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada.


WTO

WTO merupakan singkatan dari World Trade Organization. WTO ini sama dengan GATT atau General Agreement of Tariff and Trade yang merupakan sebuah organisasi perdagangan dunia.


Tujuan dari lembaga kerjasama ekonomi internasional WTO adalah menghapus hambatan perdagangan seperti tarif dan bea masuk serta membantu menyelesaikan masalah sengketa perdagangan antar negara anggota.


GATT sendiri didirikan pada tahun 1946 dan berkantor pusat di Havana, dan berganti nama menjadi WTO tahun 1995. Sampai saat ini, anggota WTO berjumlah 164 negara dan salah satunya adalah Indonesia yang telah masih menjadi anggota sejak tahun 1995.


G20

G20 atau G7 awalnya merupakan gagasan dari Kanselir Jerman dan Presiden Perancis di tahun 1970. G7 sendiri beranggotakan 7 negara maju yang memberikan pinjaman kepada negara-negara yang sedang berkembang.


Dalam perkembangannya, G7 mengalami penambahan anggota hingga lebih dari 7 negara. Makanya, sekarang nama G7 sudah berganti menjadi G20. Sobat Pijar pasti sudah familiar bukan dengan G20? Apalagi di tahun 2022 Indonesia mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah G20. Pasti nama G20 sudah sering kamu dengar, deh. 


Anggota G20 antara lain adalah Amerika, Kanada, Jerman, Perancis, Jepang, Inggris, Italia, Rusia, China, Korea Selatan, Australia, Indonesia, Argentina, Turki, Arab Saudi dan lain-lain.


ASEM

ASEM merupakan singkatan dari Asia Europe Meeting. Organisasi kerjasama internasional ini sudah berdiri sejak tahun 1996. Sesuai dengan namanya, ASEM menjadi forum kerjasama antara negara di Asia dengan Eropa.


Khususnya di bidang perdamaian internasional, stabilitas serta kemakmuran untuk memajukan perdagangan internasional dan investasi di kedua kawasan tersebut. Saat ini ASEM beranggotakan 48 negara termasuk Indonesia.



_____________________________________________________


Baca juga: Pasar Bebas dan Dampaknya Bagi Indonesia


Setelah mempelajari 18 lembaga kerjasama ekonomi internasional yang telah dijelaskan di atas pastinya kamu jadi semakin paham tentang tujuan dan peran penting lembaga tersebut. Nah, sekarang coba kamu jelaskan apa saja sih manfaat lembaga internasional tersebut bagi Indonesia?


Yuk, uji pemahamanmu mengenai materi ekonomi lainnya di Pijar Belajar! Pijar Belajar merupakan aplikasi pembelajaran yang memuat beragam konten belajar untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Bersama aplikasi Pijar Belajar, kamu bisa mengerjakan latihan soal dan menyimak video pembahasannya kapan pun dan dimana pun.


Tunggu apa lagi? Yuk, download Pijar Belajar sekarang!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved