pijarbelajar

Ekonomi

Ini Dia Rangkuman Materi Ekonomi Kelas 12 Terlengkap

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Ini Dia Rangkuman Materi Ekonomi Kelas 12 Terlengkap image

Sobat Pijar pernah mendengar ilmu akuntansi? Ilmu ini mungkin tidak terdengar begitu asing di telinga kamu dan terkenal sebagai ilmu hitung-hitung di bidang ekonomi. Nah, pada kelas 12 ini kamu akan bertemu dengan materi akuntansi. Tapi, kamu nggak perlu takut kesulitan karena Pijar Belajar telah membuat rangkuman materi ekonomi kelas 12 terlengkap untukmu


Nah, materi akuntansi ini akan kamu temui di seluruh materi ekonomi kelas 12, mulai dari bab 1 sampai dengan bab 6. Penasaran seperti apa materi akuntansi dalam rangkuman materi Ekonomi kelas 12? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. 


Baca juga: Rangkuman Ekonomi Kelas 10 Terlengkap!


Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Semester 1

Peta konsep rangkuman ekonomi kelas 12 semester 1 terdiri dari 3 bab yang membahas mengenai ilmu akuntansi, mulai dari sejarah hingga penyusunan siklus akuntansi di perusahaan jasa. Rangkuman di bawah ini memuat poin-poin penting di ketiga bab tersebut.


1. Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Bab 1

Rangkuman ekonomi bab 1 kelas 12 membahas mengenai materi akuntansi sebagai sistem informasi. Akuntansi merupakan identifikasi, pengukuran, termasuk pelaporan informasi ekonomi sehingga bisa dibuat penilaian serta keputusan yang tegas dan jelas untuk pihak yang membutuhkan informasi ekonomi.


Sejarah akuntansi dimulai oleh Luca Pacioli yang menerbitkan buku berjudul Summa de Arithmetica Geometria Proportioni et Proportionalita (1494) yang di dalamnya terdapat ilmu pembukuan untuk para pengusaha. Luca Pacioli disebut sebagai Bapak Akuntansi Dunia. 


Prinsip dasar akuntansi sendiri terdiri dari:

  1. Kesatuan Usaha
  2. Basis Akrual
  3. Pengaitan Biaya 
  4. Kelangsungan Usaha 
  5. Harga Perolehan


Pijar Belajar sudah merangkum informasi lengkap seputar prinsip dasar akuntansi yang bisa kamu simak dalam artikel Pijar Belajar sebelumnya. 


2. Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Bab 2

Selanjutnya, dalam rangkuman materi ekonomi kelas 12 bab 2 akan dibahas mengenai materi Persamaan Dasar Akuntansi.  


Konsep persamaan dasar akuntansi merupakan pencatatan transaksi keuangan selalu menggunakan prinsip keseimbangan dan sistem berpasangan antara aktiva dan pasiva, yaitu jumlah aset kekayaan harus sesuai dengan hak terhadap aset kekayaan.


Dalam materi ini, terdapat rumus persamaan dasar akuntansi, yaitu:


Aset = Liabilitas + Ekuitas


Keterangan:

Liabilitas: hak para kreditur atau utang

Ekuitas: hak pemilik perusahaan atau modal


Materi rumus persamaan dasar akuntansi dan tabel persamaannya bisa kamu simak dalam artikel Pijar Belajar sebelumnya, ya. 


3. Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Bab 3

Rangkuman materi ekonomi kelas 12 bab 3 membahas mengenai materi penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan jasa. Dalam penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa ini, laporan yang disampaikan terbagi dalam beberapa bagian. Bagian-bagian tersebut adalah laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, dan laporan perubahan ekuitas. 


Nah, siklus akuntansi yang ada pun meliputi:

  1. Tahapan pencatatan akuntansi pada perusahaan jasa berupa analisa bukti transaksi, penyusunan jurnal umum hingga pembuatan buku besar
  2. Tahapan penggolongan akuntansi pada perusahaan jasa
  3. Tahapan pengikhtisaran akuntansi pada perusahaan jasa dimulai dengan penyusunan neraca saldo yang diambil dari buku besar. 
  4. Tahapan pelaporan akuntansi pada perusahaan jasa adalah tahap terakhir siklus akuntansi.


Seluruh siklus akuntansi tersebut dicatat dalam jurnal umum, yaitu buku harian yang memuat seluruh transaksi keuangan perusahaan secara kronologis dan sistematis. Kemudian, pada akhir periode dibuat sebuah neraca saldo yang berisi daftar rinci informasi saldo pada buku besar. 


Pelajari konsep dasar akuntansi dan siklusnya, contoh buku besar akuntansi, dan cara membuat neraca saldo melalui penjelasan lengkap dalam artikel Pijar Belajar, yuk! 


Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Semester 2

Nah, materi akuntansi tidak berhenti sampai situ saja, nih. Dalam rangkuman materi ekonomi kelas 12 semester 2, akan dipelajari kelanjutan ilmu akuntansi yang meliputi pembuatan jurnal penutup, karakteristik perusahaan dagang dan jurnal penutup.


1. Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Bab 4

Rangkuman materi ekonomi kelas 12 bab 4 membahas mengenai materi penutupan sIklus akuntansi pada perusahaan jasa. Jurnal penutup merupakan jurnal yang disusun untuk mentransfer dan mengatur ulang saldo akun sementara ke saldo akun permanen di setiap akhir periode akuntansi.


Langkah Menyusun Jurnal Penutup :

  1. Akun nominal yang memiliki saldo debet harus dikredit melalui akun ikhtisar laba rugi 
  2. Akun nominal yang memiliki saldo kredit harus didebet melalui akun ikhtisar laba rugi
  3. Akun prive yang memiliki saldo debet harus dikredit melalui akun modal 
  4. Akun ikhtisar laba rugi kemudian ditutup melalui akun modal


Nah, seperti jurnal penutup selesai dibuat, selanjutnya kamu akan membuat buku besar setelah penutupan. Berikut langkahnya. 

  1. Akun pendapatan dibuat bersaldo nol 
  2. Beban dibuat bersaldo nol 
  3. Ikhtisar laba rugi dibuat bersaldo nol 
  4. Prive dibuat bersaldo nol


Kemudian, kamu akan membuat neraca saldo setelah penutup. Tujuannya adalah agar jumlah aktiva dipastikan sama dengan pasiva (jumlah utang sama dengan modal). Simak penjelasan lengkap tentang cara membuat jurnal penutup lewat artikel Pijar Belajar! 


2. Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Bab 5

Rangkuman materi ekonomi kelas 12 bab 5 membahas mengenai materi penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang. Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembelian barang dari pemasok untuk dijual lagi tanpa mengubah wujud barangnya ke konsumen


Karakteristik Perusahaan Dagang:

  1. Barangnya konkrit atau berwujud 
  2. Dapat disimpan
  3. Memiliki stok barang dagang
  4. Dapat dipisahkan menjadi bagian-bagian kecil


Akun- Akun yang terdapat pada perusahaan dagang meliputi:

  1. Pembelian
  2. Penjualan
  3. Potongan pembelian serta pengurangan harga
  4. Retur pembelian
  5. Potongan penjualan serta pengurangan harga
  6. Retur penjualan
  7. Beban angkut pembelian
  8. Beban angkut penjualan
  9. Stok barang dagang


Laporan keuangan pada akun ini menunjukkan ringkasan transaksi keuangan perusahaan. Laporan keuangan perusahaan dagang memuat laporan-laporan berikut ini:

  1. Laporan laba rugi
  2. Laporan perubahan modal atau ekuitas
  3. Laporan arus kas
  4. Laporan neraca
  5. Catatan atas laporan keuangan


Ingin tahu lebih banyak tentang jurnal umum perusahaan dagang? Simak cara membuat dan contoh jurnal umum perusahaan dagang lewat artikel Pijar Belajar, ya. 


3. Rangkuman Ekonomi Kelas 12 Bab 6

Rangkuman materi ekonomi kelas 12 bab 6 membahas mengenai materi penutupan siklus akuntansi pada perusahaan dagang. Jurnal penutup merupakan jurnal yang disusun di akhir periode akuntansi setelah laporan keuangan dibuat untuk mentransfer saldo dari akun sementara ke akun permanen.


Akun Perusahaan Dagang yang Ditutup:

  1. Penjualan
  2. Pembelian
  3. Retur Pembelian
  4. Potongan Pembelian
  5. Retur Penjualan
  6. Potongan Penjualan
  7. Beban angkut pembelian
  8. Beban-beban
  9. Laba/rugi perusahaan
  10. Prive


Langkah-Langkah Membuat Jurnal Penutup

  1. Akun Penjualan bersih yang memiliki saldo kredit didebet menggunakan perkiraan Ikhtisar laba/rugi
  2. Akun retur penjualan yang memiliki saldo debet dibuat kredit menggunakan akun Ikhtisar laba/rugi
  3. Akun Pembelian serta akun Beban Angkut Pembelian yang memiliki saldo debet, dikredit menggunakan akun Ikhtisar laba/rugi
  4. Akun Retur pembelian yang memiliki saldo kredit, didebet menggunakan akun Ikhtisar laba/rugi
  5. Akun prive yang saldonya debet dijadikan kredit oleh akun modal 
  6. Akun Ikhtisar laba/rugi kemudian ditutup menggunakan akun modal


Pada jurnal penutup perusahaan dagang, dibutuhkan juga jurnal pembalik pada akhir siklus akuntansinya. Jurnal pembalik merupakan jurnal yang disusun terhadap akun yang dibuat jurnal penyesuaiannya di setiap awal periode. Jurnal pembalik berfungsi untuk memudahkan pencatatan transaksi setiap awal periode transaksi baru.


__________________________________________________________________


Baca juga: Rangkuman Ekonomi Kelas 11 Bab 1 Sampai 9, Intip Yuk!


Bagaimana Sobat Pijar? Rangkuman materi ekonomi kelas 12 di atas sangat lengkap bukan membahas seluruh materi dari bab 1 sampai bab 6. Seluruh babnya membahas mengenai ilmu akuntansi dari pengenalan hingga pembuatan jurnal penutup.


Pelajari lebih lengkap seputar materi Ekonomi Kelas 12 bareng Pijar Belajar, yuk! Aplikasi Pijar Belajar memiliki banyak sekali rangkuman dan video materi yang tentunya seru serta atraktif untuk dipelajari. Lalu, ada juga ribuan latihan soal yang bisa kamu kerjakan kapan aja dan dimana aja, lho.


Seru banget, kan? Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved