pijarbelajar

Sosiologi

Cek Rangkuman Sosiologi Kelas 10 Terlengkap Ini, Yuk!

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Cek Rangkuman Sosiologi Kelas 10 Terlengkap Ini, Yuk! image

Ilmu sosiologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial yang mungkin baru Sobat Pijar temui ketika duduk di bangku SMA. Meskipun tergolong mata pelajaran baru, kamu nggak perlu khawatir karena Pijar Belajar selalu siap membantumu belajar. Salah satunya adalah dengan membantumu mengenal materi melalui rangkuman sosiologi kelas 10 berikut ini. 


Dengan membaca rangkuman sosiologi kelas 10, maka kamu akan lebih cepat mengetahui materi apa saja yang akan dipelajari. Membaca rangkuman juga sangat berguna untuk membantumu melakukan persiapan menjelang ujian kenaikan kelas.


Yuk, simak rangkuman Sosiologi kelas 10 ini bersama-sama! 


Baca juga: Sifat Stratifikasi Sosial dan Contohnya


Rangkuman Materi Sosiologi Kelas 10 Semester 1

Rangkuman sosiologi kelas 10 semester 1 terdiri dari 3 bab, mulai dari fungsi sosiologi, interaksi sosial, dan hakikat lembaga sosial. Dalam rangkuman di bawah ini akan disajikan poin-poin penting setiap materi seperti pengertian, fungsi, jenis-jenis dan sebagainya.


1. Rangkuman Sosiologi Kelas 10 Bab 1

Materi rangkuman sosiologi kelas 10 bab 1 membahas mengenai fungsi sosiologi. Sebagai ilmu sosial, sosiologi banyak mempelajari interaksi manusia dengan manusia lainnya dalam kelompok manusia. Tapi, sebenarnya apa, ya, fungsi sosiologi itu? 


Fungsi sosiologi terbagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Sosiologi untuk melakukan penelitian mengenai kehidupan masyarakat. Penelitian dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat
  2. Sosiologi untuk melakukan perencanaan sosial yang bersifat antisipatif sehingga dapat menghadapi hal buruk di masa depan
  3. Sosiologi untuk melakukan pembangunan. Ilmu sosiologi berfungsi dalam menyiapkan data sosial yang dibutuhkan dalam pembangunan agar tepat sasaran.


Sosiologi sebagai istilah keilmuan dicetuskan oleh August Comte (Bapak Sosiologi Dunia). Namun, sebelumnya penelitian tentang masyarakat sudah dilakukan terlebih dulu oleh Ibnu Khaldun di tahun 1332.


Pelajari lebih lengkap tentang fungsi sosiologi, objek kajian, hingga cirinya bareng Pijar Belajar, yuk! Simak artikel Pijar Belajar, ya. 


2. Rangkuman Sosiologi Kelas 10 Bab 2

Rangkuman sosiologi kelas 10 bab 2 membahas tentang interaksi sosial, yakni hubungan timbal balik antar pihak di masyarakat. Terdapat berbagai bentuk interaksi sosial yang kerap kita jumpai, salah satunya adalah seperti akulturasi, kerjasama, asimilasi, dan akomodasi. 


Akan tetapi, interaksi sosial nggak selamanya berdampak positif, lho. Terdapat beberapa interaksi sosial yang justru bersifat disosiatif. Contohnya seperti kontravensi, konflik, dan kompetisi. 


Faktor pendorong terjadinya interaksi sosial meliputi: 

  1. Sugesti: Memberikan pandangan kepada orang lain untuk mempengaruhi orang tersebut 
  2. Imitasi: Menyerupai sosok lain yang dipandang sebagai tokoh ideal 
  3. Identifikasi: Kecenderungan seseorang untuk menjadi seperti sosok ideal yang dikagumi
  4. Simpati: Perasaan tertarik kepada pihak lain sehingga peduli terhadap pihak tersebut
  5. Empati: Kondisi psikologis yang menjadikan seseorang seolah dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain secara lebih mendalam hingga merasuk dalam jiwa
  6. Motivasi: Dorongan dan stimulus yang diberikan kepada orang lain agar orang tersebut mau mengikuti apa yang disampaikan secara kritis, rasional dan penuh tanggung jawab


Penjelasan lengkap tentang syarat interaksi sosial dan jenis interaksi sosial bisa kamu simak dalam artikel Pijar Belajar sebelumnya, ya! 


3. Rangkuman Bab 3 Sosiologi Kelas 10

Selanjutnya, terdapat rangkuman materi sosiologi kelas 10 bab 3 yang membahas mengenai hakikat lembaga dan berbagai jenis lembaga sosial. Lembaga sosial merupakan lembaga dengan anggota terdiri dari masyarakat yang saling berkumpul karena memiliki visi dan misi yang sama serta diterapkan peraturan atas mereka yang harus dipatuhi.


Syarat lembaga sosial:

  1. Terdiri dari sekelompok manusia yang memiliki aktivitas sama
  2. Terdapat peraturan baku dan juga norma yang berlaku untuk seluruh anggota lembaga
  3. Mempunyai perlengkapan dan peralatan 
  4. Sebagai pusat dari kegiatan manusia dalam masyarakat         


Tanpa kita sadari, lembaga sosial ini banyak kita jumpai, lho. Jenis-jenis lembaga sosial adalah lembaga keluarga, lembaga pendidikan, lembaga ekonomi, lembaga agama, dan lembaga politik. 


Simak informasi lengkap seputar lembaga sosial, mulai dari jenis hingga tujuannya lewat artikel Pijar Belajar, yuk!


Rangkuman Materi Sosiologi Kelas 10 Semester 2

Materi sosiologi kelas 10 semester 2 kurikulum merdeka terdiri dari materi ragam gejala sosial di masyarakat serta penelitian sosial. Di bawah ini adalah rangkuman poin-poin penting dari materi sosiologi semester 2 untuk memudahkanmu belajar:


1. Rangkuman Sosiologi Kelas 10 Bab 4

Dalam rangkuman sosiologi kelas 10 bab 4 dibahas mengenai ragam gejala sosial dalam masyarakat, seperti norma sosial, nilai sosial, sosialisasi, dan keteraturan sosial. 


Gejala sosial dalam masyarakat merupakan fenomena sosial yang terjadi di masyarakat berupa perubahan tindakan, perilaku, pandangan hidup yang mengarah kepada perubahan struktur dan perilaku sosial. Terdapat beberapa faktor penyebab gejala sosial, diantaranya adalah faktor kultural dan struktural. 


Nah, untuk membuat dinamika sosial yang rukun, terdapat nilai dan norma sosial yang harus dipatuhi anggota masyarakat. Sosialisasi dilakukan sebagai salah satu upaya penanaman nilai dan norma sosial dalam masyarakat. Nilai dan norma sosial ini diharapkan bisa memunculkan keteraturan sosial dalam masyarakat.


Adapun, tahap sosialisasi terdiri dari:

  1. Tahap imitasi (Imitation stage) yaitu mempelajari norma melalui meniru perilaku di masyarakat
  2. Tahap role taking adalah tahap pengambilan peran seorang individu di masyarakat
  3. Tahap identitas yaitu tahapan dimana individu memahami identitasnya dan menyadari bagaimana perilakunya berpengaruh terhadap hubungan dengan orang lain


Nah, materi lengkap di bab 4 Sosiologi seperti sosialisasi, nilai dan norma sosial, dan gejala sosial sudah pernah Pijar Belajar bahas dalam artikel, lho. Yuk disimak artikelnya, ya! 


2. Rangkuman Sosiologi Kelas 10 Bab 5

Terakhir, dalam rangkuman sosiologi kelas 10 kamu akan mempelajari tentang penelitian sosial. Sesuai dengan namanya, penelitian sosial merupakan penelitian ilmiah untuk mempelajari dan menganalisis berbagai gejala sosial serta realitas fenomena sosial di masyarakat.


Penelitian sosial terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu:

1) Penelitian sosial berdasarkan metodenya:

  1. Penelitian sosial kualitatif: Data kualitatif berbentuk informasi real di lapangan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam 
  2. Penelitian sosial kuantitatif: Metode penelitian dengan pengumpulan data terukur, umumnya untuk menganalisa populasi dan sampel tertentu


2) Penelitian sosial berdasarkan cara memperoleh data penelitian:

  1. Eksperimen
  2. Studi kasus bersifat spesifik untuk kasus tertentu
  3. Grounded research yaitu penelitian yang menjadikan fakta real di lapangan sebagai landasan teori 
  4. Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berfokus untuk memberi penjelasan detil mengenai fenomena sosial
  5. Penelitian prediksi yaitu penelitian untuk memperkirakan fenomena sosial di masa mendatang
  6. Penelitian eksploratif yaitu penelitian yang mengkaji fenomena sosial yang belum pernah diteliti orang lain
  7. Penelitian eksplanasi yaitu penelitian untuk menjawab hipotesis penelitian
  8. Survei


Nah, dalam penelitian tersebut, tentu digunakan berbagai data untuk membuktikan hipotesa dalam penelitian. Pengolahan data tersebut meilputi hal-hal berikut:

  1. Menentukan tujuan penelitian 
  2. Menentukan metode dalam mengumpulkan data 
  3. Melakukan pengumpulan data 
  4. Menginputkan data untuk diolah
  5. Analisa data
  6. Penyajian data hasil penelitian


Langkah mengolah data penelitian bisa Sobat Pijar lakukan dengan cara berikut:

  1. Ekstraksi atau pengambilan data dari sumber
  2. Membersihkan data dari eror
  3. Analisis data menggunakan visualisasi data, teknik statistik 
  4. Interpretasi data atau penafsiran hasil
  5. Menyajikan hasil penelitian


Penasaran bagaimana contoh laporan penelitian? Kamu bisa simak penjelasan lengkapnya termasuk rancangan penelitian hingga pengolahan data penelitian lewat artikel Pijar Belajar. 


______________________________________________________________


Baca juga: Ciri-Ciri Kelompok Sosial dan Faktor Pembentuknya


Rangkuman sosiologi kelas 10 menyediakan berbagai poin-poin materi paling penting yang wajib kamu ketahui agar semakin paham pelajaran sosiologi. Materi pelajaran sosiologi adalah materi wajib bagi Sobat Pijar yang memiliki minat di bidang pengkajian fenomena sosial di masyarakat.


Tenang, kalau kamu masih merasa kurang puas dengan rangkuman di atas, Pijar Belajar sudah menyediakan rangkuman selengkapnya dalam Aplikasi Pijar Belajar, lho. Seluruh rangkuman materi tersebut tersedia lengkap untuk seluruh mata pelajari di setiap kelas. Keren banget, kan?


Nggak cuma rangkuman, Pijar Belajar juga menyediakan video materi dan latihan soal yang bisa kamu gunakan kapan aja dan dimana aja, lho.


Tunggu apa lagi? Ayo download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved