pijarbelajar

Sosiologi

Fungsi Sosiologi, Objek Kajian, hingga Ciri-Cirinya. Sudah Tahu?

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Fungsi Sosiologi, Objek Kajian, hingga Ciri-Cirinya. Sudah Tahu? image

Sosiologi merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial masyarakat. Nah, umumnya Sobat Pijar bakal ketemu sama materi Sosiologi di bangku SMA, nih. Tapi, kamu penasaran nggak, sih, apa fungsi sosiologi itu dan kenapa kita harus mempelajarinya? 


Untuk menjawab pertanyaan itu, Sobat Pijar bisa coba membayangkan saat kamu membeli kerangka meja baru. Untuk menyusunnya menjadi sebuah meja utuh, kamu mungkin perlu membaca buku panduan dan juga memahami bentuk rangkanya, ya. Nah, hal yang sama berlaku pada saat kita bersosialisasi. 


Supaya kamu bisa membangun lingkungan sosial yang harmonis, kondusif dan kokoh, kamu perlu memahami terlebih dahulu struktur sosial dan hal lainnya yang berkaitan dengan lingkungan tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami ilmu sosiologi, ya. 


Dalam artikel kali ini, Pijar Belajar mau ajak kamu kenalan lebih jauh dengan fungsi sosiologi, objek kajian, hingga ciri-cirinya. Simak penjelasan berikut ini, yuk! 


Baca juga: Syarat Interaksi Sosial, Ciri, dan Faktor Pendorongnya


Fungsi Sosiologi

Sosiologi berfungsi dalam perencanaan sosial, pembangunan, penelitian, dan memecahkan masalah sosial. Berikut fungsi dari sosiologi:


1. Sosiologi untuk Perencanaan Sosial 

Perencanaan sosial adalah usaha untuk mempersiapkan masa depan seseorang di masyarakat sehingga kemungkinan adanya masalah bisa diatasi sejak jauh-jauh hari. Oleh karena itu perencanaan sosial sifatnya antisipatif yakni untuk menghadapi hal terburuk di masa mendatang. 

  • Perencanaan yang dibuat didasarkan kepada fakta real di lapangan 
  • Sebagai ilmu untuk memahami proses perkembangan masyarakat, baik di kota hingga desa agar perencanaan sosial bisa disusun
  • Sebagai alat untuk mengidentifikasi adanya perubahan sosial di masyarakat
  • Perencanaan dibuat dengan tujuan agar dapat mengantisipasi masalah di masa mendatang
  • Perencanaan dibuat untuk menghimpun kekuatan sosial masyarakat


2. Sosiologi untuk Melakukan Penelitian

Penelitian dalam sosiologi bertujuan agar diperoleh gambaran yang jelas mengenai kehidupan sosial di masyarakat. Sosiolog akan mengkaji kondisi masyarakat didasarkan kepada gejala sosial yang ada. Setelah dilakukan penelitian, maka bisa disusun rencana untuk menyelesaikan masalah sosial yang tepat.

  • Penelitian sosial untuk mengamati gejala sosial yang timbul di masyarakat
  • Untuk mengamati perubahan tingkah laku individu masyarakat
  • Agar bisa berpikir dan bersikap rasional


3. Sosiologi untuk Melakukan Pembangunan

Tujuan melakukan pembangunan adalah agar taraf hidup masyarakat meningkat, baik secara material maupun spiritual. Saat tahap merencanakan, pelaksanaan hingga evaluasi, sosiologi memiliki fungsi untuk memberi data sosial yang dibutuhkan agar pembangunan tepat sasaran. Berikut tahap pembangunan:

  • Tahap Perencanaan: Pada tahap ini, sosiologi berfungsi untuk mengenali kebutuhan masyarakat berdasarkan data kelompok sosial, pola interaksi sosial hingga stratifikasi sosial
  • Tahap Pelaksanaan: Pada tahap ini, sosiologi berfungsi untuk mengidentifikasi perubahan sosial dan kekuatan sosial masyarakat. 
  • Tahap Evaluasi: Pada tahap ini, sosiologi berfungsi untuk mengetahui dampak pembangunan terhadap kondisi sosial masyarakat.


Objek Kajian Sosiologi

Aspek utama yang dipelajari oleh sosiologi adalah interaksi antara manusia dengan manusia lainnya, atau disebut sebagai masyarakat. Hal inilah yang membedakan sosiologi dari disiplin ilmu pengetahuan lain yang mempelajari manusia.


Ruang lingkup sosiologi adalah setiap hal yang berhubungan dengan manusia khususnya hubungan manusia dengan manusia lainnya. Di dalam sosiologi akan dibahas mengenai peran dan kedudukan sosial seseorang di dalam keluarga, masyarakat hingga kelompok sosial. 


Sosiologi juga membahas norma dan nilai sosial yang berlaku di suatu tempat dan pengaruhnya terhadap perilaku dan sikap seseorang dalam interaksi sosial.


Ciri-Ciri Sosiologi

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang kategoris yakni membahas mengenai fenomena sosial di masyarakat yang sudah atau sedang terjadi. Di bawah ini adalah ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan murni dan bukan ilmu pengetahuan terapan (applied science)


1. Sosiologi Bersifat Teoritis 

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan murni yang dikembangkan dan dipelajari untuk meningkatkan mutu dari ilmu tersebut sehingga disiplin ilmu ini lebih bersifat teoritis ketimbang praktis. 


Ilmu yang dikembangkan di dalam sosiologi akan menjadi sebuah teori yang berguna dalam mencari sebab akibat timbulnya fenomena sosial.


2. Sosiologi Bersifat Kumulatif 

Disiplin ilmu sosiologi disusun dan dikembangkan dari teori yang sudah ada sebelumnya. Teori-teori tersebut akan selalu mengalami perbaikan, kritik sehingga teori bisa lebih relevan terhadap kondisi zaman yang ada. 


3. Sosiologi Bersifat Empiris 

Disiplin ilmu sosiologi dikembangkan dan disusun berdasarkan pengamatan fakta di lapangan dan bukanlah spekulatif atau dugaan penelitinya semata. Oleh karena itu data dan kajian yang dilakukan dalam sosiologi harus berdasarkan penelitian ilmiah.


4. Sosiologi Bersifat Nonetis 

Sifat disiplin ilmu sosiologi adalah mengkaji mengenai fakta yang ada di masyarakat dan tidak membahas mengenai baik atau buruknya fakta tersebut.


______________________________________________________


Baca juga: Klasifikasi Kelompok Sosial Teratur dan Tidak Teratur


Wah, ternyata menarik sekali, ya, ilmu sosiologi itu. Bukan hanya sekadar ilmu tentang hubungan manusia dengan manusia lainnya, sosiologi juga mencakup objek kajian yang lebih besar, seperti norma, nilai sosial, budaya, dan sebagainya.  


Oleh karena itu, nggak heran jika fungsi sosiologi sendiri berkaitan erat dengan fondasi kehidupan sosial, seperti perencanaan sosial, pemahaman terkait masalah sosial, hingga persiapan dan pelaksanaan pembangunan peradaban yang lebih baik. 


Yuk, pelajari lebih banyak seputar fungsi sosiologi ini bareng Pijar Belajar! Lewat Aplikasi Pijar Belajar, kamu bisa mengakses ribuan soal dan materi pembelajaran Sosiologi lainnya kapan aja dan dimana aja, lho. Selain materi Sosiologi SMA, Pijar Belajar juga punya banyak materi pembelajaran untuk siswa SD dan SMP. 


Lengkap banget, kan? Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar sekarang! 




Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved