Contoh Laporan Penelitian dan Kerangkanya - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Contoh Laporan Penelitian dan Kerangkanya

| 0 minute read
Contoh Laporan Penelitian dan Kerangkanya image

Pernahkan Sobat Pijar membuat sebuah laporan penelitian? Laporan ini biasanya disusun dengan tujuan untuk menyajikan informasi tentang penelitian yang telah dilakukan, termasuk tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan penelitian.


Laporan tersebut juga berfungsi untuk mempublikasikan hasil penelitian, sehingga dapat diakses oleh masyarakat luas dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.


Membuat sebuah laporan penelitian bukanlah hal yang bisa dikerjakan secara asal-asalan, loh! Yuk, baca artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan ketika Sobat Pijar membuat sebuah laporan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan!


Baca juga: Rancangan Penelitian – Pengertian, Jenis, Metode, Langkah dan Contohnya


Pengertian Laporan Penelitian

Laporan Penelitian merupakan dokumen yang menjelaskan secara terperinci tentang proses dan hasil dari suatu penelitian yang telah dilakukan. Laporan ini dibuat sebagai salah satu sarana komunikasi antara peneliti dengan pembaca.


Untuk membuat sebuah laporan dari hasil penelitian, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti:

  • Peneliti harus mengetahui siapa yang akan membaca laporan tersebut.
  • Menjelaskan secara detail setiap langkah yang dilakukan dalam penelitian untuk memudahkan pembaca memahami dan mengerti penelitian yang telah dilakukan.
  • Penyusunan laporan dibuat menggunakan bahasa yang komunikatif, sehingga mudah dipahami oleh orang-orang yang membacanya.
  • Laporan disusun secara sistematis.


Kerangka Laporan Penelitian

Seperti yang Sobat Pijar ketahui, sebuah laporan hasil penelitian harus dibuat secara sistematis. Oleh karena itu, terdapat kerangka laporan penelitian yang menjadi panduan pembuatan laporan agar terstruktur dan lebih rapi.


Berikut adalah kerangka pada saat Sobat Pijar membuat sebuah laporan penelitian:


Bagian Pendahuluan

Disebut juga sebagai preliminary materials. Adapun halaman-halaman yang termasuk ke dalam bagian pendahuluan ini adalah:

  • Halaman Judul
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Daftar Tabel


Bagian Isi Laporan

Bagian kedua dalam sebuah laporan penelitian adalah isi laporan atau body of the paper. Dalam bagian ini, dibagi lagi menjadi beberapa bab yakni:


Bab Pendahuluan

Bagian pendahuluan pada sebuah laporan penelitian merupakan bagian yang menjelaskan tentang latar belakang dan tujuan penelitian yang dilakukan. Bagian ini juga menguraikan perumusan masalah yang akan diteliti dalam penelitian, serta hipotesis yang akan diuji dalam penelitian.


Pada bagian pendahuluan, penulis harus mampu menyajikan secara jelas dan terorganisir informasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, sehingga pembaca dapat memahami latar belakang dan tujuan penelitian yang dilakukan.


Bagian ini juga harus mampu menarik minat pembaca untuk menyimak lebih lanjut tentang hasil penelitian yang telah dilakukan.


Bab Tinjauan Pustaka

Bab tinjauan pustaka pada sebuah laporan penelitian merupakan bagian yang menyajikan kajian literatur yang terkait dengan penelitian yang dilakukan. Tujuan dari bab tinjauan pustaka ini adalah untuk mengetahui konsep, teori, dan hasil penelitian sebelumnya yang terkait dengan masalah yang diteliti.


Bab ini juga bertujuan untuk memberikan dasar teori yang kuat bagi penelitian yang dilakukan, sehingga hasil penelitian dapat diinterpretasikan dengan tepat.


Selain itu, bab tinjauan pustaka dapat membantu menghindari kemungkinan terjadinya kesalahan atau kekeliruan dalam penelitian yang dilakukan.


Bab Metodologi Penelitian

Bab metodologi penelitian pada sebuah laporan penelitian merupakan bagian yang menjelaskan secara rinci tentang desain penelitian, sampel yang diambil, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang dilakukan.


Tujuan dari bab metodologi penelitian ini adalah untuk memberikan informasi yang cukup bagi pembaca tentang cara penelitian yang dilakukan, sehingga pembaca dapat memahami dan mengevaluasi hasil penelitian yang telah dilakukan.


Bab Pelaksanaan Penelitian

Bab pelaksanaan penelitian pada laporan penelitian merupakan bagian yang menjelaskan secara rinci tentang proses penelitian yang dilakukan, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan penelitian.


Tujuan dari bab pelaksanaan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi yang cukup bagi pembaca tentang langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian, sehingga pembaca dapat memahami dan mengevaluasi hasil penelitian yang telah dilakukan.


Bab Hasil Penelitian dan Pembahasan

Bab hasil penelitian dan pembahasan merupakan bagian dari laporan penelitian yang berisi tentang hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan, serta pembahasan atau interpretasi terhadap hasil-hasil tersebut.


Dalam bab ini, peneliti akan menyajikan hasil penelitian secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan tujuan dan hipotesis penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya.


Pembahasan akan menjelaskan hasil penelitian dan keterkaitannya dengan hipotesis penelitian, seperti apakah hipotesis kamu sudah benar atau belum.


Secara umum, bab ini merupakan bagian yang sangat penting dalam laporan penelitian, karena merupakan tempat peneliti menyajikan dan menjelaskan hasil-hasil penelitian yang diperoleh serta memberikan interpretasi terhadap hasil-hasil tersebut.


Bab ini juga merupakan tempat peneliti menyajikan kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tersebut, serta memberikan rekomendasi atau saran-saran untuk penelitian selanjutnya.


Bab Kesimpulan dan Saran

Bab kesimpulan dan saran merupakan bagian dari laporan penelitian yang berisi tentang kesimpulan hasil penelitian, serta saran yang diberikan oleh peneliti terkait dengan penelitian.


Kesimpulan harus merujuk kepada tujuan dan hipotesis penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya dengan mendasar pada hasil penelitian.


Kesimpulan harus juga memperhatikan fakta dan data yang telah dikumpulkan selama penelitian serta harus memberikan jawaban atau solusi terhadap masalah yang telah diteliti.


Nah, selain kesimpulan, kamu juga harus memberikan saran terkait penelitianmu. Saran merupakan rekomendasi saran yang diberikan oleh peneliti terkait dengan penelitian yang telah dilakukan. Saran yang kamu berikan bisa berupa saran untuk penelitian selanjutnya, saran untuk pengambilan keputusan atau tindakan, atau saran lain yang dianggap penting oleh peneliti.


Saran harus didasarkan pada hasil-hasil penelitian yang telah diperoleh, serta harus memperhatikan konteks dan situasi yang ada.


Bagian Penutup

Bagian terakhir dalam sebuah laporan hasil penelitian adalah penutup. Di bagian ini, terdapat dua bagian halaman yaitu:

  • Daftar Pustaka
  • Lampiran


Contoh Laporan Penelitian

Kerangka laporan penelitian di atas merupakan struktur yang sudah sistematis dan sebaiknya ada di dalam setiap laporan hasil penelitian. Dalam artikel ini, Sobat Pijar dapat melihat langsung seperti apa contoh laporan hasil penelitian versi lebih sederhananya.


Judul Penelitian

"Melihat Besarnya Pengaruh Penggunaan Pupuk Organik pada Tanaman Tomat"


Latar Belakang

Tanaman tomat merupakan salah satu tanaman hias yang banyak ditanam di rumah-rumah maupun kebun-kebun. Selain itu, tomat juga merupakan salah satu bahan pangan yang banyak digunakan dalam masakan.


Namun, pertumbuhan tanaman tomat seringkali terhambat karena kurangnya pemberian pupuk yang tepat. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh pemberian pupuk organik terhadap pertumbuhan tanaman tomat.


Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik terhadap pertumbuhan tanaman tomat.


Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari empat perlakuan yaitu:

  • P0 (kontrol)
  • P1 (pemberian pupuk organik sebanyak 25 g per tanaman)
  • P2 (pemberian pupuk organik sebanyak 50 g per tanaman)
  • P3 (pemberian pupuk organik sebanyak 75 g per tanaman)


Penelitian ini dilakukan selama 45 hari dengan menggunakan 40 tanaman tomat yang ditanam di lahan seluas 10 m2. Setiap 15 hari sekali diamati pertumbuhan tanaman tomat meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, dan jumlah buah yang terbentuk.


Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan tanaman tomat.


Tanaman yang diberi pupuk organik memiliki tinggi yang lebih tinggi, jumlah daun yang lebih banyak, dan jumlah buah yang lebih banyak dibandingkan dengan tanaman yang tidak diberi pupuk organik.

Pemberian pupuk organik sebanyak 50 g per tanaman menghasilkan pertumbuhan tanaman tomat yang paling optimal.


Kesimpulan

Pemberian pupuk organik berpengaruh positif terhadap pertumbuhan tanaman tomat. Pemberian pupuk organik sebanyak 50 g per tanaman menghasilkan pertumbuhan tanaman tomat yang paling optimal.


Saran

Dapat dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh pemberian pupuk organik dengan dosis yang berbeda terhadap pertumbuhan tanaman tomat.


Presentasi Laporan Penelitian

Presentasi ini adalah cara menyajikan hasil penelitian kepada orang lain secara terstruktur dan terorganisir. Presentasi laporan penelitian dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam media, seperti slide presentasi, poster, atau bahkan melalui presentasi langsung di depan audiens.


Adapun manfaat dari dilakukannya presentasi laporan hasil penelitian ini antara lain:


Menyajikan Hasil Penelitian Secara Efektif

Presentasi dapat membantu menyajikan hasil penelitian secara efektif kepada audiens. Dengan menggunakan media yang tepat, hasil penelitian dapat disajikan secara visual dan mudah dipahami oleh audiens.


Mendapatkan Feedback

Peneliti juga berkesempatan untuk mendapatkan feedback dari audiens. Feedback ini dapat membantu peneliti mengevaluasi dan meningkatkan kualitas penelitian yang telah dilakukan.


Menjalin Kerjasama

Presentasi laporan dari hasil penelitian juga dapat digunakan untuk menjalin kerjasama dengan pihak lain, misalnya dengan pihak industri atau lembaga penelitian lain.


Menyebarkan Hasil Penelitian

Manfaat berikutnya adalah dapat membantu menyebarkan hasil penelitian kepada masyarakat luas, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan peneliti.


Baca juga: Pengolahan Data Penelitian dan Contohnya

____________________________________________________________


Nah, Sobat Pijar lengkap sudah pembahasan mengenai contoh laporan penelitian beserta kerangkanya. Di samping informasi tersebut, Sobat Pijar juga bisa mendapatkan informasi mengenai penelitian sosial dan materi Sosiologi lainnya di Pijar Belajar!


Pijar Belajar merupakan aplikasi pembelajaran yang menyediakan banyak latihan soal dan video pembahasan untuk materi SD, SMP, dan SMA. Seluruh konten Pijar Belajar tersebut bisa kamu akses kapan pun dan dimana pun mulai dari 10 ribu saja!


Yuk, download Pijar Belajar sekarang!

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image