Rancangan Penelitian – Pengertian, Jenis, Metode, Langkah dan Contohnya - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Rancangan Penelitian – Pengertian, Jenis, Metode, Langkah dan Contohnya

| 0 minute read
Rancangan Penelitian – Pengertian, Jenis, Metode, Langkah dan Contohnya image

Halo, Sobat Pijar! Dalam pelajaran Sosiologi, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tugas membuat rancangan penelitian. Adanya rancangan dalam sebuah penelitian merupakan suatu cara untuk mencari jawaban atau solusi terhadap masalah yang diangkat dalam penelitian sosiologi.


Rancangan dalam suatu penelitian termasuk bagian penting dari suatu penelitian sosiologi. Bagian ini membantu menentukan apa yang akan diteliti, bagaimana cara mengumpulkan data, dan bagaimana data tersebut akan dianalisis.


Bagi Sobat Pijar yang ingin mengetahui lebih banyak soal rancangan penelitian dalam pelajaran Sosiologi, yuk baca artikel ini sampai tuntas! Semua informasi terkait rancangan dalam sebuah penelitian akan dibahas dalam artikel ini!


Baca juga: Teks Biografi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Contohnya


Pengertian Rancangan Penelitian

Saat mempelajari Sosiologi, Sobat Pijar pasti sudah familiar dengan istilah “rancangan penelitian”. Namun, apakah Sobat Pijar paham apa pengertian dari istilah tersebut? Mungkin masih banyak, nih, Sobat Pijar yang bingung menjawab ketika pertanyaan tersebut dilontarkan.


Rancangan Penelitian adalah suatu proses dalam melakukan penelitian sosial yang bertujuan untuk mencari jawaban atau solusi terhadap suatu masalah sosial dalam penelitian.


Singkatnya, rancangan penelitian dapat diartikan sebagai tata cara yang digunakan untuk mengumpulkan data dan menganalisisnya dalam suatu penelitian. Sementara itu, secara spesifik tergantung pada bidang penelitian yang digunakan.


Misalnya, dalam penelitian sosiologi, rancangan di dalam sebuah penelitian dapat berupa metode kuantitatif, kualitatif, atau campuran dari keduanya. Sedangkan dalam penelitian kedokteran, rancangan penelitian dapat berupa penelitian eksperimental atau observasional.


Jenis Rancangan Penelitian

Dalam pelajaran Sosiologi, terdapat beberapa jenis rancangan di dalam suatu penelitian antara lain:


Rancangan Kualitatif

Rancangan kualitatif merupakan rancangan untuk membuat suatu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data numerik yang dapat diukur dengan angka. Angka-angka tersebut akan dianalisis menggunakan teknik-teknik statistik.


Jenis ini biasanya menggunakan sampel yang besar dan representatif dari populasi.


Rancangan Kuantitatif

Rancangan kuantitatif merupakan rancangan untuk membuat suatu penelitian dengan mengumpulkan data berupa kata-kata, gambar, atau video yang tidak dapat diukur dengan angka. Data-data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan teknik-teknik analisis kualitatif.


Jenis rancangan kualitatif biasanya menggunakan sampel yang kecil dan tidak representatif dari populasi.


Rancangan Penelitian Campuran

Rancangan penelitian campuran merupakan rancangan untuk membuat suatu penelitian yang menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif untuk mengumpulkan data dan menganalisisnya.


Rancangan untuk membuat penelitian dengan jenis ini menggunakan sampel yang lebih kecil dari pada rancangan kuantitatif namun lebih besar dari pada rancangan kualitatif.


Rancangan Historis

Rancangan historis merupakan rancangan untuk membuat penelitian yang menggunakan metode kualitatif dan mengumpulkan data berupa dokumen-dokumen sejarah, seperti surat kabar, buku harian, dan lain-lain.

Rancangan historis biasanya digunakan untuk meneliti fenomena sosial di masa lalu.


Rancangan Penelitian Etnografis

Rancangan penelitian etnografis merupakan rancangan untuk membuat penelitian yang menggunakan metode kualitatif dan mengumpulkan data dengan cara mengikuti kehidupan sehari-hari masyarakat yang diteliti. Jenis ini biasanya digunakan untuk meneliti budaya masyarakat suku atau desa.


Metodologi Penelitian

Metode penelitian adalah sekumpulan langkah-langkah atau tahapan yang diikuti oleh peneliti untuk mengumpulkan dan menganalisis data untuk menjawab pertanyaan penelitian atau hipotesis yang telah diajukan.


Adapun, metodologi penelitian dibagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut. 


Metodologi Penelitian Kualitatif

Metodologi penelitian kualitatif adalah sebuah pendekatan yang digunakan dalam penelitian untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memahami data yang bersifat verbal, deskriptif, dan tidak terstruktur.


Penelitian kualitatif ini berfokus pada interpretasi, analisis, dan pemahaman fenomena sosial yang terjadi di masyarakat, dan menekankan pada bagaimana orang-orang merasakan, memahami, dan menafsirkan realitas sosial tersebut.


Metodologi penelitian kualitatif menggunakan teknik-teknik seperti wawancara, observasi partisipan, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data.


Data yang diperoleh dari metodologi penelitian kualitatif biasanya tidak dapat diukur secara kuantitatif, tetapi harus dianalisis secara kualitatif. Caranya adalah dengan menggunakan teknik-teknik seperti analisis tematik, analisis naratif, dan analisis konseptual.


Metodologi Penelitian Kuantitatif

Metodologi penelitian kuantitatif adalah sebuah pendekatan yang digunakan dalam penelitian untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memahami data yang bersifat numerik dan terstruktur. 


Penelitian kuantitatif berfokus pada penelitian hipotesis yang telah diajukan sebelumnya, dan menggunakan teknik-teknik statistik untuk mengumpulkan dan menganalisis data.


Metodologi kuantitatif ini biasanya menggunakan teknik sampling yang sistematis dan terstruktur untuk mengumpulkan data dari responden yang terpilih.


Data yang diperoleh dari metodologi penelitian kuantitatif dapat dianggap representatif untuk populasi yang lebih luas, sehingga hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi tersebut.


Pengolahan Data Penelitian

Untuk mengolah data penelitian, ada beberapa langkah yang dapat Sobat Pijar ikuti:


Menentukan Tujuan Penelitian

Dengan menentukan terlebih dahulu tujuan dari penelitian yang akan dilakukan, akan membantu Sobat Pijar menentukan apa yang perlu dicari dari data yang telah dikumpulkan.


Memilih Metode Pengumpulan Data

Langkah berikutnya adalah memilih metode pengumpulan data yang sesuai. Sobat Pijar dapat menggunakan beberapa metode seperti wawancara, kuesioner, observasi, dan analisis dokumen.


Mengumpulkan Data yang Dibutuhkan

Pastikan untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan dalam penelitian Sobat Pijar, termasuk memastikan bahwa data yang sudah dikumpulkan bersifat valid dan reliabel.


Masukkan Data ke Dalam Format Tertentu

Masukkan data ke dalam format yang dapat diolah. Ini dapat berupa spreadsheet atau database yang dapat Sobat Pijar gunakan untuk mengelola dan menganalisis data.


Menganalisis Data

Gunakan alat statistik atau software yang sesuai untuk menganalisis data yang telah Sobat Pijar kumpulkan. Hal ini akan sangat membantu Sobat Pijar menemukan pola atau tren dalam data yang telah dikumpulkan.


Menyajikan Hasil Penelitian

Terakhir, buatlah laporan yang menjelaskan hasil penelitian, termasuk interpretasi dan implikasi dari hasil tersebut. Pastikan juga untuk menyajikan data secara visual dengan menggunakan grafik atau tabel yang sesuai.


Cara Menentukan Subjek Penelitian

Wah, ternyata ada banyak sekali, ya, jenis penelitian dan bentuk pengolahan data dalam rancangan penelitian. Selanjutnya, Pijar Belajar mau ajak kamu untuk memahami cara menentukan subjek penelitian, nih. Untuk menentukan subjek penelitian dalam rancangan penelitian sosiologi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:


1. Tentukan Topik Penelitian

Topik ini harus merupakan masalah sosial yang teridentifikasi dan relevan dengan konteks sosial yang akan diteliti. Kamu bisa menentukan topik penelitian dengan melihat isu atau keresahan di sekitarmu juga, lho. Lalu, observasi masalah tersebut untuk menjawab masalah dalam topik penelitian. 


Kamu bisa mengeksplorasi masalah atau pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian tersebut. Misalnya, dengan membaca literatur yang tersedia di bidang tersebut, bertanya kepada ahli di bidangnya, dan sebagainya.


Contohnya, kamu ingin membahas permasalahan meningkatnya penderita depresi di kotamu. Nah, kamu bisa mengambil topik penelitian, "Pengaruh intervensi psikologis terhadap kualitas hidup penderita depresi di Kota X"


Topik tersebut mencoba menjawab pertanyaan tentang bagaimana intervensi psikologis dapat membantu meningkatkan kualitas hidup orang yang menderita depresi. Untuk penelitian nanti, kamu bisa mengombinasikan teori dan praktik dari psikologi. 


2. Tentukan Populasi yang Akan Diteliti

Populasi ini harus merupakan kelompok orang yang memiliki karakteristik yang sama atau setidaknya memiliki karakteristik berkaitan dengan topik yang akan diteliti. Cara menentukan populasi dalam sebuah penelitian adalah dengan menentukan sasaran penelitian.


Misalnya, jika Sobat Pijar ingin meneliti dampak intervensi psikologis terhadap kualitas hidup penderita depresi, maka populasi yang tepat adalah orang yang menderita depresi.


Cara lainnya adalah dengan menentukan jenis data yang diinginkan. Contohnya saja, jika kamu ingin mengumpulkan data kualitatif melalui wawancara, maka populasi yang tepat adalah orang-orang yang dapat memberikan wawancara yang berguna.


3. Tentukan Sampel yang Akan Diteliti

Untuk menentukan sampel yang akan diteliti dalam sebuah penelitian, pertama-tama kamu perlu menentukan tujuan penelitian dan apa yang ingin diketahui dari penelitian tersebut..


Kemudian, kamu juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti ukuran sampel yang diperlukan untuk mencapai tujuan penelitian, sumber sampel yang tersedia, dan metode pengambilan sampel yang akan digunakan.


Sampel yang akan diteliti harus representatif dari populasi yang akan diteliti, sehingga hasil penelitian dapat diterapkan pada populasi yang lebih luas.


4. Tentukan Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data yang digunakan harus sesuai dengan topik dan tujuan penelitian Sobat Pijar. Sesuaikan juga dengan kemampuan dan keterbatasan.


5. Tentukan Teknik Analisis Data

Teknik analisis data yang dipilih harus sesuai dengan metode pengumpulan data yang telah dipilih sebelumnya, serta sesuai dengan tujuan penelitian.


6. Tentukan Prosedur Pengumpulan dan Analisis Data

Dalam hal ini, Sobat Pijar harus memastikan untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan dengan hati-hati agar hasil penelitian kamu dapat dipercaya.


Setelah menentukan poin-poin yang disebutkan di atas, maka Sobat Pijar akan dengan mudah menentukan apa yang akan menjadi subjek penelitian.


Langkah-langkah Penelitian Sosial

Suatu penelitian sosial dapat dilakukan dengan mengerjakan langkah-langkah yang berurutan sebagai berikut:


1. Menentukan Topik Penelitian

Topik penelitian adalah fokus utama dari suatu penelitian. Topik penelitian merupakan permasalahan atau masalah yang ingin diteliti. Biasanya, topik penelitian merupakan masalah sosial yang teridentifikasi dan relevan dengan konteks sosial yang akan diteliti.


Contohnya seperti fenomena sosial, permasalahan sosial, atau pertanyaan ilmiah yang ingin dijawab melalui penelitian.


Dalam menentukan topik penelitian, penting untuk mempertimbangkan tujuan dan sasaran penelitian, serta konteks sosial dan kebutuhan masyarakat yang akan diteliti.


Selain itu, topik penelitian harus memenuhi kriteria keilmiahan, yaitu memiliki kontribusi yang signifikan bagi ilmu pengetahuan dan mampu menghasilkan temuan baru yang berguna bagi masyarakat.


2. Melaksanakan Studi Pendahuluan

Studi pendahuluan adalah tahap awal dari suatu penelitian yang dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang akan diteliti. Selain itu, dilakukan juga untuk mengumpulkan informasi dasar yang diperlukan untuk merancang penelitian secara lebih detail.


Studi pendahuluan bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang topik penelitian, serta membantu peneliti mengembangkan hipotesis atau asumsi awal tentang masalah yang akan diteliti.


Studi pendahuluan merupakan tahap yang penting dalam penelitian, karena hasilnya akan mempengaruhi rancangan dan keberhasilan penelitian yang akan dilakukan.


Oleh karena itu, studi pendahuluan harus dilakukan secara cermat dan teliti agar dapat menghasilkan informasi yang berguna bagi penelitian selanjutnya.


Contoh Rancangan Penelitian

Agar Sobat Pijar lebih paham mengenai penjelasan di atas, dibawah ini adalah contoh rancangan penelitian sosiologi sederhana:


Judul Penelitian

"Dampak Drama Korea terhadap Perilaku Remaja Indonesia"


Latar Belakang

Drama Korea telah menjadi fenomena yang sangat populer di Indonesia, terutama di kalangan remaja. Namun, terdapat pendapat bahwa drama Korea dapat mempengaruhi perilaku remaja Indonesia.


Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara menonton drama Korea dengan perilaku remaja Indonesia.


Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara menonton drama Korea dengan perilaku remaja Indonesia.


Hipotesis

Ada hubungan antara menonton drama Korea dengan perilaku remaja Indonesia.


Populasi dan Sampel

Populasi penelitian adalah remaja Indonesia yang menonton drama Korea. Sampel penelitian adalah 100 orang remaja Indonesia yang dipilih secara acak.


Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Kuesioner terdiri dari pertanyaan-pertanyaan mengenai frekuensi menonton drama Korea, jenis drama yang sering ditonton, dan perilaku yang sering dilakukan setelah menonton drama Korea.


Selain itu, data juga akan dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dengan sampel penelitian untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai hubungan antara menonton drama Korea dengan perilaku remaja Indonesia.


Teknik Analisis Data

Data yang terkumpul akan dianalisis secara statistik menggunakan uji statistik korelasi. Hasil analisis yang diperoleh selanjutnya akan digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis penelitian.


Jadwal Penelitian

Penelitian ini akan dilakukan dalam jangka waktu satu bulan, mulai dari pengumpulan data hingga analisis data.


Referensi

Daftar referensi yang digunakan dalam penelitian ini akan disertakan di bagian akhir laporan penelitian.

Sobat Pijar juga perlu mempertimbangkan bagaimana sampel penelitian dipilih, cara menjamin keakuratan dan validitas data yang terkumpul, serta cara menangani bias yang mungkin terjadi dalam penelitian.


Baca juga: Macam-Macam Strategi Pembelajaran, Mana yang Cocok Denganmu?


______________________________________________


Bagaimana? Ternyata melakukan rancangan penelitian sosial tidak terlalu sulit, bukan? Dengan melakukan penelitian, kamu jadi bisa meneliti dan mengobservasi permasalahan sosial yang ada di sekitarmu. Semoga penjelasan di atas bisa membantu kamu, ya!


Yuk, pelajari lebih banyak seputar rancangan penelitian dan materi sosiologi di Pijar Belajar! Pijar Belajar merupakan aplikasi pembelajaran yang menyediakan banyak latihan soal dan video pembahasan untuk SD, SMP, dan SMA.


Download Pijar Belajar dan dapatkan pengalaman belajar menyenangkan sekarang juga!

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image