pijarbelajar

Universitas

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI): Sejarah, Lokasi, Fakultas, dan Biaya Kuliah

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI): Sejarah, Lokasi, Fakultas, dan Biaya Kuliah image

Menempuh pendidikan di jenjang yang lebih tinggi seperti universitas adalah impian banyak orang, terlebih universitas biasanya berhubungan erat dengan karirmu kedepannya. Oleh karena itu, Sobat Pijar perlu memikirkan dengan baik tujuan universitas dan jurusan yang akan dipilih. Nah, bagi kamu yang masih bingung, Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.


Untuk mengenal lebih lanjut dengan universitas satu ini, berikut informasi sejarah, jurusan, dan hal lain seputar UPI. Jadi, yuk langsung saja simak pembahasan di bawah ini.


Baca juga: Jurusan Universitas Padjadjaran Terfavorit 2023


Sejarah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Bagi kamu yang belum tahu, Universitas Pendidikan Indonesia didirikan tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran, Muhammad Yamin. Sebelumnya, UPI memiliki nama sebagai PTPG atau Perguruan Tinggi Pendidikan Guru. Namun, universitas ini berganti nama menjadi Universitas Pendidikan Indonesia hingga saat ini. 


Berdirinya Universitas Pendidikan Indonesia dilatarbelakangi oleh bertambahnya kesadaran tentang pentingnya pendidikan. Nah, untuk mendukung peningkatan kualitas tersebut, keberadaan guru yang kompeten sangat diperlukan. Oleh karena itu, Universitas Pendidikan Indonesia didirikan dengan berfokus pada persiapan dan pengembangan guru di Indonesia. 


Kehadiran Universitas Pendidikan Indonesia di dunia pendidikan Indonesia membantu meningkatkan standar yang ada. Hal ini dibuktikan universitas ini mampu berbicara banyak di kancah nasional maupun internasional. Termasuk dalam hal prestasi.


Universitas Pendidikan Indonesia sudah banyak menyumbang berbagai macam prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik di tingkat nasional maupun internasional. Diantara prestasi tersebut adalah medali perunggu bidang biologi pada OnMIPA 2023, pemenang utama SISE young leaders Japan 2023, meraih medali dalam gelaran RAVTE student innovation award, dan masih banyak daftar prestasi lainnya yang sudah berhasil diraih oleh mahasiswa UPI. 


Lokasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Bagi kamu yang masih bertanya-tanya ada dimana Universitas Pendidikan Indonesia, maka jawabannya ada di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. 


Awalnya, gedung utama UPI berada di sebuah villa beranama Villa Isola di bagian puing-puingnya yang dikenal sebagai peninggalan masa sebelum perang dunia II. Selanjutnya, puing Villa Isola ini dikembangkan menjadi sebuah gedung yang diberi nama sebagai Bumi Siliwangi. Bumi Siliwangi inilah yang menjadi lokasi gedung rektorat UPI. 


Sejak tahun 2012, universitas satu ini memiliki status sebagai perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah atau PTP. Selain itu, kamu juga perlu tahu bahwa UPI ini menjadi perguruan tinggi yang menganut sistem multi campus. Artinya, UPI memiliki lebih dari 1 kampus yang tersebar di beberapa daerah. 


Nah, untuk kampus utama UPI sendiri berlokasi di Jalan Setiabudi 229, Kota Bandung, Jawa Barat. Lalu, untuk kampus lainnya berlokasi di berbagai daerah seperti Serang, Sumedang, Purwakarta, Cibiru, dan Tasikmalaya.


Fakultas dan Jurusan Universitas Pendidikan Indonesia

Untuk mengenal lebih lanjut tentang UPI, simak pembahasan seputar fakultas dan jurusan yang ada di dalamnya pada pembahasan berikut. 


1. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Di Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, terdapat beberapa departemen seperti departemen Pendidikan Olahraga, departemen Pendidikan Kepelatihan, departemen Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, dan program studi Keperawatan D3.


2. Fakultas Ilmu Pendidikan

Selanjutnya, terdapat fakultas ilmu Pendidikan yang memiliki daftar jurusan yakni Keguruan dan Pendidikan, Psikologi, Ilmu Perpustakaan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Teknologi Pendidikan, Administrasi Pendidikan, PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini, dan Bimbingan Konseling.


3. Fakultas Pendidikan Teknologi & Kejuruan

Pada fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan terdiri dari jurusan Teknik Elektro, Arsitektur, Teknik Mesin, Keguruan dan Pendidikan, Teknik Sipil, Kesejahteraan Sosial, Rias dan Busana, Teknik Pertanian, Teknik Otomotif, Teknologi Pendidikan, dan Teknik Robotika.


4. Fakultas Pendidikan Bahasa & Sastra

Tidak kalah menariknya dengan beberapa fakultas di atas, pada fakultas satu ini terdiri dari jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra dan Bahasa Asing, Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra dan Bahasa Daerah, Sastra Arab, Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sastra Korea, dan Sastra Jepang.


5. Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis terdiri dari jurusan Ilmu Ekonomi, Bisnis, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Syariah, Keguruan dan Pendidikan, dan Manajemen Perkantoran.


6. Fakultas Pendidikan Seni & Desain

Fakultas pendidikan seni dan desain juga bisa kamu jumpai di UPI. Pada fakultas ini, kamu bisa memilih jurusan yang terdiri dari jurusan Seni Rupa, Musik, Tari, Keguruan dan Pendidikan, DKV atau Desain Komunikasi Visual, serta Film dan Televisi.


7. Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA

Jurusan yang ada pada fakultas satu ini adalah Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, ilmu Komputer, pendidikan Biologi, dan Keguruan serta Pendidikan.


8. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Terakhir, terdapat fakultas pendidikan ilmu pengetahuan sosial yang terdiri dari jurusan Sejarah, Geografi, Pariwisata, Keguruan dan Pendidikan, Ilmu Komunikasi, Ilmu Agama Islam, Sosiologi, Perhotelan, Pendidikan Geografi, Manajemen Pemasaran, dan Pendidikan Sejarah.


Keunggulan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Nah, setelah kamu mengenal berbagai macam fakultas serta jurusan di UPI, kamu juga perlu mengetahui keunggulan dari universitas satu ini.

  • Banyak Program Studi, keunggulan UPI yang tentunya sudah kamu ketahui adalah banyak program studi yang ada di dalamnya. Termasuk program pendidikan vokasi Universitas Pendidikan Indonesia.
  • Fasilitas Mendukung. Selain banyak program studi, UPI juga dikenal memiliki banyak fasilitas pendukung sehingga proses pembelajaran bisa dilakukan dengan nyaman dan maksimal.
  • Menyediakan Berbagai Macam Jalur Masuk. Bagi kamu yang berminat untuk menempuh pendidikan di UPI, kamu bisa mencoba berbagai macam jalur masuk. Hal tersebut sebab UPI menawarkan pendaftaran yang bisa dilakukan dengan berbagai macam jalur sebagaimana yang dibahas di bawah.
  • Fasilitas Belajar Cukup Lengkap. Fasilitas merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan saat kamu hendak masuk ke perguruan tinggi. Nah, di UPI, sudah tidak perlu ditanyakan lagi seputar kelengkapan fasilitas yang ada sehingga kamu bisa belajar dengan maksimal.


Pendaftaran Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Kamu bisa mendaftar di UPI dengan menggunakan beberapa jalur. Di antara jalur yang bisa kamu tempuh untuk daftar di UPI adalah:


1. SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes

Seleksi SNBT sebelumnya disebut sebagai UTBK-SBMPTN. Seleksi satu ini dilakukan setelah seleksi SNBP dengan beberapa tahapan seperti registrasi akun siswa, verifikasi dan validasi data, pendaftaran, pembayaran, pelaksanaan tes, dan pengumuman. Tahapan ini biasanya mulai dari Februari sampai Juli 2023 dan untuk pengumuman kelulusannya dilakukan di bulan Juni. 


Biaya pendaftarannya berkisar Rp. 200.000 untuk kelompok Saintek dan Rp. 300.000 untuk kelompok campuran. Sementara, untuk pendaftar KIP-K, tidak dibebankan biaya tes sama sekali.


2. SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi

Seleksi SNBP dulunya disebut sebagai SNMPTN. Biasanya, seleksi ini dilakukan di awal tahun untuk registrasi akun, pengisian PDSS, verifikasi PDSS, pendaftaran online, dan pencetakan kartu peserta. Tahapan ini biasanya memakan waktu kurang lebih 1 bulan dari pertengahan Januari hingga akhir Februari 2023. Kemudian, dilanjutkan seleksi dan untuk pengumumannya dilaksanakan di bulan Maret 2023.


3. Seleksi Mandiri UPI

Seleksi mandiri UPI adalah jenis seleksi yang diselenggarakan oleh UPI sendiri dengan pengelolaan pendaftaran dan penerimaan calon mahasiswa dipegang oleh pihak PMB atau panitia Penerimaan Mahasiswa Baru dari kampus.


Jadi, jika kamu ingin menempuh pendidikan lebih tinggi di UPI namun belum berhasil di jalur SNBT maupun SNBP, kamu bisa mencoba jalur seleksi UPI yang biasanya akan dilaksanakan setelah kedua seleksi di atas selesai.


Klik banner di bawah ini, yuk, untuk mulai mengakses berbagai latihan soal UTBK SNBT di Pijar Belajar!



Biaya Kuliah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Setelah kamu mengetahui jalur masuk UPI, mungkin kamu juga bertanya-tanya biaya kuliah Universitas Pendidikan Indonesia, bukan?


Nah, untuk pertanyaan tersebut, kamu perlu tahu bahwa biaya kuliah di UPI Bandung menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT. Nah, besaran UKT yang dipasangkan di UPI sendiri dikelompokkan kedalam berbagai macam golongan. Di antara golongan yang ada, nominalnya mulai dari Rp500.000 sampai Rp8.190.000.


Selain itu, bagi kamu yang memiliki prestasi atau berasal dari keluarga kurang mampu, kamu juga bisa mencoba berbagai macam program beasiswa seperti beasiswa KIP-K, dan beasiswa pendidikan lainnya. Dengan begitu, kamu akan merasakan kuliah tanpa dibebankan biaya sepeserpun bahkan kamu akan mendapatkan uang saku setiap bulannya. Tentu dengan syarat dan ketentuan beasiswa yang diberlakukan oleh pemerintah maupun instansi terkait.


___________________________________________________________________


Baca juga: Universitas Padjadjaran: Sejarah, Lokasi, Pendaftaran, Biaya Kuliah


Itulah pembahasan seputar Universitas Pendidikan Indonesia yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai gambaran atau referensi untuk kamu yang ingin menempuh pendidikan di UPI, ya.


Nah, kalau kamu ingin masuk UPI, ada baiknya kamu mulai mempersiapkan diri sedini mungkin, nih. Kalau soal itu, pastinya Pijar Belajar selalu siap bantu kamu! Lewat Pijar Belajar, kamu bisa mengakses ribuan latihan soal lengkap dengan pembahasan dan rangkuman materinya kapan aja dan dimana aja. Jadi, kamu udah nggak perlu bingung lagi mau mulai belajar darimana!


Yuk, download Pijar Belajar sekarang!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved