pijarbelajar

Universitas

Universitas Padjadjaran: Sejarah, Lokasi, Pendaftaran, Biaya Kuliah

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Universitas Padjadjaran: Sejarah, Lokasi, Pendaftaran, Biaya Kuliah image

Tahukah kamu jika Universitas Padjadjaran ini merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia? Makanya, nggak heran deh kalau Universitas Padjajaran atau Unpad cukup banyak diminati calon mahasiswa. Bagaimana tidak? Pada tahun 2023 saja Unpad menduduki peringkat 751-800 untuk Universitas Terbaik versi QS World University Ranking.


Pasti ini akan menjadi sebuah kebanggaan sendiri jika nantinya Sobat Pijar bisa bersaing untuk mendapatkan kursi di kampus tersebut. Yuk, cari tahu lebih jauh tentang Universitas yang satu ini.


Baca juga: Daya Tampung Universitas Padjadjaran 2023


Sejarah Universitas Padjadjaran 

Universitas Padjadjaran berdiri pada 11 September 1957. Universitas ini merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang sudah berbadan Hukum (PTN-BH). Sebelum menjadi universitas seperti sekarang, Universitas Padjadjaran memiliki sejarah panjang, lho


Sebenarnya, Bandung sendiri sudah memiliki beberapa perguruan tinggi negeri sebelum Unpad, yaitu Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA yang berada di bawah naungan Universitas Indonesia dan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru. Akan tetapi, perguruan tinggi tersebut dirasa kurang mencakup berbagai disiplin ilmu lain. 


Oleh karena itu, pada 25 Agustus 1957 Pemerintah Kota Bandung pun membentuk Badan Pekerja (BP) dan Panitia Negara Pembentukan Universitas Negeri (PNPUN). Kemudian, pada 11 September 1957, akhirnya Universitas Padjadjaran pun terbentuk dan disahkan melalui PP No. 37 tahun 1957 di 18 September 1957. 


Nama Padjadjaran diambil dari kerajaan Sunda. Hal ini karena Padjajaran merupakan sebuah nama yang paling terkenal di Jawa Barat. Pada Awal berdiri, Universitas Padjadjaran hanya memiliki 4 fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Hukum dan Pengetahuan Masyarakat. Namun, kini perkembangannya semakin pesat dan berbagai fakultas dan jurusan pun dibuka di universitas ini. 


Lokasi Universitas Padjadjaran 

Universitas Padjadjaran memiliki dua lokasi kampus. Pertama adalah kampus utama yang terletak di Jl. Raya Bandung Sumedang KM.21, Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kemudian, ada Kampus Iwa Koesoemasoemantri yang berada di Jl. Depati Ukur, Bandung.


Fakultas dan Jurusan Universitas Padjadjaran 

Berikut ini adalah fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Padjadjaran:


1. Fakultas Peternakan 

Jurusan dari peternakan ini nantinya akan mempelajari ilmu tentang hewan-hewan ternak yang dapat diolah dengan skala industri. Baik itu tata cara dalam produksi ternak yang baik, pengembangbiakan, pengelolaan, penanganan penyakit pada hewan ternak, mengatur kecukupan nutrisi pada makanannya, mengelola hasil produksi supaya lebih efisien.


Nantinya juga akan belajar tentang mengolah hasil ternak supaya memiliki nilai tambah. Sobat Pijar juga akan dibekali tentang cara mengembangkan penelitian dengan menggunakan teknik bioteknologi lho.


2. Fakultas Ilmu Budaya 

Pada Fakultas ini kamu nantinya akan mempelajari tentang ilmu-ilmu yang bersifat kebudayaan dan juga humaniora. Jika kamu salah satu orang yang sangat suka dengan sastra, maka bisa mencoba kuliah disini. Fakultas Ilmu Budaya UNPAD sendiri memiliki berbagai jurusan, yaitu Sastra & Bahasa Asing, Sastra & Bahasa Daerah, Sastra Indonesia, Sastra Inggris dan Sejarah.


3. Fakultas Hukum 

Fakultas hukum akan belajar tentang lembaga kenegaraan, konstitusi sampai ke dalam pembuatan undang-undang. Jurusan Ilmu Hukum yang ada di UNDIP akan belajar tentang sistem hukum yang terkait dengan kehidupan masyarakat.


4. Fakultas Kedokteran 

Tujuan yang dimiliki oleh fakultas kedokteran ini adalah agar bisa menciptakan institusi kesehatan yang unggul serta transformatif untuk meningkatkan status kesehatan yang ada di dalam masyarakat. Jurusan yang ada di fakultas kedokteran UNPAD terdiri dari Kebidanan, Kedokteran Hewan, Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Dokter dan Radiologi.


5. Fakultas Keperawatan 

Fakultas ini menjadi salah satu fakultas keperawatan terbaik yang ada di Indonesia. Pada jurusan Ilmu Keperawatan di Fakultas ini kamu akan belajar tentang teori serta teknologi terbaru untuk membantu merawat dan kesehatan mental yang mengidap sebuah penyakit.


6. Fakultas Farmasi 

Jika kamu ingin berkecimpung dalam dunia medis jurusan farmasi yang ada di fakultas ini bisa menjadi pilihan. Nantinya, kamu akan banyak berkutat dengan berbagai senyawa kimia yang dikembangkan hingga menjadi sebuah obat.


7. Fakultas Psikologi 

Jurusan Psikologi ini nantinya akan mempelajari tentang seluk beluk manusia yang bukan hanya sebatas perilakunya saja, tetapi juga jiwa yang akan mempengaruhi tindakan yang dilakukan. Kamu akan diajak untuk mempelajari dari alur pemikiran seseorang dan alasan dibaliknya.


8. Fakultas Kedokteran Gigi 

Fakultas Kedokteran Gigi di UNPAD terdiri dari jurusan pendidikan dokter gigi yang akan belajar tentang perawatan kesehatan gigi serta daerah gusi. Selain itu bukan hanya akan terbatas untuk penyakit gigi dan mulut tetapi juga perawatan yang lainnya seperti, kanker mulut, kesadaran untuk menjaga gigi maupun mulut.


9. Fakultas Ekonomi dan Bisnis 

Fakultas FEB yang ada di UNPAD saat ini berada di peringkat 77 sebagai salah satu institusi penelitian terbaik yang ada di asia berdasarkan dari Research Papers in Economic. Fakultas ini terdiri dari jurusan Akuntansi, Bisnis, Ilmu Ekonomi, Manajemen, Perpajakan dan Ekonomi Pembangunan. 


Nantinya kamu akan diajak untuk mempelajari tentang strategi bisnis dan juga mengambil keputusan dalam bisnis. Kamu juga belajar tentang teori-teori ilmu ekonomi yang bisa diterapkan dalam praktik bisnis.


Keunggulan Universitas Padjadjaran 

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Universitas Padjadjaran ini, antara lain:

  1. Terakreditasi A, sehingga kamu tidak perlu meragukan kualitas pendidikan Universitas Padjadjaran. 
  2. Universitas Padjadjaran memiliki berbagai penghargaan, seperti universitas terbaik ketujuh di Indonesia, pada tahun 2021 berada di peringkat 238 menurut QS Asia University Rankings.
  3. Fasilitas untuk belajar lengkap, seperti rumah sakit, pusat bahasa, e-learning dan basic science.
  4. Bekerja sama dengan universitas di berbagai negara.
  5. Memberikan fasilitas akomodasi dan transportasi, misalnya menyediakan asrama dengan daya tampung 1.564 orang.


Pendaftaran Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran akan membuka seleksi masuk mahasiswa barunya melalui Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Jika mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Seleksi Mandiri Sarjana S1 Jalur Nilai Ujian, Seleksi Mandiri Sarjana S1 Jalur Prestasi.


Informasi lengkap seputar cara masuk PTN seperti Universitas Padjadjaran bisa kamu simak dalam artikel Pijar Belajar ini, ya! 


Selain itu, coba kerjakan berbagai latihan soal seleksi masuk PTN di Pijar Belajar juga, yuk! Klik banner di bawah ini untuk mulai mengakses latihan soal Pijar Belajar, ya.



Biaya Kuliah Universitas Padjadjaran 

Biaya untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Universitas Padjadjaran cukup bervariasi. Terdapat beberapa kelompok UKT dengan besaran UKT yang berbeda-beda. Pengelompokkan UKT tersebut akan ditentukan oleh pihak Unpad dengan mempertimbangkan kondisi finansial mahasiswanya. 


Besaran UKT untuk kategori paling bawah berada di kisaran Rp500.000. Lalu, untuk kelompok UKT paling tinggi dikenakan besaran UKT sebesar Rp6.000.000 sampai Rp20.500.000. Tapi, perlu kamu perhatikan bahwa besaran tersebut bisa berbeda-beda, tergantung pada jurusan yang kamu pilih.


______________________________________________________________________


Baca juga: Universitas Indonesia: Sejarah, Lokasi, Pendaftaran, Biaya Kuliah


Nah, itu dia informasi lengkap seputar Universitas Padjadjaran yang perlu kamu tahu. Buat kamu yang ingin masuk Universitas Padjadjaran, yuk mulai persiapkan dirimu untuk mengikuti seleksi masuk Unpad bareng Pijar Belajar


Asah pemahaman dan kemampuanmu sejak dini lewat Aplikasi Pijar Belajar. Aplikasi Pijar Belajar menyediakan berbagai konten pembelajaran, mulai dari latihan soal, pembahasan, rangkuman materi, hingga video materi. Pastinya semua itu bisa kamu akses kapan aja dan dimana aja. 


Download Pijar Belajar sekarang!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved