pijarbelajar

Unggulan

Informasi Lengkap UTBK SNBT 2024 | Jadwal, Materi, Syarat, dan Ketentuan

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Informasi Lengkap UTBK SNBT 2024 | Jadwal, Materi, Syarat, dan Ketentuan image

Hai, Sobat Pijar! Wah, nggak kerasa sebentar lagi Sobat Pijar yang duduk di bangku kelas 12 akan segera menghadapi UTBK SNBT 2024, lho. Tentunya berbagai persiapan sudah harus dilakukan, nih. Oleh karena itu, yuk, simak dulu informasi lengkap mengenai ketentuan umum, persyaratan peserta, alur pendaftaran, ketentuan pilihan program studi, jadwal, biaya, dan materi UTBK SNBT 2024 di bawah ini.


Eits, sebelum membahas lebih jauh tentang UTBK SNBT 2024, ada baiknya kamu mengetahui dulu sekilas tentang UTBK SNBT. UTBK SNBT merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. Nah, seleksi ini dibuka oleh pemerintah untuk menyeleksi calon mahasiswa masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 


Seleksinya sendiri dilakukan dengan menggunakan hasil UTBK dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Selain itu, seleksi ini juga bertujuan untuk memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih PTN di seluruh Indonesia.


Nah, kira-kira seperti apa ketentuan, persyaratan, pendaftaran, jadwal, biaya, dan materi yang diujikan di UTBK SNBT 2024? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. 


Baca juga: Cara Menghitung Skor UTBK SNBT, Mudah!

 

Ketentuan Umum UTBK SNBT 2024

Pelaksanaan UTBK SNBT 2024 tentu nggak dilaksanakan secara sembarangan, ya. Terdapat beberapa ketentuan yang ditetapkan dalam pelaksanaannya. Beberapa ketentuan umum UTBK SNBT 2024, yaitu:

  1. Peserta hanya boleh ikut UTBK 2024 sebanyak satu kali.
  2. Hasil UTBK 2024 hanya berlaku untuk penerimaan di PTN tahun 2024.
  3. SNBT 2024 dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan hasilnya bisa ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan khusus yang sudah ditetapkan oleh PTN yang dituju.
  4. Siswa yang sudah dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat diperkenankan untuk mengikuti UTBK-SNBT 2024.
  5. Siswa yang lulus seleksi Jalur SNBP 2024 tidak bisa mengikuti seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun.
  6. Peserta yang lulus melalui Jalur SNBT 2024 dan sudah melakukan daftar ulang tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun.


Persyaratan Peserta UTBK SNBT 2024

Lalu, siapa saja, ya, calon mahasiswa yang boleh ikut UTBK SNBT 2024 itu? Nah, untuk bisa mengikuti dan daftar UTBK SNBT 2024, terdapat beberapa syarat SNBT yang harus kamu penuhi, nih. Persyaratan peserta UTBK SNBT 2024 adalah sebagai berikut. 

  1. Kamu harus punya akun SNPMB Siswa. Pastikan kamu melakukan registrasi Akun SNPMB Siswa di Portal SNPMB, ya.
  2. Peserta UTBK SNBT 2024 merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Kamu merupakan siswa SMA/SMK/MA Kelas 12 atau kelas terakhir pada tahun 2024.
  4. Maksimal umur siswa Paket C tahun 2024 adalah 25 tahun (pada 1 Juli 2024).
  5. Siswa yang belum mempunyai ijazah pada poin 3 dan 4, harus membawa surat keterangan siswa kelas 12 sekurang-kurangnya disertai dengan:
  6. identitas, meliputi nama, kelas, NISN dan NPSN;
  7. pas foto terbaru (berwarna);
  8. tanda tangan Kepala Sekolah/Madrasah; dan
  9. stempel/cap sekolah.
  10. Peserta merupakan tamatan SMA/SMK/MA Sederajat tahun 2022 dan 2023
  11. Bagi tamatan SMA sederajat yang berasal dari luar negeri harus memiliki ijazah kesetaraan.
  12. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan/atau Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  13. Peserta wajib sehat jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu proses studi.
  14. Untuk peserta berkebutuhan khusus tunanetra harus mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.
  15. Peserta telah melakukan pembayaran biaya UTBK.


Pendaftaran Peserta UTBK SNBT 2024

Kalau Sobat Pijar sudah memenuhi persyaratan peserta UTBK SNBT 2024, sekarang saatnya kamu memahami tahapan pendaftaran peserta UTBK SNBT 2024. Adapun, alur pendaftaran peserta UTBK SNBT 2024 adalah sebagai berikut. 

  1. Login Portal SNPMB dan Pilih Menu Pendaftaran UTBK-SNBT. Kamu bisa login dengan masuk ke Portal SNPMB dan gunakan akun SNPMB kamu, ya. 
  2. Lengkapi Biodata, mulai dari unggah foto berwarna terbaru, verifikasi biodata, serta unduh dan unggah pernyataan tunanetra dan/atau hambatan visual (Jika kamu berkebutuhan khusus). 
  3. Pilih Program Studi dan Mengunggah Portofolio. Unggah portofolio wajib bagi peserta yang memilih program studi Bidang Seni dan/atau Olahraga
  4. Pilih Pusat UTBK. Pusat UTBK adalah lokasi ujian UTBK SNBT. Tenang, kamu nggak harus memilih pusat UTBK di PTN yang kamu pilih, kok. Kamu bisa memilih pusat UTBK yang dekat dengan tempat tinggalmu. 
  5. Bagi peserta non KIP Kulian, setelah memilih pusat UTBK, kamu akan mendapatkan slip pembayaran biaya UTBK
  6. Lakukan Pembayaran. Informasi mengenai mekanisme pembayaran akan dikabarkan nanti, ya. 
  7. Unduh Kartu Peserta UTBK-SNBT. Jika sudah, kamu akan mengunduh kartu peserta UTBK SNBT lewat Portal SNPMB di bagian menu pendaftaran UTBK SNBT. 


Alur pendaftaran UTBK SNBT 2024 yang lebih jelas bisa kamu lihat di bawah ini, ya! 



Ketentuan Pilihan Program Studi UTBK SNBT 2024

Sobat Pijar, pada saat mendaftar UTBK SNBT nanti, kamu akan diminta untuk memilih program studi yang diminati. Nah, kamu perlu tahu, nih, kalau ada beberapa ketentuan pilihan progra, studi UTBK SNBT 2024. Beberapa ketentuan pilihan program studi UTBK SNBT 2024 yang wajib kamu ketahui, yaitu:

  1. Semua peserta bebas memilih program studi di PTN Akademik, PTN Vokasi, dan/atau PTKIN.
  2. Semua peserta diperbolehkan memilih maksimal 4 (empat) program studi yang terdiri dari 2 (dua) pilihan Program Akademik (Sarjana) dan 2 (dua) pilihan Program Vokasi (Diploma Tiga dan Diploma Empat/Sarjana Terapan) sesuai ketentuan yang tertera pada pada tabel.


Jumlah Pilihan

Ketentuan Pilihan

Contoh Alternatif Pilihan Program Studi

1 Pilihan Program Studi

Bebas pilih di program apapun

- 1 Diploma Tiga; atau

- 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan, atau

- 1 Sarjana.

 

2 Pilihan Program Studi

Bebas pilih di program apapun

- 2 Diploma Tiga, atau

- 2 Diploma Empat/Sarjana Terapan, atau

- 2 Sarjana, atau

- 1 Diploma Tiga dan 1 Sarjana, atau

- 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan dan - 1 Sarjana.

 

3 Pilihan Program Studi

2 program akademik dan 1 program vokasi atau

1 program akademik dan 2 program vokasi

- 2 Diploma Tiga dan 1 Sarjana, atau

- 2 Diploma Empat/Sarjana Terapan dan - 1 Sarjana, atau

- 2 Sarjana dan 1 Diploma Tiga, atau

- 2 Sarjana dan 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan.

 

4 Pilihan Program Studi

2 program akademik dan 2 program vokasi,

minimal ada 1 program diploma Tiga

- 2 Sarjana, 1 Diploma Tiga dan 1 Diploma Empat/Sarjana Terapan, atau

- 2 Sarjana dan 2 Diploma Tiga

 



Nah, karena ada ketentuan program studi yang perlu perhatikan di UTBK SNBT 2024, pastikan kamu sudah memikirkan matang-matang pilihan program studi dan PTN-nya, ya. Kamu bisa memilih program studi sesuai dengan minat dan bakatmu agar terhindar dari perasaan “salah jurusan”.


Kalau Sobat Pijar masih merasa bingung dengan minat dan bakat yang kamu miliki, kamu bisa banget, lho, coba gunakan fitur Tes Minat Bakat Pijar Belajar! Fitur Tes Minat Bakat Pijar Belajar ini bisa banget membantumu memberikan rekomendasi program studi yang sesuai dengan minat, bakat, dan karaktermu. Keren banget, kan? Yuk, cobain fiturnya sekarang! 

 

Jadwal UTBK SNBT 2024

Pada tahun 2024, UTBK SNBT 2024 dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama akan berlangsung di tanggal 30 April sampai 7 Mei. Sedangkan, gelombang kedua akan berlangsung di tanggal 14 sampai 20 Mei 2024. Selain itu, UTBK SNBT 2024 akan ada 2 sesi setiap harinya, yaitu pagi dan siang. Berikut jadwal lengkapnya.

  1. Proses pembuatan akun SNPMB: 9 Januari – 15 Februari 2024
  2. Pendaftaran UTBK-SNBT: 21 Maret – 5 April 2024
  3. Pelaksanaan UTBK Gelombang I: 30 April dan 2 – 7 Mei 2024
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang II: 14 – 20 Mei 2024
  5. Pengumuman Hasil SNBT: 13 Juni 2024
  6. Masa Unduh Sertifikat UTBK: 17 Juni – 31 Juli 2024


Supaya kamu nggak lupa, yuk, catat dan simpan jadwal penting UTBK SNBT 2024 di bawah ini, ya! 


 

Biaya UTBK SNBT 2024

Dalam pelaksaannya, terdapat biaya pendaftaran UTBK SNBT 2024 yang perlu kamu penuhi. Untuk bisa mengikuti UTBK SNBT 2024, kamu wajib membayar biaya UTBK sebesar Rp.200.000,00 (dua ratus ribu rupiah). Biaya tersebut merupakan biaya pendaftaran, ya, Sobat Pijar. Diluar dari biaya pendaftaran tersebut, tidak ada biaya lain yang perlu kamu bayarkan. 


Materi SNBT 2024

Agar kamu bisa mengerjakan soal ujian dengan baik, di bawah ini ada kisi kisi snbt 2024 berupa materi UTBK SNBT 2024 yang perlu kamu kuasai. Coba simak materi SNBT 2024 berikut ini, yuk. 


1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS merupakan materi UTBK SNBT yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif calon mahasiswa. Kemampuan kognitif ini penting banget, lho, karena akan berperan besar selama kamu belajar di PTN nanti. 

Beberapa hal yang akan diujikan dalam TPS adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif pada dasarnya mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.


2. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris digunakan untuk mengukur kemampuan memahami, menggunakan, mengevaluasi, serta merefleksikan berbagai jenis teks guna menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia. 

Nah, dalam materi ini, pemahaman membaca cepat, memahami bacaan, hingga penguasaan kosa kata akan diujikan, ya, Sobat Pijar. 


3. Penalaran Matematika

Materi yang tidak kalah penting dan ada dalam UTBK SNBT 2024 adalah penalaran Matematika. Penalaran Matematika digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.


Nah, gambaran mengenai jumlah soal dan durasi pengerjaan soal-soal UTBK SNBT 2024 bisa kamu lihat di bawah ini, ya! 


_____________________________________________


Baca juga: Contoh Soal UTBK SNBT 2023 Lengkap dengan Pembahasannya


Nah, itulah informasi lengkap mengenai UTBK SNBT 2024. Setelah mengetahui informasi lengkap mengenai UTBK SNBT 2024, sobat Pijar diharapkan bisa mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin sebelum mengikuti UTBK SNBT 2024. 


Kalau soal persiapan UTBK SNBT 2024, tentunya kamu bisa banget mengandalkan Pijar Belajar! Melalui Aplikasi Pijar Belajar, kamu bisa belajar materi-materi seperti Tes Potensi Skolastik, Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, hingga Penalaran Matematika. Lengkap banget, ‘kan? 


Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang dan persiapkan diri menuju kampus impianmu!


 

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved