pijarbelajar

Lainnya

Cara Menghitung Skor UTBK SNBT, Mudah!

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Cara Menghitung Skor UTBK SNBT, Mudah! image

Hayo, siapa, nih, Sobat Pijar yang masih berpikir kalau penilaian UTBK SNBT itu sama seperti ujian di sekolah? Jawabannya jelas berbeda, ya. Kalau dalam ujian sekolah, biasanya jawaban salah dihitung skor 0 dan jawaban benar dihitung skor 1. Tapi, hal berbeda juga terlihat dalam penilaian UTBK SNBT, nih. Bagaimana ya sistem dan cara menghitung skor UTBK SNBT? 


Sebenarnya, saat ini belum ada informasi resmi dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), selaku tim penyelenggaran UTBK SNBT, mengenai sistem skor nanti. Namun, berkaca dari tahun 2022 kemarin, berikut adalah penjelasan sistem dan cara menghitung skor UBTK SNBT yang perlu kamu tahu.  


Baca juga: Materi UTBK SNBT 2023 Terbaru dan Perubahannya


Sistem Penilaian UTBK SNBT

Pada UTBK-SNBT 2022, sistem penilaian yang digunakan adalah Item Response Theory (IRT). Kamu sudah tahu belum apa itu IRT? IRT merupakan sebuah sistem penilaian yang mempertimbangkan capaian skor akhir per butir soal berdasarkan tingkat kesulitannya. 


Jika sistem penilaian biasa langsung memberi besaran skor spesifik yang tetap pada semua soal yang berhasil terjawab, IRT akan menentukan skor akhir yang tersebut berdasar tingkat kesulitannya.

Darimana IRT mengetahui perbedaan tingkat kesulitan setiap soal? Jawabannya adalah dari tingkat keberhasilan peserta tes dalam menjawab soal. Misalnya ada satu soal yang banyak dijawab benar oleh peserta, maka skor yang ditetapkan untuk soal itu menjadi lebih kecil. Begitu pun sebaliknya. 


Implementasi IRT dalam menentukan skor akhir yang bisa peserta UTBK-SNBT peroleh pada setiap soalnya berlangsung dalam 3 tahap sederhana di bawah ini.


1. Tahap Pertama: Deteksi Benar dan Salah

Pada tahap pertama, sistem penilaian yang dilakukan adalah mengelompokkan jawaban milik para peserta tes berdasar kebenarannya. Ketika jawaban peserta tes adalah benar, pihak panitia UTBK-SNBT akan memberi poin 1. Lalu, jawaban yang salah akan mendapatkan nilai 0. Dari pemisahan jawaban yang benar dan salah tersebut, panitia UTBK-SNBT bisa lanjut ke tahap kedua.


2. Tahap Kedua: Deteksi Kesulitan Soal dengan IRT

Pada tahap kedua, sistem IRT mulai dipakai untuk menentukan tingkat kesulitan yang dimiliki oleh setiap soal. Tingkat kesulitan tersebut bisa ditentukan oleh IRT dengan mengacu pada banyak atau sedikitnya peserta tes yang mendapatkan skor 1 dalam setiap soal yang dikerjakan para peserta.


3. Tahap Ketiga: Penentuan Bobot Nilai Akhir per Soal

Pada tahap ketiga, panitia UTBK-SNBT akan menentukan skor akhir maksimal yang bisa diperoleh para peserta tes dari setiap soal yang dikerjakannya dengan benar. Perlu diingat, skor maksimal yang diperoleh pada setiap soal tidaklah sama. Makin sulit soalnya dan benar jawaban yang diberikan, maka makin besar pula skor akhir per satu soal yang bisa diperoleh oleh para peserta tes.


Cara Menghitung Rata Rata Skor UTBK

Nah, setelah kamu mengetahui sistem penilaian UTBK SNBT, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui cara menghitung rata-rata skot UTBK, nih. Rata-rata skor UTBK inilah yang akan Sobat Pijar gunakan untuk mendaftarkan diri ke PTN pilihan nanti. 


Tapi, bagaimana, ya, cara menghitung rata-rata skor UTBK SNBT itu? 


Saat ini, tim SNPMB PTN belum merilis secara resmi cara menghitung rata-rata skor UTBK 2023. Akan tetapi, kamu tetap bisa memperkirakannya dengan berkaca pada pelaksanaan UTBK tahun 2022 lalu. 


Pada UTBK 2022 lalu, kamu bisa menghitung nilai rerata skor UTBK dengan cara membagi jumlah skor dengan jumlah komponen jenis soal. Jadi, kalau Sobat Pijar ingin memperkirakan nilai rata-rata skot UTBK SNBT 2023 nanti, kamu bisa menggunakan rumus berikut. 

  • Nilai TPS = Nilai dari 4 komponen jenis soal (PU, PPU, KMBM, PK) dibagi 4.
  • Nilai LPM = Nilai dari 3 komponen jenis soal (Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris, Penalaran Matematika) dibagi 3.


Tapi, untuk kepastian perhitungan nilai reratanya nanti kamu bisa coba memantau laman resmi SNPMB PTN, ya. 


Kamu juga bisa, lho, mulai latihan mengerjakan soal-soal UTBK SNBT di Pijar Belajar. Klik banner di bawah ini untuk mulai mengakses ribuan soal Pijar Belajar!



Cara Melihat Skor UTBK

Lalu, bagaimana dengan cara melihat skor akhir UTBK-SNBT 2023? Saat ini tim SNPMB PTN belum mengumumkan secara resmi prosedur pengumuman hasil UTBK 2023. Namun, berkaca dari pelaksanaan UTBK di tahun sebelumnya, kamu dapat mengakses atau melihat hasil skor UTBK SNBT melalui laman portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. 


Untuk mengakses situs tersebut, Sobat Pijar wajib memiliki akun SNPMB dan menuntaskan proses pendaftaran diri sebagai peserta UTBK-SNBT 2023 melalui situs yang sama. Pendaftaran dibuka per 23 Maret s.d. 14 April 2023, jadi Sobat Pijar jangan sampai ketinggalan!


Setelah resmi terdaftar sebagai peserta UTBK-SNBT 2023 dan hadir menyelesaikan tes, Sobat Pijar nanti bisa mengecek skor akhirnya pada tanggal 20 Juni 2023. Pastikan Sobat Pijar memiliki akses koneksi internet yang memadai pada tanggal tersebut, agar bisa langsung tau skor akhir UTBK-SNBT yang Sobat Pijar dapatkan.


Patut dicatat, Sobat Pijar nanti juga wajib mencetak sertifikat guna bisa memakai skor UTBK tersebut untuk mendaftarkan diri menjadi mahasiswa di kampus terpilih. Cara mencetaknya adalah dengan download melalui situs Portal SNPMB dan pastikan kamu mencetak sertifikat digital tersebut, ya.


Untuk regulasi resmi yang lebih lanjut, Sobat Pijar bisa pantau secara berkala melalui situs snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Panitia UTBK-SNBT 2023 senantiasa memberikan informasi resmi terbaru melalui laman tersebut, termasuk perihal cara melihat skor UTBK.


______________________________________________________________________


Baca juga: Perbedaan SNBP dan SNBT, Catat Ya!


Itu dia Sobat Pijar sistem penilaian dan cara menghitung skor UTBK SNBT yang perlu kamu tahu. Bagaimana, nih, persiapan Sobat Pijar untuk menghadapi SNBT nanti? Tenang, Pijar Belajar bakalan bantu kamu supaya siap menghadapi soal-soal UTBK nanti, kok.


Aplikasi Pijar Belajar merupakan bimbel online yang menyediakan berbagai latihan soal SNBT yang bisa kamu gunakan pada saat belajar untuk tryout hingga SNBT nanti. Tentunya latihan soal itu juga sudah dilengkapi pembahasannya, ya, supaya kamu bisa memahami materinya.


Yuk, coba download Pijar Belajar sekarang!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved