pijarbelajar

Unggulan

Cara Masuk PTN Impianmu: SNBP, SNBT, Mandiri

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Cara Masuk PTN Impianmu: SNBP, SNBT, Mandiri image

Bagi Sobat Pijar yang sudah memasuki kelas 12, pastinya salah satu goals yang ingin dicapai adalah masuk ke PTN impian, ‘kan? Well, hal ini nggak mengherankan dan sulit dicapai, kok. Apalagi jika kamu sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Memangnya gimana, sih, cara masuk PTN impian itu? 


Nah, salah satu cara masuk PTN impianmu adalah dengan mengikuti berbagai seleksi masuk PTN. Seleksi masuk PTN merupakan gerbang kamu untuk masuk ke PTN impian. Jadi, pastinya hal ini penting banget, ya. 


Seleksi masuk PTN sendiri umumnya ada tiga, yaitu SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), UTBK SNBT (Ujian Tes Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), dan seleksi mandiri. Kira-kira seperti apa ya jalur seleksi masuk PTN tersebut dan apa saja perbedaannya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 


Baca juga: Cara Menghitung Skor UTBK SNBT, Mudah!


Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, cara masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang utama adalah dengan mengikuti berbagai seleksi masuk. Seleksi masuk PTN sendiri memiliki pelaksanaan dan persyaratan yang berbeda-beda. 


Mengacu pada Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022, cara masuk perguruan tinggi negeri bisa dilakukan melalui tiga jalur, yaitu:

  • Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP; pembaharuan dari SNMPTN)
  • Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT; pembaharuan dari SBMPTN)
  • Seleksi Secara Mandiri oleh PTN. 


Setiap jenis seleksi memiliki kekhasannya masing-masing dalam hal jadwal, dasar seleksi, serta alur dan prosesnya. Selengkapnya bisa Sobat Pijar pelajari di bawah ini.


1. Cara Masuk PTN Melalui SNBP 

SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) merupakan salah satu seleksi masuk PTN yang mengacu pada nilai rapor dan prestasi siswa di sekolah. Bisa dibilang SNBP ini merupakan nama baru untuk SNMPTN atau seleksi jalur undangan. 


Kalau Sobat Pijar tertarik untuk mengambil jalur seleksi SNBP, kamu perlu memperhatikan aspek penilaiannya, nih. Terdapat tiga aspek yang dijadikan penilaian dalam SNBP, yaitu: 

  • Prestasi Intrakulikuler, yaitu capaian nilai rapor yang diraih sepanjang 5 semester bersekolah (sejak kelas X semester 1, hingga kelas XII semester 1).
  • Prestasi ekstrakurikuler, yaitu partisipasi atau kemenangan lomba siswa dalam berbagai kompetisi resmi. 
  • Portofolio atau kumpulan hasil karya siswa dalam bidang seni dan olahraga (dikhususkan pada prodi tertentu).


Berikut beberapa syarat umum bagi seorang siswa SMA/MA/sederajat untuk bisa mengakses cara masuk perguruan tinggi negeri dengan mudah via jalur undangan alias SNBP 2023, yaitu:

  • Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2023 yang punya prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • Masuk dalam pemeringkatan teratas sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah.
  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS.
  • Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS.
  • Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.


Nah, umumnya pelaksanaan SNBP ini dilakukan lebih dulu dibandingkan SNBT dan seleksi mandiri. Pada SNBP 2023 ini, pelaksanaannya sudah memasuki tahap seleksi dan pendaftarannya telah ditutup. Pengumuman akhir dari SNBP 2023 akan dibuka melalui laman SNPMB pada tanggal 28 Maret 2023.


Kamu bisa mengecek jadwal lengkap seleksi masuk PTN SNBP dalam artikel Pijar Belajar sebelumnya, ya! 


2. Cara Masuk PTN Melalui UTBK SNBT 

Setelah SNBP, cara masuk PTN yang kedua adalah melalui jalur UTBK-SNBT. UTBK SNBT merupakan salah satu seleksi masuk PTN yang menggunakan tes. Bisa dibilang UTBK SNBT ini merupakan nama baru untuk SBMPTN, ya. Selain menerapkan nama baru, UBTK SNBT juga menerapkan sistem tes yang baru juga, lho


Jika sebelumnya terdapat materi Tes Potensi Akademik seperti mata pelajaran Soshum dan Saintek, pada UTBK SNBT 2023 ini justru dihilangkan, nih. Jadi, hanya akan ada dua materi besar yang diujikan dalam UBTK SNBT 2023 nanti, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Literasi dan Penalaran Matematika (LPM). 


Sobat Pijar bisa mengecek penjelasan lengkap terkait materi UTBK SNBT 2023 dalam artikel Pijar Belajar sebelumnya. Coba simak, ya! 


Selain itu, UTBK SNBT ini juga menjadi syarat utama untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, lho. Jadi, Sobat Pijar yang ingin masuk ke PTN wajib banget untuk mempersiapkan diri dan ikut UTBK SNBT nanti. Tapi, jika kamu sudah diterima masuk PTN melalui jalur SNBP, kamu sudah tidak diperbolehkan lagi untuk ikut SNBT ini, ya. 


Ketentuan pendaftaran peserta UTBK SNBT 2023 juga sudah Pijar Belajar informasikan dalam artikel sebelumnya, lho. Coba simak juga, ya. 


Adapun, berikut jadwal UTBK SNBT 2023 yang bisa kamu catat. 

  • Pendaftaran UTBK-SNBT : 23 Maret - 14 April 2023
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 08 - 14 Mei 2023
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 22 - 28 Mei 2023
  • Pengumuman Hasil SNBT: 20 Juni 2023
  • Masa Unduh Sertifikat UTBK : 26 Juni - 31 Juli 2023


Informasi lengkap seputar SNBT, mulai dari syarat pendaftaran, alur pendaftaran, dan informasi UTBK SNBT terlengkap lainnya bisa kamu cek di Blog Pijar Belajar maupun laman resmi SNPMB, ya. 


Baca juga: Perbedaan SNBP dan SNBT, Catat Ya!


3. Cara Masuk PTN Melalui Seleksi Mandiri PTN

Cara masuk PTN yang terakhir ialah melalui seleksi mandiri yang dilakukan oleh masing-masing PTN. Setiap PTN diperbolehkan untuk mengadakan seleksi mandiri dengan keseluruhan tata cara pelaksanaan diatur oleh masing-masing PTN sendiri. Oleh karena itu, seleksi mandiri tidak dilaksanakan secara terpusat dan serempak seperti SNBP ataupun SNBT.


Hanya saja, seleksi mandiri oleh PTN pada tahun 2023 dituntut untuk lebih transparan. Transparansi yang dituntut oleh pemerintah pusat adalah PTN wajib mengumumkan beberapa hal secara publik kepada calon mahasiswa, yaitu: 

  • Jumlah calon mahasiswa yang akan diterima masing-masing program studi/fakultas.
  • Metode penilaian calon mahasiswa yang terdiri atas tes secara mandiri, kerja sama tes melalui konsorsium perguruan tinggi, memanfaatkan nilai dari hasil seleksi nasional berdasarkan tes, dan/atau metode penilaian calon mahasiswa lainnya yang diperlukan. 
  • Besaran biaya atau metode penentuan besaran biaya yang dibebankan bagi calon mahasiswa yang lulus seleksi.


Nah, dikarenakan Jadwal seleksi mandiri PTN akan berbeda-beda di setiap kampus. Sobat Pijar bisa memantau secara berkala pemberitaan resmi yang diterbitkan oleh masing-masing PTN impianmu, ya. 


________________________________________________________


Baca juga: Tips Sukses Tryout UTBK SNBT 2023


Sudahkah Sobat Pijar percaya diri dan siap masuk perguruan tinggi negeri idaman? Pastinya, kamu bisa mencobanya lewat cara-cara masuk perguruan tinggi negeri yang telah tertulis tadi.


Ingin lebih yakin untuk lolos seleksi ke perguruan tinggi negeri favorit? Kamu bisa coba aplikasi Pijar Belajar, lho. Pijar Belajar merupakan aplikasi bimbel online yang siap membantumu belajar dengan kumpulan soal dan video pembahasan yang sudah tersusun secara sistematis serta interaktif.


Ayo, unduh aplikasi Pijar Belajar dan gunakan sekarang juga!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved