pijarbelajar

Lainnya

Cara Membuat Portofolio UTBK SNBT & SNBP

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Cara Membuat Portofolio UTBK SNBT & SNBP image

Cara membuat portofolio SBMPTN alias UTBK SNBT maupun SNBP 2023 itu ternyata tidak bisa sembarangan, lho! Kalau kamu asal bikin, bisa-bisa malah didiemin alias tidak lolos seleksi! Waduh, rugi sekali kalau yang demikian sampai kita alami.


Padahal, banyak contoh portofolio UTBK SNBT & SNBP yang kredibel dan tersedia di internet. Asalkan kita teliti dan cermat, cara-cara membuat portofolio tersebut sebenarnya cukup mudah.


Daripada tak kunjung tau apa-apa, Sobat Pijar bisa coba pelajari cara membuat portofolio UTBK SNBT & SNBP 2023 selengkapnya melalui artikel ini! Yuk, simak selengkapnya!


Baca juga: Materi UTBK SNBT 2023 Terbaru dan Perubahannya


Perbedaan Portofolio UTBK SNBT dan SNBP

Dalam seleksi masuk PTN, umumnya setiap PTN akan meminta persyaratan berupa portofolio untuk beberapa program studi. Nah, pengunggahan portofolio ini perlu dilakukan pada seleksi masuk SNBT dan juga SNBP. Tapi, apa, ya, perbedaan portofolio UTBK SNBT dan SNBP?


Perbedaan portofolio UTBK SNBT dan SNBP 2023 hanya terdapat pada proporsi penilaiannya saja. Pada SNBP 2023, portofolio ditegaskan sebagai salah satu dari tiga aspek di dalam komponen penggali minat & bakat yang bisa menentukan penilaian peserta maksimal 50%. Sementara itu, portofolio UTBK SNBT 2023 belum diinformasikan mengenai besaran persentasenya sebagai penentu nilai akhir pada pesertanya.


Terlepas dari hal di atas, portofolio UTBK SNBT dan SNBP 2023 hanya memiliki perbedaan pada jadwal pengunggahannya saja. Tentunya, portofolio SNBP 2023 memiliki jadwal pengunggahan lebih dulu dibanding UTBK SNBT. 


Walaupun begitu, keseluruhan format dan ketentuan portofolionya cenderung sama. Pengumuman dan arahan terkait bisa dicek melalui dokumen "Informasi Umum Portofolio Bidang Seni dan Olahraga SNPMB 2023" yang terdapat di situs snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.


Jenis Portofolio UTBK SNBT dan SNBP

Portofolio UTBK SNBT dan SNBP 2023 dibedakan menjadi 11 (sebelas) jenis. Secara garis besar, kesebelas jenis tersebut termasuk dalam lingkup bidang Seni dan Olahraga. Kesebelas jenis portofolio UTBK SNBT dan SNBP 2023 tersebut adalah:

  1. Portofolio Seni Rupa, Desain dan Kriya; untuk peserta yang memilih program studi Seni Rupa, Seni Murni, Pendidikan Seni Rupa, Kriya, Kriya Seni, Pendidikan Kriya, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, atau Desain Produk/Desain Produk Industri
  2. Portofolio Tari; untuk peserta yang memilih program studi Tari, dan/atau Pendidikan Tari
  3. Portofolio Musik; untuk peserta yang memilih program studi Musik, dan/atau Pendidikan Musik
  4. Portofolio Seni Karawitan; untuk peserta yang memilih program studi Seni Karawitan atau Pendidikan Seni Karawitan.
  5. Portofolio Etnomusikologi; untuk peserta yang memilih program studi Etnomusikologi.
  6. Portofolio Teater; untuk peserta yang memilih program studi Teater
  7. Portofolio Fotografi; untuk peserta yang memilih program studi Fotografi
  8. Portofolio Film dan Televisi; untuk peserta yang memilih program studi Film dan Televisi
  9. Portofolio Seni Pedalangan; untuk peserta yang memilih program studi Seni Pedalangan
  10. Portofolio Olahraga; untuk peserta yang memilih program studi Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Kepelatihan Fisik Olahraga, D4 Kepelatihan Olahraga, atau Pendidikan Kepelatihan Olahraga
  11. Portofolio SenDraTaSik; untuk peserta yang memilih program studi Sendratasik, Pendidikan Sendratasik, dan/atau Seni Pertunjukan.


Tambahan catatan, kesebelas jenis portofolio di atas sudah disediakan dokumen dan file template-nya, ya. Sobat Pijar bisa mengunduh dan mempelajarinya melalui snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Setiap jenis portofolio memiliki berkas dokumen dan file template tersendiri, sehingga pastikan Sobat Pijar mengamatinya secara cermat!


Cara Membuat Portofolio UTBK SNBT dan SNBP

Cara membuat portofolio UTBK SNBT dan SNBP yang paling penting adalah memastikan bahwa portofoliomu sudah sesuai dengan ketentuan dan template yang diinformasikan di dalam dokumen "Informasi Umum Portofolio Bidang Seni dan Olahraga SNPMB 2023.”


Selain itu, terdapat juga ketentuan khusus yang perlu kamu penuhi dalam portofolio SNBT dan SNBP. Adapun, ketentuan khusus portofolio SNBT dan SNBP adalah sebagai berikut. 


Ketentuan Khusus Portofolio UTBK SNBT dan SNBP

  • Peserta wajib mengunggah 1 (satu) jenis portofolio sesuai ketentuan program studi/jurusan di PTN dipilihnya.
  • Jika peserta memilih 2 (dua) program studi/jurusan yang berbeda dalam bidang Seni dan Olahraga, maka peserta wajib mengunggah 1 jenis portofolio untuk setiap pilihan program studi/jurusan sesuai dengan ketentuan kelompok portofolio yang tercantum. Contoh: Peserta memilih prodi/jurusan olahraga (pilihan 1) dan film-televisi (pilihan 2), maka peserta wajib mengunggah 2 (dua) jenis portofolio berbeda, yaitu portofolio Olahraga (untuk pilihan 1) DAN portofolio film-televisi (untuk pilihan 2).
  • Data keterampilan motorik wajib diisi oleh guru Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan (PJOK) di sekolah masing-masing. Jika sekiranya tidak terdapat guru PJOK, pengisian data keterampilan motorik untuk portofolio olahraga dapat dilakukan oleh kepala sekolah tempat siswa menempuh pendidikan SMA/SMK/MAN-nya. Data keterampilan motorik wajib diisi secara lengkap dan ditandatangani oleh guru PJOK atau Kepala Sekolah.
  • Data raihan prestasi bidang olahraga diisi dengan prestasi peserta dalam cabang olahraga yang relevan dengan program studi/jurusan pilihannya. Jika peserta memiliki beragam raihan prestasi, yang dicantumkan adalah maksimal 3 (tiga) raihan prestasi yang dianggap terbaik.
  • Data kesehatan untuk portofolio olahraga wajib diisi dan ditandatangani oleh tenaga kesehatan serta diberi stempel institusi fasilitas kesehatan yang melakukan pemeriksaan.
  • Surat pernyataan peserta keaslian pembuatan karya /penampilan dalam dokumen portofolio wajib diisi dan ditandatangani oleh setiap peserta di atas 1 (satu) buah meterai Rp10.000,00 atau 2 (dua) buah meterai Rp6.000,00.


____________________________________________________________________


Baca juga: Tips Sukses Try Out UTBK SNBT 2023


Sambil bikin portofolio untuk mendaftar ke prodi bidang Seni dan Olahraga, Sobat Pijar juga harus banyak-banyak baca materi dan latihan soal! Sebab, UTBK SNBT 2023 sangat mengutamakan penilaian pada kemampuan Sobat Pijar dalam mengerjakan tes tertulis saat hari-H besok. Kalau tidak latihan sekarang, besar kemungkinan kamu akan kesulitan pada saat ujian nanti. 


Buat Sobat Pijar yang ingin lebih pede dan siap menghadapi UTBK SNBT 2023, aplikasi Pijar Belajar siap jadi solusi terbaik! Dengan susunan latihan beserta video pembahasan yang lengkap, Sobat Pijar dijamin bisa belajar hingga benar-benar siap mengerjakan tes. 


Download aplikasi Pijar Belajar, supaya kamu makin cepat siap menghadapi UTBK SNBT 2023!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved