pijarbelajar

Bahasa Inggris

Clause dalam Bahasa Inggris: Definisi, Ciri-ciri, dan Jenisnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Clause dalam Bahasa Inggris: Definisi, Ciri-ciri, dan Jenisnya image

Dalam kalimat Bahasa Inggris, pasti ada clause atau klausa. Tanpa kita sadari mungkin kita sudah pernah membuat contoh clause, lho. Jadi, sekarang saatnya mempelajari apa sih clause dalam Bahasa Inggris dan apa ciri-ciri serta jenisnya? Yuk, baca artikel ini sampai habis biar Bahasa Inggris kamu semakin mahir!


Baca juga: Noun (Kata Benda) | Definisi, Fungsi, Jenis, dan Contoh Kalimatnya


Apa Itu Clause?

Clause atau klausa merupakan sekelompok kata yang memiliki subjek dan predikat. Klausa merupakan bagian dari satu sentence atau kalimat, tapi klausa pun bisa menjadi kalimat. Jadi satu kalimat bisa jadi terdiri dari satu klausa saja, tapi ada juga kalimat yang terdiri dari beberapa klausa. Predikat di klausa bisa diisi dengan kata kerja (verb) maupun predikat non verbal. 


Perlu diingat juga bahwa tidak semua klausa berfungsi sebagai kalimat lengkap, karena masih ada yang tidak lengkap. Supaya lebih mudah memahaminya, kita perlu tahu apa saja sih perbedaan antara klausa dan kalimat?


Yang pertama, kalimat menghasilkan satu gagasan utuh, sementara klausa tidak selalu. Jika klausa menghasilkan gagasan utuh, maka bisa disebut kalimat. Klausa merupakan bagian yang membentuk kalimat dan perannya bisa menjadi kata benda (noun), kata sifat (adjective), maupun keterangan (adverb). 


Contoh clause yang membentuk kalimat sendiri adalah:

  1. She is eating: Dia sedang makan.
  2. He was sleeping: Dia sedang tidur.


Contoh clause yang tidak membentuk kalimat sendiri adalah:

  1. When he arrived home: Saat ia tiba di rumah.
  2. While I was sleeping: Saat aku sedang tidur.


Dari contoh di atas terlihat bahwa clause yang membentuk kalimat sudah bisa berdiri sendiri tanpa tambahan keterangan lainnya lagi. Meski begitu, tetap bisa ditambah keterangan lain yang lebih lengkap. Sementara itu, contoh clause yang kedua bersifat sebagai keterangan (adverb) yang membutuhkan lanjutan untuk membentuk kalimat yang memiliki gagasan penuh. Misalnya:

  1. The baby was sleeping when he arrived home: Si bayi sedang tidur saat ia tiba di rumah.
  2. That cat broke the glass when I was sleeping: Kucing itu memecahkan kaca saat aku sedang tidur.


Ciri-ciri Clause

Supaya Sobat Pijar bisa lebih memahami apa itu clause, yuk cari tahu apa saja ciri-cirinya di bawah ini:


Memiliki Subjek dan Predikat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, klausa pasti memiliki subjek dan predikat. Predikatnya ini bisa berupa kata kerja, bisa juga berupa predikat non verbal yang bukan kata kerja. Kalau tidak ada subjek dan predikat, maka tidak bisa dikatakan sebagai klausa. 


Tata Bahasanya Teratur

Berkaitan dengan ciri-ciri yang pertama, karena klausa terdiri dari subjek dan predikat, maka tata bahasanya teratur, sesuai dengan aturan di dalam Bahasa Inggris. Tata bahasa teratur ini berfungsi untuk menyampaikan makna yang jelas. 


Dapat Menyatakan Gagasan Utuh 

Klausa dapat menyatakan gagasan utuh yang lengkap, jadi bisa menjadi satu kalimat yang berdiri sendiri seperti contoh di atas. Tapi tidak semua klausa menyatakan gagasan utuh dan harus ditambahkan klausa tambahan atau keterangan tambahan. 


Contohnya: 

He sings awfully: Dia bernyanyi dengan buruk.


Di kalusa di atas, subjeknya adalah ‘he’ dan ‘sings awfully ‘ adalah predikatnya. 


Bisa Mandiri dan Bisa Tergantung pada Kalimat

Berkaitan dengan ciri-ciri sebelumnya, klausa bisa berdiri sendiri dan membentuk kalimat. Tapi ada juga klausa yang tergantung pada kalimat. 


Contohnya pada kalimat ‘The cat, which had folded ears, purred loudly.’ Kalimat ini sebenarnya berupa kalimat inti ‘The cat purred loudly’ yang merupakan klausa yang mandiri, bisa berdiri sendiri. Tapi kemudian ditambahkan klausa lainnya ‘which had folded ears,’ yang merupakan klausa yang tidak bisa berdiri sendiri, bergantung pada kalimat inti. 


Dapat Dikembangkan

Seperti contoh di atas, klausa bisa dikembangkan sehingga menjadi kalimat lengkap yang lebih penuh keterangannya. Contohnya pada klausa ‘They stopped building sandcastles’ yang sebenarnya bisa berdiri sendiri. Tapi supaya lebih lengkap, maka bisa dikembangkan dengan menambahkan klausa lain, misalnya menjadi ‘They stopped building sandcastles, since it started raining.’ Klausa ‘since it started raining’ merupakan pengembangan ide yang tidak bisa berdiri sendiri.


Macam-Macam Clause

Sobat Pijar sudah tahu belum, klausa dalam bahasa Inggris ada berapa? Dilihat dari fungsinya, klausa terbagi menjadi 3, yaitu adjective clause, adverb clause, dan noun clause. Simak penjelasan ketiganya di bawah ini, yuk. 


Adjective Clause

Adjective clause merupakan kelompok kata yang terdiri dari subjek dan predikat yang berfungsi sebagai kata sifat. Adjective clause ada berapa? Ada 2 jenis, yaitu:


1. Adjective Clause yang Diawali Adverb

Merupakan klausa adjective yang diawali dengan when, where, atau why. Posisi adverb juga biasanya di awal klausa. Contohnya He wrote a song about high school, where he spent fond memories with a bunch of great friends. 


2. Adjective Clause dengan Relative Pronoun

Merupakan klausa adjective yang diawali dengan who, whom, whose, which, atau that. Letak relative pronoun biasanya di depan klausa. Contohnya The lazy cat, which always sleeps beside the sofa, never once ran after mice or birds.


Adverb Clause

Adverb clause merupakan klausa yang predikatnya dimodifikasi dengan adverb lain. Adverb clause dapat menjawab pertanyaan kapan, mengapa, bagaimana, di mana, dan lain-lain, sesuai fungsi adverb di Bahasa Inggris. 


Contoh pada kalimat ‘They will go later.


Kata ‘later’ bisa diubah menjadi adverb clause menjadi ‘They will go after the sun sets.


Noun Clause

Noun clause adalah kelompok kata yang terdiri dari subjek dan kata kerja, ketika dipadukan fungsinya menjadi noun atau kata benda. Supaya lebih paham, simak contoh di bawah ini:


She doesn’t want to know the things in her mom’s breakfast juice

(Dia tidak mau tahu apa yang ada di dalam jus sarapan ibunya)

 

Kata benda di kalimat di atas adalah ‘the things’ yang bisa dikembangkan lagi menjadi klausa. Misalnya menjadi seperti ini:


She doesn’t want to know what her mom added in her breakfast juice 

(Dia tidak mau tahu apa yang ditambahkan ibunya ke dalam jus sarapannya)

 

Di kalimat yang kedua, ‘the things’ dijadikan klausa dengan menggantinya menjadi ‘what her mom added.’ Inilah contoh noun clause yang fungsinya sebagai kata benda. 


_______________________________________________________________


Baca juga: Pronoun: Subjective, Objective, dan Possessive


Nah, sekarang Sobat Pijar sudah lebih paham kan tentang clause dalam Bahasa Inggris? Kalau masih penasaran, kamu bisa langsung menuju situs web Pijar Belajar yang hadir dengan berbagai bidang studi. Berbagai topik disampaikan dengan jelas, belajar jadi lebih mudah, deh!


Ayo download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved