pijarbelajar

Bahasa Inggris

Adjective Clause: Pengertian, Fungsi, Rumus, Jenis, dan Contohnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Adjective Clause: Pengertian, Fungsi, Rumus, Jenis, dan Contohnya image

Dari berbagai kumpulan grammar di materi Bahasa Inggris, Sobat Pijar pasti akan mempelajari adjective clause di SMA. Materi ini sangat penting dipelajari lho sebagai bentuk yang lebih kompleks dari adjective (kata sifat) yang ada di dalam kalimat Bahasa Inggris.


Menggunakan klausa yang berperan sebagai kata sifat bisa membantu kalimat yang kamu tulis atau katakan menjadi lebih jelas. Di sisi lain, kalimat yang kamu buat tersebut juga memiliki makna yang lebih hidup.


Apabila kamu masih bingung dengan grammar yang satu ini, cek pengertian, fungsinya, rumus untuk membuat kalimatnya, jenis, dan ragam contoh adjective clause pada halaman ini ya!


Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Grammar Bahasa Inggris?


Pengertian Adjective Clause

Apa itu adjective clause dalam materi Bahasa Inggris? Adjective clause merupakan salah satu materi grammar yang fungsinya di dalam kalimat adalah sebagai penunjuk sifat noun di dalam kalimat. Nama lain dari klausa ini adalah klausa relatif atau relative clause.


Penggunaan adjective clause adalah opsional sehingga tidak semua kalimat akan memiliki klausa ini di dalamnya. Tetapi, kamu bisa membuat kalimat yang lebih berbobot dan jelas karena klausa ini mengandung informasi lengkap tentang kata benda dalam kalimat.


Fungsi Adjective Clause

Apa sih fungsi utama dari adjective clause di grammar Bahasa Inggris? Sobat Pijar perlu membaca tiga poin di bawah ini untuk memahami fungsinya lebih jauh.


1. Berisi informasi

Dengan adanya adjective clause di dalam kalimat, maka informasi yang ada di dalam kalimat itu pun lebih berbobot. Kamu bisa menangkap informasi tambahannya sehingga lebih terbayang tentang kondisi kata bendanya.


2. Sebagai pengubah

Adanya klausa adjektiva di dalam sebuah kalimat bisa menjadi pengubah kalimat itu sendiri. Kata benda yang awalnya bersifat general berubah menjadi lebih spesifik. Biasanya, klausa ini akan mengubah makna subjek di dalamnya.


3. Meningkatkan pemahaman

Fungsi utama dari klausa adjektiva adalah memberikan pemahaman yang lebih detail kepada pembaca atau pendengarnya. Mereka bisa mendapatkan info yang lebih spesifik terkait dengan subjek kalimat itu sendiri.


Rumus Adjective Clause

Untuk membuat kalimat dengan klausa kata sifat, kamu membutuhkan rumus yang tepat sehingga mudah dipahami. Berikut adalah rumus adjective clause beserta contohnya.

Rumus 1: Relative pronoun/relative adverb + subject + verb

Rumus 2: Subject (relative pronoun) + verb


Relative pronoun terdiri dari berbagai bentuk seperti whom, who, which, whose, dan that. Sementara relative adverb menggunakan why, where, dan why. Penggunaan masing-masing akan mempengaruhi konteks sehingga harus disesuaikan dengan kalimatnya.


Jenis Adjective Clause

Selain adjective clause who, whom, whose, which, dan that, kamu juga perlu mempelajari jenis adjective clause lainnya yang sangat umum digunakan di dalam percakapan atau tulisan. Berikut adalah jenis-jenisnya beserta penjelasannya.


1. Relative Pronoun as Subject

Pronoun di dalam kalimat bertindak sebagai subjek yang kemudian ditambahkan adjective clause, sehingga pronoun memiliki informasi yang lebih banyak dan jelas. Conjunction umumnya adalah who, which, dan that.


2. Relative Pronoun as Object

Bentuk kalimat ini terdapat sebuah pronoun yang perannya adalah sebagai object dan umumnya diletakkan di depan. Sementara subject dan verb mengikuti adjective. Kata hubung yang digunakan untuk bagian ini adalah whom, which, dan that.


3. Relative Possessive

Bentuk adjective clause ini menunjukkan adanya kepemilikan yang akan membuat noun dalam kalimat menjadi jelas milik siapa. Adanya klausa ini akan memperjelas kepemilikannya saja, bukan sifatnya. Kata yang digunakan adalah whose.


4. Relative Adverb of Time

Kalimat ini biasanya menggunakan kata when untuk menerangkan pronounnya. Penjelas di dalam kalimat digunakan untuk menerangkan waktu seperti tahun, hari, bulan, dan sebagainya.


5. Relative adverb of place

Di kalimat ini kamu akan menemukan kata hubung where yang akan menunjukkan tempat terjadinya sebuah kejadian. Subjek dari kalimat biasanya melakukan sesuatu di tempat yang disebutkan.


Contoh Adjective Clause

Menggunakan adjective clause di dalam kalimat harus tepat, sehingga pembaca atau pendengarnya tidak akan salah untuk menangkap konteksnya. Berikut adalah contoh kalimat adjective clause who, whom, which, whose, dan berbagai relative adverb.


1. Contoh Relative Pronoun as Subject

- The man who came to the library yesterday. (Pria yang datang ke perpustakaan kemarin).

- The place which I visited last month. (Tempat yang saya kunjungi bulan lalu).

- The bag that I bought last week. (Tas yang saya beli minggu lalu).


2. Contoh Relative Pronoun as Object

- The man whom I called last week was my grandfather. (Pria yang saya telepon minggu lalu adalah kakek saya).

- The computer that my father bought will be my personal computer. (Komputer yang ayah saya beli minggu lalu akan menjadi komputer pribadi saya).


3. Contoh Relative Possessive

- Mrs. Lala whose bag was hidden by the student tried to find it for an hour. (Ibu Lala yang tasnya disembunyikan oleh siswa mencoba mencarinya selama sejam).


4. Contoh relative adverb of time

- The day when you meet me. (Hari di mana kamu menemui saya).

- The time when you tell me about the news. (Waktu saat kamu menceritakan kepada saya tentang berita itu).


5. Contoh Relative Adverb of Place

- The hotel where I booked. (Hotel yang saya reservasi).

- The pool where I swim every week. (Kolam di mana saya berenang setiap minggu).


________________________________

Baca juga: Pengertian dan Ciri Recount Text


Adjective clause adalah komponen penting yang harus kamu pelajari untuk bisa membuat kalimat Bahasa Inggris yang efektif dan efisien. Clause ini sangat membantumu untuk membuat tulisan lebih detail. Kamu bisa memodifikasi contoh di atas untuk berlatih.


Nah, semoga artikel di atas membantumu memahami adjective clause secara menyeluruh ya, Sobat Pijar! Eits, jika masih mengalami kesulitan dalam memahami materi grammar yang satu ini, kamu bisa banget lho untuk melanjutkan belajarmu di Pijar Belajar. Pijar Belajar adalah aplikasi belajar yang bisa kamu akses kapan aja dan di mana aja sesuai dengan keinginanmu. Gak cuma itu, kamu juga bisa memilih untuk belajar lewat rangkuman ataupun video materi.


Tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Pijar Belajar sekarang juga!




Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved