pijarbelajar

Bahasa Inggris

Grammar: Pengertian, Fungsi, dan Komponennya

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Grammar: Pengertian, Fungsi, dan Komponennya image

Sobat Pijar tahu kan pola kalimat SPOK dalam bahasa Indonesia? Bahasa Inggris juga memiliki pola kalimat, lho. Pola kalimat ini disebut juga dengan grammar.Untuk mempelajari bahasa Inggris ini, tentu saja Sobat Pijar harus tahu terlebih dahulu apa itu grammar.


Grammar akan memudahkan kamu untuk menyusun kalimat dalam bahasa Inggris secara jelas dan rapi. Dengan begitu, lawan bicara akan mengerti konteks kalimat yang kamu ucapkan. Yuk, simak apa itu grammar, kegunaan, serta komponennya berikut ini!


Baca juga: Present Perfect Tense: Pembahasan Rumus, Contoh Kalimat, Soal, & Kunci Jawaban


Apa itu Grammar?

Sebelum membahas kegunaannya, yuk, cari tahu dulu apa itu grammar. Dalam bahasa Inggris, grammar adalah aturan ataupun sistem yang dijadikan panduan atau acuan dalam menyusun kalimat.


Secara sederhana, grammar merupakan struktur penyusun kalimat. Maka, dengan adanya grammar, kalimat yang dibuat oleh Sobat Pijar menjadi lebih mudah dipahami dan sempurna.


Saat pertama kali mempelajari grammar, kamu mungkin akan menemukan kesulitan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena grammar pada dasarnya lebih sering digunakan dalam konteks formal.


Dalam kehidupan sehari-hari, grammar dianggap tidak begitu penting. Oleh karena itu, jangan heran ketika mendengarkan lagu ataupun menonton film dalam bahasa Inggris, kamu menemukan susunan kalimat yang tidak sesuai kaidah grammar.


Apa Kegunaan Grammar?

Setelah mengetahui apa itu grammar, kini saatnya Sobat Pijar mengetahui apa saja kegunaannya. Simak yuk apa saja kegunaan grammar berikut ini:


1. Kalimat dan Paragraf Menjadi Lebih Mudah Dimengerti

Di atas telah dijelaskan apa itu grammar, yakni aturan yang berlaku saat menggunakan bahasa Inggris baik secara tulisan maupun ucapan. Oleh karena itu, penggunaan grammar haruslah tepat agar dapat membentuk kalimat serta paragraf yang jelas.


Jika kamu mengaplikasikan grammar, susunan kalimat dan paragraf juga akan lebih sistematis dan rapi. Dengan begitu, maksud dari kalimat dan juga paragraf menjadi lebih mudah dimengerti.


Jika kamu terus berusaha untuk memahami grammar dan mempraktikkan penggunaannya, maka kemampuan bahasa Inggris akan menjadi lebih baik. Dengan begitu, kaidah-kaidah grammar seperti tenses akan lebih mudah dipahami, lho!


Mempelajari grammar juga bisa dari mana saja, mulai dari mendengarkan orang lain atau membaca buku dalam bahasa Inggris.


2. Komunikasi Menjadi Lancar

Setelah memahami apa itu grammar, Sobat Pijar dapat menyadari ternyata grammar mempunyai peranan yang esensial dalam berkomunikasi. Pasalnya, komunikasi harus dilakukan dua arah, dimana satu individu dengan individu lainnya harus saling mengerti apa yang disampaikan.


Setiap kata-kata yang ditulis maupun diucapkan tidak boleh membingungkan antar individu karena rentan menimbulkan kesalahpahaman. Oleh karena itu, disinilah peran apa itu grammar, yakni untuk memberikan aturan yang jelas dalam menyusun kalimat.


Dengan mengetahui apa itu grammar, maka kalimat yang dibentuk akan memiliki pola yang beraturan sehingga lebih mudah dipahami ketika kamu berkomunikasi.


3. Memberi Warna pada Tulisan dan Perkataan

Grammar tidak hanya membuat suatu kalimat menjadi jelas, tetapi juga lebih menarik dan atraktif. Ketika sudah memahami apa itu grammar dan mahir dalam penggunaannya, maka seseorang dapat lebih mudah mengotak-atik kalimat agar lebih variatif.


4. Tidak Ada Kendala dalam Kepentingan Formal

Dalam konteks formal, mengetahui apa itu grammar juga memiliki peran yang sangat signifikan. Berbeda dengan konteks informal, dimana kesalahan grammar cenderung masih bisa diterima.


Apabila kamu sudah mahir dalam penggunaan grammar, maka berbicara maupun menulis dalam bahasa Inggris bukan lagi masalah. Oleh karena itu, selain mengetahui apa itu grammar, namun kamu juga perlu memahami aturan-aturannya dan juga bagaimana pengaplikasiannya agar kemampuanmu semakin meningkat.


Apa Saja Komponen Grammar?

Di atas telah diketahui apa itu grammar dan kegunaannya. Kini saatnya Sobat Pijar mengetahui berbagai komponennya. Jika penasaran apa saja komponen grammar, yuk, simak penjelasannya berikut ini:


1. Sentence

Dalam bahasa Indonesia, sentence juga bisa disebut kalimat. Dalam bahasa Inggris, sentence merupakan rangkaian kata yang memiliki komponen lengkap dan mengandung makna yang utuh.


Sentence ini disusun berdasarkan dua komponen, yakni clause dan juga phrase. Clause adalah klausa yang disusun dengan minimal subjek dan predikat. Kemudian, clause ada yang bisa berdiri sendiri atau bergantung pada clause lain.


Sementara itu, phrase merupakan susunan kata yang terlihat seperti clause, namun tidak memiliki subjek. Sementara itu, sebuah phrase bisa tersusun dari beberapa jenis kata dalam satu kalimat, namun jenisnya tetap phrase.


2. Noun

Salah satu komponen grammar yang paling sering digunakan adalah noun. Apakah Sobat Pijar tahu apa itu noun?


Noun adalah kata yang mewakili suatu benda maupun kata benda, baik yang mati maupun hidup. Contoh noun yakni, chair, door, girl, boy, dan masih banyak lagi. Kemudian, nama orang, tempat, dan juga hewan juga dinamakan noun. Jika ingin membaca lebih lanjut mengenai noun, baca di sini!


3. Pronoun

Kamu perlu tahu jika dalam bahasa Indonesia, pronoun adalah kata ganti benda atau orang. Pronoun sendiri terdiri dari kata ganti tunggal dan jamak. Sebagai contoh:


4. Be

Salah satu komponen grammar adalah be. Menurut Cambridge Dictionary, be adalah kata bantu atau auxiliary verb yang digunakan untuk memaparkan kondisi yang sedang atau tetap terjadi.

Maksudnya, be dapat menjelaskan kondisi yang tidak berubah, misalnya seperti warna, sifat, nama, dan lain sebagainya. Selain itu, be juga berfungsi untuk menggambarkan aktivitas yang sedang dilakukan.

Dalam grammar, be terdapat beberapa jenis, diantaranya:


5. Verb

Apa itu grammar bisa didefinisikan sebagai aturan dalam membuat kalimat yang didalamnya tentu terdapat verb atau kata kerja. Dalam bahasa Inggris, verb memiliki empat jenis, yakni V1, V2, V3, dan V-ing. 

  1. Verb 1 adalah bentuk pertama dari kata kerja yang digunakan dalam simple present tense yang menjelaskan kejadian di masa sekarang.
  2. Verb 2 adalah bentuk kedua dari kata kerja yang digunakan dalam simple past yang menjelaskan kejadian di masa lampau.
  3. Verb 3 adalah bentuk ketiga dari kata kerja yang digunakan untuk menjelaskan kejadian yang telah selesai dilakukan.
  4. Verb-ing digunakan untuk menjelaskan kejadian yang sedang berlangsung.


6. Adjective

Komponen grammar selanjutnya, yaitu adjective, yaitu kata yang berfungsi untuk menggambarkan karakteristik atau sifat dari sesuatu. Biasanya adjective digunakan untuk mengungkapkan apa yang dapat dirasa oleh panca indera. Misalnya adalah beautiful, kind, fragrant, dan lain-lain. Baca materi adjective selengkapnya di sini!


7. Tenses

Seperti yang telah diulas di atas, ketika Sobat Pijar ingin memahami apa itu grammar, salah satu komponen paling krusial adalah tenses. Ada 16 tenses yang perlu dipelajari dan masing-masing memiliki aturannya sendiri.


Misalnya ketika kamu ingin menerangkan sesuatu yang dilakukan di masa lalu, gunakanlah  simple past tense. Kemudian, jika kamu ingin menerangkan sesuatu yang sedang dilakukan sekarang, gunakanlah present continuous tense.



____________________________________________________________________


Baca juga: 7 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula


Nah, itu dia ulasan yang menarik mengenai apa itu grammar, fungsi, dan juga komponennya. Semua ulasan tersebut berguna bagi Sobat Pijar sebagai penunjang dalam menulis maupun berbicara bahasa Inggris.


Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris lebih lanjut sesuai dengan jenjangmu, yuk, gunakan Pijar Belajar sekarang juga! Selain belajar grammar, kamu juga bisa belajar materi bahasa Inggris lain seperti reading comprehension pada Literasi Bahasa Inggris SNBT, lho! Wah, dijamin berani cas-cis-cus, deh!


Yuk, download Pijar Belajar di sini!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved