7 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

7 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

| 0 minute read
7 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula image

Kalau lagi asik nonton film berbahasa Inggris, pasti seru sekali kalau kita bisa nonton film Bahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle Indonesia. Nah, pas bange. Sekarang Pijar Belajar mau kasih kamu tips belajar Bahasa Inggris, nih


Bahasa Inggris sendiri merupakan bahasa internasional. Makanya, bahasa Inggris pun banyak digunakan untuk berkomunikasi dengan orang asing atau orang berbeda bahasa. 


Oleh karena itu, keahlian berbahasa Inggris ini bermanfaat banget untuk kamu. Mulai dari memudahkan kamu saat pergi ke luar negeri atau membuka peluang untuk beasiswa di luar negeri. Bahkan jika kamu ingin bekerja di perusahaan multinasional, keahlian bahasa Inggris juga menjadi nilai plus


Nah, buat kamu yang ingin belajar Bahasa Inggris secara otodidak, berikut adalah tips belajar bahasa otodidak untuk pemula yang bisa kamu coba. 


Baca juga: 10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia. Bahasa Indonesia juga Termasuk?


Tips Belajar Bahasa Inggris

Sobat Pijar, kali ini Pijar Belajar mau kasih tau kamu cara belajar Bahasa Inggris untuk pemula. Tenang, cara belajar Bahasa Inggris ini bisa kamu lakukan secara otodidak alias belajar sendiri di mana pun dan kapan pun. 


1. Catat Kosa Kata Baru

Cara belajar Bahasa Inggris yang pertama adalah mulailah dengan mencatat setiap kosakata baru yang kamu temui. Misalnya, kamu sedang pergi ke suatu Mall dan melihat tulisan “beyond” dan kamu tidak tahu artinya. Nah, catatlah kata tersebut dalam notes dan carilah makna kata tersebut dalam kamus Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. 


Yup, betul sekali, mencari makna vovabulary Bahasa Inggris dalam Kamus Bahasa Inggris ternyata dapat memberikan penjabaran makna yang lebih lengkap, lho. Contohnya seperti gambar berikut. 



Tak hanya itu, Kamus Bahasa Inggris juga memuat contoh penggunaan kata tersebut dalam berbagai kalimat sehingga kamu semakin paham maknanya. 


2. Dengarkan Film atau Podcast Berbahasa Inggris

Tips belajar Bahasa Inggris selanjutnya adalah sering-seringlah menonton film atau mendengarkan podcast berbahasa Inggris. Cara ini penting dilakukan untuk menajamkan indera pendengaran kamu dengan Bahasa Inggris. 


Tak hanya itu, cara ini juga akan membuatmu familiar dengan pelafalan setiap kosakata Bahasa Inggris. Jadi, kesalahan pelafalan Bahasa Inggris kamu dapat diminimalisir. 


Nah, selama menonton film dan mendengarkan podcast berbahasa Inggris, cobalah untuk mengurangi penggunaan subtitle-nya, ya. Hal ini dilakukan untuk menguji pemahamanmu dan mengasah kemampuanmu dalam berbahasa Inggris. 


3. Perbanyak Membaca Tulisan Berbahasa Inggris

Selain menonton film dan mendengarkan podcast, kamu juga perlu mengasah kemampuan reading kamu, nih. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memperbanyak membaca tulisan Bahasa Inggris, mulai dari novel, komik, hingga artikel dan koran. 


Cobalah untuk memahami setiap makna dari vocabulary yang ada dan keseluruhan konteksnya. Kamu juga bisa memberikan highlight dengan stabilo ataupun alat tulis lainnya pada kata-kata yang sulit untuk dimengerti. 


Setelah itu, carilah makna kata tersebut di dalam kamus dan hafalkan, sehingga jika kamu bertemu lagi dengan kata tersebut, kamu sudah tidak bingung lagi, deh


4. Biasakan Berbahasa Inggris dengan Teman

Belajar bahasa Inggris tanpa mempraktekkannya langsung sama saja dengan tahu rumus matematika tapi tidak bisa menggunakannya untuk menjawab soal. Oleh karena itu, tips belajar Bahasa Inggris otodidak selanjutnya adalah mempraktekkan Bahasa Inggris dengan teman. 


Terkadang kita bisa membaca dan mendengarkan Bahasa Inggris tetapi merasa malu untuk mempraktekkannya dalam berbicara. Tapi, tenang saja, rasa malu tersebut wajar, kok, karena kamu belum terbiasa. Makanya, biasakan berbahasa Inggris secara lisan dengan teman atau keluargamu. 


Semakin sering kamu praktek berbicara Bahasa Inggris, maka semakin terbiasa juga kamu berbicara dengan Bahasa tersebut. 


5. Pergi ke Luar Negeri

Pengalaman adalah guru terbaik. Begitu pun dalam belajar Bahasa Inggris. Nah, cara belajar Bahasa Inggris untuk pemula selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan langsung berbaur dengan masyarakat pengguna bahasa tersebut. 


Berbaur dengan pengguna bahasa tersebut secara langsung dapat melatih seluruh kemampuan Bahasa Inggrismu, mulai dari membaca, mendengarkan, menulis, hingga berbicara. Kamu pun dapat lebih terbiasa untuk menggunakan bahasa tersebut dalam keseharianmu. 


Selain itu, kamu juga bisa mengikuti budaya masyarakat setempat juga, misalnya dengan melihat nada saat berbicara dengan orang tua maupun sebaya. 


6. Ingat Tujuan Belajar Bahasa Inggris

Selama belajar, Sobat Pijar pasti terkadang merasa lelah dan tak semangat. Ujung-ujungnya, jika perasaan tersebut terus dibiarkan, proses belajar Bahasa Inggris pun menjadi terhenti di tengah jalan. Kamu tentu tak mau itu terjadi, bukan? 


Oleh karena itu, tips belajar Bahasa Inggris selanjutnya adalah fokus pada tujuan belajarmu. Misalnya, tujuanmu belajar Bahasa Inggris adalah untuk ikut tes TOEFL dan IELTS. Nah, fokuslah pada tujuan tersebut dan buat strategi belajar yang sesuai, bisa dengan memperbanyak latihan soal atau simulasi tes. 


Lalu, jika kamu ingin belajar Bahasa Inggris untuk berbicara, kamu bisa coba memperbanyak latihan speaking atau melafalkan kosa katanya.


7. Gunakan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Asing

Last but not least, tips belajar Bahasa Inggris selanjutnya adalah menggunakan aplikasi pembelajaran bahasa asing. Saat ini sudah banyak aplikasi belajar bahasa asing yang bisa kamu coba, baik dalam bentuk website maupun aplikasi. 


Dalam aplikasi pembelajaran bahasa asing tersebut, biasanya terdapat beragam fitur untuk membantumu belajar. Contohnya seperti fitur latihan soal, latihan speaking, grammar, dan lain sebagainya. Kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut sebagai media pendukung belajarmu.


Baca juga: 8 Cara Menghafal dengan Cepat dan Efektif

_______________________________________


Itu dia, Sobat Pijar, 8 tips belajar bahasa Inggris yang bisa kamu coba. Kira-kira cara apa saja, nih, yang sudah pernah kamu terapkan? Semoga semua tips di atas bisa bikin kamu semakin jago berbahasa Inggris, ya! 


Kalau kamu ingin jago bahasa Inggris dalam hal mata pelajaran, Pijar Belajar punya segudang latihan soal buat kamu, lho! Cara ngerjainnya pun mudah sekali. Kamu cukup download aplikasi Pijar Belajar di gadget-mu dan lakukan registrasinya. Setelah itu, kamu sudah bisa mengakses seluruh fitur lengkap Pijar Belajar, deh


Tunggu apa lagi? Yuk, download Pijar Belajar sekarang! 



Referensi: 

How to learn English quickly: 10 tips, Erin, https://www.ef.com/wwen/blog/language/how-to-learn-english-faster/, 2022. 

5 Ways to Learn English Fast and Effectively, Grammarly Blog, https://www.grammarly.com/blog/how-to-learn-english/, 2022. 

Five ways to improve your English by yourself, Shivali Nayak & Allison Chan, https://www.abc.net.au/education/learn-english/five-ways-to-improve-your-english-by-yourself/9085604, 2017. 

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image