pijarbelajar

Bahasa Inggris

Adverb Clause: Pengertian, Fungsi, Rumus, Jenis, dan Contohnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Adverb Clause: Pengertian, Fungsi, Rumus, Jenis, dan Contohnya image

Ketika Sobat Pijar membuat sebuah kalimat, akan lebih baik jika kalimatnya membuat informasi yang berbobot, bukan? Nah, agar kalimat menjadi berbobot, kamu bisa menyisipkan adverb clause. Adverb adalah kata keterangan, namun di materi ini adverbnya dalam bentuk klausa. Kok bisa?


Jadi, adverb clause adalah satu kelompok kata yang perannya adalah menjadi sebuah adverb. Dengan adanya klausa sebagai adverb, konteks kalimat menjadi lebih jelas dan berbobot. Berikut ini adalah ulasan tentang pengertian, rumus, jenis, dan contoh dari adverb berbentuk klausa.


Baca juga: Asking and Offering Help: Pengertian, Rumus, Contoh dan Respon


Pengertian Adverb Clause

Apa sih yang disebut dengan adverb clause? Clause sendiri merupakan kelompok kata dan dalam hal ini terdiri dari subject dan verb. Sementara itu, adverb memiliki arti sebagai keterangan. Sehingga, adverb clause artinya adalah kumpulan subject dan verb yang berperan sebagai keterangan.


Jadi, di dalam kalimat itu sendiri memiliki dua buah klausa yang satunya lagi menjadi bentuk utama dari kalimat. Klausa adverb bukanlah kalimat utama dan bisa dihilangkan tanpa mengubah makna kalimat utamanya. Adverb hanyalah opsional di dalam sebuah kalimat.


Fungsi Adverb Clause

Ada macam-macam fungsi dari adverb clause yang harus kamu pahami nih, Sobat Pijar. Dengan begitu, kamu bisa mengerti mengapa klausa dalam kalimat Bahasa Inggris ini menjadi penting digunakan di berbagai kesempatan.


1. Menjadi Adverb

Penambahan adverb di dalam sebuah kalimat berfungsi untuk menambahkan konteks. Meskipun sifatnya opsional, klausa ini bisa memberikan informasi yang lebih kepada pembaca atau pendengarnya sehingga informasi menjadi lebih lengkap.


2. Informasi setelah Conjunction

Sudahkah kamu belajar tentang conjunction? Beberapa jenis conjunction memerlukan adverb clause sebelai ekor informasinya. Dengan begitu, kalimat menjadi efektif. Dalam hal ini, adverb juga merangkap menjadi sebuah modifier di dalam kalimat. 


Rumus Adverb Clause

Penggunaan adverb clause harus menggunakan sebuah rumus yang terdiri dari subject, verb, dan sebuah subordinate conjunction. Apapun macam-macam adverb clause yang digunakan, rumusnya hanya satu, yaitu:


Subordinate conjunction + subject + verb


Subordinate conjunction adalah conjunction yang menunjukkan waktu, tempat, tujuan, dan lain-lain yang sifatnya hanya pengantar di dalam kalimat. Subject adalah kata benda, baik abstrak dan non-abstrak. Sementara verb adalah aksi yang dilakukan oleh subject.


Jenis Adverb Clause

Ada beragam jenis adverb clause yang konteksnya akan memberikan makna yang berbeda-beda. Kamu perlu bisa menggunakannya dengan kombinasi ragam tenses yang berbeda pula. Berikut adalah tipe-tipe dari masing-masing adverb clause.


Adverb Clauses of Time

Adverb yang satu ini menjelaskan kapan sebuah peristiwa terjadi. Biasanya, kata hubung yang digunakan adalah when, after, while, before, since, until, as, dan as soon as. Kamu bisa menggunakannya dalam berbagai jenis tenses sesuai dengan konteks waktunya.


Adverb Clauses of Place

Adverb ini menggambarkan posisi atau tempat dari sebuah kejadian berlangsung. Contoh adverbial clause of place yang sering digunakan adalah where, everywhere, dan wherever. Letak adverb clause ini bisa di depan maupun di belakang kalimat.


Adverb Clauses of Condition

Clause ini menunjukkan adanya syarat yang membuat suatu kejadian terjadi. Conjunction yang digunakan adalah provided that, unless, dan if.


Adverb Clauses of Manner

Adverb clause ini menunjukkan bagaimana sesuatu itu terjadi. Conjunction yang digunakan adalah as if, like, dan as though.


Adverb Clauses of Purpose

Adverbial clause of purpose adalah clause yang menjelaskan tujuan mengapa sebuah kejadian bisa terjadi. Kamu bisa menggunakan so that dan in order that di dalam kalimatnya.


Adverb Clauses of Contrast

Di dalam contoh adverb clause of contrast, kamu akan menemukan bahwa kalimatnya menggunakan even though, although, though, dan while untuk menunjukkan kontras.


Adverb Clauses of effect

Adverb ini menunjukkan adanya sebab akibat. Di dalam kalimat ini terdapat conjunction yang umum seperti so...that.


Contoh Adverb Clause

Setelah memahami jenis-jenis adverb clauses, kamu harus bisa membuat kalimatnya dengan efektif dan jelas. Sobat Pijar bisa melihat contoh-contoh di bawah ini untuk lebih jelasnya.


Contoh Adverb Clauses of Time

- When the sun shines brightly, I will go sunbathing at Anyer Beach. (Ketika matahari bersinar dengan cerah, saya akan berjemur di pantai Anyer).

- After the competition ends, those athletes will go back to their own countries. (Setelah perlombaan selesai, para atlet itu akan kembali ke negaranya masing-masing).

- As soon as my sister goes back to school, mother goes to the office. (Setelah kakakku pergi ke sekolah, ibu pergi ke kantor).


Contoh Adverb Clause of Place

- Everywhere I go, I usually find a stranger who will talk to me. (Kemanapun saya pergi, saya biasanya menemukan orang asing yang berbicara dengan saya).

- Where I see some ants, I also see some sweet stuff on the floor. (Di mana saya melihat banyak semut, saya juga melihat sesuatu yang manis di lantai).

- Wherever they visit, Chinese tourists will be found as travelers. (Kemanapun mereka berkunjung, turis Cina selalu ditemukan sedang jalan-jalan).


Contoh Adverb Clause of Condition

- He won’t graduate from junior high school if he keeps missing school. (Dia tidak akan lulus SMP jika dia terus-terusan bolos).

- They won’t meet us unless we go to their place. (Mereka tidak akan bertemu kita kecuali kita pergi ke tempat mereka).


Contoh Adverb Clause of Manner

- My dad works hard today as if there is no tomorrow. (Ayahku bekerja keras seakan-akan tiada esok).

- The way my grandma talks like she talks to a baby. (Cara nenekku berbicara seperti berbicara dengan bayi).


Contoh Adverb Clause of Purpose

- Many people join this project in order that the project will be finished soon. (Banyak orang ikut proyek ini sehingga proyeknya akan segera selesai).

- She practices hockey a lot so that she can win. (Dia berlatih hockey seringkali sehingga dia bisa menang).


Contoh Adverb Clause of Contrast

- Although she is very tired, she keeps playing and singing to amuse her child. (Meskipun dia sangat lelah, dia tetap bermain dan bernyanyi untuk menghibur anaknya).

- Even if they are busy with the event, they still make time to answer the phone and reply the chats. (Meskipun mereka sibuk dengan acara, mereka menyempatkan untuk menjawab telepon dan membalas chat).


Contoh Adverb Clause of Effect

- The wave is so huge that Karl cancels his surging schedule. (Ombaknya sangat besar sehingga Karl membatalkan jadwal berselancarnya).


__________________________________

Baca juga: Procedure Text Bahasa Inggris : Pengertian, Fungsi, Ciri, Struktur dan Contoh


Penggunaan adverb clause di dalam sebuah kalimat akan membuat kalimat yang kamu buat menjadi lebih jelas. Macam-macam dari adverb di atas bisa membantu kamu memahami konteks adverb berbentuk klausa. Gunakan contoh di atas untuk latihan percakapanmu, ya!


Apa Sobat Pijar masih belum puas dengan penjelasan di atas? Nah, buat kamu yang ingin segera belajar melalui rangkuman, video materi, hingga berlatih soal-soal yang banyak, Pijar Belajar siap lho untuk membantumu!


Tunggu apa lagi? Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang juga!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved