pijarbelajar

Bahasa Inggris

Procedure Text Bahasa Inggris : Pengertian, Fungsi, Ciri, Struktur dan Contoh

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Procedure Text Bahasa Inggris : Pengertian, Fungsi, Ciri, Struktur dan Contoh image

Sobat Pijar, pernah tidak kamu mengikuti sebuah tutorial masak dari internet? Itulah yang disebut dengan Procedure Text Bahasa Inggris, lho. Terkadang, teks tersebut banyak ditemui, baik untuk resep makanan atau lainnya.


Akan tetapi, beberapa orang mungkin kurang menyadari bahwa ternyata bacaan tersebut termasuk Procedure Text. Untuk lebih lengkapnya, yuk belajar Procedure Text manual and tips dengan lebih mudah melalui pembahasan berikut ini.


Baca juga: Review Text: Pengertian, Fungsi, Ciri, Struktur, dan Contoh


Pengertian Procedure Text

Teks prosedur merupakan jenis teks yang membahas tentang cara untuk melakukan atau membuat suatu hal. Dalam kata lain, teks ini berisi tutorial untuk melakukan sesuatu yang berisi perintah dan arahan.


Pada umumnya, Procedure Text akan terdiri dari kalimat-kalimat yang mengarah pada step atau langkah-langkah seperti “first, second, the last” dan lain sebagainya.


Selain itu, teks ini memiliki judul yang khusus seperti “how to make sponge cake atau how to use a phone” yang artinya yakni bagaimana cara membuat sponge cake atau cara menggunakan telepon.


Fungsi Procedure Text

Dalam bahasa Inggris, fungsi teks ini biasa dituliskan “to show how something is made/used done through sequence of steps”. Dengan kata lain, Procedure Text menjelaskan langkah-langkah untuk membuat atau melakukan sesuatu secara mendetail terkait langkah pembuatan yang berurutan.


Umumnya teks ini banyak ditemui pada banyak kemasan makanan untuk menjelaskan langkah-langkah memasaknya. Ada pula yang terletak dibelakang sebuah alat untuk menjelaskan cara penggunaan alat tersebut.


Struktur Procedure Text Bahasa Inggris

Dalam sebuah teks bacaan, terdapat struktur teks yang dibuat runtut. Dikatakan harus runtut karena masing-masing struktur memiliki alur tersendiri yang tidak bisa diubah. Struktur pada teks ini ini disebut dengan generic structure Procedure Text dalam bahasa Inggris.


Inilah struktur dari Procedure Text bahasa Inggris beserta urutannya secara benar yang perlu diketahui oleh Sobat Pijar.


1. Goals

Dalam bahasa Indonesia, goals memiliki arti tujuan. Dengan kata lain, goals atau tujuan dalam Procedure Text ini sama dengan judul dari teks contohnya yakni how to make rainbow cake atau how to operate TV.


2. Materials

Generic structure yang kedua yakni Materials yang artinya bahan. Dalam hal ini, materials bisa berisi alat atau bahan yang akan digunakan untuk membantu melancarkan langkah-langkah dalam kegiatan pada teks bacaan.


Jika teks tersebut berisi tentang how to make rainbow cake atau bagaimana cara untuk membuat kue pelangi, maka materials yang akan tercantum adalah bahan yang digunakan seperti flour, sugar, food coloring dan lain sebagainya.


Selain itu, akan ada beberapa jenis alat yang masuk dalam materials yaitu pengaduk, mangkuk, cetakan, oven, dan lain sebagainya. Alat dan bahan tersebut masuk pada bagian kedua dari generic structure Procedure Text.


3. Steps

Steps merupakan bagian ketiga dari generic structure dalam Procedure Text bahasa Inggris. Bagian ini akan menjelaskan langkah-langkah detail agar tujuan dari teks tersebut bisa tercapai dan berhasil dilakukan.


Dengan kata lain, steps berisi instruksi untuk melakukan sesuatu. Pada bagian ini akan menggunakan imperative sentence, action verb, adverb, dan juga conjunction.


Hampir setiap bagian kalimat akan diawali dengan kata first, second, next, dan lain sebagainya. Sobat Pijar mungkin sering menemui Procedure Text example seperti itu pada beberapa kemasan mie instan, bukan?


Jenis Procedure Text

Secara umum, jenis Procedure Text terbagi menjadi dua bagian. Namun, keduanya memiliki struktur teks, kaidah kebahasaan, serta ciri kebahasaan yang serupa satu sama lainnya. Inilah jenis Procedure Text yang perlu Sobat Pijar ketahui.

1. Procedure Text Tentang Cara Menggunakan Suatu Benda atau Alat

Procedure Text bahasa Inggris tentang cara menggunakan sesuatu akan berkaitan erat dengan langkah mengaplikasikan atau mengoperasikan sebuah benda atau alat elektronik.


Misalnya saja seperti kamera, TV, serta cara mengoperasikan alat besar seperti penyedot debu. Biasanya, text ini memiliki judul How to use a Camera dan sejenisnya.


Di dalam teks ini akan berisi langkah-langkah cara menggunakan benda atau alat yang dituju. Terdapat langkah-langkah mendetail dengan menggunakan first, second, next dan lain sebagainya sesuai dengan kaidah kebahasaan Procedure Text.


2. Procedure Text Tentang Instruksi Untuk Membuat/Melakukan Suatu Hal Tertentu

Tidak jauh berbeda dengan jenis Procedure Text bahasa Inggris yang sebelumnya, jenis yang kedua mencakup instruksi untuk melakukan sesuatu. Instruksi tersebut juga dikemas melalui langkah-langkah seperti How to play the guitar dan sejenisnya.


Kaidah Kebahasaan Procedure Text Bahasa Inggris

Selain mengetahui apa itu Procedure Text bahasa Inggris, jenis, beserta generic structure Procedure Text, Sobat Pijar juga perlu mengetahui contoh language features of Procedure Text. Dalam istilah lain, language feature dikenal dengan kaidah kebahasaan.


Kaidah kebahasaan mencakup beberapa hal tentang cara penulisan serta grammar yang digunakan pada teks ini. Secara tidak langsung, kaidah kebahasaan ini termasuk ciri khusus dari Procedure Text bahasa Inggris.


Inilah beberapa hal yang termasuk language features atau kaidah kebahasaan yang digunakan dalam Procedure Text bahasa Inggris, yuk simak!


1. Simple Present Tense

Simple Present Tense merupakan jenis tenses yang difungsikan untuk menyatakan sebuah kebiasaan serta keadaan sekarang. Selain itu, tenses ini juga digunakan pada kalimat perintah seperti yang terdapat pada Procedure Text bahasa Inggris. 


Ciri simple present tense yakni menggunakan verb 1 seperti open, swipe, cut, dan lain sebagainya. Bagi Sobat Pijar yang ingin membuat Procedure Text bahasa Inggris, perhatikan dengan baik penggunaan tenses ini ya.


2. Imperative Sentence Atau Kalimat Perintah

Selain penggunaan tenses, kaidah kebahasaan lain yang ada pada Procedure Text bahasa Inggris yakni penggunaan imperative sentence atau kalimat perintah. Perlu kamu ketahui bahwa kalimat perintah berupa kalimat suruhan yang tidak menggunakan subjek.


Umumnya kalimat ini banyak digunakan pada Procedure Text bahasa Inggris seperti perintah untuk membuka kemasan atau open the sachet. Ada pula instruksi untuk melakukan sesuatu seperti push the button yang artinya tekan tombol itu.


3. Conjunction Atau Kata Penghubung

Penggunaan kata hubung atau conjunction juga banyak ditemui dalam Procedure Text bahasa Inggris. Contoh conjunction pada teks ini yaitu penggunaan kata next, after that, firstly, secondly, finally, dan masih banyak kata penghubung lainnya.


Kata penghubung ini pula yang menunjukkan setiap langkah atau instruksi yang ada pada Procedure Text bahasa Inggris. Jika kamu perhatikan, ada banyak sekali penggunaan conjunction dalam Procedure Text terlebih pada bagian steps.


4. Adverb Atau Kata Keterangan

Selain conjunction ada pula penggunaan adverb dalam teks ini. Adverb yang dimaksud yakni kata keterangan waktu seperti 2 minutes, 10 minutes, dan lainnya. Adapula keterangan cara seperti slowly, well, evenly, dan lain sebagainya.


5. Action Verb Atau Kata Kerja Aktif

Action verb yang digunakan dalam Procedure Text bahasa Inggris menjadi bagian dari imperative sentence. Action verb yakni kata kerja aktif yang menunjukkan suatu kegiatan yang dilakukan.


Contoh action verb yang digunakan pada Procedure Text bahasa Inggris yaitu open, pour, cut, stir, pull, push, dan masih banyak lagi. 


Contoh Procedure Text Bahasa Inggris

Ada banyak Procedure Text example yang bisa Sobat Pijar jadikan acuan dengan berbagai jenis dan tujuan teks yang berbeda. Inilah salah satu contoh Procedure Text bahasa Inggris khusus untuk Sobat Pijar.


How To Make Instant Noodle

Ingredients

  • 1 pack of Instant noodles
  • 2 amount of water
  • Vegetables (additional)


Steps

  • Boil amount of water.
  • After the water is boiled, put the noodles into the pan.
  • Cook the noodles for 3 minutes.
  • Next, add some vegetables.
  • Turn off the stove and pour the noodles into a bowl.
  • Pour all the seasoning into the noodle.
  • Mix the seasoning and the noodles.
  • Finally, the instant noodle is ready to be served.


Baca juga: Announcement Text | Definisi, Tujuan, Struktur, Unsur Kebahasaan, dan Contohnya

__________________________


Itulah tadi beberapa penjelasan terkait Procedure Text bahasa Inggris. Kini, Sobat Pijar telah mengetahui dan mempelajari satu jenis teks bahasa Inggris. Yuk, coba baca dan pahami Procedure Text bahasa Inggris yang ada di kemasan makanan instan ataupun barang elektronik yang kamu beli.


Untuk belajar materi Procedure Text lebih lanjut, yuk langganan Pijar Belajar! Kamu bisa ngambis di mana saja dan kapan saja hanya dengan koneksi internet di ponselmu, lho! Selain itu, ada materi lain seperti Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan Matematika, nih. Wah, kalau kata pepatah, kamu bisa sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui!


Tunggu apa lagi? Langganan Pijar Belajar sekarang, yuk!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved