pijarbelajar

Bahasa Inggris

Review Text: Pengertian, Fungsi, Ciri, Struktur dan Contoh

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Review Text: Pengertian, Fungsi, Ciri, Struktur dan Contoh image

Dalam bahasa Inggris, teks yang mengulas sesuatu disebut dengan Review Text. Contohnya ulasan tentang film, buku, makanan, tempat wisata, hotel, lagu, artis, atau isu-isu yang sedang hangat. 


Review Text bisa digunakan untuk membahas atau mengulas sebuah masalah atau objek guna memberikan informasi yang rinci tentang masalah atau objek tersebut. Mau tahu lebih rinci tentang review text, kegunaan, ciri-ciri, struktur, dan contohnya? Baca artikel ini sampai habis, ya.


Baca juga: News Item Text: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh


Apa itu Review Text?

Review Text adalah salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris yang berisikan ulasan tentang sebuah karya, objek, atau masalah. Biasanya, teks review ini digunakan untuk menilai, mendalami, atau meninjau sebuah karya seperti film, buku, komik, makanan, lukisan, dan sebagainya.


Teks review juga bisa juga diartikan sebagai karya tulis dalam bahasa Inggris yang isinya adalah evaluasi atau tinjauan tentang hal-hal yang dipublikasikan. Misalnya, musik, video, buku, film, pementasan, dan sebagainya.


Sifat dari teks review adalah subjektif karena isinya adalah opini dari penulisnya. Penulis teks review akan menguraikan pendapatnya tentang suatu hal yang ia amati atau rasakan. Biasanya penulis teks review hanya mengandalkan indera-inderanya dalam menyusun ulasan.


Apa Fungsi Review Text?

The purpose of review text is to tell the audience about the benefit or the weakness of some objects, mostly artwork or products. It will also be used to tell critics, evaluations, and suggestions. 


Teks review digunakan oleh penulisnya untuk memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan objek yang dibahas. Penulis menggunakan teks review untuk menyampaikan kritik, evaluasi, dan anjuran terhadap sebuah karya seni kepada masyarakat.


Ulasan yang ditulis dalam sebuah teks review berguna untuk audiens yaitu pembaca dan pendengar. Penerima manfaat dari teks review ini adalah penulis teks review itu sendiri, pembaca/pendengar, serta pemilik karya.


Kegunaan teks review yang harus kamu tahu bagi ketiga golongan tadi antara lain adalah sebagai berikut, simak daftar di bawah ini ya, Sobat Pijar!

  1. Bagi penulis: Menulis teks review membuat penulisnya mendapat kredibilitas soal ulasan. Pendapatnya menjadi penting dan berharga apalagi jika ulasannya mendalam dan detail. Apapun yang ditulis seorang reviewer menjadi patokan bagi audience.
  2. Bagi audience: Mendapatkan informasi tentang sebuah karya atau produk sebelum membeli, menikmati, atau menggunakan. Misalnya, ketika kamu akan menonton film, kamu pasti akan mencari ulasan tentang apakah filmnya bagus atau tidak, ya kan?
  3. Bagi pemilik karya: Mendapatkan promosi cuma-cuma dari ulasan yang dibuat penulis teks review. Jika ulasan produk baik, maka produk akan mendapatkan reaksi positif dari audience. Kemudian, meskipun ada ulasan yang mengkritik, tetap memberikan efek publikasi bagi pemilik karya.


Apa Ciri-Ciri Review Text?

Ciri-ciri yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi apakah sebuah teks termasuk teks review perlu diketahui untuk memahami jenis teksnya. Penjelasannya yaitu sebagai berikut:

  1. Teks berfokus pada specific participants yaitu tokoh khusus yang diulas misalnya Cinderella, Beauty and The Beast, Batman, dan lainnya. 
  2. Memakai present tense. Penggunaan present tense adalah karena penulis mengungkapkan pendapatnya kepada pembaca pada waktu sekarang. Contohnya, She dances at the ball beautifully.
  3. Dalam teks banyak digunakan kata sifat atau adjectives. Kata sifat banyak digunakan pada teks ulasan karena penulis menggambarkan sebuah karya pada pembaca. Contohnya, I will suggest you to read this book because this book is perfectly written.
  4. Teks ditulis dengan menggunakan klausa yang panjang dan rumit. Contohnya While I am passionate badminton fan, I prefer basketball
  5. Menggunakan banyak metafora atau perumpamaan. Contohnya her words are poisonous snakes, never trust her.


Bagaimana Struktur Review Text?

Sebelum kamu membuat teks review, maka kamu harus tahu dulu strukturnya ya, Sobat Pijar! Pengetahuan soal struktur ini digunakan untuk memudahkan kamu menyusun teks review. Struktur ini juga dipakai agar teks review yang kamu buat akan mudah dipahami oleh pembaca.


1. Introduction

Di bagian ini, kamu akan menulis preview atau gambaran umum objek yang kamu bahas. Yang dimaksud gambaran umum adalah informasi spesifik tentang hal yang kamu ulas seperti judul/merek produk/nama karya, fungsi, dan sebagainya.


2. Evaluation

Bagian kedua dari struktur teks review adalah evaluation. Di bagian ini, kamu diminta untuk menuliskan informasi yang lebih mendalam tentang objek yang kamu bahas. Tulis hasil pengamatan evaluasi kamu berupa bagian-bagiannya, keunikan, kualitas, rasa, dan lainnya.


Pada bagian evaluation, kamu jangan memasukkan pendapat pribadi dulu. Tuliskan semua hasil pengamatan. Misalnya jika kamu mengulas makanan, tuliskan saja bahan-bahannya, cara memasak, lalu rasa apa yang muncul setelah kamu cicip, dan tempat membelinya.


3. Interpretation

Setelah kamu selesai menulis evaluasi tentang objek yang kamu ulas, selanjutnya kamu harus membuat interpretation. Di tahap inilah kamu bisa memasukkan pendapat pribadi kamu. Tuliskan evaluasi dari sudut pandang kamu.


Di tahap ini, kamu juga bisa membandingkan objek yang kamu bahas dengan objek sejenis. Kamu bisa menuliskan kekurangan dan kelebihan objek di bagian ini. Kemudian, kamu bisa memasukkan opini pribadi kamu berupa penilaian terhadap objek yang kamu bahas.


Contohnya ketika kamu mengulas sebuah film, kamu akan memberikan penilaian tentang sinematografinya, penokohan, alur cerita, dan lainnya. Semuanya harus memasukkan pendapat kamu di dalamnya.


4. Summary

Ini merupakan bagian terakhir dari struktur teks review. Di bagian ini, kamu harus menuliskan kesimpulan dari ulasan-ulasan kamu di struktur sebelumnya. Setelah memberikan pendapat kamu di bagian interpretation, di bagian ini adalah saatnya kamu memberikan rekomendasi.


Rekomendasi yang kamu buat tentunya harus berdasarkan hasil pengamatan kamu di bagian evaluasi dan interpretation. Kamu bisa memberikan rekomendasi apakah sebuah karya seni layak beli, layak tonton, layak pakai, atau layak dengar.


Nah, sekarang coba uji pemahamanmu bareng Pijar Belajar! Klik banner di bawah ini untuk mengakses ribuan soal Pijar Belajar.



Contoh Review Text

Contoh review text film: Gilmore Girls Series Review

Introduction

Gilmore Girls is an American drama-comedy TV drama created by Amy Sherman-Palladino and aired on October 5, 2000, on The WB. Starring Lauren Graham as Lorelai Gilmore and Alexis Bledel as Rory Gilmore, this show ran for seven seasons.


Gilmore Girls is considered The WB's second most popular show and following its success, Time Magazine included Gilmore Girls as one of the 100 greatest television shows of all time. It is famously known for its witty dialogue, cross-generational plot, and a mixture of drama and comedy.


Evaluation

The show uses long dialogue and the character used to speak fast. However, the dialogue inside Gilmore Girls is well delivered and becomes the essence of the show. The dialogue moves the storyline and shapes every character.


On the other hand, Gilmore Girls use movie or book references as metaphors in their dialogue. This show also captures the ideal daily life in a small town where everybody knows each other.


Interpretation

Gilmore Girls is a hit TV series that focuses on how women deal with their problems. The show presents three main characters, Gilmore from a different generation. Rory Gilmore is an intellectual teenager passionate for study and reading and dreams to go to Harvard.


Lorelai Gilmore is Rory’s mother, an early 30th rock roll mother pursuing independent life as a single parent, and inn manager who someday wants to run her own inn, and is also desperate of seeking true love.


Meanwhile, Emily Gilmore is Lorelai’s mother and Rory’s grandmother, a very wealthy woman who thinks social status and class matter. She wants everything perfect, ideal, and in order but at the same time care for her family.


Interestingly, coffee and food become objects that bind them together. Lorelai and Rory are coffee addicts and both of them always have room in their stomachs for food. While Emily is a fan of fine dining and always eats and serves the best food made from the best ingredients.


Another thing in this show that is interesting to see is the life in a very small town called Stars Hollow. Everybody knows each other and cares for each other. They even routinely conduct town meetings to discuss many things from town carnival, troubadour, town design, etc.


Summary

Nevertheless, Gilmore Girls is a must-watch TV show if you like a show with witty dialogue, genius metaphors, a wonderful set of small-town daily life, and female relationships. This show still airs on Netflix and you can stream the full 7 seasons.


Baca juga: Recount Text: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh

__________________________________


Itulah tadi pembahasan mengenai review text, jangan bosan-bosan untuk terus belajar, ya. Materi ini sangat asyik untuk dipelajari dan berguna di kehidupan sehari-hari.


Ingin belajar materi Bahasa Inggris lainnya? Pakai Pijar Belajar, yuk! Selain ada materi mengenai teks seperti artikel di atas, ada juga materi short expressions dan grammar lengkap sesuai dengan yang saat ini kamu pelajari di sekolah, lho!


Tunggu apa lagi? Gunakan Pijar Belajar sekarang juga!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved