pijarbelajar

Bahasa Inggris

News Item Text: Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

News Item Text: Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh image

Sobat Pijar pastinya sering nonton berita kan? Dalam bahasa Inggris, teks berita biasanya disebut dengan news item text.


Mempelajari news item text dalam Bahasa Inggris manfaatnya banyak banget, lho. Selain membuat kamu jadi paham soal kaidah-kaidah penulisan teks berita, juga memperkaya vocabulary dan pastinya melatih kemampuan Bahasa Inggris Sobat Pijar. Yuk, simak ulasan berikut ini biar kamu makin paham!


Baca juga: Definition of Report Text: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh


Pengertian News Item

News item itu apa, sih? Sesuai dengan arti kata news itu sendiri, news item bisa diartikan sebagai tulisan yang memuat tentang kejadian atau teks berita.


Di dalam tulisan ini akan diuraikan kejadian-kejadian, fenomena-fenomena, hal-hal yang sedang tren, peristiwa penting, dan informasi lain yang sekiranya penting untuk diketahui orang lain.


Tapi, tidak semua kejadian bisa dimasukkan ke dalam news item ya, Sobat Pijar. Yang bisa ditulis menjadi teks berita tentu saja hal-hal atau kejadian-kejadian yang memiliki nilai bagi orang lain.


Misalnya, nih, kejadian kelupaan tidak mengerjakan PR lalu dimarahi oleh guru itu bukan teks berita. Kamu bisa menuliskan kejadian ini di media sosial tapi tulisan tidak akan dianggap sebagai news karena tidak ada nilainya untuk orang lain.


Tetapi, kalau menulis soal kenaikan harga sembako, itu baru layak dianggap sebagai news. Karena, harga sembako yang naik memiliki efek atau nilai penting untuk diketahui orang lain.


Lalu, membuat teks berita dalam bahasa Inggris juga harus berdasarkan fakta, sumber-sumber yang terpercaya, dan jangan memasukkan opini kamu, ya. Gimana, sudah paham belum, nih, soal pengertian news item text dalam bahasa Inggris?


Fungsi News Item

The purpose of news item atau fungsi dari teks berita ini yang harus kamu tahu adalah memberikan informasi mengenai kejadian atau peristiwa terkini yang penting untuk disampaikan serta berpengaruh untuk orang banyak.


Contohnya, berita tentang kenaikan harga BBM tentu penting untuk diketahui. Semua hal yang juga menyertai kenaikan BBM tadi seperti sembako ikut naik, BBM ditimbun, BBM menjadi langka, dan lainnya penting untuk diketahui masyarakat.


Struktur Teks News Item

Sebelum membuat teks berita dalam bahasa Inggris, kamu harus tahu dulu strukturnya. Struktur ini penting dipelajari supaya pembaca langsung tahu bahwa yang kamu buat adalah teks berita. Berikut struktur teks berita dalam bahasa Inggris yang wajib Sobat Pijar pahami!


Newsworthy Event

Ini adalah bagian awal dimana kamu harus menuliskan main event atau peristiwa inti yang akan diulas di dalam teks. Umumnya, informasi yang disajikan di bagian ini adalah berupa ringkasan dari peristiwa yang akan diulas.


Contoh: Kamu ingin membuat berita tentang kelangkaan gas 3 kg. Maka, newsworthy event harus memuat tentang kejadian ini. Seperti ini contohnya:


The scarcity of 3-kilogram LPG starts to increase. People cannot find it in nearby shops, agents, or even in SPBU. Even if any, it is overpriced and there will be a scramble to get it. This phenomenon is because of the delay of supply and hoarding by agents.


Background Event

Di bagian ini, Sobat Pijar harus menuliskan tentang latar belakang peristiwa yang akan diulas di dalam teks berita. Kamu harus menjelaskan tentang mengapa peristiwa itu terjadi, dimana, bagaimana, dan siapa pelakunya.


Nah, supaya tidak bingung, kamu bisa menggunakan prinsip 5W+1H dalam membuat latar belakang ini. Kenapa, sih, harus memakai prinsip 5W+1H? Tujuannya supaya pembaca lebih mudah memahami teks berita yang kamu buat.


Ingat, teks berita itu tujuannya untuk memberi informasi kepada orang lain. Kalau latar belakangnya tidak lengkap, pembaca jadi bingung dan tidak akan percaya dengan teks berita yang kamu buat, lho.


Source

Nah, ini adalah bagian yang paling penting dari sebuah teks berita. Source atau sumber harus dicantumkan. Jangan sembarangan memilih sumber, ya. Atau berita yang kamu buat nanti jadi tidak sesuai fakta dan malah bisa dianggap berita bohong atau hoax.


Lalu, sumber itu dari mana saja? Sumber bisa berupa keterangan dari saksi mata, pendapat ahli, jurnal ilmiah, dan publikasi lain yang sudah dipastikan keasliannya.


Kaidah Kebahasaan Teks News Item

Kaidah teks news item ini biasanya juga erat kaitannya dengan generic structure news item. Apa, sih, itu? Kamu bisa mengartikan kaidah kebahasaan ini sebagai bahasa-bahasa yang umum dipakai ketika membuat teks berita.


Yaitu, kamu pasti akan memasukkan kata-kata keterangan waktu, kalimat langsung, kutipan, keterangan tempat, dan lainnya. Supaya lebih jelas, simak kaidah kebahasaan pada teks berita yang harus ada di bawah ini:

  • Fokus pada inti berita. Kalimat tidak bertele-tele yang malah membuat inti berita jadi kabur. Pakai bahasa yang lugas dan mudah dimengerti.
  • Pakai kata-kata yang menunjukkan kutipan. Contohnya: reported, informed, told, said “….” She stated, dan sebagainya.
  • Informasikan lokasi kejadian, waktu kejadian, dan bagaimana kejadiannya. Contohnya: Jazz festival was held in Jakarta on Thursday, February 24, 2023.
  • Gunakan grammar past tense untuk kejadian yang sudah terjadi dan present tense untuk peristiwa yang masih berlangsung.
  • Tulisan harus singkat, padat, dan jelas, ya. Khususnya di bagian headline. Contohnya: Three Shot Dead; Plane Crashes, 200 Feared Dead; Long Island Plane Crash Kills 1; Three Girls Still Missing.


Contoh News Item Text Singkat

Berikut ini adalah contoh teks berita atau news item yang membahas tentang bencana alam.


Ecuador earthquake kills at least 15 people

(Source: bbc.com)


At least 15 people have died and more than 400 are injured after a 6.7-magnitude earthquake struck Ecuador's southern coast.


Buildings were damaged in several cities when the earthquake hit at around midday local time (17:00 GMT).


The southern province of El Oro was the worst affected and 12 people died there, authorities said.


Northern Peru felt the quake and a 14-year-old girl died in Tumbes, a border province, when her home collapsed.


In Ecuador, Machala and Cuenca were among the cities that suffered damage to buildings and vehicles, as emergency services rushed to help people.


The epicentre was near Balao, about 80km (50 miles) from Ecuador's second-largest city, Guayaquil, where about three million people live.


"We ran from the house," Machala resident Exon Tobar told the BBC. "The ground - it was a very powerful explosion - it made it shake and it made the electric cables, the windows, and everything move. People were in the streets praying because it didn't stop."


President Guillermo Lasso asked Ecuadoreans to remain calm as officials assess the damage.


He also visited a hospital in the city of Machala to meet with some of the injured people.

The government said more than 250 injured people were treated in the town of Pasaje, in El Oro, and nearly all of them were eventually discharged.


Several roads have been blocked by landslides, while several homes, educational buildings and health centres have been damaged, authorities said.


One person was reported killed in the city of Cuenca, in Azuay province, after a wall collapsed onto their car, while three people died when a security camera tower came down on Jambelí Island, in El Oro province.


There have also been reports of the earthquake being felt in several other cities, including Manabi, Manta and the capital Quito.


This is the strongest quake to hit Ecuador since 2016, when nearly 700 people died and thousands were injured.


Baca juga: Narratives Text: Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contoh

_____________________________________


Itulah tadi pembahasan mengenai news item text, materi ini juga bisa dijadikan sumber tambahan ketika belajar mengenai teks berita dalam bahasa Inggris di buku pelajaran. Semangat belajar terus, ya.


Tertarik untuk menguji kemampuan bahasa Inggrismu? Gunakan Pijar Belajar, yuk! Selain ada materi News Item, ada juga materi lain seperti Tenses, Short Expression, dan Text lain, lho!


Tunggu apa lagi? Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang juga!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved