pijarbelajar

Bahasa Inggris

Definition of Report Text: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Definition of Report Text: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh image

Sobat Pijar sedang mempelajari Report Text atau teks laporan dan masih bingung cara membuatnya? Atau justru masih bingung tentang apa, sih, teks laporan itu? Nah, kalau masih bingung, artikel kali ini akan mengulas tuntas soal teks laporan.


Dalam pelajaran Bahasa Inggris, teks laporan dikenal dengan nama Report Text. Sama dengan pelajaran Bahasa Indonesia, teks laporan dalam bahasa Inggris juga memiliki struktur, ciri-ciri, kaidah-kaidah, dan manfaat. Yuk, simak lebih lanjut!


Baca juga: Explanation Text: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh


Definition of Report Text

Secara bahasa, report text artinya teks laporan. Jika didefinisikan lebih lanjut maka report text bisa diartikan sebagai teks yang berisi laporan tentang sesuatu hal secara detail yang merupakan hasil pengamatan, observasi, penelitian, studi, atau wawancara tentang berbagai hal dalam bahasa Inggris.


Nah, teks laporan dalam bahasa Inggris ini termasuk dalam teks deskriptif. Hal atau objek laporan bisa macam-macam, lho, mulai dari hal yang umum sampai kepada hal yang khusus. Misalnya membuat laporan tentang manusia secara umum atau secara khusus.


Ketika sebuah laporan membahas tentang manusia, maka yang ada di laporan tadi bisa tentang semua hal yang berhubungan dengan manusia. Bisa tentang sistem pernapasan, pencernaan, karakteristik manusia, dan lainnya.


Maka dari itu, agar pembahasan tidak melebar, teks laporan biasanya membatasi pokok bahasan. Sehingga penyusun teks laporan dalam bahasa Inggris bisa lebih fokus dan mendetail dalam menyajikan laporan.


Fungsi Report Text

The purpose of the report text is to inform the audience of observation reports made for many kinds of purposes such as business analysis, education, decision making, auditing, and so on.

Teks laporan dalam bahasa Inggris dibuat untuk tujuan memberikan informasi hasil pengamatan yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Teks laporan memiliki manfaat bagi penulis maupun pembacanya.


Bagi penulis, fungsi teks laporan adalah sebagai sarana menyampaikan gagasan, ide, atau hasil pemikiran. Bagi pembaca, teks laporan berfungsi lebih luas lagi. Di samping itu, teks laporan atau Report Text dapat digunakan untuk tujuan berikut ini:

  • Pengambilan keputusan.
  • Analisis data.
  • Mendapatkan informasi ilmiah.
  • Bahan penelitian selanjutnya.
  • Sebagai kajian akademis.


Generic Structure Report Text

Teks laporan dalam bahasa Inggris atau report text secara umum tersusun dengan urutan struktur atau generic structure. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

  • General Classification. Memuat pernyataan umum yang isinya tentang subjek laporan, keterangan laporan, dan juga klasifikasi.
  • Description. Struktur teks report pada bagian deskripsi akan memberikan gambaran tentang fenomena yang terjadi termasuk pada bagian-bagiannya, kebiasaannya, sifat-sifatnya, dan juga tingkah lakunya.


Kaidah Kebahasaan Report Text

Dalam teks laporan bahasa Inggris tetap berlaku kaidah kebahasaan seperti teks laporan bahasa Indonesia. Berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks laporan atau Report Text dalam bahasa Inggris:

  • General nouns. Sebuah benda baik hidup atau mati yang sifatnya umum. Contohnya adalah hunting dogs dan my dogs. Sifat dari hunting dogs lebih umum dibandingkan dengan my dogs yang bersifat khusus.
  • Related verbs atau linking verbs yaitu to be (is, am, are atau was were) dan to be lain. Contohnya: the data were collected by interview and questionnaire.
  • Timeless present tense. Frasa penanda waktu dalam simple tense misalnya often, usually, always, dan lainnya. Contoh: We always use the same method in this matter.
  • Technical terms. Istilah-istilah ilmiah yang ada dalam teks laporan. Bentuknya adalah kata atau vocabulary misalnya climate, technology, branding, marketing, dan lainnya.


Wah, menarik banget, ya report text ini. Yuk, coba asah lebih jauh pemahamanmu tentang report text bareng Pijar Belajar! Klik banner di bawah ini untuk mengakses berbagai materi pembelajaran Pijar Belajar.



Contoh Teks Report

Berikut ini akan diuraikan contoh teks laporan atau Report Text dalam bahasa Inggris tentang kelinci. Kamu bisa menggunakan ini sebagai contoh ketika nanti ada tugas membuat teks laporan dalam bahasa inggris.


Rabbit as A Pet


Rabbit is one of the most favorable animals that become pets. A rabbit is a mammal from the Leporidae family. This animal can be a source of food or a pet. There are two kinds of rabbits, wild rabbits,s and pet rabbits. A wild rabbit is a rabbit you can find free in nature while a pet rabbit is a rabbit you can find in a breeding place.


Wild rabbits can also be a source of food but it is a bit hard to make them become pets. They usually like to dig a hole in the ground. Meanwhile, pet rabbits are various and they are usually more tame and easy to pet.

Rabbits are vegetarians but they also eat dry food like pellets made from alfalfa grass, mixed vegetables, and fruits. You can mix the food for example give them wet food twice a week and pellet for the rest.


Baca juga: Descriptive Text: Pengertian, Fungsi, dan Struktur

_______________________________________


Nah, itulah tadi pembahasan mengenai report text, struktur dan bahkan juga contohnya. Semoga sobat Pijar semakin jelas, ya, tentang teks laporan dalam bahasa Inggris ini. Semangat belajar, ya!


Jika kamu tertarik untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggrismu, yuk gunakan Pijar Belajar! Pijar Belajar adalah aplikasi penyedia konten pembelajaran dalam bentuk video, latihan soal, dan buku elektronik yang bisa kamu akses mulai dari 10 ribu saja! Wah, murah banget kan?


Tunggu apa lagi? Yuk ngambis dengan download Pijar Belajar sekarang juga!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved