pijarbelajar

Bahasa Inggris

Explanation Text : Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Explanation Text : Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh image

Sobat Pijar, pernahkah kamu membaca informasi tentang bagaimana suatu fenomena bisa terjadi? Nah, dalam bahasa Inggris, ini dinamakan dengan explanation text. Lalu, seperti apa, ya, contoh explanation text itu sendiri?


Namun, sebelum kamu tahu seperti apa contoh explanation text, ketahui dulu apa itu explanation text kelas 11, fungsi, ciri-ciri, dan juga strukturnya. Nah, kalau penasaran, yuk, simak ulasannya di bawah ini!


Baca juga: Descriptive Text: Pengertian, Fungsi, dan Struktur


Pengertian Explanation Text

Sebenarnya apa, ya, explanation text itu? Apa hanya sekedar teks yang isinya tentang penjelasan saja? Nah, biar Sobat Pijar lebih paham, berikut penjelasannya.


Explanation text itu berarti suatu teks yang berisi fakta, pernyataan, maupun situasi yang memaparkan menjelaskan bagaimana suatu fenomena dapat terjadi.


Secara singkat, explanation artinya adalah suatu alasan mengapa sesuatu dapat terjadi. Misalnya, contoh explanation text yaitu menjelaskan tentang bagaimana ulat bisa bermetamorfosis menjadi kupu-kupu.


Dalam sebuah explanation tersebut, Sobat Pijar akan mendapatkan penjelasan tentang alasan atau fakta-fakta yang menjelaskan fenomena tersebut. Jadi, explanation text adalah sebuah jenis teks bahasa Inggris yang isinya tentang mengapa atau bagaimana sesuatu bisa terjadi.


Contoh explanation text bisa bermacam-macam, lho, Sobat Pijar. Bisa memberikan penjelasan tentang fenomena alam, budaya, isu terkini, fakta sosial, dan lain sebagainya.


Fungsi Explanation Text

Nah, sebelum sobat Pijar mengetahui lebih lanjut tentang contoh explanation text, simak dulu, yuk, sebenarnya apa saja ya fungsi dari explanation text? Berikut ini penjelasannya:


1. Memberikan Informasi pada Pembaca

Dari namanya, Sobat Pijar pasti sudah tahu, jika teks explanation dalam bahasa Inggris akan memberikan pemaparan mengapa sesuatu dapat terjadi.


Jadi, salah satu fungsi dari explanation text yaitu untuk menjawab pertanyaan yang banyak muncul di masyarakat umum. Misalnya, contoh explanation text, yakni bagaimana proses hujan bisa terjadi.


Nah, dengan penjelasan tersebut, maka kamu bisa mendapatkan informasi baru tentang fenomena alam. Kemudian, tidak hanya bisa membayangkan proses mengapa hal tersebut bisa terjadi, tetapi juga bisa memahami isi dari teks tersebut.


2. Memberikan Edukasi pada Pelajar

Sobat Pijar pasti pernah membaca mengapa pelangi bisa berwarna-warni, bukan? Nah, penjelasan fenomena alam tersebut juga seringkali disebutkan sebagai contoh explanation text kelas 11, lho.


Jadi, explanation text juga dapat digunakan untuk mengedukasi pembaca maupun pelajar. Pasalnya, pembaca maupun pelajar akan mendapatkan ilmu baru setelah membaca pemaparan tentang contoh explanation text.


Ciri-ciri Explanation Text

Sekarang Sobat Pijar sudah mulai paham, nih, tentang pengertian dan juga tujuan explanation text. Namun, sebelum masuk dalam pembahasan contoh explanation text, ketahui seperti apa ciri-cirinya, di bawah ini:

  • Contoh explanation text akan menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa sesuatu dapat terjadi.
  • Memiliki judul yang jelas dan menarik pembaca. Misalnya, pada contoh explanation text akan menjelaskan tentang siklus metamorphosis katak, maka judulnya bisa menjadi, “How a Tadpole Turns Into Frog?”.
  • Pada paragraf pertama pada contoh explanation text, akan membahas tentang pengenalan subjek secara umum. Kemudian, paragraf berikutnya sampai akhir akan menjelaskan subjek secara lebih mendetail.
  • Umumnya dilengkapi dengan gambar, diagram, maupun tabel untuk memudahkan pembaca dalam memahami penjelasan. Itulah mengapa pada contoh explanation text tidak hanya menyajikan teks saja tetapi dilengkapi dengan elemen lainnya, seperti gambar, grafik, tabel, dan lain sebagainya.
  • Menggunakan istilah ilmiah dan juga teknis yang benar.


Struktur Explanation Text

Dalam bahasa Inggris, explanation text juga memiliki susunan tersendiri. Nah, Sobat Pijar nanti bisa memahami seperti apa pengaplikasikannya pada contoh explanation text nanti.


Namun, sebelum itu, kamu perlu mengetahui seperti apa, nih, struktur dari explanation text. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!


1. Title

Nah, pada setiap contoh explanation text, Sobat Pijar pasti akan menemukan judul. Pada jenis teks ini, judulnya akan bersifat simpel dan tidak bertele-tele.


Judul juga akan sesuai dengan isi teks eksplanation. Misalnya, ketika ingin membuat contoh explanation text tentang bagaimana banjir bisa terjadi, maka judulnya adalah “How Does a Flood Happen?”.


2. General Statement

Pada contoh explanation text, akan ada pernyataan umum atau general statement yang umumnya ada pada kalimat pembuka. General statement akan berisi tentang pengenalan tentang subjek secara singkat yang akan dibahas pada explanation text.


3. Explanation

Ini adalah bagian yang menjelaskan subjek secara logis dan juga lebih mendetail. Jadi, setelah Sobat Pijar menuliskan kalimat pembuka, beberapa paragraf berikutnya akan berisi tentang penjelasan tentang proses mengapa atau bagaimana sesuatu bisa bekerja dan juga terjadi.


4. Conclusion

Struktur explanation text yang yang terakhir adalah penutup atau kesimpulan. Pada bagian ini, Sobat Pijar Bisa menuliskan pendapat, kesan, maupun tanggapan terkait sesuatu yang sebelumnya sudah dijelaskan dalam teks.


Language Feature Explanation Text

Sebelum mengetahui seperti apa contoh explanation text, ada baiknya Sobat Pijar memahami dulu seperti apa kaidah kebahasaan yang umumnya terdapat pada explanation text. Yuk, simak penjelasannya berikut ini:


1. Menggunakan Kata Benda

Sobat Pijar pasti sudah tahu jika pada explanation text seringkali muncul kata benda. Misalnya, seperti rainbow, frog, flower, dan lain-lain. Misalnya, pada contoh explanation text yang menjelaskan tentang tsunami.


Tsunamis can occur due to earthquakes”, yang artinya adalah tsunami bisa terjadi karena gempa bumi.


2. Menggunakan Konjungsi Kronologis dan Sebab Akibat

Beberapa contohnya yaitu, therefore: oleh karena itu, after that: setelah itu, the consequences – akibat yang, then: kemudian, dan lain sebagainya. Biar Sobat Pijar lebih paham lagi, berikut adalah contoh explanation text:


The next process is the eggs will hatch into caterpillars”, yang artinya merupakan proses selanjutnya adalah telur akan menetas menjadi ulat.


3. Menggunakan Kata Kerja yang Menggambarkan Sebuah Aksi

Beberapa kata kerja yaitu contohnya seperti, jump, grows, walk, climb, dan lain-lain. Untuk contoh kalimatnya yaitu:


Orchid flowers thrive in cold areas and tropical seasons”, artinya yakni bunga anggrek tumbuh subur di daerah dingin dan juga musim tropis.


4. Menggunakan Kalimat Pasif

Untuk menunjukkan suatu benda yang mengalami suatu aksi, maka pada contoh explanation text menggunakan kalimat pasif. Yuk, simak bareng-bareng contohnya:


Coffee beans are roasted at 210 degrees Celsius to produce a brown coffee bean color”, artinya adalah biji kopi dipanggang dalam suhu 210 derajat Celcius untuk menghasilkan warna biji kopi yang kecoklatan.


5. Menggunakan Present Tense

Contohnya bisa Sobat Pijar simak sebagai berikut: “Farmers will plant rice during the rainy season”, artinya yaitu petani akan menanam padi saat musim hujan.


Coba klik banner di bawah ini, yuk, untuk mengasah pemahamanmu tentang explanation text!



Contoh Explanation Text Pendek

Nah, untuk lebih memahami materinya, sekarang waktunya Sobat Pijar tahu seperti apa, ya, contoh explanation text. Yuk, simak seperti apa contohnya, berikut ini:


(Title)

How Does Snow Happen?


(General Statement)

Snow is water vapor particles that are white like cotton. The water vapor then freezes in the air and eventually falls to the earth because the air temperature in the area is below 0 degrees Celsius.


(Explanation)

The initial formation of snow comes from water vapor that evaporates and collects in the atmosphere. Then, the water vapor reaches the condensation point so that it clots and forms clouds.


The lump of water floating in the air gains weight so it falls down. If the air temperature below is cold enough, the lump will experience crystallization and that is what is called snow.


(Conclusion)

So, that's the process of how snow happens. The main reason why there is no snow in tropical countries is that the temperature never drops below 0 degrees Celsius. Instead of becoming snow, the falling water particles will actually become rain.


_________________________________________________

Baca juga: Recount Text: Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh


Sekarang pasti Sobat Pijar sudah jelas ya, seperti apa itu explanation text, fungsi, ciri-ciri, dan juga strukturnya. 


Jika ingin memahami materi ini lebih lanjut, kamu bisa menggunakan Pijar Belajar sebagai platform belajar menyenangkan di mana saja dan kapan saja, lho! Ada banyak konten pembelajaran dalam bentuk video, latihan soal, hingga buku elektronik yang bisa kamu akses langsung melalui ponselmu!


Yuk, download Pijar Belajar sekarang juga!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved