pijarbelajar

Bahasa Inggris

Noun Clause: Pengertian, Fungsi, Rumus, Jenis, dan Contohnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Noun Clause: Pengertian, Fungsi, Rumus, Jenis, dan Contohnya image

Tentunya, kalimat dalam bahasa apapun tidak akan terlepas dari kata benda, baik abstrak maupun tidak abstrak, begitu juga dengan bahasa Inggris. Saat menggunakan bahasa Inggris dalam bentuk tertulis maupun lisan, pembaca maupun penulis tidak langsung menggunakan kata benda atau noun, melainkan noun clause yang merupakan bentuk klausa.


Kelompok klausa ini membuat arti kalimat menjadi lebih umum atau lebih spesifik, tergantung dari konteksnya. Untuk memahami lebih jauh tentang materi ini, berikut merupakan pengertian, rumus, jenis, fungsi, dan berbagai contohnya di dalam kalimat.


Pengertian Noun Clause

Noun clause sebenarnya memiliki peran yang sama dengan noun. Hanya saja, di dalam materi noun clause kamu akan belajar tentang kelompok klausa. Klausa adalah sekelompok kata yang bukan kalimat. Klausa ini berperan sebagai noun atau kata benda.


Perannya akan sama dengan sebuah noun pada umumnya, namun nanti konteksnya akan jadi berbeda. Pembicara bisa menggambarkan noun menjadi bentuk lebih umum atau bahkan lebih spesifik, tergantung dari makna yang akan disampaikan.


Fungsi Noun Clause

Fungsi dari sebuah noun clause terbagi menjadi lima. Fungsi ini tidak mengubah makna noun itu sendiri. Yang menjadi pembeda hanyalah posisi klausa di dalam sebuah kalimat. Berikut ini adalah pengertian noun clause dan contohnya berdasarkan fungsi.


Sebagai subjek

Salah satu fungsi noun clause in English adalah sebagai subjek kalimat. Posisi klausanya berada di bagian depan. Umumnya, klausa noun ini akan melakukan sesuatu meskipun klausanya bermakna sebagai benda mati sekalipun.


Sebagai objek

Selain sebagai subjek, klausa noun juga bisa berperan sebagai objek. Letaknya berada di akhir kalimat dan menerima perlakuan sesuatu yang dilakukan oleh subjek.


Sebagai indirect object

Bagian noun clause ini akan menunjukkan bahwa posisinya adalah objek secara tidak langsung. Biasanya, di dalam kalimatnya itu sendiri terdapat dua noun.


Sebagai object of preposition

Posisi noun di dalam kalimat terletak setelah sebuah preposition. Perannya di dalam kalimat adalah objek dan letaknya berada di akhir kalimat.


Subject complement

Noun clause di dalam kalimat ini bersifat complement dari subject. Biasanya, bentuk klausanya cukup panjang sehingga pendengar memaknainya sebagai sesuatu yang spesifik.


Rumus Noun Clause

Di dalam materi noun clause, kamu akan menemukan bahwa rumusnya terbagi ke dalam tiga bentuk, yaitu kalimat tanya, kalimat conditional, dan kalimat berupa statement. Masing-masing memiliki rumus yang berbeda. Berikut adalah penjelasan masing-masing rumus.


Kalimat tanya (question)

Rumus: kalimat tanya + noun clause positive + ?

Contohnya: Do you know where my pencil is?

Penjelasan: di dalam kalimat contoh noun clause question word ini, where my pencil is adalah sebagai sebuah noun clause. Itu sebabnya, bentuk kalimatnya tidak dibalik seperti sebuah pertanyaan. 


Kalimat conditional (if/whether)

Rumus: kalimat utama + if/whether + kalimat conditional

Contohnya: I don’t know if my dad will come home tonight.

Penjelasan: setelah kata if pada contoh noun clause if/whether adalah noun clause yang bentuknya kalimat utuh. Posisinya adalah sebagai subject complement dari klausa “I don’t know” di dalam kalimat.


Kalimat statement

Rumus: That + noun clause + V + O

Contohnya: That the rain is pretty strong makes my mood down.

Penjelasan: kalimat “the rain is pretty strong” pada contoh noun clause that tidaklah dianggap sebagai kalimat utuh melainkan sebuah klausa yang posisinya sebagai subjek kalimat.


Jenis Noun Clause

Ada lima jenis noun clause yang harus kamu ketahui dan akan menentukan makna kalimat itu sendiri. Berikut ini adalah jenis-jenis dan juga contohnya:


Menggunakan question word

Noun clause yang paling umum bentuknya adalah yang menggunakan question word. Di dalam kalimat, bentuknya bisa menjadi subjek atau objek. Apa saja contoh noun clause as subject dan contoh noun clause as object yang menggunakan question word?

- What/when/where/which/who/whom (ever)

- How (far/long/old/many times)

- What (day/kind/time)


Menggunakan if/whether

Di dalam kalimat yang menggunakan if/whether, maka noun clause ini bersifat conditional dan biasanya pembicaranya masih ragu untuk mengutarakan informasi.


Menggunakan that

Jenis kalimat ini berubah menjadi appositive. Setiap kalimat diawali dengan kata that dan diikuti oleh noun clausenya. Pada jenis yang satu ini, maka setiap klausa akan menjadi subjek yang ada di kalimat tersebut.


Contoh Noun Clause

Noun clause akan dibedakan sebagai posisi atau perannya di dalam kalimat, maupun penggunaan nounnya. Simak berbagai contoh di bawah ini untuk melihat lebih jelasnya.


Contoh Noun Clause Question Word

- What she saw last night was actually a thief. (apa yang dia lihat semalam sesungguhnya adalah seorang pencuri). Contoh kalimat ini adalah noun as subject.

- I want to see how good she is at the competition. (saya ingin tahu betapa hebatnya dia di dalam perlombaan itu). Contoh kalimat ini adalah direct object.


Contoh Noun Clause If/Whether

- I wonder if she is going to the gym today. (Aku penasaran apakah dia akan pergi ke gym hari ini). Ini adalah contoh menggunakan if yang berperan sebagai direct object.

- I don’t know whether or not she forgets me. (Aku tidak tahu apakah dia sudah melupakan saya atau belum). Kalimat ini juga menunjukkan direct object.


Contoh Noun Clause That

- She knows that her life will change. (Dia tahu hidupnya akan berubah). Contoh ini menunjukkan appositive sebagai direct object.


____________________________

Baca juga: Procedure Text Bahasa Inggris : Pengertian, Fungsi, Ciri, Struktur dan Contoh


Materi noun clause di atas akan membantu kamu untuk bisa menggunakan noun yang lebih bervariasi. Kadang-kadang, noun tidak bisa digunakan secara spesifik sehingga klausa akan membuat kalimat menjadi lebih efektif.


Masih bingung mengenai materi noun clause ini? Yuk, mulai belajar di Pijar Belajar! Pijar Belajar adalah aplikasi belajar online yang di dalamnya tersedia berbagai materi berdasarkan tingkat kelasmu. Eits, tentunya gak cuma ada mata pelajaran bahasa Inggris saja, tetapi juga ada bahasa Indonesia, Biologi, Matematika, Sosiologi, hingga Ekonomi, lho! Sangat lengkap, ‘kan


Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang juga dan rasakan pengalaman belajar yang seru!




Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved