pijarbelajar

Bahasa Inggris

Pronoun: Subjective, Objective, dan Possessive

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Pronoun: Subjective, Objective, dan Possessive image

Tentunya Sobat Pijar pernah mendengar istilah pronoun, ‘kan? Misalnya, pronoun untuk Ibu adalah She karena ia adalah perempuan. Lalu, untuk ayah? Tentunya He karena ia adalah laki-laki. Yup, dalam bahasa Indonesia, pronoun kita sebut juga sebagai kata ganti.


Pronoun merupakan salah satu part of speech dalam bahasa Inggris. Dengan menggunakan pronoun, kamu bisa membuat sebuah kalimat yang efektif dan mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar. Nah, untuk bisa memahami materi ini lebih jelas, baca ulasan lengkap mengenai pronoun dalam Bahasa Inggris di sini yuk, Sobat Pijar!


Baca juga: Opinion and Thoughts - Materi Bahasa Inggris Kelas 11


Pengertian Pronoun

Pengertian pronoun dalam bahasa Inggris adalah sebuah kata ganti yang mewakili sesuatu, baik yang berjumlah satu maupun yang berjumlah banyak. Misalnya, kamu ingin mengganti nama seseorang yang merupakan laki-laki, maka kamu bisa menyebutnya he, tidak harus menggunakan namanya.


Pronoun juga bisa digunakan sebagai kata ganti benda, baik abstrak maupun yang berwujud. Nah, perlu dicatat juga nih, kalau penggunaan pronoun harus sesuai dengan konteks, sehingga kamu sebaiknya menjelaskan konteksnya di awal kepada lawan bicara.


Untuk memudahkan pemahaman, kamu bisa terlebih dahulu memahami kata ganti orang dalam Bahasa Inggris beserta artinya. Ada kata ganti orang pertama, kata ganti orang kedua tunggal dan jamak, kemudian ada juga kata ganti orang ketiga jamak dan tunggal.


Jenis-Jenis Pronoun

Ada beberapa jenis pronoun yang identik digunakan dalam kalimat Bahasa Inggris, di antaranya adalah subjective pronoun, objective pronoun, possessive adjective, dan possessive pronoun. Keempatnya memiliki fungsi yang berbeda. Baca materinya di bawah ini, ya!


Subjective Pronoun

Subjective pronoun adalah pronoun yang berfungsi untuk mengganti subjek di dalam kalimat. Secara umum, subjective pronoun ada di bagian depan kalimat. Apa saja yang termasuk ke dalam subjective pronoun?

  1.    : saya
  2. You  : kamu atau kalian
  3. We  : kami
  4. They : mereka
  5. He   : dia, untuk lelaki
  6. She  : dia, untuk perempuan
  7. It    : dia, tunggal, untuk benda selain orang

I dan we digunakan untuk kata ganti orang pertama. You digunakan untuk kata ganti orang kedua, baik tunggal maupun jamak. Sementara they, he, she, dan it digunakan untuk kata ganti orang ketiga. They adalah pronoun ketiga jamak, sementara he, she, dan it merupakan pronoun ketiga tunggal.


Objective Pronoun

Objective pronoun adalah kata ganti yang letaknya sebagai object di dalam kalimat Bahasa Inggris. Ciri utamanya adalah digunakan setelah verb atau to be. Object juga bisa berlaku untuk orang maupun benda.

  1. Me   : saya
  2. You  : kamu/kalian
  3. Us   : kami
  4. Them : mereka
  5. Him  : dia, untuk lelaki
  6. Her  : dia, untuk perempuan
  7. It    : dia, untuk benda tunggal, bukan orang


Possessive Adjective

Possessive adjective pronoun merupakan kata ganti yang digunakan untuk menerangkan kepemilikan. Pronoun ini tidak bisa berdiri sendiri, melainkan diikuti oleh kata bendanya. Kata benda tidak diganti, hanya kepemilikannya saja yang diganti. Daftar possessive adjective adalah:

  1. My   : (benda) saya
  2. Your : (benda) kamu/kalian
  3. Our  : (benda) kami
  4. Their : (benda) mereka
  5. His  : (benda) dia, untuk lelaki
  6. Her  : (benda) dia, untuk perempuan
  7. Its   : (benda) dia, untuk benda tunggal, bukan orang


Possessive Pronoun

Sementara possessive pronoun merupakan kata ganti kepemilikan benda dan orangnya di dalam satu kata sekaligus. Jadi, bendanya pun tidak perlu disebutkan lagi di bagian akhirnya karena sudah mewakili keduanya. Daftar possessive pronoun adalah sebagai berikut.

  1. Mine : (milik) saya
  2. Yours : (milik) kamu/kalian
  3. Ours : (milik) kami
  4. Theirs : (milik) mereka
  5. His  : (milik) dia, lelaki
  6. Hers : (milik) dia, perempuan
  7. It    : (milik) dia, benda tunggal, bukan orang


Fungsi Pronoun

Apa fungsi pronoun dalam kalimat secara umum? Ada beberapa poin yang harus kamu pahami mengapa mempelajari pronoun adalah hal yang penting ketika kamu akan membuat sebuah kalimat. Simak beberapa poinnya di bawah ini.


1. Mengganti kata benda

Kata benda tidak harus selalu disebutkan jenisnya atau namanya. Kamu bisa menggunakan pronoun untuk menggantinya sehingga terdengar lebih fleksibel. Namun, lawan bicara harus tahu konteks benda yang dibicarakan terlebih dahulu sehingga pronounnya pun tidak disalahartikan.


2. Mengubah kalimat lebih efisien

Kalimat Bahasa Inggris yang memiliki kata ganti orang pertama, kedua, dan ketiga juga dinilai lebih efisien. Pendengar atau pembacanya tidak akan merasa bahwa kalimat yang disampaikan monoton. Pengulangan nama atau jenis benda pun bisa dihindari dengan menggunakan pronoun yang tepat.


Contoh Kalimat Subject Pronoun

Setelah mengetahui berbagai jenis pronoun, ada baiknya jika kamu melihat beragam contoh kalimat subject pronoun dan object pronoun di bawah ini.


1. Subject pronoun

Rizal goes to the soccer field to exercise every Sunday.

He goes to the soccer field to exercise on Sunday.


Tiara drinks avocado juice almost every week.

She drinks avocado juice almost every week.


The cats are jumping on the playground.

They are jumping on the playground.


My friend and I study Javanese every Saturday.

We study Javanese every Saturday.


2. Object pronoun

Andra brings the mangoes to school.

Andra brings them to school.


Tiara doesn’t see me and Lala.

Tiara doesn’t see us.


She left the house earlier.

She left it earlier.


Baca juga: Offers and Suggestion - Materi Bahasa Inggris Kelas 11


Jadi, pada dasarnya pronoun adalah part of speech dalam Bahasa Inggris yang fungsinya menggantikan kata benda. Pronoun membuat kalimat menjadi tidak membosankan, namun lawan bicara juga harus memahami konteksnya terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menggunakan pronoun yang tepat, ya!


Nah, setelah membaca mengenai pronoun, jenis-jenisnya, beserta contohnya, yuk belajar di aplikasi Pijar Belajar! Kamu bisa lho belajar menggunakan rangkuman, video materi, hingga berlatih soal-soal di mini quiz dan juga latihan soal. Lengkap banget, ‘kan?


Untuk itu, yuk unduh Pijar Belajar dan mulai belajar sesuai gaya belajarmu sekarang juga!




Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved