pijarbelajar

Universitas

Pendaftaran Universitas Padjadjaran yang Bisa Kamu Ikuti

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Pendaftaran Universitas Padjadjaran yang Bisa Kamu Ikuti image

Bagi kamu yang tinggal di Bandung, pasti sudah tidak asing lagi dengan Universitas Padjadjaran. Kampus ini menjadi salah satu universitas favorit di Indonesia yang bisa kamu lirik. Hayo, kamu tertarik untuk ikut pendaftaran Universitas Padjadjaran, nggak?


Universitas Padjadjaran (Unpad) merupakan universitas yang memiliki akreditasi Unggul. Oleh karena itu, Unpad bisa menjadi pilihan terbaik supaya kamu bisa belajar dengan nyaman. Kamu bisa memilih berbagai jurusan yang diinginkan mulai dari Kedokteran, Hukum, Matematika, Pertanian, Ilmu Budaya, dan fakultas lainnya. Sesuaikan saja pilihan kamu dengan minat dan bakat yang dimiliki.


Bagi kamu yang berminat masuk Unpad, berikut beberapa jalur pendaftaran Universitas Padjadjaran yang bisa kamu pilih. 


Baca juga: Daya Tampung Universitas Padjadjaran 2023


Bagaimana Cara Mendaftar di Universitas Padjadjaran?

Jika kamu tertarik untuk kuliah di universitas ini, kamu perlu mengetahui berbagai tahap pendaftaran Universitas Padjadjaran. Pastikan kamu mengetahuinya dengan baik supaya tidak terjadi kesalahan dalam melakukan pendaftaran.


Secara umum, terdapat empat jalur pendaftaran yang bisa kamu ikuti, yaitu seleksi jalur tes, jalur non-tes, jalur prestasi, dan jalur mandiri. Yuk, kenalan sama keempat jalur pendaftaran Universitas Padjadjaran berikut ini. 


Jalur SNBP

Jalur pendaftaran pertama yang bisa kamu ikuti untuk masuk Universitas Padjadjaran adalah jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi). SNBP merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes. Jalur masuk ini menggunakan nilai rapor sebagai penilaiannya. 


Pendaftaran melalui jalur SNBP akan dilakukan melalui sekolah. Jadi, nantinya tiap sekolah akan mendapatkan kuota pendaftaran untuk siswanya. Nah, kamu hanya perlu menyerahkan nilai rapor dan berkas-berkas lainnya kepada pihak sekolah. 


Jalur UTBK - SNBT

Selanjutnya, jika kamu kurang beruntung di jalur SNBP, tak perlu berkecil hati karena kamu masih bisa mencoba masuk Universitas Padjadjaran melalui jalur SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). 


SNBT ini nantinya akan dilaksanakan secara serempak di seluruh Indonesia. Materi yang akan diujikan hanya meliputi Tes Potensial Skolastik (TPS). Nantinya, kamu bisa memilih jurusan di Universitas Padjadjaran pada saat melakukan tes SNBT. 


Seleksi Jalur Prestasi

Jalur pendaftaran selanjutnya adalah melewati jalur prestasi. Pada tahapan ini, kamu akan melakukan beberapa ujian masuk yang telah disiapkan. Sehingga kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik supaya bisa masuk ke universitas favorit di Indonesia.


Supaya kamu bisa melakukan pendaftaran melalui jalur prestasi, maka kamu perlu belajar dengan baik. Hal ini penting supaya kamu bisa mendapatkan nilai yang sesuai dengan standar yang ditentukan. Jika lulus, kamu bisa deh kuliah di Unpad.


Seleksi Jalur Mandiri

Tenang, jika kamu belum lulus melalui jalur prestasi, maka kamu bisa mencoba jalur mandiri. Proses seleksi ini hampir sama dengan jalur prestasi, kamu perlu mengikuti Tes Kemampuan Belajar (TKB) dengan nilai yang bagus.


Jika kamu memilih pendaftaran dengan jalur Mandiri, maka kamu bisa memilih duan program studi yang diminati. Sehingga kamu perlu menyiapkan diri dengan baik supaya bisa lulus tahapan ini. Ujian ini biasanya dilakukan secara online dari rumah masing-masing pada bulan Juli.


Seleksi Terapan Jalur Mandiri

Kamu tidak boleh menyerah ketika gagal seleksi jalur mandiri untuk mendapatkan kualitas kampus terbaik. Unpad menyediakan jalur terakhir yaitu seleksi Terapan Jalur Mandiri yang bisa kamu ikuti. Pastikan saja kamu tidak menyerah sebelum mencoba melakukan pendaftaran.


________________________________________________________________________


Baca juga: Cara Cek Daya Tampung PTN di UTBK SNBT 2023


Begitulah pendaftaran Universitas Padjadjaran yang perlu diketahui. Pastikan kamu tidak menyerah sebelum mulai mendaftar di Unpad. Jangan lupa untuk mengunjungi website Unpad untuk mendapatkan informasi yang jelas mengenai tanggal pendaftaran mahasiswa baru.


Yuk, belajar bareng Pijar Belajar supaya kamu semakin mudah menaklukkan semua tes masuk Universitas Padjadjaran! Di Pijar Belajar, kamu bisa mengakses ribuan soal lengkap dengan pembahasannya kapan aja dan dimana aja.


Pastikan kamu juga ikut berbagai Try Out dan Live Class Pijar Belajar, ya, supaya pemahamanmu semakin terasah!


Download Pijar Belajar sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved