pijarbelajar

Lainnya

Cara Cek Daya Tampung PTN di UTBK SNBT 2023

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Cara Cek Daya Tampung PTN di UTBK SNBT 2023 image

Sembari belajar dengan giat, Sobat Pijar sebenarnya juga butuh melakukan cek daya tampung PTN, lho! Melihat daya tampung PTN bisa membantu Sobat Pijar dalam memprediksi keketatan persaingan perebutan bangku kuliah yang harus dihadapi sesuai program studi incaran masing-masing.


Akan tetapi, Sobat Pijar sudah tahu belum apa itu daya tampung PTN? Lalu, bagaimana cara cek daya tampung PTN di UTBK SNBT 2023 ini? Kalau kamu belum tahu, kamu perlu banget menyimak artikel ini sampai selesai, nih


Mari simak penjelasan cara cek daya tampung PTN di UBTK SNBT 2023 di bawah ini!


Baca juga: Alur Pendaftaran dan Jadwal UTBK SNBT 2023


Apa itu Daya Tampung Perguruan Tinggi Negeri (PTN)?

Pertama-tama, daya tampung adalah jumlah maksimal yang dimiliki oleh setiap perguruan tinggi negeri untuk menerima mahasiswa baru setiap tahunnya. Daya tampung pada setiap perguruan tinggi negeri telah ditetapkan dengan jumlah angka yang spesifik. Biasanya, jumlahnya berbeda untuk setiap jenis jalur penerimaan mahasiswanya.


Data daya tampung PTN ini penting banget, lho, Sobat Pijar. Hal ini dikarenakan melalui informasi daya tampung, kamu jadi bisa memprediksi keketatan masuk PTN dan jurusan incaranmu. Wah, bagaimana caranya, ya? 


Cara melihat keketatan program studi di PTN bisa kamu lakukan dengan cara melihat jumlah daya tampung dan peminatnya. Misalnya, Jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Indonesia memiliki daya tampung 50 dengan peminat 1.242. Maka, bisa dilihat bahwa keketatan persaingan masuk jurusan tersebut cukup tinggi karena kurang lebih hanya 4% saja yang berpeluang masuk jurusan tersebut. 


Cara Cek Daya Tampung PTN di UTBK SNBT 2023

Nah, setelah kita memahami apa itu daya tampung PTN, sekarang Pijar Belajar mau ajak kamu memahami cara cek daya tampung PTN di UTBK SNBT 2023. Caranya sangat mudah, lho! Sobat Pijar cukup ikuti beberapa langkah di bawah ini:


1. Buka Laman SIDATA PTN

SIDATA PTN atau Sistem Informasi Daya Tampung Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah laman resmi yang dirancang khusus untuk melakukan cek daya tampung PTN di seluruh Indonesia. Beragam informasi rinci termuat di dalam SIDATA PTN, mulai dari sebaran peminat dalam 5 tahun terakhir hingga jumlah pendaftar dari seluruh provinsi di Indonesia.

 

Sobat Pijar bisa mengakses SIDATA PTN dengan login akun melalui sso-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau langsung buka sidata-ptn-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ptn_sb.php.


2. Pilih Jenis Kampus yang Ingin Dicek

Setelah masuk ke laman SIDATA PTN, Sobat Pijar bisa memilih daftar politeknik negeri (PN) dan perguruan tinggi negeri (PTN) yang ingin dicek daya tampungnya. Untuk cek daya tampung PN, Sobat Pijar bisa memilih menu "Daftar PN (Program Diploma)" yang ada pada pojok kiri atas dari laman web. Adapun untuk cek daya tampung PTN, silakan klik "Daftar PTN (Program Sarjana & Diploma)" yang ada tepat di samping kanannya.


3. Pilih Nama Universitas

Baik pada menu "Daftar PN" maupun "Daftar PTN", Sobat Pijar bisa melihat seluruh daftar kampus dalam negeri yang menerima pendaftaran mahasiswa baru melalui UTBK SNBT 2023. Sobat Pijar bisa mencari nama kampus yang ingin dicek daya tampungnya, lalu klik kampus tersebut. Setelah itu, Sobat Pijar bisa melihat daya tampung dari seluruh prodi di dalam kampus tersebut beserta data peminatnya pada tahun 2022 yang lalu.


4. Klik Jurusan atau Program Studi Spesifiknya

Bila ingin cek daya tampung PTN secara lebih detail, Sobat Pijar bisa klik salah satu prodi spesifik. Nantinya, SIDATA PTN akan menampilkan beberapa data secara lebih rinci. Data yang lebih rinci tersebut meliputi kode, nama prodi, jenjang, jenis portofolio, dan sebaran peminat dalam 5 tahun terakhir (per 2018 hingga 2022) beserta domisili provinsinya.


Nah, sambil menunggu pelaksanaan UTBK SNBT, coba mulai latihan mengejakan soal-soal SNBT bareng Pijar Belajar, yuk! Klik banner di bawah ini untuk mengakses berbagai latihan soal SNBT.


_________________________________________________________________


Baca juga: Materi UTBK SNBT 2023 Terbaru dan Perubahannya


Begitulah cara cek daya tampung PTN di UTBK SNBT 2023! Sobat Pijar bisa melakukannya kapanpun dan di manapun secara online dengan membuka laman yang sudah disebutkan tadi. Jangan lupa untuk langsung buka dan cek, ya!


Kalau butuh bantuan untuk siap bersaing di UTBK SNBT 2023 mendatang, aplikasi Pijar Belajar bisa jadi salah satu solusi terbaikmu! Belajar materi UTBK SNBT 2023 kini menjadi lebih mudah dengan memakai aplikasi Pijar Belajar, karena kamu bisa menyimak latihan soal beserta video pembahasan secara lengkap dan mudah.


Mau lolos UTBK SNBT 2023 di prodi dan kampus favoritmu? Ayo, download Aplikasi Pijar Belajar sekarang juga!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved