pijarbelajar

Geografi

Jenis-Jenis Danau dan Pemanfaatannya

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Jenis-Jenis Danau dan Pemanfaatannya image

Danau merupakan salah satu air permukaan yang punya ciri khas yang unik. Sobat Pijar, tahu nggak apa yang membedakan danau dengan air darat lainnya? Danau adalah air yang menempati suatu cekungan yang luas. Nah, danau ini juga terbagi ke dalam beberapa jenis lagi, lho. Ada yang tahu apa saja jenis jenis danau itu? 


Kalau kamu belum tahu, coba simak pembahasannya berikut, yuk. 


Baca juga: Urutan Lapisan Atmosfer: Apa itu Atmosfer, Urutan, Ciri dan Fungsi


Pengertian Danau 

Danau adalah genangan air yang menempati suatu cekungan atau basin di permukaan bumi dalam jumlah yang banyak. Tapi, nggak semua genangan air dalam cekungan tanah itu disebut danau, ya. Terdapat beberapa kriteria yang menjadi ciri danau, nih


Pertama, genangan air memiliki strata suhu air yang dalam sehingga terjadi perbedaan suhu. Syarat lainnya yaitu munculnya tumbuhan air yang mengapung tetapi tidak memenuhi seluruh permukaan air. Danau juga dicirikan dengan munculnya gelombang yang terlihat di permukaan airnya. 


Beberapa contoh danau adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Danau Maninjau di Sumatera Barat, Danau Singkarak di Sumatera Barat, dsb. 


Danau merupakan salah satu bentuk perairan darat, lho. Sobat Pijar sudah tahu, belum, apa itu perairan darat? Kalau belum, coba simak artikel Pijar Belajar tentang perairan darat berikut ini, ya!


Apa Saja Jenis Jenis Danau Berdasarkan Cara Terbentuknya? 

Berdasarkan proses terjadinya, terdapat jenis jenis danau.  Diantaranya sebagai berikut: 


1. Danau Tektonik 

Danau tektonik adalah danau yang terbentuk karena pergerakan lempeng atau proses tektonik. Sobat Pijar sudah tahu belum apa itu proses tektonik atau tektonisme? Kalau belum, kamu bisa coba menyimak penjelasan tentang tektonisme dalam artikel Pijar Belajar sebelumnya, ya. 


Nah, proses tektonik ini akan menimbulkan pergeseran lapisan di permukaan bumi. Akibatnya, pergeseran tersebut bisa menimbulkan cekungan besar. Cekungan tersebutlah yang disebut dengan danau tektonik. Danau Maninjau, Danau Tempe, Danau Poso. 


Penjelasan tentang tektonisme ini sudah pernah Pijar Belajar bahas dalam artikel Tektonisme, lho. Simak, yuk! 


Ternyata, danau tektonik di Indonesia ada banyak lho, beberapa di antaranya adalah Danau Maninjau, Danau Tempe, Danau Poso. Kamu bisa menemukan banyak danau tektonik di Indonesia karena Indonesia terletak di pertemuan tiga lempeng, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo Australia, dan lempeng Pasifik. Oleh karena itu, tektonisme banyak dijumpai di Indonesia. 


Apa Ciri Ciri Danau Tektonik? 

Agar Sobat Pijar bisa membedakan danau tektonik dengan danau lainnya, berikut ciri-ciri danau tektonik: 

  1. Punya berbagai jenis macam organisme di dalamnya. Contohnya seperti Danau Sentani yang punya hewan predator seperti hiu gergaji. 
  2. Punya kadar oksigen yang tinggi dalam air. 
  3. Kondisi air tergantung dari kedalaman danaunya. Hal ini terjadi karena cekungan ini berasal dari pergeseran lempeng sehingga menghasilkan kedalaman danau yang dalam pula. 
  4. Perbedaan suhu air juga tidak terlalu mencolok. Cahaya matahari yang menembus danau tidak terlalu dalam sehingga tidak memberikan perbedaan suhu yang jauh baik di waktu siang maupun malam hari. 


2. Danau Vulkanik 

Jenis danau berikutnya adalah danau vulkanik. Seperti namanya, danau vulkanik adalah danau yang terbentuk dari letusan gunung api dan membuat puncak gunung terlempar. 


Nah, sisa dari puncak gunung yang hancur ini pun akan membentuk sebuah cekungan di pegunungan. Nantinya, cekungan itu akan terisi oleh air akibat dari air hujan sehingga terbentuklah danau vulkanik. 

Apa sajacContoh danau vulkanik itu? Beberapa diantaranya adalah Danau Kawah Gunung Kelud dan Gunung Batur. Sobat Pijar juga perlu tahu nih danau vulkanik terbesar di dunia ada di Indonesia lho, yaitu Danau Toba. 


Apa Ciri-Ciri Danau Vulkanik? 

Apa saja sih ciri dari danau vulkanik? Simak informasi ini untuk lebih jelasnya. 

  1. Ada di kawasan gunung berapi. 
  2. Terbentuk setelah erupsi gunung berapi. 
  3. Airnya terisi secara alami. 
  4. Airnya mengandung belerang. 


3. Danau Tektonik Vulkanik 

Sebelumnya kita sudah membahas tentang danau tektonik dan danau vulkanik. Nah, ternyata ada juga, lho, danau yang terbentuk karena gabungan dua peristiwa tersebut. Yup, jenis danau itu adalah danau tektonik vulkanik. 


Jenis danau tektonik vulkanik terbentuk dari kombinasi peristiwa tektonisme dan vulkanisme yang terjadi secara bersamaan. Contohnya adalah Danau Kelimutu dan Danau Towuti. Danau Toba juga termasuk dalam jenis danau tektovulkanik. 


Ciri Ciri Danau Tektonik Vulkanik 

Nah, kira-kira seperti apa, ya, danau tektovulkanik itu? Ini dia penjelasannya. 

  1. Terbentuk dari kombinasi vulkanik dan tektonik yang dialami secara beruntun. 
  2. Punya permukaan air yang lebih tinggi dibandingkan laut. Alasannya karena proses pembentukannya ada di sekitar gunung api. 
  3. Berada di kawasan gunung api. 
  4. Airnya bisa ditampung secara alami karena terjadi akibat proses alam. 
  5. Biasanya air danaunya mengandung belerang karena terbentuk dari proses letusan gunung api. 
  6. Ada banyak ekosistem dan organisme di dalamnya. Contohnya seperti ikan, zooplankton, fitoplankton yang termasuk dalam ekosistem air tawar. 
  7. Punya kandungan oksigen yang cukup di dalam air. 


4. Danau Karst 

Danau karst adalah salah satu dari jenis danau yang mengandung zat kapur. Danau karst terjadi karena proses pengendapan material yang terbawa oleh arus di daerah sungai. 


Proses pembentukan danau ini terjadi di daerah kapur, sehingga terjadi proses pelarutan kapur dari air hujan. Danau karst juga memiliki ukuran yang tidak terlalu luas. Sobat Pijar bisa menemukan danau ini di sebelah selatan Pulau Jawa, yaitu di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta.Contoh danau karst lainnya adalah danau karst Ayamaru. 


Ciri-Ciri Danau Karst

Danau karst juga memiliki beberapa kriteria, nih, yaitu: 

  1. Didominasi oleh batuan kapur. 
  2. Bertekstur lempungan. 
  3. Memiliki debit air yang stabil. 
  4. Bertekstur lempung. 


5. Danau Glasial 

Danau glasial adalah danau yang terjadi karena proses erosi glasial atau gletser sehingga menyebabkan cekungan di daratan. Contoh danau glasial bisa Sobat Pijar temukan pada danau Michigan di Amerika Serikat, Danau St. Laurence di Kanada. 


Ciri-Ciri Danau Glasial

Ciri-ciri danau glasial adalah: 

  1. Berasal dari proses erosi gletser. 
  2. Terbentuk saat musim panas atau musim gugur karena gletser akan mencair dan mengisi cekungan tersebut. 
  3. Airnya cukup dalam. 


6. Danau Cirques 

Jenis jenis danau terakhir yaitu danau cirques yang terbentuk di daerah pegunungan yang tinggi, yaitu di Antartika. Proses pembentukan danau cirques ini berawal dari es yang mencair dan mengisi cekungan sehingga terbentuklah danau. 


Bedanya dengan danau glasial adalah dari terbentuknya. Danau glasial terbentuk karena erosi es sedangkan danau cirques dari es yang mencair. 


Apa Ciri-Ciri Danau Cirques?

Ciri danau cirques yang bisa kamu kenali adalah: 

  1. Dijumpai di pegunungan yang tinggi.
  2. Sebagian besar wilayah pegunungannya ditutup oleh es. 
  3. Berasal dari pencairan es. 


Apa Saja Manfaat Danau? 

Nah, setelah Sobat Pijar memahami jenis jenis danau, selanjutnya kita akan mengenal manfaat danau, nih. Danau ternyata memiliki banyak manfaat untuk kehidupan lho. Contohnya untuk alternatif energi terbarukan seperti listrik.

 

Cara memanfaatkan danau sebagai penghasil listrik adalah dengan memasang turbin pembangkit listrik di bagian aliran danau sehingga mampu untuk menggerakkan turbin dan menghasilkan energi kinetik. Energi kinetik ini nantinya akan diubah menjadi energi listrik. Manfaat lainnya yaitu sebagai rekreasi, budidaya perikanan, dan pengendali banjir. 


Belajar lebih banyak tentang jenis-jenis danau bareng Pijar Belajar! Klik banner di bawah ini untuk mengakses ribuan soal dan materi pembelajaran lainnya, ya.



___________________________________________________________________


Baca juga: Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Beserta Karakteristiknya


Jenis jenis danau dan pemanfaatannya perlu Sobat Pijar pelajari karena materi ini ada di kelas 10 SMA dan termasuk dalam bab Hidrosfer. Nah, untuk mengasah pemahamanmu tentang jenis jenis danau dan ilmu Geografi lainnya, kamu bisa banget, nih, menjadikan Pijar Belajar sebagai teman belajar!


Aplikasi Pijar Belajar menyediakan berbagai konten pembelajaran yang bisa kamu akses kapan pun dan dimana pun. Mulai dari latihan soal sampai video pembahasannya ada semua, lho, di Pijar Belajar.


Yuk, download Pijar Belajar dan rasakan keseruan belajarnya!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved