pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi dan Contoh Singkatnya

Superadmin

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi dan Contoh Singkatnya image

Sobat Pijar pasti pernah mendengar istilah teks laporan hasil observasi, kan? Teks laporan hasil observasi merupakan data yang dihasilkan dari penelitian yang sudah dilakukan menggunakan teknik tertentu. Lalu, apa pengertian dan fungsi teks laporan hasil observasi?


Penulisan teks laporan hasil observasi secara teknis bisa dilihat melalui metodologi penelitian. Untuk mengetahui apa itu teks laporan hasil observasi beserta fungsi, ciri, struktur, dan contohnya, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini. 


Baca juga: Pengertian Artikel: Ciri-Ciri, Tujuan, Struktur, Kaidah


Apa yang Dimaksud dengan Teks Laporan Hasil Observasi?

Definisi dari teks laporan hasil observasi adalah teks yang memaparkan hasil pengamatan atau penelitian yang sudah dilakukan. Dari hasil pengamatan tersebut, data yang diperoleh bisa disusun secara jelas, sistematis, dan terstruktur agar lebih mudah untuk dipahami pembaca.


Salah satu tujuan pembuatan teks laporan hasil observasi adalah untuk memberikan informasi yang valid bagi pembaca. Sugiyono dalam bukunya yang berjudul “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.” menyebutkan bahwa teks laporan hasil observasi merupakan catatan dari keseluruhan proses penelitian atau pengamatan terhadap suatu kondisi atau situasi tertentu. 


Kosasih dalam bukunya yang berjudul “Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra” berpendapat bahwa teks laporan hasil observasi sebagai teks yang memaparkan informasi atau data dari hasil analisis secara sistematis dan terstruktur sesuai dengan bidang keilmuan yang dikuasai pengamat atau peneliti. 


Dalam buku “Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya”, Bungin berpendapat bahwa teks laporan hasil observasi merupakan sebuah metode pengumpulan data yang berfungsi untuk menghimpun dan mengumpulkan data penelitian melalui penginderaan atau pengamatan. 


Nantinya, data yang berhasil dikumpulkan ini akan dipaparkan atau dijelaskan secara sistematis dan runtut sesuai struktur yang berlaku. Karena berfungsi sebagai sumber informasi terpercaya, penulisan teks laporan hasil observasi harus berdasarkan fakta dan terbukti validitasnya. 


Ciri Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Salah satu fungsi teks laporan hasil observasi adalah sebagai sumber informasi yang valid dan terpercaya. Oleh karena itu, teks ini memiliki ciri-ciri untuk membedakannya dengan jenis teks lainnya. Berikut ini ciri-ciri atau karakteristik dari teks laporan hasil observasi.


Faktual 

Salah satu ciri-ciri dari teks laporan hasil observasi adalah faktual atau berdasarkan fakta. Informasi atau data yang ditulis di dalam laporan hasil observasi merupakan fakta yang ditemukan oleh pengamat selama pengamatan. 


Aktual

Tema yang diangkat di dalam teks laporan hasil observasi harus bersifat aktual atau bersifat terbarukan. Teks laporan hasil observasi dapat mengangkat isu-isu yang masih hangat dan relevan dengan peristiwa di kehidupan sehari-hari. 


Tidak Berdasarkan Prasangka

Karena bersifat faktual, penulisan teks laporan hasil observasi tidak memuat prasangka atau dugaan yang masih belum terbukti kebenarannya. Objek yang diobservasi atau diamati harus memiliki kebenaran yang jelas. 


Berkesinambungan

Ciri lain dari teks laporan hasil observasi yaitu harus berkesinambungan antara bab dengan sub bab yang ditulis di dalam teks laporan. Dengan begitu, pembaca bisa memahami dengan baik isi laporan dari hasil observasi yang sudah dilakukan.


Universal

Teks laporan hasil observasi memiliki sifat universal, global, dan objektif. Maka dari itu, hasil laporan observasi ini tidak memiliki kefokusan topik secara spesifik.


Objek Tunggal

Teks laporan hasil observasi bisa dilihat dari objek yang dibahas. Teks laporan hasil observasi membahas mengenai objek tunggal yang dijelaskan secara lengkap sehingga pembaca bisa memperoleh informasi dari laporan observasi yang sudah dibuat oleh pengamat.  



Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

Ada banyak fungsi teks laporan hasil observasi, salah satunya sebagai sumber informasi. Tapi, kira-kira Sobat Pijar sudah bisa jelaskan fungsi teks laporan observasi secara lengkap, belum? Nah, untuk mengetahui fungsi dari teks laporan hasil observasi, berikut penjelasannya.  


Sebagai Sumber Informasi yang Valid dan Terpercaya

Isi teks laporan hasil observasi diperoleh melalui proses penelitian atau pengamatan yang cukup lama. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa data yang diperoleh dari hasil observasi benar-benar valid dan terbukti kredibilitasnya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.


Sebagai Laporan Tugas

Fungsi lainnya dari teks laporan hasil observasi yaitu sebagai laporan tugas atau kegiatan yang sudah diamati. Setiap informasi di dalam teks laporan hasil laporan harus berdasarkan fakta dan terbukti validitasnya sehingga bisa dipertanggungjawabkan oleh penulis atau peneliti.  


Sebagai Dasar Penyusunan Kebijakan

Teks laporan hasil observasi juga memiliki fungsi sebagai dasar dalam menyusun kebijakan atau pemecahan masalah. Setiap penulis atau pengamat harus melakukan observasi secara mendalam dan sesuai dengan kode etik penelitian. 


Sebagai Dokumentasi

Tidak hanya berfungsi sebagai dasar penyusunan kebijakan saja, fungsi sosial teks laporan hasil observasi adalah sebagai dokumentasi. Teks laporan observasi ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk melakukan kajian penelitian yang relevan. 


Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Setelah mengetahui fungsi teks laporan hasil observasi, penulisan teks ini harus dilakukan secara sistematis berdasarkan struktur yang berlaku. Nah, berikut ini struktur penulisan teks laporan hasil observasi.


Pernyataan Umum

Tahap awal menulis laporan hasil observasi adalah menjelaskan pernyataan umum yang berkaitan dengan subjek yang diobservasi. Pada bagian ini, Sobat Pijar bisa menuliskan informasi umum seperti sejarah, asal-usul, dan pernyataan umum lainnya yang berhubungan dengan subjek observasi.


Deskripsi Bagian 

Struktur selanjutnya setelah pernyataan umum yaitu deskripsi bagian yang memuat rincian dari observasi yang sudah dilakukan. Misalnya, Sobat Pijar mengangkat tema tumbuhan, maka pada bagian deskripsi bagian bisa dijelaskan morfologi tanaman mulai dari akar hingga buah. 


Kesimpulan

Bagian terakhir dari teks laporan hasil observasi yaitu kesimpulan yang berisi inti dari hasil observasi yang sudah dilakukan. Pada bagian ini juga cukup dijelaskan dengan kalimat yang singkat dan jelas agar memudahkan pembaca dalam memahaminya. 


Kaidah Kebahasaan Teks Hasil Observasi

Sesuai dengan fungsi teks laporan hasil observasi sebagai sumber informasi yang valid dan terpercaya, dalam penulisan teks laporan ini juga harus memperhatikan kaidah kebahasaan yang berlaku. Berikut ini kaidah kebahasaan yang digunakan dalam menulis teks laporan hasil observasi. 

  • Menggunakan kata kerja atau verba yang menyatakan tindakan atau perbuatan contohnya mengalami, membuat, mengandung, memiliki, mendapatkan, melakukan, membuang, memakan, dan lain sebagainya. 
  • Menggunakan kata sifat atau adjektiva untuk mengungkapkan keadaan, situasi, atau sifat orang, binatang, atau benda contohnya sangat cerdik, paling pintar, amat bodoh, luas sekali, dan lain-lain. 
  • Menggunakan persamaan kata (sinonim) dan lawan kata (antonim) contohnya halus berantonim dengan kasar, pandai bersinonim dengan pintar. 
  • Menggunakan konjungsi atau kata hubung untuk menghubungkan dua satuan bahasa sederajat contohnya dan, atau, sedangkan, supaya, tetapi, dan lain-lain. 
  • Menggunakan kalimat simpleks yang terdiri dari satu struktur kalimat dan kalimat kompleks yang memiliki lebih dari satu predikat atau satu verba.  


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Sesuai dengan fungsi teks laporan hasil observasi, teks ini memang harus ditulis berdasarkan fakta dan disusun secara sistematis, serta terstruktur. Teks laporan hasil observasi juga banyak digunakan untuk melakukan penelitian di berbagai bidang, lho. Salah satunya sosiologi.


Penjelasan mengenai laporan penelitian Sosiologi sudah pernah Pijar Belajar bahas dalam artikel sebelumnya. Coba simak, ya!


Nah, untuk memudahkan Sobat Pijar dalam memahaminya, berikut ini contoh teks laporan hasil observasi singkat


Contoh 1


Sampah


Sampah merupakan salah satu contoh barang sisa yang sudah tidak memiliki nilai ekonomi alias tidak berguna. Sampah memang menjadi masalah yang hingga saat ini masih sulit diatasi. Sampah sendiri bisa dibedakan menjadi 2 macam yaitu sampah organik dan anorganik.  


Sampah organik merupakan jenis sampah yang memiliki sifat mudah membusuk sehingga bisa diuraikan kembali. Sampah jenis ini biasanya berupa limbah rumah tangga seperti sisa sayuran, cangkang telur, kulit buah, nasi basi, dan masih banyak lagi. 


Berbeda dengan sampah organik, sampah anorganik merupakan jenis sampah yang tidak bisa hancur secara alami dan sulit untuk diuraikan karena mengandung bahan kimia. Contoh sampah anorganik antara lain botol minuman, plastik, bungkus detergen, dan lain-lain. 


Meski begitu, baik sampah organik maupun sampah anorganik sebenarnya masih bisa didaur ulang menjadi barang-barang yang memiliki nilai guna dengan cara pengolahan yang baik dan tepat. 


Contoh 2


Susu Kedelai


Susu sari kedelai atau yang sering disebut susu kedelai merupakan salah satu minuman bergizi yang terbuat dari sari kacang kedelai. Sari kedelai yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu ini memang menjadi minuman menyehatkan yang memiliki banyak khasiat. 


Sama seperti susu sapi atau susu kambing pada umumnya, sari kedelai juga memiliki ciri0ciri berwarna putih dengan rasa manis dan gurih yang nikmat. Sari kedelai ini sangat aman untuk dikonsumsi orang yang memiliki alergi terhadap susu sapi.


Tidak kalah dengan jenis susu lainnya, sari kedelai juga kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti protein, mineral, vitamin C, vitamin B, dan nutrisi lainnya. Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, sari kedelai dapat membantu mencegah penuaan dini. 


Selain itu, sari kedelai juga mampu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, mencegah penyakit diabetes, hipertensi, dan jantung koroner. Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan, sari kedelai ini cocok dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga dewasa. 


____________________________________________________________________


Baca juga: Teks Biografi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Contohnya


Dari ulasan di atas, Sobat Pijar pastinya sudah paham dengan fungsi teks laporan hasil observasi beserta strukturnya, kan? Dalam penulisannya, teks laporan hasil observasi ini harus dilakukan secara sistematis dan terstruktur berdasarkan fakta dan terbukti kredibilitasnya.


Yuk, cari tahu lebih banyak tentang fungsi teks laporan hasil observasi dan materi Bahasa Indonesia lainnya di Pijar Belajar. Pijar Belajar menyediakan berbagai konten pembelajaran menarik untuk SD, SMP, dan SMA. Beberapa di antaranya seperti latihan soal dan video pembahasan.


Download Pijar Belajar sekarang!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved