Pengertian Artikel: Ciri-Ciri, Tujuan, Struktur, Kaidah - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Pengertian Artikel: Ciri-Ciri, Tujuan, Struktur, Kaidah

| 0 minute read
Pengertian Artikel: Ciri-Ciri, Tujuan, Struktur, Kaidah image

Bagi Sobat Pijar yang hobi membaca, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah artikel, kan? Pengertian artikel sendiri merupakan rangkaian tulisan atau karangan yang dibuat berdasarkan kenyataan atau fakta dan opini yang dipublikasikan ke media baik media online maupun media cetak. 


Gagasan dalam artikel ini bertujuan untuk menyakinkan, mendidik, dan memberikan informasi bagi pembaca. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan artikel dan jenis-jenisnya, simak ulasan berikut ini, yuk!


Pengertian Teks Artikel Adalah 

Artikel dapat diartikan sebagai suatu rangkaian tulisan atau karangan yang dibuat sesuai dengan fakta dan opini yang dipublikasikan di berbagai media, seperti media cetak, media online, maupun media sosial. 


Tujuan dari penulisan artikel adalah untuk menyampaikan sebuah gagasan yang memuat fakta dan data yang dapat meyakinkan, mendidik, atau sebagai media hiburan bagi para pembacanya. 


Selain berdasarkan fakta, artikel juga bisa disajikan dalam bentuk opini untuk memberikan tanggapan mengenai suatu hal atau permasalahan yang tengah terjadi di masyarakat sekaligus memberikan solusi bagi permasalahan tersebut. 


Namun, perlu diperhatikan juga bahwa dalam penulisan artikel harus berangkat dari data dan fakta yang akurat sehingga isi dari artikel dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 


Jadi, bisa disimpulkan bahwa pengertian artikel adalah suatu karya tulis yang berisi fakta dan opini dari seseorang mengenai suatu permasalahan atau objek yang sifatnya aktual dengan tujuan untuk menyampaikan informasi, menanggapi, meyakinkan, dan menghibur pembaca. 


Ciri-Ciri Teks Artikel

Setelah mengetahui pengertian dari artikel, Sobat Pijar juga harus tahu apa ciri-ciri dari teks artikel. Nah, berikut beberapa ciri-ciri artikel yang wajib kamu ketahui: 


Isi Mengandung Fakta dan Opini

Salah satu ciri dari teks artikel yaitu isi yang disampaikan harus berdasarkan fakta dan opini. Dalam penulisan artikel juga harus dibuat berdasarkan sudut pandang yang objektif dilengkapi dengan data yang valid dan akurat sehingga tidak berpihak dan tidak menyudutkan salah satu pihak.


Artikel Ringkas dan Padat

Ciri artikel lainnya adalah penulisannya harus singkat, padat, dan jelas menggunakan bahasa yang komunikatif serta efektif. Hal ini bertujuan agar isi artikel dapat dipahami dengan mudah oleh para pembaca dan tidak bertele-tele. 


Faktual dan Informatif

Artikel juga memiliki ciri bersifat faktual dan informatif. Bersifat faktual karena dalam penulisan artikel harus didasarkan pada kenyataan yang memuat fakta dan kebenaran. 


Sementara itu, bersifat informatif karena artikel mengandung informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


Sistematis

Dalam penulisan artikel juga harus secara sistematis untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi artikel. 


Tujuan Teks Artikel

Sesuai dengan pengertian artikel, karya tulis satu ini memiliki maksud dan tujuan tertentu. Berikut ini tujuan penulisan artikel bagi penulis dan pembaca: 


Bagi Penulis

Tujuan penulisan teks artikel bagi penulis yaitu menjadi sarana untuk menyampaikan ide dan gagasan sekaligus melatih berpikir secara kritis dan sistematis. Penulisan artikel juga bertujuan menguraikan, membahas, dan menjelaskan suatu masalah sesuai bidang keilmuan yang dikuasai oleh penulis. 


Bagi Pembaca

Tidak hanya bagi penulis, teks artikel juga memiliki manfaat dan tujuan bagi pembaca. Tujuan penulisan teks artikel bagi pembaca sesuai dengan pengertian artikel di atas yaitu menjadi sarana memperoleh informasi, pengetahuan, dan hiburan.


Baca juga: Perbedaan Kalimat Aktif dan Pasif Beserta Contohnya


Struktur Teks Artikel 

Sama seperti teks pada umumnya, dalam penulisan artikel juga perlu memperhatikan struktur. Nah, agar Sobat Pijar makin paham, berikut ini penjelasan selengkapnya tentang struktur artikel. 


Tesis (Pernyataan Pendapat)

Tesis atau pernyataan pendapat merupakan bagian awal artikel yang berfungsi sebagai pembukaan. Pada bagian ini terdapat orientasi atau pengenalan mengenai topik utama yang ingin dibahas di dalam artikel dan mengandung penjelasan aktual alias terkini.


Argumentasi

Bagian argumentasi pada teks artikel memuat penjelasan mengenai pokok-pokok permasalahan yang dibahas dan ingin dikupas tuntas secara faktual dan informatif. 


Pernyataan Ulang

Bagian terakhir dalam teks artikel adalah pernyataan ulang yang memuat kalimat kunci atau kesimpulan sebagai rangkuman dari berbagai penjelasan yang sudah dibahas. 


Kaidah Kebahasaan Teks Artikel 

Setelah mengetahui pengertian artikel dan ciri-cirinya, Sobat Pijar juga wajib memahami kaidah kebahasaan yang digunakan dalam menulis teks artikel. Berikut ini kaidah kebahasaan dalam penulisan artikel. 


Kalimat Aktif

Dalam menulis artikel, Sobat Pijar bisa menggunakan kalimat aktif, lho. Kalimat aktif merupakan kalimat yang memiliki subjek aktif untuk menjelaskan suatu kegiatan seperti kata memakai, menggunakan, bermain, melakukan, dan lain sebagainya. 


Kata Kerja Mental, Relasional, dan Material

Selain kalimat aktif, artikel juga menggunakan beberapa kata kerja seperti kata kerja mental, relasional, dan material. Kata kerja dalam artikel bertujuan untuk menjelaskan tujuan atau perasaan penulis. Contoh kata kerja mental antara lain kata semangat, antusias, dan lain-lain. 


Contoh kata kerja material antara lain kata membaca, melakukan, mengerjakan, dan lain sebagainya. sementara itu, contoh kata kerja relasional antara lain kata yaitu, adalah, merupakan, dan lain sebagainya. 


Konjungsi

Konjungsi atau kata hubung juga digunakan dalam penulisan artikel yang berfungsi untuk menghubungkan antara satu kalimat dengan kalimat lainnya. Contoh konjungsi yang sering digunakan dalam artikel antara lain kata setelah itu, kemudian, namun, oleh karena itu, dan lain-lain. 


Kosakata Tambahan

Untuk membuat teks artikel terkesan lebih menarik dan berkualitas, Sobat Pijar bisa menggunakan kosakata kata tambahan alias istilah-istilah ilmiah dari topik yang dibahas. Misalnya, kata sintesis untuk menggantikan kata buatan, metamorfosis untuk mengganti kata perubahan, dan lain-lain. 


Kata Keterangan

Kata keterangan juga sering dipakai dalam penulisan teks artikel untuk mendeskripsikan ekspresi dari sikap penulis dalam menanggapi suatu fenomena atau peristiwa sehingga lebih menyakinkan pembaca. 


Perbedaan Fakta dan Opini dalam Teks Artikel 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai pengertian artikel, dalam penulisannya Sobat Pijar memang perlu memperhatikan fakta dan opini terkait topik yang dibahas dalam artikel. Lalu, apa sih bedanya fakta dan opini? Nah, berikut ini beberapa perbedaan antara fakta dan opini:


Tabel Perbedaan Kalimat Fakta dan Kalimat Opini


Baca juga: Rancangan Penelitian – Pengertian, Jenis, Metode, Langkah dan Contohnya


Jenis-Jenis Teks Artikel 

Berdasarkan cara penyampaian dan tingkat kesulitannya, artikel bisa dibedakan menjadi 4 macam yaitu artikel opini, artikel analisis, artikel ringan, dan artikel praktis. Agar Sobat Pijar makin paham tentang pengertian artikel berdasarkan jenis, berikut penjelasan selengkapnya: 


Artikel Opini

Pengertian artikel opini adalah sebuah artikel yang membahas dan memaparkan suatu permasalahan atau fenomena yang terjadi berdasarkan opini atau pendapat penulis. Dalam penulisan artikel jenis ini, penulis menyajikan data pendukung yang valid dan akurat untuk meyakinkan pembaca. 


Contoh artikel opini ini bisa Sobat Pijar temukan di media massa seperti koran atau majalah. Artikel opini pada media massa biasanya dikenal dengan sebutan kolom opini atau rubrik berupa editorial atau tajuk rencana. 


Artikel Analisis

Jenis artikel selanjutnya yaitu artikel analisis atau dikenal juga dengan sebutan artikel ilmiah. Sesuai dengan namanya, artikel jenis ini dibuat paling serius yang memuat dan memaparkan laporan hasil kajian atau penelitian secara sistematis.


Contoh artikel analisis antara lain skripsi, jurnal, tesis, disertasi, dan lain sebagainya. Artikel analisis ahli ini juga lebih mengedepankan penggunaan bahasa yang baku atau ilmiah. 


Artikel Praktis

Artikel praktis bisa diartikan sebagai artikel yang berfokus pada keterampilan penulis dibandingkan pengembangan pengetahuan. Artikel jenis ini biasanya memiliki sifat naratif yang disusun berdasarkan urutan waktu, tahapan, atau kronologi peristiwa misalnya artikel prosedur.  


Artikel Ringan

Artikel ringan merupakan jenis artikel yang membahas tentang topik permasalahan yang ringan dan tidak membutuhkan pemahaman mendalam. Artikel ini bisa berisi lelucon atau humor untuk menghibur pembacanya. 


________________________________________________________


Ulasan di atas bisa menjadi referensi bagi Sobat Pijar untuk memahami lebih jauh tentang pengertian artikel, struktur, dan jenis-jenisnya. Dengan begitu, Sobat Pijar jadi bisa membuat artikel dan esai dengan baik dan benar sesuai struktur dan kaidah kebahasaan yang diberlakukan. 


Ingin tahu lebih banyak seputar artikel dan teks kebahasaan lainnya? Yuk, cari tahu di Pijar Belajar. Pijar Belajar merupakan aplikasi belajar yang menyediakan banyak latihan soal untuk mata pelajaran SD, SMP, dan SMA lengkap dengan pembahasannya.


Download Pijar Belajar sekarang!

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image