pijarbelajar

Universitas

Biaya Kuliah Universitas Padjadjaran Jalur Reguler dan Mandiri, Mahal Kah?

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Biaya Kuliah Universitas Padjadjaran Jalur Reguler dan Mandiri, Mahal Kah? image

Universitas Padjadjaran (Unpad) merupakan perguruan tinggi yang berdiri sejak 11 September 1957 di Bandung, Jawa Barat. Unpad menjadi salah satu universitas sasaran utama para mahasiswa karena kualitasnya yang sudah terbukti mendunia. Mengingat tingginya peminat di PTN ini, kira-kira berapa, ya, biaya kuliah di Universitas padjadjaran? 


Bukan cuma mementingkan akreditasi dan kualitas pendidikannya, besaran biaya kuliah juga perlu kamu pertimbangkan, lho, Sobat Pijar. Pertimbangan tersebut bisa didasari oleh kondisi finansial keluargamu dan juga faktor lainnya. 


Nah, dalam artikel kali ini, Pijar Belajar mau kasih tau kamu informasi tentang biaya kuliah di Universitas Padjadjaran. Yuk, simak penjelasan berikut ini. 


Baca juga: Pendaftaran Universitas Padjadjaran yang Bisa Kamu Ikuti


Biaya Kuliah Universitas Padjadjaran 2022

Universitas Padjadjaran secara umum menerapkan dua biaya kuliah untuk mahasiswanya, yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Dana Pembangunan. Tapi, tidak semua mahasiswa wajib membayar keduanya, ya. 


Bagi mahasiswa baru yang lolos melalui jalur SNBP dan SNBT tidak akan dikenakan Dana Pembangunan, ya. Jadi, kamu cukup membayar biaya UKT saja per semester. Nah, besaran UKT ini terbagi ke dalam delapan kategori, nih. Nantinya, pihak universitas akan menentukan kategori UKT untukmu berdasarkan kondisi finansial keluarga. 


Berikut besaran UKT untuk mahasiswa Universitas Padjadjaran jalur reguler. 




Dana Pembangunan hanya akan dikenakan kepada mahasiswa yang lolos melalui jalur mandiri maupun jalur selain SNBP dan SNBT lainnya. Nantinya, Dana Pembangunan ini akan dikenakan per semester bersamaan dengan UKT. 


Nah, selain dana pembangunan, mahasiswa yang lolos jalur mandiri juga akan dikenakan kelompok UKT tertinggi, ya. 


Besaran UKT di Universitas Padjadjaran cukup bervariasi bergantung pada jurusan yang dipilih. Namun, kelompok UKT terkecil di semua Jurusan Universitas Padjadjaran dikenakan tarif Rp500.000. Lalu, untuk besaran tertingginya bermacam-macam, mulai dari Rp6.000.000 sampai Rp13.000.000. 


Dikutip langsung dari website resmi Seleksi Mandiri Unpad, berikut adalah besaran UKT dan Dana Pembangunan untuk mahasiswa baru jalur mandiri 2023. 




_______________________________________________________


Baca juga: Daya Tampung Universitas Padjadjaran 2023


Ternyata biaya kuliah Universitas Padjadjaran ini cukup bervariasi, ya. Walaupun begitu, Sobat Pijar nggak perlu khawatir akan merasa kesulitan dengan adanya UKT tersebut, ya. Unpad memiliki banyak sekali beasiswa yang terbuka untuk seluruh mahasiswanya, kok. Nah, kamu bisa banget mengambil beasiswa tersebut untuk meringankan biaya kuliahmu. 


Gimana? Jadi semakin semangat, ya, untuk kuliah di Universitas Padjadjaran. Yuk, mulai persiapkan dirimu sedini mungkin untuk bersaing masuk ke Unpad! Kalau soal ini, pastinya Pijar Belajar selalu siap jadi teman belajar kamu, dong!


Kamu bisa banget mempelajari soal-soal SNBT maupun ujian masuk lainnya di Pijar Belajar. Bukan cuma itu, materi-materi mata pelajaran untuk siswa SMA, SMP, dan SD juga tersedia, lho. Jadi, kamu nggak perlu lagi repot membuka banyak buku pelajaran untuk mengulang materi. 


Keren banget, kan? 


Yuk, download Pijar Belajar dan rasakan keseruan belajarnya sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved