pijarbelajar

Ekonomi

Apa itu NAFTA? Sejarah, Tujuan dan Anggotanya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Apa itu NAFTA? Sejarah, Tujuan dan Anggotanya image

Jika di Asia Tenggara ada AFTA maka di wilayah Amerika Utara ada organisasi perdagangan bebas bernama NAFTA (The North Free Trade Agreement). Apakah Indonesia termasuk anggota NAFTA? Tentu saja tidak, karena organisasi tersebut merupakan blok perdagangan trilateral yang terdiri dari 3 negara.


Negara yang tergabung dalam organisasi tersebut adalah Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Dengan adanya organisasi perdagangan bebas di wilayah Amerika Utara, maka semua hambatan dalam investasi dan perdagangan antara ketiga negara tersebut bisa dihilangkan.


Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara dibentuk sebagai upaya untuk meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi khususnya perdagangan bebas di kawasan Amerika Utara. Apakah NAFTA masih ada sampai sekarang? Untuk tahu jawabannya, langsung saja ikuti pembahasannya di bawah ini.


Baca juga: Organisasi APEC: Tujuan, Sejarah, Anggota dan Struktur Organisasinya


Apa itu NAFTA?

Apa yang dimaksud dengan NAFTA? Seperti yang sudah disinggung di awal, NAFTA singkatan dari The North Free Trade Agreement. Perjanjian perdagangan bebas tersebut mengatur berbagai hal terkait fasilitas perdagangan, seperti investasi, tarif, pengadaan pemerintah, hak kekayaan intelektual dan lainnya. NAFTA ini merupakan salah satu bentuk kerjasama ekonomi internasional


Selain itu, dalam perjanjian tersebut terdapat beberapa ketentuan yang disepakati. Mulai dari rules of origin yang membantu untuk mengaplikasikan aturan utama, prosedur bea cukai, sanitasi, masalah pertanian, perdagangan jasa, hingga mekanisme penyelesaian pada masalah sengketa dagang ekspor dan impor.


Adapun, manfaat NAFTA antara lain adalah meningkatkan perdagangan luar negeri yang ditandai dengan meningkatnya ekspor, harga barang yang lebih rendah karena ada penghapusan tarif, meningkatkan industri otomotif, serta meningkatkan investasi asing.


Pada tanggal 27 Agustus 2018, Donald Trump yang saat itu menjabat presiden Amerika Serikat mengusulkan penggantian nama NAFTA yang kemudian disepakati menjadi USMCA (United States-Mexico-Canada-Agreement).


Mengapa NAFTA berubah menjadi USMCA? Salah satu alasannya karena ada tujuan baru yang hendak dicapai, yaitu penegakan hak pekerja serta menekan harga untuk jenis obat-obatan biologis. Perubahan nama tersebut akhirnya disetujui oleh ketiga negara pada 30 September 2018.


Meskipun memiliki banyak manfaat, tapi keberadaan NAFTA dianggap merugikan dunia loh! Mengapa NAFTA dianggap merugikan dunia? Pasalnya volume perdagangan internasional yang meningkat hanya berdampak kecil pada harga serta kesejahteraan sehingga menimbulkan kesenjangan sosial.


Latar Belakang NAFTA

Pembentukan NAFTA dilatarbelakangi oleh adanya keinginan untuk meningkatkan serta memajukan kegiatan perdagangan di wilayah Amerika Utara. Perjanjian tersebut merupakan hasil dari kesepakatan dan keinginan tiga negara anggotanya dalam mewujudkan perdagangan bebas di Amerika Utara.


Sejarah Pembentukan

NAFTA merupakan salah satu bentuk kerjasama di bidang ekonomi dan perdagangan. Sejarah pembentukannya sudah dimulai sejak April 1988 melalui American Summit di Chilli. 


Pertemuan yang membahas masalah budaya, cyberspace dan perjalanan ini rupanya menarik minat Meksiko sehingga ingin bergabung dalam kerjasama.


Perjanjian perdagangan bebas di kawasan Amerika Utara kemudian dibentuk pada tahun 1990 dengan tiga negara anggota di dalamnya, yaitu AS, Kanada dan Meksiko. Organisasi tersebut juga dibentuk sebagai pengganti CUSFTA yang sebelumnya hanya beranggotakan AS dan Kanada.


Penandatanganan Perjanjian Perdagangan Bebas

Setelah penandatanganan perjanjian perdagangan bebas yang dilakukan oleh AS dan Kanada, selanjutnya pemerintahan George H. W. Bush (AS), pemerintahan Brian Mulroney (Kanada) serta pemerintahan Carlos Salinas de Gortari (Meksiko) melakukan negosiasi draf dari cikal bakal NAFTA.


Kemudian, masing-masing pemerintahan ketiga negara mengirimkan perjanjian tersebut untuk diratifikasi pada bulan Desember 1992. Namun, ada penolakan perjanjian di negara AS dan Kanada sehingga ketiga negara melakukan ratifikasi pada 1993 dengan menambahkan 2 kesepakatan.


Adapun kesepakatan untuk melakukan perdagangan bebas sudah ditetapkan pada 12 Januari 1992. Namun dalam pelaksanaannya, perjanjian perdagangan bebas Amerika Utara baru terlaksana secara resmi pada 1 Januari 1994. Organisasi ini bermarkas di Washington D.C, Ottawa, dan Mexico City.


Tujuan NAFTA

Nah, jika sebelumnya kamu sudah menyimak pembahasan tentang apa itu organisasi NAFTA, sekarang lanjut ke tujuan organisasi. Tujuannya adalah seperti berikut:

  1. Meningkatkan dan memajukan kegiatan ekonomi negara anggota.
  2. Standarisasi produk barang yang diperdagangkan di perdagangan bebas.
  3. Meningkatkan pelayanan kepada konsumen dengan tetap mengutamakan aspek ramah lingkungan, keselamatan dan kesehatan.
  4. Mengatur kegiatan dan keseimbangan ekspor maupun impor dari negara anggota.


Selain mengetahui tujuan diatas, sebenarnya apa peran dari NAFTA? Salah satu peran penting dari organisasi tersebut adalah menghilangkan hambatan yang biasa muncul dalam perdagangan diantara ketiga negara anggotanya serta menciptakan zona perdagangan dengan skala besar di dunia.


Bukan hanya itu saja, dalam piagamnya disebutkan bahwa organisasi tersebut juga memiliki tugas mengkoordinasikan kegiatan ekonomi dan perdagangan, kegiatan budaya, komunikasi, kegiatan sosial, paspor dan visa, kegiatan kesehatan, serta kewarganegaraan.


Anggota NAFTA

Ide mengenai organisasi perdagangan bebas di wilayah Amerika Utara pertama kali digagas oleh Ronald Reagen pada tahun 1980 dalam kampanyenya sebagai calon presiden AS. Adapun yang menjadi anggota organisasi adalah tiga negara, yaitu Amerika Serikat termasuk Alaska, Kanada dan Meksiko.


_______________________________________________________


Baca juga: Ini Dia Rangkuman Materi Ekonomi Kelas 12 Terlengkap


NAFTA dibentuk oleh negara Amerika Serkiat, Kanada dan Meksiko pada tahun 1990. Kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan kegiatan ekonomi anggotanya melalui perdagangan bebas dan menghilangkan hambatan yang sering muncul dalam perdagangan internasional.


Yuk, kenalan dengan berbagai bentuk kerjasama ekonomi internasional lainnya dan segala hal tentang NAFTA bareng Pijar Belajar! Melalui Aplikasi Pijar Belajar, kamu bisa mengakses ribuan konten pembelajaran terlengkap kapan aja dan dimana aja, mulai dari rangkuman materi, video materi, hingga latihan soal dan pembahasannya.


Download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved