pijarbelajar

Ekonomi

Organisasi APEC: Tujuan, Sejarah, Anggota dan Struktur Organisasinya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

0

Organisasi APEC: Tujuan, Sejarah, Anggota dan Struktur Organisasinya image

Kamu pasti pernah mendengar informasi tentang perdagangan bebas. Tapi apakah kamu tahu kalau istilah tersebut sangat erat kaitannya dengan organisasi APEC? APEC sendiri merupakan singkatan dari Asia Pacific Economic Cooperation.


Secara garis besar, organisasi satu ini memiliki peran cukup penting dalam mendorong kerjasama di bidang ekonomi maupun perdagangan, khususnya yang berada di kawasan Asia Pasifik. Sesuai namanya, APEC berfungsi sebagai forum ekonomi internasional bagi negara-negara di kawasan Asia Pasifik.


Tentunya ada banyak hal penting yang perlu diketahui dari APEC. Mulai dari pengertiannya, tujuan, sejarah pembentukannya, struktur organisasi hingga peran Indonesia dalam organisasi tersebut. Agar lebih jelas, kamu bisa simak informasinya di bawah ini.


Baca juga: Daftar Organisasi Regional dan Pengaruhnya terhadap Indonesia


Apa itu APEC?

Seperti yang disebutkan di awal, APEC adalah organisasi perekonomian di sekitar wilayah Asia Pasifik yang menjadi wadah bagi anggotanya untuk menjalin kerjasama di bidang ekonomi dan perdagangan. Nah, APEC ini merupakan salah satu organisasi ekonomi regional yang berdiri pada 1989. 


APEC adalah organisasi internasional non politis yang dalam keanggotaannya diketahui ada Hongkong-China dan Chinese Taipei. Sementara itu, yang berperan sebagai pengamat APEC terdiri dari ASEAN Secretariat, PECC (Pacific Economic Cooperation Council) dan PIF (Pacific Islands Forum).


Adapun, prinsip kerjasama yang berlaku di organisasi APEC adalah seperti berikut:

  1. Consensus yaitu setiap keputusan APEC harus disepakati bersama dan bermanfaat bagi seluruh anggotanya.
  2. Voluntary and non-binding yang artinya semua kesepakatan tidak mengikat dan bisa dilakukan secara sukarela.
  3. Concerted unilateralism yaitu pelaksanaan keputusan organisasi dilaksanakan bersama-sama sesuai kemampuan masing-masing anggota.
  4. Differentiated time frame yang artinya setiap negara dengan ekonomi maju diharapkan bisa melakukan proses liberalisasi terlebih dulu.


Dengan menerapkan prinsip tersebut maka kerjasama APEC lebih bersifat fleksibel sehingga memberikan keleluasaan gerak bagi para anggotanya sesuai kemampuan, baik dalam hal uji coba, improvisasi maupun pelatihan bersama sehingga bisa mencapai kesepakatan yang ditetapkan.


Tujuan Organisasi APEC

Setiap organisasi pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai, termasuk APEC. Nah, tujuan dari organisasi APEC adalah mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan di wilayah Asia Pasifik. 


Caranya adalah dengan mendorong dan memfasilitasi proses investasi serta perdagangan secara lebih bebas dan terbuka. Selain itu juga dengan cara meningkatkan kerjasama dalam mengembangkan kapasitas dan kemampuan ekonomi anggotanya.


Hal ini sesuai dengan visi yang ingin dicapai APEC, yaitu menjadi komunitas Asia Pasifik yang terbuka, dinamis, tangguh, serta damai pada tahun 2040, demi mencapai kesejahteraan seluruh rakyat dan generasi di masa mendatang.


APEC merencanakan perdagangan bebas untuk negara berkembang pada tahun 2020. Dalam hal ini liberalisasi investasi dan perdagangan menjadi sasaran utama yang sudah direncanakan sejak pelaksanaan Deklarasi Bogor pada tahun 1994.


Sejarah APEC

APEC didirikan pada tahun 1989 dengan tujuan untuk mendiskusikan berbagai isu ekonomi maupun perdagangan yang saling berhubungan. Pertemuan pertama dilakukan pada tahun 1989 di Canberra, Australia. Kemudian, dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan lainnya di negara anggota.


Gagasan mengenai pendirian APEC dikemukakan oleh Bob Hawke yang saat itu menjabat sebagai Perdana Menteri Australia. Setelah dirundingkan, para pemimpin yang hadir dalam pertemuan tersebut sepakat dan mendeklarasikan berdirinya APEC pada bulan November 1989.


Anggota APEC

Berapa negara anggota APEC? Sebagai informasi, jumlah negara yang tergabung dalam APEC ada 21 negara. 


Selain Indonesia, anggota APEC adalah Brunei Darussalam, Malaysia, Australia, Filipina, Singapura, Thailand, China, China Taipei, Hong Kong-China, Korea Selatan, Jepang, Canada, Chili, Meksiko, New Zealand, Peru, PNG, Rusia, Vietnam dan Amerika Serikat.


Struktur Organisasi APEC

Pada dasarnya struktur organisasi yang diterapkan dalam APEC terdiri dari beberapa tingkatan seperti berikut:


Kepala Negara dan Pemerintah APEC

Struktur yang pertama adalah kepala negara dan pemerintah APEC dari negara-negara anggota yang melakukan pertemuan untuk membahas arah serta tujuan APEC dalam jangka panjang.


Sekretariat APEC

Sekretariat APEC berada di Singapura dan dibentuk pada tahun 1989. Struktur ini berfungsi memberikan dukungan administratif dan teknis dalam pertemuan APEC maupun dalam hal eksekusi kebijakan yang ditetapkan kepala negara bersama pemerintah.


Dewan Ekonomi

Dewan Ekonomi APEC berfungsi sebagai forum untuk membahas berbagai masalah ekonomi serta perdagangan yang sedang dihadapi negara-negara yang menjadi anggota APEC.


Forum Senior

Struktur ini berfungsi sebagai forum yang digunakan untuk membahas berbagai permasalahan politik dan keamanan yang tengah dihadapi oleh anggota APEC.


Forum Sektoral

Forum Sektoral merupakan forum untuk membahas permasalahan di sektor tertentu. Seperti investasi, perdagangan, teknologi dan transportasi.


Kelompok Kerja

Kelompok Kerja APEC dibentuk untuk membahas permasalahan yang sifatnya lebih spesifik. Selain itu juga melakukan penyusunan rekomendasi yang nantinya dibawa ke Dewan Ekonomi atau Forum Sektoral.


Komite Tingkat Tinggi APEC

Komite Tingkat Tinggi berfungsi untuk membahas permasalahan yang dihadapi anggota APEC serta menyusun rekomendasi untuk dibawa pada pertemuan Kepala Negara dan Pemerintah APEC.


Lambang Organisasi APEC

Lambang APEC adalah bola dunia dengan kombinasi warna hijau, biru dan putih. Pemilihan lambang APEC dilakukan dengan mempertimbangkan kepentingan APEC, serta harapan dan aspirasi di kawasan Asia Pasifik. 



Lambang ini tentunya memiliki makna tersendiri, ya. Adapun, arti lambang APEC adalah seperti berikut:

  1. Separuh dunia di Pasifik menunjukkan keanggotaan APEC.
  2. Warna biru dan hijau menjadi simbol aspirasi masyarakat di Asia Pasifik terhadap kehidupan yang sehat dan sejahtera, sementara warna putih melambangkan stabilitas dan perdamaian.
  3. Area yang diarsir di bagian tepi menggambarkan prospek pertumbuhan dan kemajuan yang baik di kawasan Asia Pasifik.


APEC Memfokuskan Kerjasama Organisasinya di Bidang apa saja?

APEC adalah organisasi yang bergerak dalam bidang ekonomi dan perdagangan. Salah satunya dengan menetapkan target yang disebut Bogor Goals yang dihasilkan dalam pertemuan KTT APEC pada tahun 1994 di Bogor. 


Disebutkan bahwa tujuan investasi dan perdagangan bebas setidaknya tahun 2010 (negara maju) dan 2020 (negara berkembang). 


Adapun pilar kerjasama yang menjadi dasarnya adalah kegiatan investasi dan perdagangan yang lebih terbuka, fasilitasi di bidang investasi dan perdagangan serta kerjasama di bidang ekonomi dan teknologi.


Peran Indonesia dalam Organisasi APEC

Sebagai salah satu anggota APEC, Indonesia memiliki peran yang cukup penting sehingga kerjasama di bidang ekonomi dan perdagangan semakin maksimal. Diantaranya, sebagai penggagas dalam mewujudkan forum konsultasi APEC yang jujur dan adil, perumus Bogor Goals, dan pendorong Ecotech.


______________________________________________________


Baca juga: Daftar Organisasi Ekonomi Regional dan Global


Dapat disimpulkan bahwa organisasi APEC merupakan sebuah forum internasional yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan kemajuan ekonomi di kawasan Asia Pasifik. Salah satunya melalui kegiatan investasi dan perdagangan yang lebih terbuka.


Kenalan lebih jauh dengan APEC dan organisasi regional serta globa lainnya bareng Pijar Belajar, yuk! Aplikasi Pijar Belajar punya banyak sekali rangkuman dan video materi yang bisa kamu akses kapan aja dan dimana aja. Jadi, kamu bisa belajar dengan lebih mudah, deh.


Selain itu, ada juga latihan soal lengkap dengan pembahasannya yang bisa kamu kerjakan, lho. Dengan begitu, pemahamanmu semakin terasah. Keren banget, kan?


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!



Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved