pijarbelajar

Universitas

Ujian Mandiri Universitas Negeri Surabaya, Jalurnya Apa Saja Ya?

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Ujian Mandiri Universitas Negeri Surabaya, Jalurnya Apa Saja Ya? image

Di samping jalur penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 

dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNT), masih ada jalur ujian mandiri Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang bisa Sobat Pijar pertimbangkan untuk pilih. Jalur seleksi mandiri ini juga dikenal dengan nama Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru alias SPMB. Yuk, simak artikel di bawah ini untuk tahu informasi mengenai SPMB Unesa, Sobat Pijar!


Baca juga: Biaya Kuliah Universitas Negeri Surabaya, Mahal Gak Ya?


Apa Itu SPMB Unesa?

Secara garis besar, SPMB Unesa yang juga kemudian dikenal sebagai jalur ujian mandiri Universitas Negeri Surabaya merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan langsung oleh Unesa untuk menerima mahasiswa baru di setiap tahun akademik baru. 


Seluruh informasi mengenai seleksi jalur mandiri Unesa yang meliputi syarat dan cara pendaftaran, daftar seleksi mandiri Unesa, dan informasi penting lainnya bisa langsung kamu cek di sipenmaru.unesa.ac.id, ya!


Jalur Seleksi Mandiri Unesa

Unesa membuka 4 (empat) jalur untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru secara mandiri. Dan penjelasan tentang keempat kelompok tersebut bisa kamu simak di bawah ini, Sobat Pijar.


Kelompok Non-Tes

Jalur mandiri pertama adalah kelompok jalur non-tes, yang terdiri atas jalur UTBK Nasional. Jalur yang satu ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yang sudah punya nilai UTBK. 


Artinya, kamu bisa mengikuti proses penerimaan mahasiswa baru Unesa jalur non-tes cukup dengan menggunakan nilai UTBKmu saja tanpa harus menempuh ujian lagi. Dan di dalam kelompok jalur ini, kamu bisa pilih 2 (dua) prodi Saintek ataupun Soshum.


Kelompok Prestasi

Jalur yang kedua adalah kelompok prestasi, yang diperuntukkan bagi para siswa kelas 12 berprestasi di bidang tertentu. Melalui kelompok jalur prestasi, kamu perlu mengikuti seleksi tertulis, wawancara, dan portofolio.


Sementara itu, jalur prestasi yang dimaksud dalam kelompok jalur prestasi adalah sebagai berikut:

  1. Prestasi keagamaan (Islam, Katolik, Kristen, Buddha, Hindu, dan Konghucu).
  2. Prestasi olahraga.
  3. Prestasi seni.
  4. Prestasi kepemimpinan.


Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK)

Selanjutnya adalah kelompok jalur TMUBK, yang berlaku untuk program sarjana dan sarjana terapan. Seperti yang ditunjukkan oleh namanya, lewat jalur ini nantinya kamu perlu mengikuti tes tertulis berbasis komputer.


Materi yang akan Sobat Pijar ujiankan terdiri Tes Potensi Skolastik dan Literasi. Selain itu, Sobat Pijar bisa memilih 2 (dua) prodi dari kelompok Saintek ataupun Soshum.


Kelompok Jalur Disabilitas

Kelompok jalur yang terakhir adalah kelompok jalur disabilitas, yang terdiri atas tes tertulis dan wawancara. Bagi peserta di dalam kelompok jalur ini, peserta juga bisa memilih 2 (dua) prodi Saintek maupun Soshum.


Adanya kelompok jalur disabilitas sebagai bagian dari jalur ujian mandiri Universitas Negeri Surabaya ini merupakan wujud komitmen Unesa agar para peserta disabilitas bisa mengembangkan diri mereka di pendidikan tinggi. Ditambah lagi, Unesa juga memiliki Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) dan prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB) dengan dukungan fasilitas yang ramah disabilitas.


_________________________________________

Baca juga: Berapa Perkiraan Biaya Kuliah Universitas Airlangga Surabaya?


Nah, itulah materi mengenai Ujian Mandiri di Universitas Negeri Surabaya, Sobat Pijar! Semoga menambah semangatmu untuk menghadapinya, ya!


Eh iya, jika kamu ingin belajar ujian mandiri atau SNBT untuk masuk ke Universitas Negeri Surabaya, Pijar Belajar bisa membantumu, lho! Ada ratusan rangkuman dan video materi yang bisa kamu akses untuk nge-recall pelajaranmu semasa SMA! Selain itu, kamu juga bisa berlatih soal-soal yang mirip dengan soal SNBT dan ujian mandiri agar kamu semakin siap menghadapinya!


Tunggu apa lagi? Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang dan belajar materi ujian SNBT dan ujian mandiri sekarang juga!




Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved