Tips Menabung Untuk Pelajar - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Tips Menabung Untuk Pelajar

| 0 minute read
Tips Menabung Untuk Pelajar image

“Ngapain nabung kalau masih minta duit jajan sama orang tua?” Mungkin Sobat Pijar langsung berpikir seperti itu saat melihat judul artikel ini, ya. 


Eits, walaupun kamu rutin dapat uang jajan dari orang tua, kamu juga harus belajar menabung, lho. Hal ini dikarenakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh seseorang adalah bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dan benar. Nah, kemampuan itu bisa kamu asah dengan belajar menabung.


Bener, kok! Sekarang mungkin masih ada orang tua yang menyediakan kebutuhan kita dan memberi uang untuk jajan sehari-hari. Tapi, bagaimana jika suatu saat kamu nggak dikasih uang jajan lagi? Wah, bisa-bisa kamu kehabisan uang dan nggak bisa beli kebutuhanmu, ya. Makanya, tidak ada salahnya lho punya kebiasaan menabung sejak usia muda.


Baca juga: Contoh Soft Skills yang Wajib Dimiliki Pelajar


Tips Menabung Untuk Pelajar


Sebagai pelajar, tentunya nggak banyak yang bisa kita lakukan untuk membangun kebiasaan keuangan yang baik. Apalagi, jika kita belum memiliki penghasilan sendiri. Namun, Sobat Pijar bisa melatih skill keuangan dengan belajar menyimpan uang atau menabung.


Yuk simak beberapa cara hemat membelanjakan uang jajan di bawah ini!


1. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Tips menabung untuk pelajar yang pertama adalah catat pemasukan dan pengeluaran. Misalnya, kamu habis jajan es krim dengan teman, nah catatlah harga es krim itu di buku catatanmu. Catatlah setiap flow keuanganmu, mulai dari pemasukan alias uang jajan dari orang tua, hingga pengeluaran untuk nongkrong dan ngemil setiap hari. 


Nantinya, kamu bisa mengevaluasi catatan pemasukan dan pengeluaran setiap bulan dan melihat biasanya anggaran jajan yang besar itu di bagian apa. Selanjutnya, tanyakan pada dirimu apakah pengeluaran besar tersebut layak dilakukan atau masih ada alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan tersebut.


Jika sebagian besar pengeluaranmu habis karena jajan di luar, coba deh, pikirkan jajanan apa yang lebih murah tapi tetap memenuhi keinginan tersebut atau mungkin kamu bisa membawa bekal dari rumah.


2. Tentukan Tujuan Menabung

Untuk memulai kebiasaan menabung yang baik, Sobat Pijar perlu menentukan goals agar semangat menabung tetap ada.


Misalnya, kamu ingin membeli sebuah laptop yang bagus dan bisa digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Nah, kamu bisa menjadikan laptop tersebut sebagai tujuan menabung. Tujuan ini perlu agar kamu tidak mudah tergoda untuk membelanjakan uang untuk keperluan lain.


Tips tambahan: tempel gambar laptop tersebut di dinding kamarmu atau di wallpaper ponselmu untuk menjadi pengingat untuk tidak jajan berlebihan.


3. Atur Budget

Ketika mendapatkan uang jajan bulanan atau harian, Sobat Pijar sebaiknya langsung mengatur pembagian anggaran untuk sehari-hari. Sebagai pemula, kamu bisa mulai dengan aturan 50:30:20. 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan. 


Perlu disadari bahwa banyak orang menganggap bahwa kebutuhan dan keinginan adalah hal yang sama, padahal keduanya berbeda, lho. Kebutuhan adalah hal-hal yang harus dipenuhi untuk mempertahankan kehidupan, seperti makan-minum, pakaian layak, dan ponsel untuk berkomunikasi.


Berbeda dengan itu, keinginan adalah hal-hal yang tidak berpengaruh besar terhadap keberlanjutan hidup dan biasanya hanya berpengaruh atas gaya hidup seseorang, seperti makan di restoran mewah, pakaian yang trendi, dan ponsel mahal.


Baca juga: Permintaan dan Penawaran - Teori, Hukum, Faktor, dan Kurva


4. Menabung di Bank atau Celengan

Supaya kamu tidak terbiasa untuk mengambil tabungan, simpanlah uangmu di tempat yang sulit kamu ambil, contohnya di bank atau di celengan.


Kamu bisa meminta orangtua untuk membuka rekening khusus pelajar untukmu. Karena masih di bawah umur, bank akan memintamu untuk didampingi wali dalam proses pembukaan rekening.


Selain itu, saat ini sudah banyak aplikasi uang elektronik yang tidak memerlukan registrasi rumit dan biaya administrasi bulanan. Tentunya sangat bermanfaat untuk para pelajar yang masih belum memiliki kartu identitas.


Jika kamu masih ragu untuk menggunakan bank konvensional dan bank digital, celengan bisa menjadi opsi yang terbaik.Pilihlah celengan yang layak dan simpan di tempat yang aman agar terhindar dari tikus atau serangga. Pastinya nggak mau dong uangnya habis dimakan rayap?


5. Membeli Barang Bekas

Yup, kamu gak salah baca kok! Selain ramah lingkungan, membeli barang bekas adalah salah satu strategi berhemat yang sudah dipraktekkan sejak lama. 


Jika ingin membeli alat sekolah dan buku pelajaran yang baru, cobalah beli versi bekas di marketplace atau toko buku bekas yang ada di kotamu. Semakin sedikit uang yang dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari, maka semakin banyak uang yang bisa kamu tabung untuk mencapai tujuan keuangan.


Lagi pula, banyak barang bekas yang masih seperti baru, lho. Asal kamu punya waktu untuk mencari informasi yang benar, maka membeli barang bekas bisa menjadi opsi terbaik.


6. Kurangi Nongkrong di Luar

Coba deh mulai evaluasi kebiasaan hangout-mu dari sekarang. Seberapa sering kamu nongkrong di mall atau cafe dengan alasan belajar bersama teman-temanmu? Berapa banyak uang yang kamu keluarkan di tempat-tempat tersebut? 


Jika kamu adalah tipe orang yang suka belajar bersama di luar, cobalah pilih tempat yang tidak terlalu mahal seperti perpustakaan umum dan taman. Di tempat-tempat tersebut, kamu bisa membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah tanpa mengeluarkan uang berlebih. 


Sekali-kali makan dan nongkrong di mall dan cafe memang tidak ada salahnya, namun, tetap batasi diri untuk tidak terlalu boros.


Baca juga: 6 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan, Pilih yang Mana?


____________________________________________________________________________________


Itulah beberapa tips menabung untuk para pelajar. Semoga bisa membantumu disiplin dalam mengatur keuangan ya!


Jika kamu mencari platform belajar alternatif yang lebih murah, yuk gunakan Pijar Belajar sekarang juga! Tersedia banyak video pembelajaran dari SD hingga SMA yang bisa kamu akses mulai dari 10 ribu rupiah!


Yuk download aplikasi Pijar Belajar di Google Play sekarang!



Referensi:

How to Save Money as a Student, Florence Lee, https://www.topuniversities.com/blog/how-save-money-student, 2022.

How to Save Money as a High School Student in 2022, Rene Bennett, https://www.bankrate.com/banking/savings/how-to-save-money-as-high-school-student/, 2022.

How to save money, Owen Burek, https://www.savethestudent.org/shopping/the-best-money-saving-tips.html, 2022.

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image