6 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan, Pilih yang Mana? - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

6 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan, Pilih yang Mana?

| 0 minute read
6 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan, Pilih yang Mana? image

Sobat Pijar, saat ini kamu sudah menentukan belum ingin melanjutkan pendidikan di jurusan apa? Atau jangan-jangan sekarang kamu masih labil mau pilih jurusan apa? Wah, pas banget, nih, karena sekarang Pijar Belajar mau kasih tahu kamu daftar jurusan kuliah yang menjanjikan di 2023 ini. 


Umumnya, seseorang mempertimbangkan pilihan jurusan melalui minat dan bakatnya. Tapi, ternyata nggak cuma itu saja, lho. Ada banyak pertimbangan lain yang perlu dipikirkan, salah satunya adalah peluang karir. Yup, memilih jurusan dengan peluang karir yang menjanjikan bisa jadi strategi yang tepat untuk masa depan nanti. 


Hm… Kira-kira jurusan kuliah yang menjanjikan itu apa saja, ya? Yuk, simak 6 jurusan kuliah yang menjanjikan berikut ini. 


Baca juga: 6 Cara Mengatasi Overthinking dalam Belajar


6 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan

Salah satu indikator yang bisa kamu pertimbangkan dalam menentukan jurusan kuliah adalah peluang karir. Nah, saat ini Pijar Belajar telah merangkum 6 jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi dan karier yang banyak dibutuhkan. Tapi, perlu diingat bahwa daftar jurusan ini tidak berbentuk peringkat, ya. Simak, yuk! 


1. Jurusan Ilmu Komputer

Salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan saat ini adalah Jurusan Ilmu Komputer. Pandemi yang melanda hampir seluruh belahan dunia membuat keseharian masyarakat sebagian besar beralih ke ranah digital. Makanya, kebutuhan tenaga ahli di bidang teknologi komputasi pun banyak dicari. 


Sesuai namanya, Jurusan Ilmu Komputer merupakan jurusan yang mempelajari ilmu komputer, seperti algoritma pemrograman, basis data, sistem operasi, jaringan komputer, dan sebagainya. Tak hanya itu, kamu pun juga akan belajar ilmu terapannya juga, seperti cybersecurity, machine learning, dan sebagainya.


Nah, dengan pengetahuan dan keahlian tersebut, peluang karir yang didapatkan pun sangat menjanjikan, lho. Beberapa di antaranya seperti menjadi Software Developer, Web Developer, atau Programmer. Tentunya kisaran gaji yang ditawarkannya pun cukup fantastis, yaitu berada di kisaran 7 juta rupiah untuk level junior dan kisaran 14 juta untuk posisi senior (Sumber: Indeed). 


2. Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan kuliah yang menjanjikan selanjutnya adalah Jurusan Teknologi Informasi. Jurusan Teknologi Informasi ini sebenarnya hampir mirip dengan Jurusan Ilmu Komputer karena sama-sama belajar bidang komputasi dan teknologi. 


Hanya saja, biasanya Teknologi Informasi lebih berfokus pada implementasi teknologi berbasis perangkat lunak (software) dan artificial intelligence. Walaupun begitu, baik Jurusan Teknologi Informasi ataupun Ilmu Komputer akan menggeluti bidang yang sama, kok, seperti basis data, pemrograman, AI, dan sebagainya. 


Nah, lulusan Jurusan Teknologi Informasi ini pun juga sedang banyak dibutuhkan, nih, mengingat perkembangan teknologi yang semakin marak. Beberapa prospek karier yang terbuka untuk jurusan ini merupakan Software Developer, System Analyst, Network Administrator, IT Consultant, Cloud Architect, IT Support Analyst, Computer Forensic Investigator, dan sebagainya. 


3. Jurusan Teknik Biomedis

Pasca pandemi COVID-19 merebak pada akhir tahun 2019, kesadaran masyarakat akan kesehatan pun semakin meningkat. Oleh karena itu, tak heran jika tenaga ahli di bidang kesehatan semakin banyak dibutuhkan. 


Tapi, ternyata tak hanya dokter dan perawat saja, lho, yang menjadi bagian dari tenaga kesehatan.Orang-orang yang bekerja mengembangkan teknologi dalam dunia medis juga berperan besar dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. 


Nah, keahlian mengembangkan teknologi dalam dunia medis ini bisa kamu pelajari di Jurusan Teknik Biomedis. Saat ini, beberapa kampus pun juga telah membuka Jurusan Teknik Biomedis, lho, seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan sebagainya. 


4. Jurusan Farmasi

Bagi Sobat Pijar yang tertarik dalam bidang kesehatan, kamu bisa memilih Jurusan Farmasi, nih. Jurusan Farmasi merupakan jurusan yang mempelajari teknologi pembuatan obat, cara penyimpanan obat, penyediaannya, hingga penyalurannya. 


Karena ilmu yang dipelajarinya kompleks, di Jurusan Farmasi kamu tak hanya mempelajari bidang kesehatan saja, tetapi juga biologi dan kimia. Nah, prospek kerja yang terbuka untuk lulusan Farmasi juga banyak, lho, salah satunya bekerja di BPOM untuk menguji kelayakkan obat dan barang konsumsi lainnya. 


Tak hanya itu, lulusan Farmasi juga dapat bekerja di bidang kosmetik dan skin care, lho. Wah, banyak sekali, ya, prospek kariernya. 


5. Jurusan Statistika

Di tengah zaman yang kian maju, informasi menjadi hal penting, lho, Sobat Pijar. Makanya, istilah big data saat ini semakin marak disebutkan. Big data merupakan sekumpulan informasi, misalnya seperti data user dalam aplikasi dan website. Nah, data-data tersebutlah yang nantinya akan diolah untuk pengembangan sebuah bisnis ataupun usaha lainnya. 


Tentunya keahlian analisis dan pengolahan data ini tak sembarangan dimiliki orang. Oleh karena itu, tenaga ahli bidang ini menjadi banyak dicari. Kalau Sobat Pijar berminat menggeluti bidang ini, Jurusan Statistika dapat menjadi pilihan yang tepat. 


Jurusan Statistika merupakan sebuah jurusan yang mempelajari analisis data, mulai dari pengumpulan, penggolongan, analisis, interpretasi, hingga presentasi data. Dengan keahlian ini, peluang karir yang bisa kamu geluti adalah menjadi seorang analis di berbagai bidang. Menarik banget, ya. 


6. Jurusan Administrasi Bisnis

Menjadi seorang entrepreneur juga bisa menjadi salah satu prospek karir yang menjanjikan, lho. Salah satunya seperti Nadiem Makarim yang sukses membangun bisnis ojek online “Gojek”. 


Tentunya, kamu perlu menguasai ilmu perekonomian dan bisnis terlebih dahulu, ya, sebagai modal untuk menjadi pebisnis. Nah, salah satu jurusan yang mungkin cocok untukmu adalah Jurusan Administrasi Bisnis. 


Jurusan Administrasi Bisnis merupakan jurusan yang mempelajari seluk-beluk dunia bisnis, mulai dari ilmu dasar hingga ilmu pada saat mempertahankan dan mengembangkan bisnis. Tak hanya menjadi pebisnis, prospek kerja lainnya juga terbuka, lho, untuk lulusan Administrasi Bisnis, seperti business analyst, HRD, maupun konsultan bisnis. 


Baca juga: 7 Tips Belajar untuk Ujian Try Out UTBK


_______________________________________


Itu dia Sobat Pijar, 6 jurusan kuliah yang menjanjikan dan bisa kamu pertimbangkan. Tapi, perlu diingat bahwa semua jurusan kuliah itu pasti akan membawamu pada kesuksesan, kok. Hanya saja, kesuksesan itu juga bergantung pada usaha dan tekadmu. Jadi, semangat terus, ya! 


Supaya perjalananmu menuju jurusan dan kampus impian semakin mudah, kamu bisa banget, lho, menjadikan Pijar Belajar sebagai teman belajarmu. Pijar Belajar merupakan aplikasi belajar yang bisa kamu akses kapanpun dan dimanapun. 


Beberapa materi belajar yang dimiliki Pijar Belajar meliputi latihan soal, video materi, hingga video pembahasan. “Duh, harganya pasti mahal, deh.” eits, tak perlu khawatir, kamu sudah bisa berlangganan Pijar Belajar hanya dengan 10 ribu saja, lho


Wah, tunggu apa lagi? Yuk, download Pijar Belajar sekarang juga! 



Referensi: 

30 Best College Major for The Future, Bachelor Degree Center Organization, https://www.bachelorsdegreecenter.org/highest-paying-bachelors-degrees-future/. 

Top 20 skilled careers in 2023, The University of Wollongong Australia, https://www.uow.edu.au/the-stand/2018/top-20-skilled-careers-in-2023.php, 2019. 

25 of the Most Useful College Majors To Pursue Today, Indeed, https://www.indeed.com/career-advice/career-development/most-useful-majors, 2022. 

Kemajuan Ilmu Farmasi untuk Kesehatan Masa Depan yang Lebih Baik, Fakultas Farmasi UI, https://farmasi.ui.ac.id/2018/10/kemajuan-ilmu-farmasi-untuk-kesehatan-masa-depan-yang-lebih-baik/, 2016. 

Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah, 2022. 

Program Studi Sarjana Informatika, Institut Teknologi Bandung, https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-informatika. 

Ilmu Komputer, SIMAK Universitas Indonesia, https://simak.ui.ac.id/komputer.html. 

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image