7 Tips Belajar untuk Ujian Try Out UTBK - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

7 Tips Belajar untuk Ujian Try Out UTBK

| 0 minute read
7 Tips Belajar untuk Ujian Try Out UTBK image

Menjelang ujian UTBK, mengikuti berbagai try out merupakan salah satu persiapan dalam menghadapinya. Tapi, Sobat Pijar sudah tahu belum apa itu try out? Try out adalah sebuah simulasi ujian dengan bentuk soal, sistem pengerjaan, dan penilaian yang dibuat semirip mungkin dengan UTBK asli. 


Oleh karena itu, try out sebaiknya tidak dianggap remeh. Sobat Pijar perlu belajar serius sebelum mengerjakan soal-soalnya. Nah, untuk membantu Sobat Pijar, saat ini Pijar Belajar mau kasih tau tips belajar untuk ujian try out UTBK, nih. Simak baik-baik, ya! 


Baca juga: Simak 8 Tips Fokus Belajar saat Puasa Ini, Yuk!


Tips Belajar untuk Ujian Try Out UTBK

Tak sedikit yang merasa takut menghadapi ujian UTBK, lho. Hal ini wajar karena UTBK menjadi momen penentuan diterima atau tidaknya kamu di kampus pilihan. Untuk itu, momen try out bisa kamu maksimalkan untuk membiasakan diri di ujian UTBK nanti. 


Tak hanya saat pengerjaan soalnya saja, strategi dan proses belajar materi-materi ujiannya pun juga perlu dimaksimalkan. Berikut 7 tips belajar untuk ujian try out UTBK yang bisa kamu terapkan. 


1. Membuat Jadwal Belajar

Tips belajar untuk ujian yang pertama adalah membuat jadwal belajar. Membuat jadwal belajar ini penting, lho, untuk mengasah kemampuan manajemen waktu dan juga memudahkanmu melacak materi apa saja yang sudah dikuasai. 


Kamu bisa membuat jadwal belajar mulai dari sebulan sebelum atau dua minggu sebelum ujian dilaksanakan. Dengan begitu, waktu belajar menjadi tidak terburu-buru. Pastikan juga jadwal belajar tidak memakan waktu istirahat, ya. 


2. Buat Tempat Belajar Senyaman Mungkin

Belajar di tempat yang kotor dan berantakan tentu rasanya nggak nyaman, ya? Alhasil, kamu malah jadi malas belajar. Oleh karena itu, tips belajar untuk ujian selanjutnya adalah buatlah tempat belajar senyaman mungkin. 


Yuk, susun buku-buku pelajaranmu serapi mungkin dan lap meja belajarmu supaya terhindar dari debu. Kamu juga bisa menambahkan pewangi ruangan kesukaanmu, lho, supaya semakin nyaman belajar. 


Kalau kamu jenuh belajar di kamarmu, cobalah untuk mencari tempat belajar baru. Contohnya seperti di perpustakaan atau cafe. Untuk rekomendasi tempat belajar nyaman bisa kamu lihat di artikel Pijar Belajar, ya! 


3. Jaga Kebugaran Fisik dan Mental

Tekun belajar bukan berarti memaksakan diri dan lupa istirahat, ya! Untuk itu, selama belajar untuk ujian try out UTBK, pastikan kesehatanmu terjaga. Pastikan kamu makan makanan sehat dan tepat waktu. 


Lalu, lakukan olahraga ringan juga supaya tubuh dan pikiran kita tetap fresh. Hindari mengkonsumsi kafein terlalu banyak, ya. Pastikan juga waktu tidurmu terjaga alias hindari begadang! 


Menurut penelitian, anak-anak dan remaja usia 12–18 tahun butuh waktu tidur 8–9 jam. Nah, Sobat Pijar udah cukup belum tidurnya? Tidur cukup ini bisa membuat pikiranmu lebih fokus dan tidak mengantuk selama belajar. 


4. Terapkan Belajar Efisien

Belajar selama 24 jam nonstop itu tidak selalu membuat kita pintar seketika. Justru, belajar dalam jangka waktu yang lama tanpa berhenti malah membuat materi menjadi semakin sulit dipahami. Oleh karena itu, tips belajar ujian bukan berfokus pada durasi, tetapi berfokus pada keefektifan belajar. 


Terapkan pola belajar efektif dengan manajemen waktu yang cocok. Misalnya, kamu merasa lebih fokus dan produktif di pagi hari, maka pelajarilah materi-materi yang dirasa sulit di waktu produktif tersebut. Kemudian, baru dilanjut dengan materi belajar lainnya. 


Cara belajar efektif ini sudah Pijar Belajar bahas secara detail di artikel-artikel sebelumnya, coba simak, ya! 


5. Hindari Sistem Kebut Semalam

Hayo, siapa, nih, Sobat Pijar yang suka menerapkan belajar SKS menjelang ujian? SKS atau sistem kebut semalam merupakan sistem belajar yang baru dimulai di malam hari sehari sebelum ujian dimulai. 


Tahukah kamu, ternyata belajar sehari sebelum ujian ini kurang efektif, lho. Sistem kebut semalam justru akan membuat pola belajarmu menjadi penuh tekanan karena diburu-buru waktu. Apalagi kalau materi yang dipelajarinya bejibun, waduh bakal pusing banget, deh


Makanya, biar belajar ujian lebih maksimal, hindari belajar dengan sistem kebut semalam, ya. Kamu bisa atur jadwal belajar dari jauh-jauh hari supaya lebih santai. 


6. Perbanyak Latihan Soal

Tips belajar untuk ujian try out UTBK selanjutnya adalah perbanyak latihan soal. Semakin sering kamu mengerjakan latihan soal, maka semakin familiar juga kamu dengan berbagai tipe soal dan materinya. 


Nah, dari berbagai latihan soal itu juga kamu bisa mencatat materi apa saja yang biasanya muncul dalam soal. Lalu, susunlah materi-materi tersebut ke dalam jadwal belajar. Dengan begitu, proses belajar jadi lebih terarah. 


7. Jauhi Distraksi selama Belajar

Tips belajar untuk ujian lainnya yang bisa kamu coba adalah menjauhi distraksi selama belajar. Distraksi adalah hal-hal yang biasanya membuatmu teralihkan. Contohnya seperti handphone yang bikin kamu keasikan main media sosial dibandingkan belajar. 


Yuk, letakkan terlebih dahulu ponsel kamu di laci meja belajar atau lemari. Pastikan juga nada deringnya dimatikan, ya, supaya suaranya nggak menganggu kamu. Bukan cuma ponsel aja, distraksi-distraksi seperti suara TV, cemilan di meja makan, dan berbagai hal yang dirasa mengganggu konsentrasi sebaiknya dijauhi dulu, ya. 


Baca juga: Pulling an All-Nighter, is it Healthy?


____________________________________________________


Itu dia 7 tips belajar untuk ujian try out UTBK yang Sobat Pijar bisa coba. Semoga tips-tips ini membantu kamu, ya! 


Mengikuti banyak try out ini memang bisa menjadi strategi belajar UTBK yang bermanfaat, lho. Saat ini pun ada banyak sekali try out yang Sobat Pijar bisa ikuti, salah satunya adalah Try Out Guru Ahli di Pijar Belajar. 


Eits, tapi program try out ini diadakan untuk kamu yang ikut bootcamp UTBK 2023 Pijar Belajar, ya! Oleh karena itu, yuk, buruan daftar untuk ikut Virtual Bootcamp UTBK 2023 di Pijar Belajar bersama Guru Ahli! Belajar bersama di virtual bootcamp Pijar Belajar tentunya bakal seru dan mudah dipahami. 


Tunggu apa lagi? Yuk, buruan daftar Pijar Belajar dan ikut bootcamp-nya sekarang! 



Referensi: 

How to Study for Exams: Strategies and Tips You Must Know, University of The People, https://www.uopeople.edu/blog/how-to-study-for-exams-strategies-and-tips/. 

Scientifically, The 8 Best Ways To Prepare For Final Exams, Shaniese Alston, https://blog.suny.edu/2013/12/scientifically-the-best-ways-to-prepare-for-final-exams/. 

5 tips to study effectively for your exams, The University of Sydney, https://www.sydney.edu.au/study/why-choose-sydney/student-life/student-news/2017/12/14/5-tips-to-study-effectively-for-your-exams.html. 

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image