Contoh Soft Skills yang Wajib Dimiliki Pelajar - Pijar Article
Paket Belajar
Blog
Tes Minat Bakat
Info Lainnya
Masuk

Share :

link iconwa iconfb icontwitter icon

Contoh Soft Skills yang Wajib Dimiliki Pelajar

| 0 minute read
Contoh Soft Skills yang Wajib Dimiliki Pelajar image

Sobat Pijar, dalam artikel kali ini kita bakal membahas sesuatu yang menarik banget, yaitu contoh soft skills yang wajib dimiliki pelajar. Kira-kira Sobat Pijar sudah tahu belum apa itu soft skill


Saat di sekolah, kamu pasti pernah merasa ada teman kita yang jago banget berbicara di depan kelas atau pintar bergaul dengan teman baru. Nah, keahlian atau kemampuan seperti itulah yang disebut dengan soft skill


Secara singkat, soft skill bisa diartikan sebagai kemampuan non-teknis untuk berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan ini penting banget, lho, untuk dimiliki para pelajar seperti Sobat Pijar. Yuk, simak berbagai contoh soft skills yang wajib dimiliki pelajar. 


Baca juga: 7 Tips Belajar untuk Ujian Try Out UTBK


Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill

Sebelum kita masuk ke pembahasan macam-macam soft skills yang perlu dimiliki, ada baiknya kita sama-sama mengenal perbedaan soft skill dan hard skill dulu, nih


Sebenarnya, soft skill dan hard skill merupakan suatu keahlian yang sama-sama kita butuhkan. Tapi, kedua keahlian ini berbeda, ya. Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, soft skill merupakan kemampuan non-teknis yang berhubungan dengan interaksi kita dengan orang di sekitar, misalnya seperti kemampuan komunikasi, bekerjasama, dan sebagainya. 


Berbeda dengan itu, hard skill merupakan suatu keahlian yang bersifat teknis dan memiliki indikator penilaian yang jelas. Sederhananya, hard skill biasanya bisa diukur. Contoh hard skill meliputi kemampuan membaca, menghitung, hingga menggunakan komputer. 


Contoh Soft Skill yang Wajib Dimiliki Pelajar

Sebagai pelajar, Sobat Pijar perlu banget mengasah soft skill. Hal ini dikarenakan soft skill yang terasah akan membuatmu lebih mudah dalam belajar, bersosialisasi, hingga membangun jalur karier di masa depan. Berikut 8 contoh soft skill yang pelajar wajib miliki. 


1. Teamwork

Contoh soft skill pertama yang perlu kamu miliki adalah teamwork. Teamwork merupakan kemampuan bekerjasama dengan orang lain. Nah, skill ini banyak sekali dibutuhkan ketika kamu belajar di dalam kelas dan juga saat bekerja nanti. 


Dengen bekerjasama, progress belajar pun bisa semakin meningkat, lho. Misalnya, kamu diberikan tugas membuat makalah, nah jika kamu bisa bekerja dalam tim, tugas tersebut dapat dikerjakan bersama-sama sehingga durasi pengerjaannya lebih singkat.


2. Problem Solving

Soft skill selanjutnya yang perlu kamu miliki adalah problem solving. Problem solving merupakan kemampuan menyelesaikan masalah. Misalnya, kamu mengalami kendala saat belajar. Jika kamu memiliki kemampuan problem solving yang baik, maka kamu akan menyusun strategi penyelesaiannya dibandingkan berlarut-larut dalam kendala tersebut. 


Selain itu, kemampuan problem solving juga akan membuatmu lebih fokus terhadap solusi dibandingkan masalah yang dihadapi. Dengan kemampuan problem solving yang baik, proses belajar pun semakin mudah dijalani. 


3. Kemampuan Komunikasi

Jika kamu memiliki banyak ide-ide kreatif tapi kurang mahir menyampaikannya kepada orang lain, bukan tidak mungkin, lho, penilaian mereka terhadapmu bakal biasa saja. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi penting sekali untuk dimiliki. 


Skill komunikasi ini bisa kamu ukur melalui seberapa ahli kamu berbicara di hadapan banyak orang, lalu apakah cara penyampaian yang digunakan sudah tepat, hingga gestur dan nada bicara yang tetap tenang dan berwibawa. 


Kemampuan komunikasi yang baik akan membantumu dalam berinteraksi dan menjalin relasi dengan banyak orang. Untuk itu, coba asah kemampuan komunikasi Sobat Pijar, ya! 


4. Kepemimpinan

Contoh soft skill selanjutnya yang perlu kamu asah adalah kepemimpinan. Sesuai dengan namanya, kepemimpinan merupakan sebuah skill kamu memimpin sebuah tim. Seseorang dengan skill kepemimpinan yang baik dapat dengan cepat menentukan keputusan, mengatur dan mengarahkan kelompok, hingga berbicara mewakili kelompok. 


Nah, kemampuan seperti itulah yang akan bermanfaat bagi pada pelajar, khususnya dalam hal belajar kelompok dan juga menjalin relasi. Tak hanya di sekolah, skill kepemimpinan juga akan bermanfaat dalam dunia karier nanti. 


5. Antusiasme

Kemudian, soft skill lain yang perlu kamu kuasai adalah antusiasme. Antusiasme merupakan sebuah sifat tertarik kepada sesuatu. Misalnya seperti antusiasme dalam belajar, pergaulan, hingga mencari pengalaman. 


Dengan sifat antusiasme ini, kamu pun akan lebih senang menjalani aktivitas karena kamu tertarik dengan hal tersebut. Contohnya dalam hal belajar, jika kamu tidak antusias dengan pelajaran matematika, maka pelajaran tersebut akan terasa sulit dan kamu pun semakin malas untuk belajar. 


Oleh karena itu, tanamkanlah sifat antusias dalam menjalani segala sesuatu. Dengan begitu, aktivitas belajar dan harian lainnya pun akan terasa lebih menyenangkan untuk dijalani. 


6. Ambisius

“Ih kamu ambis banget, deh.” Hayo, Sobat Pijar ada tidak yang suka diledekin dengan kalimat tersebut? Tak perlu berkecil hati, ya, karena nyatanya ambisius itu merupakan salah satu skill yang bermanfaat banget, lho


Seseorang yang ambisius cenderung akan lebih berambisi untuk meraih sesuatu yang lebih, misalnya seperti ranking 1 di kelas atau mendapatkan nilai 100 dalam ujian. Nah, ambisi tersebut akan membuatmu lebih rajin dan semangat belajar. Makanya, Sobat Pijar tak perlu insecure, ya, kalau dibilang ambis!


7. Decision-making

Sebagai seorang pelajar, kamu perlu banget memiliki dan mengasah skill decision making atau keahlian mengambil keputusan dalam waktu yang ditentukan. Kemampuan ini akan membuatmu memiliki pendirian terhadap sesuatu. 


Soft skill ini juga akan membantumu menentukan mana pilihan yang baik dan mana yang tidak. Misalnya, dalam hal memilih teman dan menentukan arah belajar serta karier. 


8. Interpersonal dan Intrapersonal Skills

Soft skill terakhir yang perlu kamu miliki adalah kemampuan interpersonal dan intrapersonal. Kemampuan interpersonal merupakan skill atau keahlian yang berkaitan dengan interaksi kepada orang lain. Sedangkan itu, kemampuan intrapersonal merupakan skill yang berkaitan dengan interaksi kepada diri sendiri. 


Jika kamu mengasah kemampuan ini, kamu jadi bisa mengenali diri kamu sendiri, seperti emosi yang dirasakan, pemikiranmu, dan sebagainya. Dengan begitu, hubunganmu dengan orang lain pun akan lebih terkondisikan dengan baik karena kamu juga memahami perbedaan sikap dan emosi mereka. 


Baca juga: Urutan Lapisan Atmosfer Beserta Ciri dan Fungsinya


_____________________________________________________


Nah, itu dia 8 contoh soft skill yang Sobat Pijar perlu asah. Bukan cuma bermanfaat selama sekolah saja, macam-macam soft skill itu pun akan selalu bermanfaat hingga dewasa nanti, lho


Selain soft skill, proses belajarmu juga perlu didukung oleh aplikasi belajar terbaik seperti Pijar Belajar. Pijar Belajar merupakan aplikasi belajar yang menyediakan banyak latihan soal dan video pembahasan untuk materi SD, SMP, dan SMA! Wah, lengkap sekali, bukan? 


Yuk, coba gunakan Pijar Belajar sekarang! 



Referensi: 

American Psychological Association, The soft skills college students need to succeed now and in the future, https://www.apa.org/ed/precollege/psn/2017/09/soft-skills, 2017. 

Tutor Doctor, 10 Soft Skills Every Student Needs To Develop To Prepare For Adulthood, https://www.tutordoctor.co.uk/blog/2022/may/10-soft-skills-every-student-needs-to-develop-to/. 2022. 

Universitas Teknokrat Indonesia, 10 Soft Skills That Students Need To Develop Today, https://teknokrat.ac.id/10-soft-skill-yang-perlu-dikembangkan-mahasiswa-saat-ini/. 

Artikel Lainnya

 image

 image

 image

 image