pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Struktur Teks Pidato Persuasif dan Contohnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Struktur Teks Pidato Persuasif dan Contohnya image

Saat mengikuti upacara di sekolah atau acara resmi lainnya, Sobat Pijar tentu melihat beberapa orang berpidato. Ternyata, berpidato itu nggak cuma sekedar berbicara di depan banyak orang, lho. Salah satu pidato yang banyak dikenal orang adalah pidato persuasif. Nah, dalam berpidato persuasif, kamu perlu memperhatikan hal-hal yang disampaikan, salah satunya seperti struktur teks pidato persuasif. 


Apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan teks pidato persuasif? Tanpa kamu sadari, mungkin kamu sudah pernah mendengar teks pidato persuasif, lho. Yuk, simak pembahasan struktur teks pidato persuasif, ciri, dan contohnya di bawah ini!


Baca juga: Ciri-Ciri Teks Tanggapan, Fungsi, Struktur, Ciri dan Contohnya


Pengertian Teks Pidato Persuasif

Sebelum kita membahas tentang pidato persuasif lebih jauh, ada baiknya kita pahami dulu, nih, apa itu teks pidato persuasif. Sebenarnya, dari namanya saja kamu bisa mengenali jenis pidato persuasif. Seperti yang diketahui, persuasif sendiri sering diartikan sebagai bentuk ajakan agar melakukan sesuai yang disampaikan. Jika dikaitkan dengan pidato, maka teks pidato persuasif adalah pidato yang isinya berupa ajakan.


Jadi, dalam pidato tersebut ada pesan yang sifatnya mempengaruhi audiens dan mengajak untuk melakukan suatu hal. Di dalamnya juga terdapat gagasan, isu maupun masalah tertentu yang bertujuan untuk membujuk dan mengajak audiens.


Apa Tujuan dari Teks Pidato Persuasif?

Karena bersifat persuasif, teks pidato jenis ini memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai. Diantaranya adalah:

  1. Membentuk tanggapan sehingga diharapkan audiens yang mendengar pidato mau memberikan tanggapan terkait masalah yang dibicarakan.
  2. Jika tanggapan sudah terbentuk, maka diharapkan mampu menguatkan tanggapan tersebut dengan menunjukkan data dan fakta tertentu yang mendukung tanggapan.
  3. Yang terakhir adalah mengubah tanggapan melalui pemikiran dan gagasan yang telah disampaikan sehingga audiens bersedia melakukan suatu hal sesuai topik yang disampaikan. Contohnya ajakan mengelola sampah dan tidak membuang sampah sembarangan.


Apa Saja Struktur Teks Pidato Persuasif?

Nah, setelah mempelajari pengertian teks pidato persuasif dan tujuannya, kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang struktur dan bagian-bagian teks pidato persuasif. Jadi, sebelum menyusun teks pidato persuasif, kamu harus memahami struktur teks pidato persuasif terlebih dahulu.


Struktur teks pidato persuasif ini perlu kamu terapkan supaya alur penyampaian isi pidato menjadi lebih jelas dan terarah. Tentunya Sobat Pijar nggak mau, 'kan, pidato kamu menjadi ngalor ngidul dan membosankan untuk didengar? Oleh karena itu, simak penjelasan struktur teks pidato persuasif di bawah ini, yuk.  


Pembukaan 

Struktur pidato persuasif yang pertama adalah pembukaan pidato. Urutannya yaitu mengucapkan salam pembuka dengan menyapa para audiens yang hadir dalam acara tersebut. Salam pembuka bisa dengan kalimat “Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam” atau “Assalamu ’alaikum”.


Urutan berikutnya adalah menyampaikan ucapan penghormatan sebagai bentuk rasa hormat dan terima kasih kepada audiens yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir. Ucapan ini juga secara khusus ditujukan kepada para tamu undangan yang telah hadir.


Dalam pembukaan pidato, setelah ucapan penghormatan bisa dilanjutkan dengan ucapan rasa syukur. Ucapan ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga acara tersebut bisa terselenggara.


Pada pembukaan pidato ini juga disampaikan pengenalan topik permasalahan yang akan dibahas secara singkat sehingga memberikan sedikit gambaran mengenai pidato tersebut. Pembukaan ini juga menjadi pengantar sebelum masuk ke pembahasan inti atau isi pidato.


Isi Pidato

Struktur teks pidato persuasif berikutnya adalah isi pidato yang disampaikan setelah ucapan pembuka seperti salam, penghormatan dan rasa syukur disampaikan. Pada bagian ini orang yang berpidato atau orator bisa menyampaikan isi pidato kepada audiens.


Dalam menyampaikan isi pidato tersebut, orator bisa mengemukakan pendapat dan gagasannya terkait topik permasalahan yang dibahas. Selain itu juga harus disertai alasan, data dan informasi penting yang akan mendukung pernyataan pidato yang disampaikan.


Agar pidato didengarkan dengan baik dan audiens terdorong untuk mengikuti ajakan orator, maka alasan yang dikemukakan harus logis dan sesuai fakta dan data yang telah ada. Dengan begitu, audiens akan lebih yakin dan mau mengikuti ajakan yang disampaikan.


Penutup Pidato

Struktur teks pidato persuasif yang terakhir adalah penutup. Karena merupakan bagian akhir dari pidato, maka sebaiknya orator menyampaikan penutup pidato dengan jelas. Selain memberikan kesimpulan, pada bagian penutup juga sering dilengkapi saran dan masukan.


Bagian penutup juga bisa menegaskan kembali mengenai isi pidato serta ajakan untuk melakukan suatu hal. Selanjutnya, orator bisa menyampaikan permintaan maaf jika ada kata-kata yang salah dan mengakhirinya dengan salam penutup dan ucapan terimakasih.


Apa Ciri-Ciri Teks Pidato Persuasif?

Ketika kamu mendengar sebuah pidato, maka kamu akan lebih mudah mengenalinya sebagai pidato persuasif jika di dalamnya terdapat ciri-ciri tertentu. Salah satunya adalah kalimat ajakan yang disampaikan dalam pidato tersebut. Agar lebih jelas, kamu bisa simak ciri-ciri teks pidato berikut ini:

  1. Teks pidato persuasif singkat mengandung kalimat persuasif yang sifatnya mengajak, berupa rekomendasi atau perintah.
  2. Menggunakan kalimat yang isinya mengajak dan mendorong audiens untuk melakukan sesuatu seperti yang disampaikan pada pidato.
  3. Mengandung kalimat yang membangun dan mampu menggerakkan audiens untuk menerima isi pidato.
  4. Mengemukakan alasan dan penjelasan logis yang menjadi dasar perlunya melakukan tindakan seperti ajakan dalam teks pidato.


Bagaimana Ciri Kebahasaan Teks Pidato Persuasif?

Dalam menulis teks pidato persuasif kamu bukan hanya menyusunnya berdasarkan struktur teks pidato persuasif saja, kamu juga perlu memahami ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks tersebut. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa pelajari beberapa ciri kebahasaan teks pidato persuasif berikut ini:


1. Menggunakan Kalimat Aktif

Salah satu ciri kebahasaan teks pidato persuasif adalah menggunakan kalimat aktif, yaitu subjek melakukan suatu tindakan. Salah satu contohnya adalah, “Untuk mencegah banjir, kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan, yaitu dengan tidak membuang sampah di sungai.


2. Menggunakan Kata Sapaan

Kata sapaan digunakan pada bagian pembuka atau pendahuluan pidato. Kata sapaan bertujuan untuk menghormati audiens. Contohnya adalah, “Yang terhormat Bapak Ibu Wali Kelas IX A”.


3. Menggunakan Kalimat Persuasif

Sesuai dengan jenis pidato persuasif yang isinya mengajak pada suatu tindakan atau aksi tertentu, maka dalam pidato tersebut juga menggunakan kalimat persuasif. Isinya berupa ajakan dengan kata-kata seperti “mari”, “ayo”. Contohnya, “Mari kita bergotong royong”.


4. Menggunakan Kosakata Emotif

Jenis kosakata ini mampu membangkitkan emosi atau perasaan serta gambaran dalam imajinasinya sehingga membuat audiens tersentuh. Contohnya, “Jangan patah semangat, apalagi berkecil hati, jika terus berusaha dan berdoa, kamu bisa menggapai cita-citamu.”


5. Menggunakan Antonim

Ciri kebahasaan lainnya berupa kosa kata antonim atau lawan kata sehingga akan membuat audiens tergerak untuk melakukan tindakan sesuai isi pidato. Contohnya, “Untuk mencapai masa depan yang lebih baik, kamu harus giat belajar bukan bermalas-malasan.”


6. Menggunakan Kosakata Teknis

Kosa kata teknis atau bidang ilmu sering digunakan dalam pidato persuasif. Seperti misalnya pada istilah reboisasi, polutan dan lain-lain. Contohnya, “Untuk mencegah terjadinya longsor, maka diperlukan upaya reboisasi”.


7. Menggunakan Kata Benda Abstrak

Kosakata abstrak merupakan jenis kata benda yang tidak bisa dilihat tapi bisa dirasakan. Contohnya adalah’ “Kita sendiri yang akan menentukan kesuksesan di masa depan. Jadi mulai sekarang jangan malas dan harus rajin belajar”.


Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat

Kalau sebelumnya kamu sudah menyimak tentang struktur teks pidato persuasif dan ciri kebahasaannya, kali ini kita akan lanjutkan dengan beberapa contoh teks pidato persuasif singkat yang bisa dijadikan referensi agar kamu semakin paham.


Contoh Teks Pidato Persuasif Tentang Lingkungan


Pembuka

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,


Bapak Ibu Guru yang saya hormat dan teman-teman semua yang saya cintai. Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah mengaruniakan rahmat dan hidayah-Nya sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat.


Pada kesempatan kali ini izinkanlah saya untuk menyampaikan pidato singkat tentang “Pentingnya Menjaga Kelestarian Alam”. Allah telah menitipkan alam ini kepada kita sebagai khalifah di bumi sehingga harus selalu dijaga dan dilestarikan, bukan dieksploitasi besar-besaran apalagi dirusak.


Isi Pidato

Saat ini kita sudah bisa menyaksikan sendiri bagaimana dampak dari kondisi alam yang sudah mengalami banyak kerusakan. Hutan-hutan banyak yang gundul, sungai banyak yang tercemar dan bahkan banyak sampah yang menumpuk di aliran sungai.


Jika kondisi tersebut dibiarkan, maka bukan hanya kita yang akan menanggung akibatnya tetapi juga generasi yang akan datang. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama melakukan tindakan nyata untuk melestarikan lingkungan dan alam yang telah dititipkan kepada kita.


Kita bisa memulainya dengan upaya reboisasi, mengelola sampah, mengurangi dan meminimalisir penggunaan plastik, menghemat energi serta mendukung upaya untuk menciptakan energi terbarukan. Semua ini kita lakukan untuk menyelamatkan alam yang menjadi warisan bagi generasi berikutnya.


Penutup

Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian alam dengan tindakan yang nyata. Mulai dari mengelola sampah basah menjadi pupuk kompos, mengelola sampah plastik untuk didaur ulang, serta menggunakan produk yang ramah lingkungan.


Demikianlah pidato singkat yang saya sampaikan, mohon maaf jika ada salah kata. Sekian, terima kasih. Wassalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat Tentang Memotivasi Diri Sendiri


Pembuka

Assalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Para hadirin dan teman-teman semua yang saya sayangi, Alhamdulillah pada pagi hari ini Allah masih memberikan kesempatan kepada kita sehingga bisa berkumpul dalam acara ini. Pada kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan pidato singkat tentang Pentingnya Memotivasi Diri.


Isi Pidato

Setiap manusia akan selalu dihadapkan pada permasalahan dalam kehidupannya. Ketika sekolah, mungkin dihadapkan dengan beberapa masalah seperti kesulitan memahami pelajaran, masalah dengan teman, dan lain-lain. Ketika bekerja pun tidak kita tidak akan luput dari permasalahan.


Namun apakah kita harus lari dari masalah tersebut? Tentu saja tidak, karena setiap masalah yang datang sejatinya adalah untuk menempa kita agar menjadi pribadi yang lebih kuat. Tanpa adanya masalah, kita tidak akan bisa meningkatkan kualitas hidup masing-masing.


Masalah membuat kita termotivasi untuk terus berjuang. Tidak ada alasan untuk menghindari masalah. Sebagai manusia yang beragama dan mengenal Allah, kita harus selalu yakin dan percaya bahwa Allah tidak akan memberikan ujian di luar batas kemampuan manusia.


Penutup

Setiap masalah pasti ada solusinya, tinggal bagaimana kita berusaha dalam menghadapinya. Jangan lelah untuk terus berjuang dan memotivasi diri agar selalu kuat dan menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan cara itu maka sebesar apapun masalahnya akan terasa ringan. 


Sekian pidato singkat dari saya, mohon maaf jika ada salah kata. Terimakasih, Wassalamu ‘alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


___________________________________________________________________


Baca juga: Apa itu Teks Persuasi, Struktur, dan Contohnya


Struktur teks pidato persuasif ada tiga, yaitu pembuka yang terdiri dari salam pembuka, ucapan penghormatan dan rasa syukur, kemudian isi pidato dan penutup yang akan memberikan kesimpulan sekaligus saran dan masukan. 


Pelajari lebih banyak tentang teks pidato dan teks kebahasaan lainnya bareng Pijar Belajar, yuk! Pijar Belajar mempunyai berbagai rangkuman dan video materi terlengkap yang bisa kamu simak kapan aja dan dimana aja. Kemudian, ada juga berbagai latihan soal yang bisa kamu gunakan untuk mengasah pemahamanmu.


Yuk, download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved