pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Ciri-Ciri Teks Tanggapan, Fungsi, Struktur, Ciri dan Contohnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Ciri-Ciri Teks Tanggapan, Fungsi, Struktur, Ciri dan Contohnya image

Apakah kamu tahu kalau komentar yang diberikan di sosial media, baik yang berupa kritik atau pujian disebut dengan teks tanggapan? Karena teks tanggapan sendiri sering diartikan sebagai teks pendapat yang isinya bisa pujian atau kritikan. Lalu apa ya ciri-ciri teks tanggapan?


Dalam kehidupan sehari-hari kita sering memberikan pendapat tentang berbagai hal, seperti objek tertentu, karya, bahkan kebijakan dan lain-lain. Nah, nggak jarang juga kita menyampaikan pendapat atau tanggapan tersebut dalam sebuah teks. Teks tersebutlah yang disebut dengan teks tanggapan. 


Tanggapan yang diberikan pun bisa bermacam-macam, seperti pujian, kritik, komentar, evaluasi bahkan dukungan dan penolakan. Biasanya, dalam menanggapi sesuatu, seseorang akan menyampaikannya sesuai sudut pandang masing-masing. 


Untuk pembahasan lengkap tentang teks tanggapan, kamu bisa simak di bawah ini.


Baca juga: Ciri-Ciri Teks Berita, Struktur, hingga Contohnya


Pengertian Teks Tanggapan

Jika merujuk pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), tanggapan adalah bentuk sambutan terhadap suatu ucapan, bisa berupa komentar, kritik dan lain sebagainya. Kemudian, menurut Sujanto (2004), tanggapan adalah gambaran pengamatan yang bersumber dari kesadaran.


Itulah mengapa teks tanggapan biasanya disampaikan dalam bentuk komentar, kritik, evaluasi, pujian, dukungan serta penolakan. Komentar atau tanggapan yang muncul akan selalu didasarkan pada pemikiran dan sudut pandang masing-masing.


Meski begitu, dalam menyampaikan tanggapan kamu tidak boleh asal-asalan, apalagi sampai menjatuhkan pihak lain. Tanggapan berupa kritik atau pujian harus didasarkan pada fakta yang ada, logis, dan santun. Selain itu, tanggapan juga harus disampaikan sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks tanggapan.


Fungsi Teks Tanggapan

Teks tanggapan bukan hanya sekedar menanggapi suatu hal atau objek dengan komentar dan penilaian pribadi saja, lho. Teks tanggapan diketahui memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah seperti berikut:

  1. Memberikan saran yang terarah dan sistematis, sehingga bisa menjadi bahan evaluasi yang sifatnya objektif dan bukan sekedar kritik dan pujian tanpa dasar.
  2. Mengapresiasi berbagai macam hal, seperti sebuah karya, kebijakan dan objek lainnya secara jelas dan detail.
  3. Sebagai media untuk berdialog dan berkomunikasi melalui gambaran dan penilaian individu terhadap suatu hal.
  4. Memberikan saran dan masukan yang sifatnya membangun, sehingga termotivasi untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi.


Apa Saja Struktur Teks Tanggapan?

Jika kamu menulis teks tanggapan, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah strukturnya. Teks tanggapan yang baik dan benar harus memuat tiga bagian seperti berikut ini:


1. Konteks atau Evaluasi 

Konteks dalam teks tanggapan adalah bagian awal yang berisi masalah atau pernyataan umum terkait isu dan permasalahan yang akan dibahas atau ditanggapi. Bagian ini akan membantu pembaca memahami tentang pokok permasalahan dari sebuah tanggapan.


2. Deskripsi

Bagian struktur teks tanggapan yang berisi tentang sebuah tanggapan adalah deskripsi. Pada bagian ini penulis bisa memberikan tanggapannya secara jelas dan objektif dengan disertai data maupun fakta yang mendukung.


3, Penegasan Kembali

Struktur yang ketiga merupakan penegasan kembali yang juga sebagai penutup teks tanggapan. Fungsi dari bagian ini adalah sebagai kesimpulan terkait permasalahan yang ditanggapi. Pada bagian ini juga bisa ditambahkan dengan saran atau masukan.


Unsur Teks Tanggapan

Selain memperhatikan bagian dan struktur yang ada di dalam teks tanggapan, kamu juga perlu memperhatikan unsur-unsur teks tanggapan. Berikut ini adalah unsur teks tanggapan:


1. Masalah atau Isu yang Dikritisi

Unsur yang pertama adalah masalah atau isu yang akan ditanggapi. Dalam hal ini penulis harus menentukan dan mengidentifikasi masalah yang akan ditanggapi. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dan fokus dalam merumuskan argumen dan opini.


2. Opini 

Unsur kedua berupa opini, yaitu pendapat dan pandangan pribadi penulis terhadap masalah atau isu yang diangkat. Opini sendiri bentuknya bisa berupa kritikan, saran maupun pujian dan penolakan sesuai dengan konteks maupun tujuan teks tersebut.


3. Argumen 

Argumen berupa alasan yang dijadikan sebagai dasar dalam menyampaikan opini. Argumen yang disampaikan bisa berguna untuk menguatkan kritikan atau pujian. Oleh karena itu, alasan harus logis dan jelas.


4. Fakta Pendukung

Pada dasarnya fakta merupakan informasi yang memiliki landasan kuat dan bisa diuji kebenarannya. Dalam teks tanggapan, fakta akan memperkuat argumen sehingga tanggapan yang diberikan semakin kuat dan kredibel.


Ciri-ciri Teks Tanggapan

Pembahasan selanjutnya tentang ciri-ciri teks tanggapan. Nah, ciri-ciri teks tanggapan ini sebenarnya terbagi lagi sesuai dengan jenis teks tanggapan yang ada. Secara umum, terdapat tiga jenis teks tanggapan, yaitu teks tanggapan kritis, teks tanggapan deskripsi, dan teks tanggapan pujian. Ketiga jenis teks tanggapan ini memiliki ciri yang berbeda-beda. 


Mari kita bahas satu per satu biar lebih jelas.


1. Teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis adalah teks tanggapan yang isinya berupa kritik tajam terhadap suatu objek atau kebijakan. Biasanya merupakan bentuk tanggapan terkait fenomena dan berbagai hal yang terjadi dengan disertai argumen dan fakta yang mendukung.


Ciri-ciri teks tanggapan kritis antara lain adalah:

  1. Berhubungan dengan fenomena tertentu yang menjadi topik pembicaraan.
  2. Disampaikan berdasarkan bukti dan fakta yang menguatkan tanggapan.
  3. Konteks bahasa tergantung pada jenis tanggapan, bisa sanggahan penolakan, maupun kritikan.


2. Teks Tanggapan Deskripsi

Teks tanggapan deskripsi merupakan suatu teks yang isinya berupa gambaran mengenai suatu objek, peristiwa, atau suasana secara detail. Tujuannya untuk memberikan gambaran yang jelas kepada pembaca sehingga ikut merasakan dan seolah melihatnya sendiri.


Ciri-ciri teks tanggapan deskripsi antara lain adalah:

  1. Memberikan gambaran tentang suatu hal secara jelas dengan melibatkan panca indera.
  2. Membuat pembaca seolah merasakan atau melihat sendiri apa yang digambarkan dalam teks tanggapan deskripsi.
  3. Menjelaskan tentang ciri-ciri suatu objek atau hal lainnya secara detail.


3. Teks Tanggapan Pujian

Selain teks tanggapan kritis dan deskripsi, ada pula teks tanggapan pujian yang isinya berupa kalimat pujian. Kalimat ini disampaikan sebagai bentuk apresiasi terhadap suatu hal. Biasanya kalimat yang digunakan merupakan kalimat positif.


Adapun ciri-ciri teks tanggapan santun pada teks tanggapan pujian antara lain adalah:

  1. Menggunakan kalimat positif yang isinya pujian untuk mengapresiasi sebuah karya, kebijakan atau suatu hal.
  2. Bisa memberikan perasaan positif kepada pihak lain yang diberikan tanggapan pujian.


Selain ciri-ciri di atas, teks tanggapan memiliki beberapa ciri yang menonjol. Salah satu ciri-ciri teks tanggapan adalah objektif, yaitu didasarkan pada data dan fakta sebenarnya, memiliki kaidah kebahasaan tertentu serta memiliki struktur berupa evaluasi, deskripsi dan penegasan kembali.


Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan

Untuk menyusun teks tanggapan, kamu juga harus memahami kaidah kebahasaan yang diterapkan. Hal ini sangat penting agar teks tanggapan yang dibuat sesuai dengan kaidah kebahasaan yang telah ditentukan. Berikut ini penjelasannya.


1. Konjungsi atau Kata Penghubung

Pada teks tanggapan, konjungsi atau kata penghubung yang sering digunakan berupa konjungsi penerang yang fungsinya menerangkan seperti “yaitu”, “bahwa”, “adalah”. Konjungsi temporal yang menjelaskan waktu dua peristiwa, seperti “ketika”, “sebelumnya”, “sementara”.


Serta konjungsi penyebaban yang fungsinya untuk menyatakan adanya hubungan sebab akibat pada suatu hal. Seperti kata “sebab”, “karena”, “dikarenakan”, “disebabkan”.


2. Kalimat Saran

Ciri-ciri teks tanggapan berikutnya yang berhubungan dengan kaidah kebahasaan adalah menggunakan kalimat saran. Biasanya digunakan untuk menyatakan penyelesaian atau jalan keluar terhadap suatu masalah. Contohnya pada kata “sebaiknya”, “hendaknya”, “seharusnya”.


3. Kalimat Aktif

Kaidah kebahasaan berupa kalimat aktif dalam teks tanggapan digunakan pada kalimat yang subjeknya melakukan suatu perbuatan atau pekerjaan. Cirinya adalah menggunakan kata kerja sebagai predikat. Bisa berupa kata kerja yang diberi imbuhan ataupun tidak.


Contohnya: 

  1. Riri sedang mengerjakan PR di rumah temannya.
  2. Adik sedang menyiram tanaman di kebun.


4. Kalimat Deskripsi

Kalimat deskripsi akan memberikan penjelasan dan gambaran yang jelas terkait objek, peristiwa atau suatu hal. Contoh kalimatnya adalah: “Rumah tua itu terlihat tidak terawat. Catnya banyak yang mengelupas dan kursi di teras sangat berdebu.”


Contoh Teks Tanggapan

Bagaimana, sekarang sudah paham kan kalau ternyata setiap hari kita tidak lepas dari kebiasaan memberikan tanggapan? Untuk lebih memahami tentang teks tanggapan, struktur dan contoh teks tanggapan berisi kritik dan pujian, kamu bisa simak beberapa contoh berikut ini:


Contoh 1

Contoh Teks Tanggapan tentang Internet dan Sekolah Daring


Evaluasi

Keberadaan internet memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya untuk mengakses berbagai macam informasi dan berkomunikasi secara instan. Bahkan di masa pandemi, internet sangat berguna untuk menunjang kegiatan belajar siswa dengan mengakses pelajaran secara daring.


Namun sayangnya banyak diantara siswa yang memanfaatkan internet untuk kegiatan lainnya di luar pelajaran sekolah. Salah satunya untuk bermain game online dan mengakses sosial media semacam TikTok.


Deskripsi

Pada kenyataannya, selama masa pandemi berlangsung para siswa tidak bisa mengikuti kegiatan belajar secara efektif di rumah, meskipun sudah tersedia jaringan internet yang memadai. Banyak diantara mereka yang kurang fokus dalam belajar dan menggunakan internet untuk main game online.


Sebaiknya dari pihak orang tua melakukan pengawasan dan pendampingan terhadap anak-anak selama kegiatan belajar daring berlangsung. Karena jika mereka tidak fokus dalam menerima pelajaran secara online, maka hal itu akan membuat mereka ketinggalan materi pelajaran.


Penegasan Ulang

Internet memudahkan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar secara daring di rumah. Namun tidak sedikit yang menggunakannya untuk kegiatan lain seperti main game online dan TikTok. Sebaiknya peran orang tua dalam mengawasi dan mendampingi anak semakin ditingkatkan.


Contoh 2


Contoh Teks Tanggapan Singkat tentang Pentingnya Olahraga


Evaluasi

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan badan. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan seperti bersepeda, joding, bermain bola, berenang dan lain sebagainya.


Deskripsi

Olahraga bisa membuat badan semakin sehat dan bugar, tidak heran jika banyak yang menjadikan olahraga sebagai salah satu hobi yang sering dilakukan di waktu senggang. Olahraga terbukti efektif untuk melancarkan peredaran darah dan menangkal potensi serangan penyakit.


Meski begitu, kegiatan olahraga yang dilakukan secara berlebihan justru akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Apalagi bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu seperti jantung. Aktivitas olahraga secara berlebihan bisa menyebabkan terjadinya risiko gagal jantung.


Penegasan Ulang

Olahraga yang dilakukan secara rutin bisa membuat tubuh semakin sehat dan bugar. Namun aktivitas tersebut bisa menimbulkan dampak yang berbahaya jika dilakukan secara berlebihan. Sebaiknya kegiatan olahraga disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing dan tidak berlebihan.


_____________________________________________________________


Baca juga: Struktur Teks Diskusi, Pengertian, Ciri, dan Contohnya


Ciri-ciri teks tanggapan yang harus diperhatikan adalah bersifat objektif sehingga tidak hanya didasarkan pada opini pribadi saja. Selain itu, teks tanggapan juga harus dibuat sesuai struktur dan kaidah kebahasaan yang telah ditentukan. Sekarang, coba tulis teks tanggapan sendiri, yuk!


Kalau sudah, coba pelajari tentang jenis teks lainnya juga, yuk. Kamu bisa mempelajari berbagai jenis teks Bahasa Indonesia lewat Aplikasi Pijar Belajar. Coba simak berbagai materinya lewat rangkuman dan video materinya, ya. Selain itu, pastikan kamu juga mengerjakan latihan soalnya untuk mengukut kemampuanmu!


Ayo download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar seru sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved