pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Struktur Teks Inspiratif dan Contohnya – Bahasa Indonesia Kelas IX

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Struktur Teks Inspiratif dan Contohnya – Bahasa Indonesia Kelas IX image

Pernah nggak, sih, kamu membaca sebuah tulisan dan tiba-tiba jadi terinspirasi untuk melakukan sesuatu? Wah, jangan-jangan teks yang kamu baca merupakan teks inspiratif, tuh. Teks inspiratif merupakan teks yang memuat kisah untuk menginspirasi pembaca. Tentunya, nggak semua teks itu merupakan teks inspiratif. Kamu bisa mengenalinya melalui struktur teks inspiratif. 


Wah, pasti seru banget ya kalau membaca teks inspiratif? Nah, biar kamu semakin mengenal apa itu teks inspiratif, ciri-ciri dan strukturnya, langsung saja ikuti pembahasannya berikut ini.


Baca juga: Apa itu Teks Prosedur? Yuk, Kenali Ciri, Struktur, dan Contohnya


Pengertian Teks Inspiratif

Sebelum mempelajari struktur teks inspiratif, yuk ketahui dulu pengertiannya biar makin paham. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, inspiratif merupakan istilah yang asal katanya adalah inspirasi, yaitu ilham.


Jika mengacu pada pengertian tersebut maka dapat dikatakan bahwa teks inspiratif merupakan sebuah teks yang isinya berupa narasi pengalaman nyata atau kisah fiksi, namun mampu menginspirasi pembacanya sehingga memiliki semangat yang lebih baik.


Kisah yang diangkat dalam teks inspiratif bisa berasal dari kisah nyata maupun kisah fiksi. Namun, kisah yang disajikan harus mengandung nilai-nilai moral maupun sosial yang akan memberikan inspirasi tersendiri bagi pembaca.


Sesuai dengan namanya, tujuan utama dari teks cerita inspiratif adalah menginspirasi dan memotivasi siapa saja yang membacanya. Harapannya, pembaca mampu mengambil hikmah dari kisah tersebut sehingga bisa berpikir dari sudut pandang yang berbeda serta termotivasi untuk menjadi lebih baik.


Salah satu fungsi dari teks inspiratif adalah pemberian informasi. Informasi berupa pengalaman disajikan dalam teks cerita inspiratif secara estetis. Selain itu memberikan informasi kronologi peristiwa, menceritakan pengalaman sebagai hiburan saja serta menceritakan kenyataan untuk tujuan tertentu.


Ciri-Ciri Teks Inspiratif

Nah, tadi kan sudah dibahas tentang pengertian teks inspiratif, sekarang kita akan masuk ke pembahasan tentang ciri-ciri teks inspiratif. Jadi, untuk lebih memahami pembahasan selanjutnya mengenai struktur teks inspiratif, sebaiknya pahami dulu ciri-cirinya berikut ini.


1. Judul yang Menarik

Ciri-ciri teks inspiratif adalah adalah dibuat dengan judul yang menarik. Judul teks inspiratif yang menarik akan membuat pembaca penasaran sehingga tertarik untuk membaca kisah cerita di dalamnya sampai selesai.


2. Alur Cerita yang Menarik

Selain judul, teks inspiratif juga disajikan dalam alur cerita yang menarik. Jadi, kisah di dalamnya tidak hanya sekedar menginspirasi saja tetapi juga menarik untuk disimak. Hal ini dikarenakan alur cerita akan memberikan pemahaman dari awal sampai akhir kisah cerita.


3. Teks Bersifat Naratif

Teks inspiratif berbentuk naratif dengan uraian yang panjang. Hal ini dilakukan untuk menjelaskan bagaimana rangkaian peristiwa yang terjadi dalam cerita. Sehingga alur cerita di dalamnya semakin menarik dan mudah dipahami.


4. Ada Tokoh Utama 

Tidak berbeda jauh dengan teks cerita yang sering kamu jumpai, dalam teks inspiratif juga ada tokoh utama yang kisah hidupnya diceritakan dalam teks tersebut. Biasanya kisah hidup dari tokoh tersebut mampu menginspirasi pembaca dan memberikan teladan yang baik.


Ada banyak tokoh utama yang sering dijadikan teladan dalam sebuah teks inspiratif. Seperti orang yang memiliki banyak prestasi, orang dengan keterbatasan fisik namun mampu meraih kesuksesan, dan tokoh lainnya yang menginspirasi.


Meski begitu, ada juga loh tokoh utama yang menggunakan hewan. Biasanya berupa kisah cerita fiksi yang dibuat berdasarkan imajinasi penulis. Hal ini tidak jadi masalah, selama kisah yang disajikan mampu memberikan inspirasi positif kepada pembaca.


Struktur Teks Inspiratif

Untuk memahami materi pelajaran teks inspiratif kelas 9, sebaiknya kamu pelajari dulu bagaimana struktur yang ada pada jenis teks ini. Tujuannya agar memudahkan kamu dalam menyusun teks cerita inspiratif. Berikut ini beberapa strukturnya:


1. Abstraksi 

Struktur pertama adalah abstraksi, yaitu sebuah gambaran awal dari kisah inspiratif tersebut. Bagian yang satu ini sifatnya opsional, jadi kamu bisa menuliskannya ataupun tidak. Tapi biasanya abstraksi tidak dicantumkan.


2. Orientasi 

Struktur berikutnya disebut orientasi. Ada beberapa hal yang ditulis pada bagian orientasi, diantaranya adalah pengenalan tokoh serta latar belakang tempat, waktu dan suasananya. Biasanya paragraf pertama berupa pengenalan tokoh dan yang kedua berupa latar belakang.


3. Rangkaian Peristiwa

Bagian ini menceritakan tentang kisah yang dialami tokoh dan rangkaian peristiwa atau kronologi kejadian menuju ke puncak permasalahan atau konflik. Pada bagian ini ada urutan peristiwa yang terjadi hingga menyebabkan munculnya suatu masalah.


4. Komplikasi 

Komplikasi merupakan struktur teks inspiratif yang di dalamnya menceritakan munculnya masalah atau konflik. Jika mengacu pada teks inspiratif, maka biasanya konflik berupa permasalahan yang dihadapi oleh tokoh utama. Jenis masalahnya bisa bermacam-macam.


5. Resolusi 

Resolusi merupakan bagian dalam teks inspiratif yang isinya berupa penyelesaian masalah. Jadi tokoh utama dalam kisah inspiratif akan menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan caranya.


6. Koda 

Struktur yang terakhir adalah koda atau kesimpulan. Jadi, pada bagian terakhir teks inspiratif kamu bisa menuliskan kesimpulan dari kisah cerita yang telah disampaikan. Sehingga diharapkan pembaca mampu meneladani kisah tersebut dan mencontohnya dalam kehidupan.


Contoh Teks Inspiratif

Perlu diketahui bahwa jenis teks inspiratif bisa dibedakan berdasarkan sifat peristiwa, yaitu teks inspiratif non fiksi dan teks inspiratif fiksi. Serta dibedakan berdasarkan tokoh peristiwa yang terdiri dari teks inspiratif tokoh terkenal, teks inspiratif tokoh sufi dan teks inspiratif binatang seperti fabel.


Nah, sebagai gambaran, berikut salah satu contoh teks inspiratif singkat fiksi yang bisa dijadikan referensi:


Reni, Jangan Mengeluh lagi!

Orientasi

Reni adalah gadis remaja berusia 14 tahun, dia masih duduk di bangku SMP. Selain cantik, Reni juga pintar. Namun sayangnya Reni sangat suka mengeluh dan kurang bersyukur dengan apa yang sudah ada pada dirinya. Bahkan hanya masalah kecil saja, dia bisa menggerutu seharian.


Rangkaian Peristiwa

Suatu hari Reni pulang sekolah dengan berjalan kaki. Dia hanya bisa menatap teman-teman yang melewatinya dengan mengendarai sepeda motor. Reni pun mengeluh dengan keadaannya yang tidak seberuntung teman-temannya. “Andai saja boleh naik motor, pasti tidak capek jalan kaki” gerutunya.


Sampai di rumah, Reni langsung menggerutu di depan ibunya yang sedang menyiapkan makan siang. “Bu, kenapa aku tidak boleh naik motor ke sekolah? Kalau tiap hari jalan kaki kan capek Bu!’ kata Reni.


Reni merasa di dunia ini hanya dia seorang yang paling menderita. Kalau dia melihat teman-temannya, semua terlihat gembira dan sepertinya tidak ada satupun yang punya masalah. 


Ibunya pun memberikan jawaban bijak untuk Reni, “Nak, sekolah kamu kan cukup dekat jadi tidak perlu naik motor, lagi pula anak seusia kamu kan belum boleh naik motor, berbahaya.”


“Tapi teman-teman Reni semuanya sudah naik motor Bu, pokoknya mulai besok aku mau naik motor, titik!” ucap Reni sambil masuk ke kamarnya. Bahkan di kamar pun Reni masih menggerutu dan uring-uringan sendiri.


Ibunya pun hanya bisa menggelengkan kepala melihat kelakuan Reni. 


Sepertinya Reni sudah memiliki keputusan bulat untuk pergi ke sekolah dengan naik motor. Meskipun merasa berat, ayah dan ibunya tidak bisa berbuat apa-apa. Mereka hanya berpesan kepada Reni agar selalu hati-hati saat berkendara di jalan. Reni pun mengiyakan sambil pamit dan berlalu pergi.


Komplikasi

Hari sudah menunjukkan pukul 4 sore tapi Reni belum juga pulang ke rumah. Ibunya pun menunggu dengan gelisah. Dia sudah mencoba menghubungi Reni berkali-kali tapi tetap tidak ada jawaban. Hal itu membuat Ibu Reni semakin gelisah.


Tiba-tiba HP Ibu Reni berdering dan ketika dilihat ternyata dari nomor Reni, diapun segera mengangkat telepon tersebut. Tapi rupanya yang menelepon bukan Reni, tapi temannya yang bernama Nita. 


Nita menceritakan bahwa Reni kecelakaan sepulang sekolah ketika akan ke rumah salah satu temannya untuk belajar kelompok. Dan sekarang Reni dirawat di Rumah Sakit.


Mendengar hal itu Ibu Reni langsung panik dan khawatir dengan kondisi Reni. Dia sangat menyesal mengapa mengizinkan Reni untuk naik motor ke sekolah. Bersama Ayah Reni, keduanya pun bergegas pergi ke rumah sakit.


Resolusi

Tiba di rumah sakit, keduanya langsung menuju ke kamar perawatan tempat Reni dirawat. Reni tampak terbaring lemas dengan beberapa luka di kaki dan tangannya, sementara pelipisnya juga terlihat memar. 


Begitu melihat kedua orang tuanya datang, Reni hanya bisa menangis. Ibunya pun tidak kuasa menahan tangis, namun dia tetap bersyukur anaknya tidak mengalami luka yang parah.


“Maafkan Reni, Ayah Ibu...Reni tidak patuh sama Ayah dan Ibu...” ucap Reni dengan nada lemah.


Kedua orang tua Reni pun hanya mengangguk, mereka menguatkan anaknya agar tetap semangat. Mereka hanya berharap Reni cepat pulih dan bisa kembali pulang ke rumah.


Koda

Setelah kejadian kecelakaan yang menimpanya, Reni pun menyadari sikapnya yang selama ini suka mengeluh dan kurang bersyukur dengan kondisinya. Dia pun bertekad untuk memperbaiki diri dengan lebih bersyukur dan patuh pada nasihat kedua orang tuanya. 


Karena setiap nasehat yang diberikan orang tua pasti untuk kebaikan anak itu sendiri. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya selalu dalam keadaan baik.


________________________________________________________________


Baca juga: Contoh Penulisan Daftar Pustaka Berdasarkan Sumbernya


Struktur teks inspiratif ada 5, yaitu orientasi yang isinya berupa pengenalan tokoh serta latar belakang, rangkaian cerita yang akan mengarahkan pembaca pada puncak masalah, konflik yang merupakan puncak masalah, resolusi atau penyelesaian masalah dan yang terakhir adalah koda atau kesimpulan.


Kenali berbagai teks kebahasaan lainnya bareng Pijar Belajar, yuk! Aplikasi Pijar Belajar punya berbagai konten pembelajaran super lengkap yang bisa kamu gunakan kapan aja dan dimana aja. Konten pembelajaran itu meliputi latihan soal, pembahasan, mini quiz, hingga rangkuman dan video materi. Lengkap banget, ya. 


Ayo download Pijar Belajar atau klik banner di bawah ini untuk mulai belajar sekarang!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved